Cara Membuat Toko Online

© FaktaBisnisOnline.com Semakin hari saya perhatikan semakin banyak orang yang mau memiliki usaha sendiri ketimbang menjadi karyawan seumur hidup. Bagus memang, jadi bisa mandiri, bahkan bisa membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain. Yang lebih menggembirakan, ternyata banyak diantara mereka yang memiliki usaha, mulai melirik pemasaran secara online. Coba saja Anda perhatikan.. semakin banyak took-toko online yang bermunculan. Yang dijual macam-macam. Mulai dari produk digital, sampai grosiran Tanah Abang pun ikut buka lapak online. Nah, buat teman-teman yang tertarik ingin memiliki toko online tapi masih bingung, mungkin informasi ini bisa membantu.. Sebenarnya, kalau Anda sudah punya barang dan pasar incaran, membuka took online sama sekali ga susah kok. Anda tinggal: 1. Membeli domain name 2. Membeli layanan hosting 3. Membeli software Shopping Cart Sederhana bukan?

Membeli Domain Name
Banyak tempat di mana Anda bisa membeli domain name, tapi saya sarankan untuk membelinya di Registrar yang sudah kredibel, diantaranya GoDaddy. Registrar lainnya yang saya gunakan adalah Moniker, Anda bisa memilih diantara keduanya.

Saya sarankan agar Anda tidak membeli domain name di Registrar yang tidak jelas, alias kurang bonafid, karena mereka biasanya merupakan Reseller dari Registrar besar, sehingga harganya bisa lebih mahal. Walaupun untuk tahun pertama murah, tapi biasanya untuk perpanjangan agak lebih mahal. Di samping itu, untuk alas an keaman bisnis Anda, gunakan saja yang sudah jelas bonafid, ya kan? Untuk apa mengambil resiko...

Membeli Layanan Hosting
Ada banyak juga pilihan hosting. Salah satu yang saya Andalkan selama bertahuntahun adalah Hostgator. Selain bisa diandalkan Support Team-nya, Hostgator juga selalu memberikan kupon-kupon, sehingga biaya hosting bisa lebih murah! Berikut kupon yang bisa Anda gunakan ketika membeli layanan hosting dari Hostgator:   25OFFGATORSAVING - diskon 25% untuk setiap pembelian layanan hosting GATORHOSTINGFREE - 1 bulan pertama hanya $0.01

Membeli Software Shopping Cart
Pilihannya juga bermacam-macam, bahkan banyak yang gratisan. Tapi saat ini saya menganjurkan Anda untuk memilih layanan local. Bukan apa-apa, ini untuk memudahkan urusan Anda. Tentu saja Anda ga mau terus berkutat dengan halhal teknis dalam pengurusan situs Anda bukan? Kalau Anda menggunakan layanan local, banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh:    Bahasa pada tampilan situs adalah bahasa Indonesia Bahasa pada ‘Back Office’ alias ruang admin juga bahasa Indonesia Supportnya orang Indonesia

Sehingga, Anda ga perlu repot-repot lagi menyewa jasa untuk mengedit settingan software yang baru Anda peroleh. Tapi biasanya, sampai saat laporan ini ditulis, layanan lokal ini juga maunya situs kita dihost di server punya mereka, jadi Anda juga membayar layanan hosting ke mereka setiap tahunnya.

Ini memang salah satu cara mereka untuk bisa menjual software Shopping Cart mereka dengan harga murah.. dan sekaligus memperoleh penghasilan kontinyu dari sewa hosting.

Promosi Situs
OK, kalau situs toko online Anda sudah berjalan, apa langkah selanjutnya? Tentu saja promosi situs... Nah, ini langkah yang lumayan rumit. Tapi sebenarnya, selama Anda memiliki produk atau jasa yang berkualitas, promosi situs merupakan langkah yang sederhana, walaupun memakan waktu, dan perlu biaya. Satu lagi yang sangat penting – harus dengan cara yang benar. Cara yang salah dalam mempromosikan situs toko online Anda bisa berakibat fatal, bahkan bisa menyedot modal Anda tanpa hasil yang memuaskan! Untuk trik dan cara mempromosikan situs, Anda bisa berkunjung ke blog saya, FaktaBisnisOnline.com Salam Sukses!

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful

Master Your Semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master Your Semester with a Special Offer from Scribd & The New York Times

Cancel anytime.