You are on page 1of 3

1

Conservation Education 2011 : Explore my Jungle

TERM OF REFERENCE
PENDAHULUAN
Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan salah satu kawasan konservasi yang memiliki keanekaragaman hayati yang khas.Keanekaragaman hayati yang dimiliki Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan flora fauna endemic khas Sulawesi.Kelimpahan keanekaragaman hayati inilah yang menjadikan kawasan hutan ini bertransformasi menjadi kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.Oleh karena itu, pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam turut serta menjaga kelestarian Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung menjadi sangat penting. Program pendidikan konservasi menjadi salah satu aternatif yang tepat untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap kelestarian keanekaragaman hayati di lingkungannya. Pembinaan kecintaan ini harus dilakukan dari usia muda sehingga pembentukan perilaku dan sikap yang lebih ramah terhadap lingkungan dan konservasi menjadi suatu kebiasaan hidup. Oleh karena itu, perlu diadakan proses pengenalan Konservasi Sumberdaya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAHE) bagi anak-anak usia sekolah. Oleh karena itu, Pendidikan Konservasi ini mengambil tema Menjelajah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung : Mengenal dan Melestarikan Hutan untuk Masa Depanku. Hal ini dikaitkan dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan pengetahuan terhadap KSDAHE. Adapun namakegiatan ini adalah explore my jungle.

TUJUAN
1. Untuk memperkenalkan Keanekaragaman sumberdaya Alam hayati pada siswa di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung khususnya. 2. Untuk meningkatkan pengetahuan tentang hutan, konservasi, dan alam.

TARGET
1. Adanya peningkatan pengetahuan Konservasi Sumberdaya Alam hayati dan Ekosistemnya. 2. Tumbuhnya kecintaan generasi muda pada alam dan KSDAHE.

Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung | 2011

Conservation Education 2011 : Explore my Jungle SASARAN

SASARAN PESERTA: 1. Kelompok usia 10 11 tahun atau 2. Siswa-siswi kelas 4 5 Sekolah Dasar SASARAN SEKOLAH: 1. Sekolah Dasar di sekitar Kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung 2. Sekolah Dasar di sekitar lokasi wisata Bantimurung dan Gunung Bulusaraung Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Maros :

1. SD Inpres 26 Bantimurung, Jenetaesa 2. SD Kalabirang, Maros 3. SD Samangki, Maros Pangkep :

1. SD No.6 Bulu 2, Pangkep 2. SD 24 Bajeng, Pangkep

PELAKSANA KEGIATAN
Kegiatan dilakukan oleh Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dan dilaksanakan oleh Staf Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

PROGRAM KEGIATAN
I. Tema Kegiatan : Menjelajah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung : Mengenal dan Melestarikan Hutan untuk Masa Depanku II. Nama Kegiatan :

III. Jenis Kegiatan

Roadshow, pemutaran film, ceramah, diskusi, dan penanaman pohon bersama di lingkungan sekolah. IV. Tanggal jadwal sekolah) : Minggu I minggu II bulan Oktober (disesuaikan dengan

Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung | 2011

Conservation Education 2011 : Explore my Jungle


: 1 Hari selama 2-3 jam : 14.00 WITA

V. Durasi VI. Pukul

MATERI
I. ISI MATERI Materi yang akan diberikan antara lain: 1. Hutan, Taman nasional, dan kawasan konservasi; apa dan fungsinya? 2. Flora fauna di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) dan Sulawesi; ditekankan pada flora fauna endemik Sulawesi dan yang dilindungi terutama yang ada di kawasan TN Babul. 3. Jasa Lingkungan wisata dan air; manfaat dan pentingnya keberadaan hutan terutama pemanfaatan jasa lingkungan di kawasan TN Babul. 4. Upaya upaya konservasi II. ALAT DAN BAHAN Media film dan slideshow III. METODE Pemutaran film, Diskusi, dan bermain.

PENUTUP
Pendidikan Konservasi explore my jungle ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman hayati dan KSDAHE kepada siswa-siswa Sekolah Dasar di sekitar Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, sehingga memerlukan komitmen dan keterlibatan dari pihak sekolah.Oleh karena itu, harapannya kegiatan ini mendapat respon positif dari berbagai pihak guna keberlanjutan program. Demikian term of reference kegiatan pendidikan konservasi ini dibuat sebagai acuan pelaksanaan kegiatan. Bantimurung, Kepala Balai, September 2011

Ir. Agus Budiono, M. Sc NIP.19590318 198603 1 002


Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung | 2011