153 KISI-KISI PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMRI

Karakteristik Aspek yang diamati PMRI Menggunakan  Pembelajaran dimulai dengan masalah nyata Konteks  Guru mengarahkan permasalahan yang diberikan “Dunia Nyata” menuju tujuan pembelajaran  Siswa mengerjakan soal yang berhubungan dengan masalah nyata  Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Menggunakan  Siswa mampu membuat atau mengembangkan Model-model model-model matematika  Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang dilakukan Menggunakan  Siswa menghasilkan bermacam-macam cara dan Produksi dan jawaban yang berbeda-beda Konstruksi  Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri atau dengan bantuan teman dan guru  Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah Menggunakan  Siswa memberikan dan menanggapi pendapat Interaktifitas  Siswa bertanya kepada teman  Siswa bertanya kepada guru  Guru memberikan kesempatan siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran  Guru membimbing siswa untuk memecahkan masalah  Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Menggunakan  Siswa mengaitkan materi pelajaran matematika Keterkaitan dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah yang dipelajari  Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan maslah yang dipelajari

No. Butir 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16

17

PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 154 DENGAN PENDEKATAN PMRI

Siklus / Pertemuan ke-

:

/

Hari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian

: : :

/ /

Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Pelaksanaan

No 1

Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah Siswa memberikan dan menanggapi pendapat dari siswa lain

Ya

Tidak

Diskripsi

2

3 4 5 6 7 8

9 10

155 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok .

PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 156 DENGAN PENDEKATAN PMRI Pelaksanaan No 12 13 Aspek Pengamatan Siswa bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran Guru membimbing siswa untuk memecahkan masalah Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah Ya Tidak Diskripsi 14 15 16 17 Observer .

157 ( ) .

Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Guru tidak mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi dan soal yang ada. Tiga dari delapan kelompok mampu membuat model. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Ya √ Tidak Diskripsi Guru sebelumnya memberikan apersepsi dan pengantar materi. Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan.PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 158 DENGAN PENDEKATAN PMRI Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 1/ 1 : Rabu / 21 Juli 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Operasi hitung Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. 2 √ 3 √ √ √ √ 4 5 6 .

7 Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda √ 8 Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru √ Dari diskusi siswa mempunyai cara penyelesaian soal yang berbeda-beda. Observer (Widayanti Nurma. S) . Antara siswa satu dengan yang lain dalam tiap kelompok saling membantu.

Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat memecahkan masalah. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan bertukar pendapat dengan teman saat pembelajaran. guru dan siswa membahas hasil diskusi. Setelah diskusi. Siswa mampu mangaitkan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Dalam tiap kelompok siswa yang satu dengan lainnya saling bertanya hal yang sulit. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. 17 √ . Siswa tidak takut untuk bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan.160 9 Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah √ 10 Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok √ 12 Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika √ 13 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran √ 14 Guru membimbing memecahkan masalah siswa untuk √ √ 15 Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah 16 √ Dua dari delapan kelompok mampu menyusun langkahlangkah penyelesaian. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain.

161 Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 1 / 2 : Jumat / 23 Juli 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Operasi hitung Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari diskusi siswa mempunyai cara penyelesaian soal yang berbeda-beda. Sebagian kelompok tidak mampu membuat model. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Ya √ Tidak Diskripsi Guru sebelumnya memberikan apersepsi dan pengantar materi. Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Siswa dibantu guru menyimpulkan materi dan soal yang ada. 2 √ 3 √ √ √ √ 4 5 6 7 √ . Guru tidak mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 162 DENGAN PENDEKATAN PMRI 8 Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru Siswa mampu menyusun langkah-langkah √ √ 9 Antara siswa satu dengan yang lain dalam tiap kelompok saling membantu. Siswa dalam kelompok .

Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat memecahkan masalah. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika mengalami kesulitan dan bertukar pendapat dengan teman saat pembelajaran. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain. 17 √ Observer (Widayanti Nurma. Siswa tidak takut untuk bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan.163 penyelesaian masalah 10 Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok √ 12 Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika √ 13 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran √ 14 Guru membimbing memecahkan masalah siswa untuk √ √ 15 Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah 16 √ belum mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian. Dalam tiap kelompok siswa yang satu dengan lainnya saling bertanya hal yang sulit. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Setelah diskusi. Siswa mampu mangaitkan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. S) . guru dan siswa membahas hasil diskusi.

Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Siswa bersama guru menyimpulkan aktivitas yang telah dilakukan. Siswa berdiskusi mengerjakan soal yang diberikan. Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Guru tidak mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. 2 Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan √ √ √ √ 3 4 √ 5 6 .PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 164 DENGAN PENDEKATAN PMRI Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 1/ 3 : Senin / 26 Juli 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Operasi hitung Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. Siswa mampu membuat model matematika. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Ya √ Tidak Diskripsi Guru memberikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk didiskusikan.

Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau Observer (Widayanti Nurma. S) .7 Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru √ 8 √ Siswa menemukan 1 jawaban dengan dua macam cara.

17 √ Observer (Khayyizatul. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain.166 9 Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ √ √ √ √ √ √ 10 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika 12 13 14 15 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran Guru membimbing siswa untuk memecahkan masalah Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah 16 √ petunjuk guru. Siswa aktif bertanya kepada guru dan siswa saling bertukar pendapat. Guru berkeliling untuk membimbing siswa. Hasil diskusi ditampilkan di depan untuk dibahas bersama. Siswa bertanya kepada teman saat diskusi berlangsung. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Siswa bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan. Siswa mampu mangaitkan materi yang disampaikan dengan materi geometri. M) . Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian.

Siswa dibantu guru menyimpulkan materi dan soal yang ada. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.167 Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 2/ 1 : Jumat / 30 Juli 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Faktorisasi Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Observer (Khayyizatul. Guru mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. Siswa mampu membuat model matematika. Siswa mempunyai cara penyelesaian soal yang berbeda-beda. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Ya √ Tidak Diskripsi Guru sebelumnya memberikan apersepsi dan pengantar materi. Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan. M) 2 √ 3 √ √ √ √ √ 4 5 6 7 .

PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 168 DENGAN PENDEKATAN PMRI 8 Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah √ √ 9 Antara siswa satu dengan yang lain dalam saling membantu dalam menyelesaiakan soal. Siswa mampu menyusun langkah-langkah dalam .

Siswa mampu mangaitkan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif dan bertukar pendapat dengan teman. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Siswa tidak takut untuk bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan. √ Observer (Khayyizatul. M) .169 10 Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok √ 12 Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika √ 13 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran Guru membimbing memecahkan masalah siswa untuk √ 14 √ 15 Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok √ 16 17 Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah √ penyelesaian soal. Dalam tiap kelompok siswa yang satu dengan lainnya saling bertanya saat diskusi berlangsung. Guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan saat memecahkan masalah. Guru dan siswa membahas hasil diskusi yang dipresentasikan oleh salah satu kelompok. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain.

Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. 2 √ 3 √ √ √ √ 4 5 6 . Siswa mampu membuat model matematika. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Ya √ Tidak Diskripsi Guru sebelumnya memberikan apersepsi dan pengantar materi. Siswa dapat menyimpulkan materi dan soal yang ada.PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 170 DENGAN PENDEKATAN PMRI Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 2 / 2 : Jumat / 02 Agustus 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Faktorisasi Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. Guru mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan.

M) . Siswa mampu menyusun langkah-langkah dalam 8 √ √ 9 Observer (Khayyizatul.171 7 Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah √ Siswa mempunyai cara penyelesaian soal yang berbeda-beda. Siswa satu dengan yang lain dalam saling membantu dalam menyelesaiakan soal.

Siswa bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan.PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 172 DENGAN PENDEKATAN PMRI 10 Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ √ √ 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika 12 13 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran Guru membimbing memecahkan masalah siswa untuk √ 14 √ √ 15 Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah 16 √ 17 √ penyelesaian soal. . Siswa yang satu dengan lainnya saling bertanya saat diskusi berlangsung. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertukar pendapat dengan siswa yang lain. Guru membimbing siswa saat memecahkan masalah soal diskusi. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Siswa dapat memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi yang dipresentasikan. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain.

Siswa mampu membuat model matematika. Tuliskan deskripsi hasil pengamatan mengenai kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Siswa dapat menyimpulkan materi dan soal yang ada. Guru mengarahkan pembelajaran ke pembelajaran yang akan dicapai. Pelaksanaan No 1 Aspek Pengamatan Guru memulai pembelajaran dengan memberikan masalah kehidupan seharihari yang berkaitan dengan materi Guru mengarahkan pembelajaran yang diberikan menuju ke pembelajaran yang akan dicapai Siswa mengerjakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari Siswa memanfaatkan benda-benda untuk memecahkan masalah Siswa mampu membuat atau mengembangkan model-model matematika Siswa mampu membuat kesimpulan dari aktivitas yang telah dilakukan Siswa menemukan bermacam-macam cara dan jawaban yang berbeda-beda Ya √ Tidak Diskripsi Guru sebelumnya memberikan apersepsi dan pengantar materi. Siswa tidak memanfaatkan benda untuk memecahkan masalah. Siswa mempunyai cara penyelesaian soal yang berbeda-beda.173 Siklus / Pertemuan keHari / Tanggal Bab / Sub Bab Petunjuk Pengisian : 2 / 3 : Rabu / 04 Agustus 2010 : Faktorisasi Suku Aljabar / Faktorisasi Bentuk Aljabar : Berilah tanda √ pada kolom “ya” jika aspek pengamatan terlaksana dan pada kolom “tidak” jika aspek pengamatan tidak terlaksana. M) 2 √ 3 √ √ √ √ √ 4 5 6 7 . Siswa berdiskusi untuk menyelesaikan soal yang diberikan. Observer (Khayyizatul.

PEDOMAN OBSERVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA 174 DENGAN PENDEKATAN PMRI 8 Siswa menemukan penyelesaian masalah secara mandiri dengan bantuan teman atau petunjuk guru Siswa mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian masalah √ √ 9 Siswa satu dengan yang lain dalam saling membantu dalam menyelesaiakan soal. Siswa mampu menyusun langkah-langkah dalam .

Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertukar pendapat dengan siswa yang lain. Observer (Khayyizatul. Guru bersama siswa membahas hasil diskusi yang dipresentasikan. Siswa bertanya kepada guru saat mengalami kesulitan.175 10 Siswa memberikan dan pendapat dari siswa lain menanggapi √ √ √ 11 Siswa bertanya kepada temannya dalam diskusi kelompok Siswa bertanya kepada mengalami kesulitan guru jika 12 13 Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif di dalam proses pembelajaran Guru membimbing memecahkan masalah siswa untuk √ 14 √ √ 15 Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi kelompok Siswa memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika yang lain atau materi pelajaran lain dalam pemecahan masalah Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi matematika lain atau materi pelajaran yang lain dalam pemecahan masalah 16 √ 17 √ penyelesaian soal. M) . Guru membimbing siswa saat memecahkan masalah soal diskusi. Siswa yang satu dengan lainnya saling bertanya saat diskusi berlangsung. Siswa memberikan pendapat dan menanggapi pendapat teman lain. Guru mengarahkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain. Siswa dapat memanfaatkan keterkaitan materi yang dipelajari dengan materi yang lain.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful