Mass Rapid Transit (MRT) Singapura dalam segi Sistem Teknologi Informasi

Sistem teknologi informasi yang dipelajari di Institut Teknologi Bandung mempelajari banyak hal yang pada penerapannya dipakai juga pada Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura.

SMRT Active Route Map Information System (STARIS)

SMRT Active Route Map Information System atau yang lebih dikenal dengan sebutan STARIS adalah salah satu fasilitas dari SMRT (Singapore Mass Rapid Transit), untuk mempermudah pengguna MRT dengan memberikan informasi tentang rute kereta yang dilalui. Sistem ini secara resmi diumumkan pada 7 Nopember 2008 dan dipasang pada kereta 053/054 dengan 2 bulan masa percobaan. Sistem ini sudah beberapa kali mengalami modifikasi. Awalnya, peta rute dibuat dengan latar belakang warna hitam dan memiliki layar LED tambahan untuk menunjukkan informasi mengenai stasiun selanjutnya, pemberitahuan, atau hal lainnya dengan desain dan font yang tidak standar (berubah-ubah). Selain itu, hanya terdapat lampu kecil yang mengindikasikan saat pintu terbuka. Setelah modifikasi, latar belakang Peta Rute Aktif menjadi warna putih dan memiliki layar untuk

pintu terbuka diindikasikan dengan enam buah lampu LED dan pemberitahuan dari speaker yang berada di dalam kereta sehingga lebih nyaman bagi pengguna dan relatif lebih aman. sedangkan bulatan-bulatan yang tidak menyala menunjukkan daerah yang belum dilalui oleh kereta. Selain itu. Saat kereta sedang bergerak. VFD (Vacuum Fluorescent Display) Dalam setiap kompartemennya. “Doors Opening” dan berkedip-kedip dengan jelas. Saat kereta berhenti dan pintu membuka. yaitu di layar VFD (Vacuum Fluorescent Display) yang terletak di tengah selasar. tulisan “Doors Closing” berkedip dengan jelas. lebih menguntungkan dibandingkan LCD yang membutuhkan waktu untuk mengatur ulang liquid crystalnya. sistem ini terdiri dari 4 buah VFD yang diletakkan di langit-langit kabin dan 8 buah Rute Peta Aktif yang dipasang pada setiap pintu.menunjukkan rute aktif yang terpisah. Pemilihan VFD dibanding dengan LCD adalah karena lebih murah dan dapat dikostumisasi dengan gaya yang bervariasi. Karena tidak . begitu pula saat pintu menutup. bulatan-bulatan yang menyala warna hijau pada peta menunjukkan daerah yang sudah dilewati. menarik perhatian para penumpang sehingga mereka lebih berhati-hati. tulisan pada layar VFD berbunyi.

pesan-pesan dari pihak MRT. Karena itu. dan menyajikan teks dari berbagai bahasa yang disinkronisasikan dengan pengumuman yang disampaikan via speaker. STARIS berbeda dengan sistem informasi kereta listrik lain seperti yang dapat ditemukan di Hong Kong dan Shenzhen karena informasi tentang kereta tidak didasarkan pada sistem sinyal sehingga tidak perlu dilakukan pemasangan tambahan peralatan signaling untuk mengirim informasi tentang lokasi kereta. biaya yang dibutuhkan untuk STARIS ini empat kali lebih murah daripada kereta listrik di Hong Kong. Peta Rute Aktif menunjukkan jalur perjalanan kereta. stasiun selanjutnya. hal ini membuat instalasi dan perawatan menjadi lebih mudah dilakukan dan tidak perlu meng-upgrade sistem Automatic Train Control. Selain itu. Visual Passenger Information System (VPIS) . sisi pintu yang sedang terbuka. terminal. sisi pintu yang sedang tertutup. stasiun yang sedang dilalui. VFD mengindikasikan arah perjalanan. tempat tujuan.bahkan minus. Sebuah sistem LED independen dipasang pada atas setiap pintu (tetapi di bawah Peta Rute Aktif) dan akan menyala saat pintu sedang menutup.sehingga ideal dipakai di daerah dingin.berbasis liquid. VFD juga dapat berfungsi dengan baik di temperatur rendah.

Informasi dari OCC (Operation Control Centre) disampaikan melalui SDH Network.  Akses yang fleksibel. Karakteristik SDH Network adalah memiliki fleksibilitas yang demikian tinggi dalam hal konfigurasi kanal pada simpul-simpul jaringan sehingga meningkatkan kemampuan manajemen jaringan baik untuk payload traffic-nya maupun elemenelemen jaringan. salah satu teknologi mutakhir saat ini. dalam hal ini OCC.  Kemampuan memberikan informasi (detail alarm) dalam menganalisis masalah yang terjadi pada sistem. diantaranya adalah :  Self-healing. waktu. kondisi ini akan memungkinkan jaringannya untuk dikembangkan dari struktur transport yang bersifat pasif pada PDH ke dalam jaringan lain yang secara aktif mentransportasikan dan mengatur informasi. VPIS menggunakan SDH (Synchronous Digital Hierarchy) Network.VPIS adalah salah satu prasarana yang dijalankan oleh pihak pengelola SMRT untuk memberikan informasi kepada para pengguna MRT mengenai destinasi. manajemen yang fleksibel dari berbagai lebarpita tetap ke tempat-tempat pelanggan. VPIS yang diperkenalkan oleh ST Engineering (perusahaan pembuat VPIS di MRT Singapura) didasarkan pada IRIS (Intelligent Rail Information System) yang dibuat oleh ST Engineering. Selain dua keuntungan tersebut.  Provisi yang cepat. dan pesan-pesan lainnya melalui VPD ataupun LED display. SDH juga memiliki beberapa keuntungan lainnya. . yakni pengarahan ulang (rerouting) lalu lintas komunikasi secara otomatis tanpa interupsi layanan. Secara bersama-sama.

ittelkom. disimpan informasi yang nantinya akan disebar ke kereta-kereta. dan pengambilan data seperti jadwal penerbangan. dan lain-lain. Pada subsistem-subsistem tersebut. display dan audio subsistem. keadaan cuaca.php?option=com_content&view=articl a&id=725:teknologi-sdh&catid=11:sistem-komunikasi&Itemid=14 . iklan. mulai yang kecil seperti pesan teks sampai yang berukuran cukup besar seperti video berita.ac. informasi dan data dengan berbagai ukuran. sangat dibutuhkan dalam lingkup yang kompetitif sekarang ini bagi perusahaan-perusahaan penyedia layanan telekomunikasi. maupun ramalan cuaca dapat disampaikan dengan cepat melalui wireless LAN. pemonitoran. terhubung dengan OCC melalui WLAN. Jadi. Karena keuntungan-keuntungan seperti yang disebutkan di atas. Saat kereta sampai dan berhenti. Subsistem wireless lah yang memfasilitasi kegiatan pengunggahan dan pengunduhan data-data yang diperlukan. Referensi:  http://digilib. tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan dalam bahasa lain di dunia. melainkan pada relnya saja. Stasiun terdiri dari WLAN dan server untuk berkomunikasi dengan subsistemnya. VPIS saat ini terdapat dalam beberapa bahasa yang umum dipakai di Singapura. OCC tidak langsung terhubung pada tiaptiap kereta. Mekanisme pengiriman datanya adalah OCC mengirim data ke railway transit yang telah ditentukan. Subsistem VPIS terdiri dari sebuah VPIS controller. Distribution network yang berada di kereta berfungsi mengirim informasi ke layar-layar yang tersedia.id/index. Standar SDH juga membantu kreasi struktur jaringan yang terbuka. distribution network and subsistem wireless. data yang disimpan di railway transit diunduh oleh kereta. OCC sendiri terdiri dari Content Creation & Operation terminal yang memungkinkan pembuatan dan pengubahan dari jadwal masternya.

 http://www.wikipedia.htm .JPG  http://en.wikipedia.stee.youtube.singaporepropertymarket.org/wiki/File:Light_flashing_map.photos-singapore.JPG  http://www.com/future_mrt_lrt_system_map .wikipedia.com/pdf/railway_systems/VPIS_Eng.org/wiki/STARIS  http://www.com/doc/11589906/Materi-4-Sistem-TeknologiInformasi  http://en.com/singapore-mrt.org/wiki/File:Vacuum_Fluorescent_Displays_.stengg.pdf  http://ml.scribd.com/watch?v=uXHB0zpX5oA Daftar Gambar:  http://en.htm  http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful