Kompetensi Dasar

Mata Pelajaran Bahasa Inggris
di

SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK dan Permasalahannya
©Susanto
1

P L P G W-shop on SK/KD W-shop on SIL R O A D M A P PP SK/KD . R PP W-shop on R PP SILABUS W-shop on MAT/L KS R PP PRESENT ATION PEER TEACHING W-shop on As-ment W-shop on MED 2 . SIL.

dan Sub-sub-kompetensi Dasar 3 . Sub-kompetensi Dasar. Inggris dan Permasalahannya • Kompetensi Dasar.Isi • Standar Isi Mapel B.

Isi Standar Isi* Standar Kompetensi Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat. *Lihat rumusan KD-KD lain di dalam SI 4 . memperkenalkan diri sendiri/orang lain. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal. lancar. Kompetensi Dasar Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan memerintah atau melarang.

• Isi tidak jelas.  Masalah: • Indikator sulit diidentifikasi. 5 . • Mengandung lebih dari satu kompetensi.Permasalahan dengan Rumusan KD  Rumusan: • Kompleks.

mengucapkan terima kasih. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi. lancar. meminta maaf.Rumusan KD Kompleks dan Mengandung Lebih dari Satu Kompetensi • Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. 6 . dan mengungkapkan kesantunan.

Isi Rumusan KD Tidak Jelas • Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. dan berterima. lancar. 7 .

Pelajari dan Diskusikan • • • • Standar Isi SD/MI Standar Isi SMP/MTs Standar Isi SMA/MA Standar isi SMK/MAK 8 .

dan Sub-sub-kompetensi Dasar 9 . Sub-kompetensi Dasar.Kompetensi Dasar.

lancar.KD dengan Dua Kompetensi Perlu dijabarkan ke Sub-KD • Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure. 10 .

Rumusan Sub-KD Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat. procedure . lancar. 11 . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive . lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk dan procedure . Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat.

Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.Sub-KD belum Spesifik Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat. lancar. lancar. lancar. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur melarang . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur memerintah . dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur memerintah dan melarang . 12 .

Sub-KD Belum Spesifik Dijabarkan ke Subsub-KD Merespon makna dalam percakapan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat.. memperkenal -kan orang lain.. yang melibatkan tindak tutur menyapa orang yang belum dikenal. Merespon makna dalam percakapan interpersonal (bersosialisasi) .. memperkenalkan diri sendiri/orang lain. yang melibatkan tindak tutur Merespon makna dalam percakapan interpersonal (bersosialisasi) .. dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal. yang melibatkan tindak tutur memperkenal -kan diri sendiri. yang melibatkan tindak tutur Merespon makna dalam percakapan interpersonal (bersosialisasi) .. menyapa orang yang sudah dikenal. 13 .. Merespon makna dalam percakapan interpersonal (bersosialisasi) . lancar...

menulis. bercakap-cakap. menjawab. • Kata kerja tindakan dari ranah penerapan: merespon. 14 . mengungkapkan. membuat. membawakan. membaca. menggunakan. • Memuat satu kompetensi (satu kata kerja tindakan dan satu isi).Rumusan Kompetensi yang Bisa Diidentifikasi Indikatornya • Terdiri dari kata kerja tindakan dan isi (topik/bahan pelajaran).

15 .Pelajari dan Diskusikan* Lampiran 1: Penjabaran KD ke Sub-KD dan Subsub-KD SI SD/MI Lampiran 2: Penjabaran KD ke Sub-KD dan Subsub-KD SI SMP/MTs Lampiran 3: Penjabaran KD ke Sub-KD dan Subsub-KD SI SMA/MA Lampiran 4: Penjabaran KD ke Sub-KD dan Subsub-KD SI SMK/MAK * Bandingkan dengan Silabus dan RPP yang Anda miliki.

End of Presentation Go to Identifikasi Indikator 16 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful