You are on page 1of 3

Nama Tingkat Tugas MK

I.

: : :

Fajar Lasamadi 1B Bahasa indonesia

Lima contoh kalimat majemuk setara;
a. Dengan menggunakan hubungan penjumlahan; 1. Korban bencana banjir itu tidur di tempat pengungsian, dan menunggu bantuan yang akan datang. 2. Ia bangun dari kasur dan kemudian berlari kekamar WC. 3. Dia tetap menjadi orang yang sombong baik ia skolah di SMA maupun sudah di pondok pesantren. 4. Para pejalan kaki itu berjalan ke KM 5, dan makan pisang goreng. 5. Debri pergi ke ke keles, dan menyalakan petasan.

b. Dengan menggunakan hubungan perlawanan; 1. Kebakaran itu tidak hanya menghanguskan rumah warga, tetapi juga menghanguskan banyak orang. 2. Teroris itu tidak saja membuat warga resah, tetapi juga membuat kehancuran dimana-mana. 3. Kecelakaan yang terjadi barusan tidak hanya membuat

pengendara ketakutan, tetapi juga membuat kemacetan sepanjang dua KM. 4. Buku pelajaran bukan hanya menambah kepintaran, tetapi juga biasa menambah wawasan. 5. Para petani itu ada yang tidak bersekolah, tetapi mereka sangat mahir dalam bertani.

c. Dengan menggunakan hubungan pemilihan; 1. Dalam keadaan sakit saya harus minum obat atau sakit saya akan tambah parah. 2. Dia harus makan atau dia akan mati kelaparan.

1

II. Seminggu dua kali lebih baik dalam mencuci pakaian atau seminggu sekali dengan tumpukan pakaian yang banyak. 4. 5. 2. Besok akan di adakan ujian KDM maka saya harus belajar. 1. 4. Dia rela kehilangan pacar pertamanya walaupun hidupnya menderita. 4. aku tak pernah bercerita pada siapapun. Dia sering mandi tengah malam sungguhpun dia telah mengidap panyakit bronchitis. dia tetap menjadi ibuku untuk selamanya. Aku harus bunuh diri atau hidup dangan banyak hutang. 3. Siapapun dia. 2 . Walaupun aku punya masalah. Lima contoh kalimat majemuk bertingkat. 1. 2. Banjir yang melanda toili barat sangat dasyat sampai-sampai merusak pemukiman warga. 2.3. Berhubung dengan konsesif. Pembayaran uang semester di akper sangat mahal sehingga banyak mahasiswa yang tidak mampu membayarnya. Berhubungan dengan waktu. 1. 3. Andi pergi ke kapolsek seraya melapor teroris yang di lihatnya. Sewaktu hidupku susah tak ada yang pedulih padaku. c. b. 3. Ia harus kabur dari penjara atau ia akan di hukum mati. 5. Sore tadi saya menahan taksi sambil mengatakan saya bertujuan ke maahas. Sejak aku dewasa hidupku lebih membaik di banding aku mashi kanak-kanak. Aku harus berusaha baik padanya kendatipun dia musuh terbesarku. a. Berhubungan dengan akibat. Ketika aku masi kecil hidupku sering di landa bencana. 5.

2. 4. 3. Yang meninggal kemarin siswa SMA 3.4. 5. Lelaki yang di bawa ke rumah sakit kemari itu adalah pamanku. Pakaian putih hitam itu yang di kenakan mahasiswa akper. 1. Wanita yang datang semalam itu adalah istriku. Keke sangat cantik di kampus sehingga banyak cowok yang ingin menjadi kekesihnya. Bom yang meledak di salah satu hotel di bali sangat dasyat sampai-sampai banyak menelan korban jiwa. d. Ikan yang di jual di pasar tadi hasil pancingan kemarin. 5. Berhubungan dengan atributif. 3 .