P. 1
Belajar CI – Membuat form, memasukkan data ke database melalui form dan menampilkan hasilnya.

Belajar CI – Membuat form, memasukkan data ke database melalui form dan menampilkan hasilnya.

|Views: 53|Likes:
Published by Izmatul Farihah

More info:

Published by: Izmatul Farihah on Aug 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Belajar CI – Membuat form, memasukkan data ke database melalui form dan menampilkan hasilnya.

Pertama-tama buat database untuk dimasukkan data, buka localhost/phpmyadmin pada browser, lalu pilih klik tulisan database, kemudian pada kolom “Create new database” ketik nama database yang diinginkan, kemudian pilih create.

Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini, pilih create table yang ada di sebelah kiri, kemudian isikan nama table, dan jumlah kolom yang diinginkan, klik Go.

Jika jumlah kolom pada table yang diinginkan kurang, tambah jumlah kolomnya dengan cara scroll kebawah pada table, ketik untuk Add berapa kolom, kli Go.

Kemudian isi nama kolomnya, ini nanti akan dimunculkan di form. Kemudian pilih tipenya, untuk id, kita pilih tipe integer, title pilih variable character isi seperti di bawah ini:

Khusus pada kolom ID, ceklis pada kolom Auto Integer agar si ID ini akan bertambah dengan sendirinya saat ditambahkan data.

Lalu, kita copy folder CodeIgniter ke folder htdocs di XAMPP. CodeIgniter ini bisa di download di http://codeigniter.com/downloads/.

Lalu rename foldernya, dengan nama yang kita inginkan.

Buka folder tersebut, pada folder application, pilih folder config, kemudian klik 2 kali untuk membuka file autoload.php.

Pada autoload libraries dan helper, tambahkan seperti di bawah ini:

Pada folder yang sama buka file config.php, pada config base_url tambahkan http://localhost/<nama folder ci kita tadi> (biar sama. Hehehe)

Kemudian buka folder application yang ada di folder CI tadi, pada folder controller, buat file baru. Dalam hal ini, saya membuat filenya bernama matulnews.php.

Controller inilah yang akan menghubungkan antara view dan model. Isi file controller tersebut dengan program seperti di bawah ini:

Kemudian dalam folder views yang ada di folder application tadi, buat folder baru, dan di dalam folder tersebut buat file php baru. Dalam hal ini, saya membuat file tersebut bernama matulview.php

Kemudian pada file tersebut buat program seperti ini:

Kemudian coba buka browser, dan ketikkan localhost/<nama folder CodeIgniter kita>/<nama file controller>. Jika programnya benar akan muncul seperti ini:

Walaupun form tersebut sudah muncul, namun masih belum bisa untuk menyimpan data ke dalam database karena kita belum menggunakan model yang fungsinya adalah untuk meng insert data, update, delete, search, dll.

Lalu, buat file untuk model di dalam folder models yang ada di folder application, dalam hal ini saya memberi nama matulmodel.php. Dan buatlah program seperti di bawah ini pada file tersebut:

Yang ada dalam kotak merah tersebut adalah nama tabel yang kita buat di database. Setelah membuat file model, maka buka kembali autoload.php, dan pada models tambahkan nama file model yang telah kita buat.

Lalu buat satu file lagi di dalam folder yang kita buat di folder views, dalam hal ini saya beri nama matulpage.php. fungsinya adalah untuk menampilkan data apa saja yang telah dimasukkan ke database. Dan pada file tersebut tambahkan program seperti ini:

Kemudian dalam file controller yang kita buat, tambahkan program seperti ini:

Buka browser, dan ketikkan kembali localhost/<nama folder CI>/<nama file controller>, coba masukkan data, klik simpan.

Setelah di klik simpan, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, termasuk jika sudah ada data dalam tabel database sebelumnya, juga akan dimunculkan.

Alhamdulillah, selesai deh belajar CI kita kali ini :), di lain kesempatan saya akan membahas bagaimana cara membuat tombol edit dan hapus pada form tersebut. Sekaligus mengedit dan menghapus data di form.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->