P. 1
Putra

Putra

|Views: 102|Likes:
Published by Didik Sucahyo
mkalah plc
mkalah plc

More info:

Published by: Didik Sucahyo on Aug 10, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/28/2013

pdf

text

original

Instrumentasi dan Kendali

A. LATAR BELAKANG Definisi PLC menurut National Electrical Manufacturing Association (NEMA) : Suatu perangkat elektronik digital dengan memory yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik, seperti logic, sequence, timing, counting dan arithmatic untuk mengontrol mesin dan proses. PLC terdiri dari device pemrograman (keyboard), unit prosesor, power supply dan interface input/output. PLC (Programmable Logic Controller) merupakan “komputer khusus” untuk aplikasi industri, digunakan untuk menggantikan hard-wired control (rangkaian relay/kontaktor) dan memiliki bahasa pemrograman sendiri. Berbeda dengan Personal Computer, dalam PLC sudah dilengkapi unit input-output digital yang bisa langsung dihubungkan dengan perangkat luar (switch, sensor, relay, dll) bahkan ada yang sudah memiliki ADC/DAC built in. PLC juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif kontroler untuk proyek tugas akhir selain mikrokontroler. Harganya mungkin relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan mikrokontroler. Tapi itu semua tergantung dari jenis aplikasi, kompleksitas sistem dan tentunya…. budget.

Ahmad Maulana Safutra 095524040

Page 1

menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program yang telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya. Programmable. yakni melakukan operasi membandingkan. dan lain sebagainya. Logic. negasi.Instrumentasi dan Kendali Pengertian PLC Programmable Logic Controllers (PLC) adalah komputer elektronik yang mudah digunakan (user friendly) yang memiliki fungsi kendali untuk berbagai tipe dan tingkat kesulitan yang beraneka ragam Definisi Programmable Logic Controller menurut Capiel (1982) adalah : sistem elektronik yang beroperasi secara dijital dan didisain untuk pemakaian di lingkungan industri. menjumlahkan. 2. dimana sistem ini menggunakan memori yang dapat diprogram untuk penyimpanan secara internal instruksi-instruksi yang mengimplementasikan fungsifungsi spesifik seperti logika. membagi. Controller. mengurangi. menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 2 . urutan. OR. pencacahan dan operasi aritmatik untuk mengontrol mesin atau proses melalui modul-modul I/O digital maupun analog. mengalikan. AND. Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut : 1. menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU). 3. perwaktuan.

Sekuensial Control. PLC memproses input sinyal biner menjadi output yang digunakan untuk keperluan pemrosesan teknik secara berurutan (sekuensial). Secara umum fungsi PLC adalah sebagai berikut: 1. PLC ini memiliki bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan dapat dioperasikan bila program yang telah dibuat dengan menggunakan software yang sesuai dengan jenis PLC yang digunakan sudah dimasukkan. 2. PLC secara terus menerus memonitor status suatu sistem (misalnya temperatur. Jenis PLC Saat ini ada bermacam-macam Jenis dan type PLC. Shutdown System Prinsip kerja sebuah PLC adalah menerima sinyal masukan proses yang dikendalikan lalu melakukan serangkaian instruksi logika terhadap sinyal masukan tersebut sesuai dengan program yang tersimpan dalam memori lalu menghasilkan sinyal keluaran untuk mengendalikan aktuator atau peralatan lainnya. tingkat ketinggian) dan mengambil tindakan yang diperlukan sehubungan dengan proses yang dikontrol (misalnya nilai sudah melebihi batas) atau menampilkan pesan tersebut pada operator. Biasanya penggolongan PLC didasarkan Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 3 . Dalam prakteknya PLC dapat dibagi secara umum dan secara khusus. 3. Penggolongan PLC tergantung dari brand nya masing masing. dan dioperasikan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan di bidang pengoperasian komputer secara khusus. Fungsi dan kegunaan PLC sangat luas. tekanan. disini PLC menjaga agar semua step atau langkah dalam proses sekuensial berlangsung dalam urutan yang tepat. Selain dapat diprogram. alat ini juga dapat dikendalikan.Instrumentasi dan Kendali sehingga menghasilkan output yang diinginkan. PLC ini dirancang untuk menggantikan suatu rangkaian relay sequensial dalam suatu sistem kontrol. Monitoring Plant.

thermo control. sedangkan untuk yang modular bisa ditambah sampai kemampuan maksimal CPUnya. yang didukung oleh motherboard dan komponen lainnya. dan large PLC. siemens dengan logo. tetapi untuk merk lain lebih variatif seperti halnya PLC Allen Bradley. Semakin banyak input ouput maka tingkatan PLCnya semakin tinggi. Begitu juga dalam PLC. Sebenarnya untuk tahap belajar ada jenis kontrol lain yang sama mirip dengan PLC tetapi masih dibawah PLC tingkatannya. Hal ini menjadi pertimbangan qt dalam memilih PLC yang sesuai dengan kebutuhan qt. Sesuai dengan namanya untuk jenis compact lebih mudahnya adalah PLC yang tidak dapat ditambah IOnya. kecepatan dalam melakukan proses suatu perintah yang qt masukan dalam program bermacam-macam. Yang dinamakan dengan Smart relay. misalnya di omron dengan zen. Misalnya PLC qt harus terhubung dengan sebuah touch screen. schneider dengan zelio. misalkan di komputer tergantung dari kecepatan processornya. kalau di AB ada RS logix 500 dan RS logix 5000. Dan biasanya perangkat yang akan qt hubungkan mempengaruhi dalam pemilihan type PLC. ada micrologic. motor servo. misalnya di omron dengan CX Programmer. baik dari kecepatan proses maupun jumlah IO. Semakin banyak fungsi maka akan semakin kompleks dalam pembuatan programnya. Schneider dengan twido suite atau twido soft. ControlLogix. begitu juga dengan harganya yang berbanding lurus. SLC. Dalam pembuatan program smart relay lebih mudah dibandingkan pemograman dalam PLC. Merk PLC: Cimon Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 4 . Selain jumlah IO yang harus qt pertimbangkan adalah fungsi dan besaran apa saja yang akan diolah oleh PLC. Kalau di siemens bisa dilihat dari namanya misalnya s5 dan s7 untuk yang terbaru. Kalau dilihat dari hardware. kecepatan ini juga mempengaruhi kapasitas maksimal input dan output pada suatu PLC. Selain itu yang sudah pasti adalah harganya yang lebih rendah dari PLC. atau dengan PLC lain serta bisa komunikasi dengan menggunakan ethernet. inverter. Jenis PLC ini mempengaruhi software yang akan qt gunakan untuk membuat program. small PLC.Instrumentasi dan Kendali pada kecepatan kemampuan melakukan proses data. dan lain sebagainya. Compactlogix. di mitsubishi dengan gx developer. Tetapi kalau untuk fungsi yang tidak begitu kompleks smart relay adalah sebuah pilihan yang tepat. PLC 5. Untuk PLC merk Omron penggolongannya bisa dilihat dari jenisnya yaitu micro PLC. Seperti yang qt tahu saat ini banyak fungsi yang bisa qt manfaatkan dari sebuah PLC. Hampir semua merk PLC juga mempunyai smart relaynya. PLC digolongkan menjadi dua yaitu Compact dan Modular.

2. Seri XP untuk pabrik berukuran besar Mendukung CPU 32 Bit Pengolahan Kecepatan Tinggi Pengolahan Floating Point Kapasitas memori CPU / Power / Komunikasi yang tinggi Sistem redundant. Seri CP untuk mengendalikan sistem modular 16 Bit CPU. Ukuran Compact. besar dalam fungsi. Menyediakan sempurna kompatibilitas antara seri yang berbeda Revolusi I / O Sistem Perluasan Redundansi CPU / Power / Jaringan yang sempurna Jaringan orientasi terbuka Stabilitas terhadap Kebisingan / Suhu Pemaksimalan Ruang / Penghematan kabel Mudah komunikasi / Konfigurasi Modul Khusus [Programless] Memiliki berbagai modul khusus seperti Data Logger / Load Cell 1. harga Reasonable. 3. Seri BP untuk mengendalikan sistem berukuran kecil Jenis Built-in Mendukung 3 Extension Basement Counter Input Device yang berkecepatan tinggi Omron Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 5 .Instrumentasi dan Kendali Fitur Produk Kecil dalam ukuran.

unit I/O khusus dan CPU Unit Bus. Ini menangani mulai dari kontrol mesin untuk mengendalikan proses kontrol. SYSMAC CJ2. SYSMAC CS1 Seri SYSMAC CS1 PLC blok sisi gedung yang menengah dapat dikonfigurasi dari beragam CPU Unit. 3. SYSMAC CP1 dan sebagainya. yang didampingi software pendukung yang mudah digunakan yang mana tersedia untuk penanganan aplikasi yang fleksibel dari peralatan kecul untuk keseluruhan garis produksi. Siemens Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 6 . SYSMAC CJ1 Seri CJ1 SYSMAC Programmable Controllers kecil menyediakan semua fungsi yang diperlukan untuk segala sesuatu dari kontrol mesin untuk proses pengontrolan dalam struktur backplane-bebas yang memungkinkan konfigurasi sistem yang fleksibel. Seri Lainnya Adapun serilainnya seperti SYSMAC ONE.Instrumentasi dan Kendali OMRON Programmable Logic Controllers. 2. 1.

Instrumentasi dan Kendali SIMATIC S7: Tolak Ukur Global untuk Pengendali PLC Modular SIMATIC S7 ini indentik dengan inovasi dan kualitas di bidang PLC Modular. Teknologi aman dan kontrol gerakan dapat diintegrasikan dengan otomatisasi standar ke controller universal. Pengontrol proses ini ideal untuk tugas data-intensif yang sangat khas untuk industri proses. mencapai kinerja tinggi dalam desain yang kompak dan masih cocok untuk tugas rumit dalam jangkauan kinerja yang lebih rendah 3. Pengolahan kecepatan tinggi dan waktu respon deterministik memastikan Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 7 . S7-200 merupakan PLC yang memiliki class tersendiri. Siemens menekankan integrasi dan saling penyempurnaan antara controller. terutama dalam kinerja real-time. dengan hasil bahwa produk dapat digunakan untuk masa depan (compatible) dengan perluasan modular. 4. HMI dan perangkat lunak. S7-200 PLC Siemens S7-200 adalah PLC yang digunakan untuk melakukan tugas otomatis dasar. yang mana sangat compact dan berkemampuan tinggi. S7-200 bekerja dengan cepat serta memiliki fitur pilihan komunikasi yang sangat banyak. S7-400 S7-400 telah dirancang untuk solusi sistem di bidang otomasi manufaktur dan proses. S7-200 juga dilengkapin dengan kemudahan pengorperasian baik dalam segi hardware maupun software. khususnya industri otomotif dan kemasan. 2. SIMATIC S& membawakan pengalaman baru dalah controller modular. S7-300 SIMATIC S7-300 controller universal dirancang khusus untuk sistem solusi inovatif di bidang manufaktur. Controller modular ini berfungsi sebagai sistem otomasi yang ideal universal untuk konfigurasi terpusat dan terdesentralisasi. ketahanan terhadap getaran. dan bebas pemeliharaan. 1. Sebagai hasilnya SIMATIC baru S7-1200 PLC Mikro menjadi fleksibel dan scalable. S7-1200 Dalam mengembangkan SIMATIC baru S7-1200.

FP2 Series 6. FP0 Series 5. FP Impulse Controller Series 2. Panasonic 1. FPΣ Series 4. T1 Micro PLCs Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 8 . FPX Series 3.Instrumentasi dan Kendali kali siklus mesin pendek pada kecepatan tinggi mesin dalam industri manufaktur. FPe Series 7. FP0R Series Toshiba 1.

dalam waktu yang relatif singkat. Cara ini tentunya memakan waktu yang lama. Jumlah kontak yang banyak Jumlah kontak yang dimiliki oleh PLC pada masing-masing coil lebih banyak daripada kontak yang dimiliki oleh sebuah relay. Perubahan dan pengkoreksian kesalahan sistem lebih mudah Bila salah satu sistem akan diubah atau dikoreksi maka pengubahannya hanya dilakukan pada program yang terdapat di komputer. Harganya lebih murah PLC mampu menyederhanakan banyak pengkabelan dibandingkan dengan Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 9 . 3. setelah itu didownload ke PLC-nya. 2. Dalam industri-industri yang ada sekarang ini. misalnya relay maka perubahannya dilakukan dengan cara mengubah pengkabelannya. Apabila tidak menggunakan PLC. tiap perangkat elektronik yang berbeda dikendalikan dengan pengendalinya masing-masing. kehadiran PLC sangat dibutuhkan terutama untuk menggantikan sistem wiring atau pengkabelan yang sebelumnya masih digunakan dalam mengendalikan suatu sistem. Misal sepuluh mesin membutuhkan sepuluh pengendali. Fleksibel Pada masa lalu.Instrumentasi dan Kendali 2. tetapi kini hanya dengan satu PLC kesepuluh mesin tersebut dapat dijalankan dengan programnya masing-masing. S2E/ST2 Small PLCs kekurangan dan kelebihan. Dengan menggunakan PLC akan diperoleh banyak keuntungan diantaranya adalah sebagai berikut: 1. 4.serta fungsi dari PLC (Dian Artanto: 2009) Keuntungan dan Kerugian PLC.

sehingga tidak membutuhkan komponen-komponen tersebut sebagai tambahan. 7. Sifatnya tahan uji Solid state device lebih tahan uji dibandingkan dengan relay dan timers mekanik atau elektrik. Teknologi yang masih baru Pengubahan sistem kontrol lama yang menggunakan ladder atau relay ke konsep komputer PLC merupakan hal yang sulit bagi sebagian orang 2. Selain keuntungan yang telah disebutkan di atas maka ada kerugian yang dimiliki oleh PLC. sehingga penggunaan PLC pada aplikasi dengan satu fungsi akan memboroskan (biaya). Kecepatan PLC ditentukan dengan waktu scannya dalam satuan millisecond. Pada aplikasi dengan satu fungsi jarang sekali dilakukan perubahan bahkan tidak sama sekali. lingkungan mungkin mengalami pemanasan yang tinggi. timer ataupun komponen-komponen lainnya sebagai peralatan tambahan. vibrasi yang kontak langsung dengan alat-alat elektronik di dalam PLC dan hal Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 10 . Penggunaan relay membutuhkan counter.Instrumentasi dan Kendali sebuah relay. Menyederhanakan komponen-komponen sistem kontrol Dalam PLC juga terdapat counter. Buruk untuk aplikasi program yang tetap Beberapa aplikasi merupakan aplikasi dengan satu fungsi. 3. Maka harga dari sebuah PLC lebih murah dibandingkan dengan harga beberapa buah relay yang mampu melakukan pengkabelan dengan jumlah yang sama dengan sebuah PLC. yaitu: 1. Kecepatan operasi Kecepatan operasi PLC lebih cepat dibandingkan dengan relay. relay dan komponen-komponen lainnya. sequencers. timers. 6. dan berbagai fungsi lainnya. Sedangkan PLC dapat mencakup beberapa fungsi sekaligus. PLC merupakan solid state device sehingga bersifat lebih tahan uji. counters. Pertimbangan lingkungan Dalam suatu pemrosesan. 5. PLC mencakup relay.

relays.Dasar Pemrograman PLC (Bagian 1) Untuk membuat program PLC harus anda harus mempunyai latar belakang dalam pembuatan ladder diagram kontrol mesin. pada program PLC. Seorang engineer yang mengembangkan bahasa pemrograman PLC harus peka dengan kenyataan bahwa kebanyakan engineer. Bahasa pemrograman PLC adalah salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari.Instrumentasi dan Kendali ini bila terjadi terus menerus. semua komponen yang terhubung dengan PLC akan direpresentasikan pada program sebagai Program Components. lights. dan tukang listrik yang bekerja dengan mesin mesin listrik akan terbiasa dengan metode ini untuk merepresentasikan control logic. Program Component tidak sama dengan physical component tetapi hanya nama-nya saja yang boleh sama. 4. PLC akan menjadi lebih efektif bila program pada proses tersebut di-upgrade secara periodik Dasar . A. Kita akan menghubungkan (connecting) physical component (switches. Operasi dengan rangkaian yang tetap Jika rangkaian pada sebuah operasi tidak diubah maka penggunaan PLC lebih mahal dibanding dengan peralatan kontrol lainnya. Sebagai contoh switch pushbutton N/O S1 diberi nama START. Physical Component Vs Program Component Ketika belajar PLC programming salah satu konsep yang sulit adalah memahami perbedaan antara physical components dan program components. jika kita connect switch ini ke input 001 PLC. Contoh lain jika kita connect RUN lamp L1 ke Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 11 . maka ketika kita program PLC. switch START akan menjadi N/O relay contact dengan reference designator IN001 dengan nama START. tehnisi. etc) ke terminal luar pada PLC. Alasanya adalah pada level dasar pemrogrman ladder untuk PLC adalah sama dengan ladder diagram electrical. Kemudian. mengganggu kinerja PLC sehingga tidak berfungsi optimal. Ini mengharuskan seseorang pendatang baru di PLC untuk terbiasa dengan control diagram agar bisa dapat dengan cepat beradaptasi dengan bahasa pemrograman.

scribd.Instrumentasi dan Kendali output 003 pada PLC. diberikan contoh rangkaian AND ladder diagram yang terdiri dua momentary push button yang terhubung secara seri dengan lampu. lamp akan direpresentasikan dengan relay coil dengan reference designator OUT003 dengan nama RUN.blogspot. maka pada penulisan program.com/doc/37241775/Berbagai-Merek-PLC#download Ahmad Maulana Safutra 095524040 Page 12 . Sebagai contoh pemrograman PLC adalah sebagai berikut. AND ladder Daftar pustaka http://kelebihandankekuranganplc.com/ http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->