STOP PENGANGGURAN DENGAN ENTREPRENEURSHIP

Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil alamnya. Sumber daya alam yang terbentang pada lebih dari 13.667 kepulauan di Indonesia, menyimpan hampir semua mineral yang dibutuhkan manusia seperti batubara, emas, tembaga, minyak bumi, hasil hutan, rempah-rempahan, serta berbagai jenis bahan untuk obat alami. Tetapi sumber daya yang melimpah tersebut belum dimanfaatkan dengan sempurna oleh masyarakat Indonesia, terbukti dengan problematika yang setiap tahunnya terus meningkat yaitu masalah pengangguran dan kemiskinan. Jadi, apa yang dimaksud dengan pengangguran? Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari dan belum mendapatkan pekerjaan. Angkatan kerja yang telah didata oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pada 5 tahun terakhir yaitu 29,64 juta orang pengangguran pada tahun 2005 naik menjadi 32,8 juta orang pada tahun 2010. Tingkat pengangguran yang setiap tahunnya terus naik, disebabkan oleh beberapa permasalahan. Permasalahan yang sering muncul dari berbagai angkatan pengangguran yaitu tenaga kerja di Indonesia memiliki tingkat pendidikan yang 50 % lebih hanya lulusan Sekolah Dasar (SD). Terkadang jenis kelulusan dari calon tenaga kerja ini tidak sesuai dengan peluang kerja yang tersedia sekarang dan tidak sepadan dengan sumber daya yang akan mereka kelola. Beberapa dari mereka ada yang telah lulus dari Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan Perguruan Tinggi, namun mereka juga belum mendapatkan pekerjaan. Kebanyakan pengangguran yang ada di Indonesia mencoba bekerja diluar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Mereka dibekali dengan pengalaman seadanya untuk mencoba melawan nasib di perantauan. Tetapi beberapa dari mereka mengalami hambatan seperti ketidakcakapan dalam bekerja dan keterbatasan berbahasa.

1

Pada hakekatnya. dengan mengembangkan beberapa kemampuan sesuai dengan bakat dan minat yang disukai. Mereka lebih suka menunggu uluran tangan dari pemerintah untuk mengikuti tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mana peluang untuk lulus dan diterima di instansi pemerintahan tersebut relatif sedikit. seperti tingkat pendidikan dan kesehatan masyarakat Indonesia yang masih sangat rendah. untuk mengikuti program pelatihan ini hanya dibatasi 20 orang per Kota dan Kabupaten. Program pelatihan ini mengalami kendala.Hambatan-hambatan tersebut mengakibatkan mereka menjadi kurang optimal dalam bekerja dan terkadang mendapat perlakuan yang tidak semestinya dari para majikan mereka. untuk terlepas dari masalah pengangguran tersebut. 2 . terciptanya sebuah gagasan baru untuk berwirausaha. Merubah pemikiran diawali dengan mengenali dan menyadari potensi yang ada pada diri sendiri. apakah yang seharusnya kita lakukan? yang harus kita lakukan adalah merubah pemikiran “A better life starts in the mind” memulai kehidupan baru dengan merubah cara berfikir. Hal ini menyebabkan para tenaga kerja menjadi sedikit yang berkeinginan menjadi TKI kembali. Dari bakat dan minat inilah. Pemerintah juga pernah menerapkan program pelatihan bagi tenaga kerja. tingkat pengangguran merupakan salah satu faktor penyebab tingginya angka kemiskinan di Indonesia disamping beberapa faktor lain. Masalah anggaran untuk meneruskan program ini menjadi hambatan utama pemerintah untuk melaksanakan pelatihan dalam skala besar. Jadi. Ditambah lagi permasalahan dari pemerintah yang kurang memperhatikan pengamanan dan pengawasan bagi para TKI yang berada diluar negeri. Sehingga. Ada juga segelintir angkatan kerja yang menjadi pengangguran dikarenakan mereka memilih-milih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Namun apakah maksud sebenarnya dari wirausaha tersebut? Wirausaha (Entrepreneur) adalah jenis pekerjaan yang dijalankan oleh seseorang dengan menciptakan suatu usaha baru yang kreatif dan inovatif untuk mencapai hasil yang membanggakan.Kita sering mendengar kata-kata wirausaha untuk panggilan dari orang-orang yang bekerja tanpa jabatan yang jelas. Contoh wirausahawan yang telah berhasil ialah Bob Sadino. karakter dan sikap kewirausahaan yang harus dimiliki ialah :       Memiliki komitmen dan kemauan Memiliki sifat risk seeker (menyukai tantangan) Mampu berinovasi dan berkreasi Mampu menciptakan usaha baru (barang/jasa) Mampu melihat peluang-peluang yang ada Mampu mengambil sebuah keputusan tanpa takut akan resiko yang akan timbul. Untuk menjadi seorang wirausahawan. dengan memberikan motivasimotivasi yang sangat membangun serta trik dan tips yang pernah dilakukan sebelumnya oleh para wirausahawan yang telah berhasil. Dalam berwirausaha para calon tenaga kerja tidak harus memiliki kompetensi dan bekal ilmu pengetahuan yang tinggi. 3 . Sebelumnya pelatihan-pelatihan mengenai kewirausahaan ini sudah mulai disosialisasikan ke beberapa calon tenaga kerja. Tujuan dari kewirausahaan itu sendiri adalah untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk dirinya dan orang lain sehingga dapat mengurangi angka pengangguran. pada akhirnya pasti akan menemukan sebuah peluang yang cemerlang. karena dengan sering mencoba dan berusaha keras. mereka hanya perlu menyiapkan mental serta kemauan untuk terus mencoba dan tidak takut mengambil tantangan.

Apabila anda calon wirausahawan yang sudah mempunyai ide. membina hubungan baik dan terus mencoba sampai akhirnya sukses. Untuk langkah awal bagi para wirausahawan yang ingin mencoba berkarya tidak diharuskan untuk menemukan temuan yang luar biasa tetapi yang lebih penting adalah bagaimanana menyiasati sumber daya yang tersedia dilingkungan sekitar serta lebih cepat menanggapi peluang yang ada. Salah satu contohnya yaitu mengembangkan industri rumah tangga dengan pemanfaatan limbah (metode daur ulang) dan menghasilkan sebuah produk baru yang bermanfaat dengan modal yang tidak terlalu banyak. pasti akan ada sejuta jalan dan peluang yang akan anda peroleh untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. inovasi. dilatarbelakangi dengan sikap mereka yang mau mengambil tantangan. Sebenarnya kunci dan langkah awal para wirausahawan yang telah sukses tersebut. ia menjual telur beberapa kilogram per hari bersama istrinya dengan cara dari pintu ke pintu (door to door). telurnya makin laris. Dari sanalah kemudian usahanya terus berlanjut. Dengan demikian. kita juga bisa membuka lapangan kerja baru yang pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran yang ada di Indonesia. Pada awalnya. kreasi. Marilah kita stop pengangguran dengan Entrepreneurship… 4 .Bob Sadino mengawali langkahnya untuk berwirausaha dengan menekuni usaha ternak ayam. serta kemauan untuk memulai suatu usaha. dengan menjual telur hingga lantas menjual aneka bahan makanan dan akhirnya menjadi cikal bakal supermarket Kemchick dan usaha daging olahan Kemfoods miliknya. Kemudian dengan ketekunan dan kemampuannya menjaga hubungan baik. tingkatkanlah pemikiran anda untuk mengembangkan ide-ide yang nantinya.