Apa yang Yesus lakukan?

Teks: Lukas 19:10 Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

Kita semua seperti domba yang sesat. Kita sesat kerana dosa, dan kita sedang menuju kepada kebinasaan. Yesus datang untuk membebaskan kita, untuk menyatakan jalan yang benar kepada kita dan memberikan kepada kita kehidupan yang baru yang berkelimpahan. Didalam Yohanes dunia ini sudah dibawah kutuk dan harus dibinasakan oleh kerana Dosa. Dan Yesus datang menyelamatkan kita daripada dibinasakan. (lihat Yohanes 3:16-19) Yohanes 14:12-13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa; dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Apa yang Yesus Lakukan? 1. Yesus Datang Untuk Menyatakan Jalan Kepada Bapa. Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Dalam dunia ini ramai orang yang memproklaim bahwa mereka tahu jalan kepada Bapa, tetapi merekapun Mati, akan tetapi hanya Yesus Kristus yang berkata “Akulah Jalan.” Yesus adalah Jalan kerana Dia datang dari Bapa (Sorga) dan menjadi PENGANTARA (mediator) bagi Manusia dan Tuhan. Yohanes 1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 1 Timotous 2:5-6 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan. Sebagaimana Yesus datang untuk menyatakan Jalan kepada Bapa, Yesus juga expect, berharap kita juga menyatakan Jalan itu kepada yang lain. 2 Korintus 5:18-21 “Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah. Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.”

2.

Yesus Datang Untuk Menyatakan Kasih Bapa.

Kasih Bapa di sorga terlihat melalui tindakan Tuhan Yesus kepada perempuan yang tertangkap berbuat zinah. Yohanes 8:3 -11 3 Maka ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi membawa kepada-Nya seorang perempuan yang kedapatan berbuat zinah. 4 Mereka menempatkan perempuan itu di tengah-tengah lalu berkata kepada Yesus: "Rabi, perempuan ini tertangkap basah ketika ia sedang berbuat zinah. 5 Musa dalam hukum Taurat memerintahkan kita untuk melempari perempuan-perempuan yang demikian. Apakah pendapat-Mu tentang hal itu?" 6 Mereka mengatakan hal itu untuk mencobai Dia, supaya mereka memperoleh sesuatu untuk menyalahkan-Nya. Tetapi Yesus membungkuk lalu menulis dengan jari-Nya di tanah. 7 Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: "Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu." 8 Lalu Ia membungkuk pula dan menulis di tanah. 9 Tetapi setelah mereka mendengar perkataan itu, pergilah mereka seorang demi seorang, mulai dari yang tertua. Akhirnya tinggallah Yesus seorang diri dengan perempuan itu yang tetap di tempatnya. 10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: "Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?" 11 Jawabnya: "Tidak ada, Tuhan." Lalu kata Yesus: "Akupun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang." Kerinduan Tuhan Yesus bagi kita adalah supaya kita juga menyatakan kasih Bapa kepada yang lain. Yohanes 13:34-35 “Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah muridmurid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi." 3. Yesus Datang Untuk Menyatakan Kuasa dan Otoriti Bapa. Sewaktu Tuhan Yesus didalam Bait Allah di Nazareth, Dia membaca nubuatan nabi Yesaya mengenai kedatangan Dia yang diutus dimana Dia akan menyatakan berita keselamatan bagi yang terbelenggu. Lukas 4:18-19 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

KPR 10:-38 “yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia. Yesus menyatakan kuasa dan otoriti BapaNya melalui banyak mukjizat yang Dia lakukan selama Dia hidup dibumi ini. Mukzijat Yang Tuhan Yesus : Mengubah air jadi anggur – Jn 2:9 Draught of fishes – Luke 5:6 Demoniac in the synagogue – Mark 1:26 Peter’s Mother-in-law healed – Mt. 8:14 Cleansing the leper – Mt. 8:3 Paralytic healed – Mt. 9:2 Withered hand – Mt.12:10 Centurion’s servant – Mt. 8:5 Raising the Widow’s Son – Luke 7:11 Stormed stilled – Mt.8:26 Demoniacs of Gadara – Mt. 8:28 Raising of Jairus’ daughter – Mt. 9:18 Issue of Blood – Mt. 9:20 Yesus juga mahu kita mengalami kuasaNya. Efesus 1:17-19 “dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya,…” 4. Yesus Datang Untuk Menyatakan Karakter Tuhan. Ibrani 1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi, Sekiranya kita ingin mengetahui karakter Tuhan, lihat Yesus dan karakterNya. Yohanes 14:19 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami. Makan 5000 orang – Mt. 14:15 Berjalan diatas air – Mt 14.25 Daughter of Syrophenician – Mt. 15:22 Deaf and Dumb healed – Mark 7:23 Feeding the four thousand – Mt. 15:32 Lunatic child – Mt. 17:14 Tribute Money – Mt. 17:24 Ten Lepers – Lu. 17:12 Lazarus raised from dead – Jn. 11 Cursing Fig Tree – Mt. 21:19 Malchus healed – Lu. 22:51 Second draught of fishes – Jn 21:6 His resurrection – Lu 24:6

Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. Yesus Kristus memiliki sifat-sifat Bapa sepertimana yang dinyatakan dalam Galatia. Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Yesus datang untuk menyatakan kepada kita karakter apa yang harus kita sebagai pengikutNya hidupi. Dia dipenuhi dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Ini memampukan kita untuk mengharungi kehidupan ini. Yesus mahu kita bertumbuh didalam Karakter Kristus Ephesians 4:22-24 “yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.”