Kevin Lynch telah melakukan sebuah studi terhadap apa yang diserap secara mental oleh orang-orang

dan realitas fisik sebuah kota. Hasil studinya ini disajikan dalam bentuk buku yaitu “The image of the city”. Secara garis besar Prof.Kevin Lynch menemukan dan mengumpulkan ada lima elemen pokok atau dasar yang oleh orang digunakan untuk membangun gambaran mental mereka terhadap sebuah kota, adalah sebagai berikut 1. JALUR / Pathways (Direction) 2. WILAYAH / Districts (Domain/area) 3. TEPIAN / Edges (Territorial boundary) 4. TENGARAN / Landmark (Building) 5. SIMPUL/ Nodes

Kelima elemen pokok ini sudah cukup untuk membuat-sebuah survey visuil yang berguna dari bentuk sebuah kota. Pentingnya elemen ini terletak pada kenyataan, bahwa orang-orang selalu berfikir tentang bentuk kota atas dasar kelima elemen pokok ini. Dan atas dasar ini pulalah terletaknya kepribadian dari sebuah kota.

underpass. trotoar. Contoh pathways •Untuk kendaraan bermotor : jalan tol.1. JALUR / Pathways (Direction) Merupakan rute-rute sirkulasi yang biasanya digunakan orang untuk melakukan pergerakan secara umum atau di sebut juga sebagai jalur atau jaringan sirkulasi dalam berbagai wujud wadah mobilisasi manusia maupun kendaraan bermotor. •Untuk manusia : footpath. dll. fly over. . dll.

WILAYAH / Districts (Domain/area) Merupakan kawasan atau wilayahwilayah homogen yang berbeda dari wilayahwilayah lain BUSINESS & COMMERCIAL EDUCATION RESIDENTIAL SPORT FACILITIES KAVLING .2.

Kawasan Pendidikan : Sekolah penabur UMN Sekolah pahoa Sekolah stella maris Sekolah Tunas Bangsa Sekolah Tarakanita .

Perumahan dibatasi oleh pagar Perumahan dibatasi oleh jalan tol . TEPIAN / Edges (Territorial boundary) Merupakan tepian.3. batas dari suatu kawasan atau area.

. Landmark besar yaitu yang dapat dilihat dari jauh. Sebagai pengarah rute pergerakan. 2. karena membentuk orang-orang untuk mengarahkan dan mengenal suatu daerah dalam kota Fungsi Landmark secara umum adalah : 1.4. Landmark adalah elemen-elemen penting dari bentuk kota. Sebagai orientasi (titik reverensi) kota. patung. 4. Landmark kecil yaitu yang dapat dilihat dari dekat saja seperti kolam. Seperti yang diungkapkan oleh Kevin Lynch. 3. Sebagai tanda atau ciri suatu kota.patung ditaman dan lain-lain. 2. Landmark tidak harus berupa sebuah monumen tetapi dapat pula berwujud kawasan. TENGARAN / Landmark (Building) Merupakan elemen yang secara visual menjadi dominan dan vocal point. Sebagai struktur aktivitas kota. air mancur. Adapun jenis Landmark dapat dibedakan: 1.

New York Menara Eiffel. . Paris Tugu Monas di Jakarta.Patung Liberty.

SIMPUL/ Nodes Merupakan pusat aktifitas atau sering disebut dengan simpul. Nodes dapat berupa square. pLaza maupun berupa taman.5. Taman Bunga pLaza .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful