SISTEM INFORMASI PENJUALAN PT HM SAMPOERNA Tbk.

Disusun untuk Memenuhi Tugas Praktikum Sistem Informasi Manajemen

disusun oleh :

Nikita Nazhira Fennicia Auliantika R. Karina Desiria Dewi Elvina Noviawanti

120310080159 120310100092 120310100099 120310100102

PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS PADJADJARAN

2012 KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT , karena berkat ridha Nya lah kami semua dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Sistem Informasi Penjualan PT. HM SAMPOERNA (cabang Bandung)” ini. Tujuan kami dalam menyajikan materi ini yaitu sebagai bahan pengetahuan mengenai penggunaan system informasi di dalam perusahaan atau organisasi. Disini penyusun, juga tidak lupa mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terkait baik jasa maupun materi dalam penyelesaian tugas ini. Akhir kata, tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan makalah ini. Oleh karena itu. kami sangat berharap sudi kira-nya para pembaca makalah ini, berkenan memberikan masukan, kritik, dan sarannya. Demi membangun terciptanya kesempurnaan makalah ini.

Bandung, Juni 2012

Penyusun

ii

....................................... ii BAB I PENDAHULUAN........................3 BAB III PENUTUP......................................................................................................................................................................................................................23 iii ..............................................................................................................................................................................i KATA PENGANTAR.....................................................................................................................................Daftar Isi ....................i .......................1 BAB II PEMBAHASAN...........................................................................................................23 ......................

dan tujuan penulisan sistem informasi penjualan pada PT. dimana data merupakan aset penting dalam menghadapi persaingan dunia bisnis saat ini. sales. HM SAMPOERNA adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan rokok. 2 Pokok Permasalahan Dari hasil wawancara yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa PT. . 3 Tujuan Penulisan Makalah Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas akhir praktikum sistem informasi manajemen. Dalam proses pembuatan laporan masih secara manual dicatat disebuah buku besar. Sehingga besar kemungkinan data yang sama dimasukkan. Banyak masalah yang timbul di PT. Didalam setiap transaksi PT. dan penjualan selain itu keterlambatan pembuatan laporan juga sering terjadi karena kesulitan dalam pencarian dan pengolahan data. HM Sampoerna adalah penjualan dalam jumlah besar dan juga kecil. Semua permasalahan yang timbul disebabkan oleh semua data yang ada hanya berbentuk bon/struk. Untuk meningkatkan pelayanan dan dalam menghadapi persaingan di dunia bisnis maka diperlukan suatu sistem informasi untuk pengolahan data. HM Sampoerna khususnya masalah informasi stok barang. HM Sampoerna dituntut untuk melayani konsumen dengan kenyamanan dan kemudahan. adalah sebagai berikut : 1. Diharapkan dengan adanya sistem informasi tersebut dapat mengurangi permasalahan yang ada. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pentingnya sistem informasi dalam penyampaian informasi.BAB I PENDAHULUAN 1 Latar Belakang Permasalahan PT. dan data penjualan. HM Sampoerna membutuhkan sebuah sistem informasi penjualan. Mempermudah dan mempercepat para pegawai dalam mendapatkan informasi tentang persedian barang. Sampoerna Tbk. Salah satu layanan yang diberikan oleh PT.

Mempermudah dan mempercepat proses pembuatan laporan persediaan dan penjualan barang sehingga data yang diperoleh lebih akurat.2. Mendukung kinerja PT. 3. HM Sampoerna dengan memberikan fasilitas aplikasi yang lengkap. 4. . Mempermudah pegawai dalam pengolahan transaksi penjualan.

produsen rokok terkemuka di dunia. Pada awal 1930-an. Liem Seeng Tee mengganti nama keluarga sekaligus nama perusahaannya menjadi Sampoerna. Perusahaan kecilnya tersebut merupakan salah satu perusahaan pertama yang memproduksi dan memasarkan rokok kretek maupun rokok putih. seorang imigran asal Cina. yang berarti ”kesempurnaan”. PT HM Sampoerna Tbk. Sejarah: Sejarah dan keberhasilan PT HM Sampoerna Tbk. Popularitas rokok kretek tumbuh dengan pesat. Indonesia. PT HM Sampoerna Tbk. serta “Raja Kretek” yang legendaris Dji Sam Soe. A Mild. memproduksi sejumlah merek rokok kretek yang dikenal luas. mulai membuat dan menjual rokok kretek linting tangan di rumahnya di Surabaya. (“Sampoerna”) merupakan salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia. • Visi: “ Menjadi produsen rokok nomor satu di Indonesia” • Misi: Menawarkan pengalaman merokok terbaik kepada perokok dewasa di Indonesia.BAB II PEMBAHASAN 4 Profil Perusahaan PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Liem Seeng Tee. adalah afiliasi dari PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International. Setelah usahanya berkembang cukup mapan. Pada tahun 1913. Liem Seeng Tee memindahkan tempat tinggal keluarga dan pabriknya ke sebuah kompleks bangunan yang terbengkalai di Surabaya yang kemudian direnovasi olehnya. . seperti Sampoerna Kretek (sebelumnya disebut Sampoerna A Hijau). ("Sampoerna") tidak terpisahkan dari sejarah keluarga Sampoerna sebagai pendirinya.

Produk: 1. sekaligus tetap menjaga tradisi dan warisan budaya Indonesia yang telah dimilikinya sejak hampir seabad lalu. (“PMI”). A Mild A Mild merupakan pionir produk rokok kategori LTLN (rendah tar rendah nikotin) di Indonesia. yang di kemudian hari menjadi Sampoerna. Pada tahun 2010. Selanjutnya Sampoerna berhasil memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia. Sampoerna berkembang pesat dan menjadi perseroan publik pada tahun 1990 dengan struktur usaha modern. Dji Sam Soe Dji Sam Soe merupakan sigaret kretek tangan pertama yang diproduksi oleh Handel Maatstchapijj Liem Seeng Tee. . Saat ini. afiliasi dari PMI. salah satu perusahaan rokok terkemuka di dunia. mengambil alih kemudi perusahaan pada tahun 1978. PT Philip Morris Indonesia. A Mild diproduksi di pabrik Karawang dan Sukorejo. dan memulai masa investasi dan ekspansi.Bangunan tersebut kemudian juga dijadikan tempat tinggal keluarganya. serta merupakan salah satu tujuan wisata utama di Surabaya Generasi ketiga keluarga Sampoerna. Putera Sampoerna. mengakuisisi kepemilikan mayoritas atas Sampoerna. Dji Sam Soe diposisikan sebagai kretek premium di Indonesia. bangunan yang dikenal sebagai Taman Sampoerna tersebut masih memproduksi kretek linting tangan. Akhirnya pada bulan Mei 2005. dan hingga kini. Bangunan tersebut kini juga meliputi sebuah museum yang mencatat sejarah keluarga Sampoerna dan usahanya. Keberhasilan Sampoerna menarik perhatian Philip Morris International Inc. Dji Sam Soe Kretek dan Dji Sam Soe Super Premium merupakan sigaret kretek tangan. Di bawah kendalinya. Jajaran Direksi dan manajemen baru yang terdiri dari gabungan profesional Sampoerna dan PMI meneruskan kepemimpinan Perseroan dengan menciptakan sinergi operasional dengan PMI. A Mild mempertahankan posisi sebagai merek rokok dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia* 2. Varian Dji Sam Soe meliputi Dji Sam Soe Filter dan Dji Sam Soe Magnum Filter yang merupakan sigaret kretek mesin.

Sampoerna Kretek Sampoerna Kretek adalah sigaret kretek tangan yang diproduksi pertama kali pada tahun 1968 di Denpasar.Informasi .2 (SPD) Interaksi anatar orang • Software pengolahan data • Daftar permintaan barang • Penyerahan surat permintaan • Penyerahan form pengambilan barang 2. Bali. AKTIVITAS PENGENALAN SISTEM INFORMASI Aktivitas Pengenalan Sistem Informasi 2. 5 5.Pengetahuan 1. kepala keluarga Sampoerna generasi kedua.4 Interaksi orang dengan SPD • Laporan penjualan dari marketing ke accounting • Input penjualan oleh marketing • Sales dengan oracle • Accounting dengan oracle . ENTITAS Entitas: Data .1 Analisis Analisis Kebutuhan Sistem 1.1 Elemen Sistem • Bukti penjualan Pengolahan Data 2.3 Informasi Pengetahuan • Penjualan • Laporan persediaan • Laporan penjualan • Prosedur penerimaan dan permintaan barang • Prosedur penjualan • Prosedur pembuatan laporan 1.3.2 1.1 Data • Persediaan barang • Sales 1. oleh Aga Sampoerna.3 Aliran dokumen • Penyerahan laporan penjualan • Surat permintaan barang dari bagisn gudang ke gudang usat • Form pengambilan barang dari marketing ke sales 2.

HM Sampoerna Cabang Bandung . Penggunaan waktu yang tidak efisien jika masih secara manual . b.5 Struktur organisasi* Struktur organisasi PT. ANALISIS KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN SERTA KEBUTUHAN SISTEM YANG ADA KEUNGGULAN a. Penggunaan sistem manual dapat digunakan oleh siapapun.. HM Sampoerna Cabang Bandung 2. keuangan dan gudang. Pembuatan laporan masih secara manual dicatat disebuah buku besar. c. *Struktur organisasi PT. Sering terjadi keterlambatan pembuatan laporan karena kesulitan dalam pencarian dan pengolahan data. baik pihak field officer. KELEMAHAN a.2.

18 ppm. 18 ppm. Telepon Menerima menghubungi keperluan terkaitpekerjaan Mengecek laporan Staff admin keuangan Personal computer Printer mouse 4000 dpi. Tray 1# 50.3. 600 x 600 dpi. 392 dpi yang Monitor LCD 32’’. USB dan Brother IntelliFAX 775 (EPPF-775). 400 dpi Monitor LCD 32’’. Wireless 802. Wireless 802.6 yang Kbps. mouse 4000 dpi. USB ke Telkom Speedy dan FAX-235S. A4. USB Tray 1# 150. 600 x 600 dpi. 600 x 600 dpi. . Tray 1# 150.11b/g. hard Mencetak dokumen disk250GB A4. 22/18 ppm Print. Kbps. hard disk 1 terabyte Printer Ink Jet A4. hard Mencetak dokumen disk 500GB A4.6 Modem Telepon Tersambungkan interner Menerima menghubungi keperluan terkaitpekerjaan Mengecek laporan Filed officer Personal computer Printer mouse 4000 dpi. 9. 9. A4. ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM HARDWARE Pengguna AC Bandung 1 dan 2 Nama Hardware Personal computer Printer Mencetak dokumen Fungsi Mengecek laporan Spesifikasi Monitor LCD 32’’.11b/g.

Merah.11b/g. 600 x 600 dpi. delete. 400 dpi Monitor LCD 32’’.6 yang Kbps.174 MHz / UHF: 403 .Telepon Menerima menghubungi keperluan terkaitpekerjaan Mengecek laporan dan Brother IntelliFAX 775 (EPPF-775). Biru. 400 dpi Security Telepon dan Panasonic Model: KX-TG7200 keperluan yang terkait Phonebook.5" pekerjaan Driver Telepon genggam SOFTWARE Software Microsoft office Spesifikasi Office 2010 Fungsi Edit.440 MHz / 435 -480 MHz Menerima dan Nokia Model: 2626 menghubungi Keypad. input. A4. Tray 1# 150. hard Mencetak dokumen disk 250GB A4. Telepon Menerima menghubungi pekerjaan Menerima menghubungi USB dan Brother IntelliFAX 775 (EPPF-775). laporan dan . Conference. 1 Line. pekerjaan Multi Handset. Caller ID. 9. 1. Speakerphone. Radio FM. A4. GPRS. Wireless 802.6 keperluan yang terkait Kbps. 9. 18 ppm. Staff admin gudang Personal computer Printer mouse 4000 dpi. Intercom Handy Talky Mengontrol situasi portabel | Frequency Range: VHF: 136 . keperluan yang terkait Warna.

Google Menjelajah kebutuhan terkait pekerjaan (sistem pencarian data) bussiness Mengolah database Digunakan untuk membuat halaman WEB yang Dinamis Sebagai media penyimpanan dari data yang akan diolah kemudian menampilkannya ketika data tersebut diakses oleh program 9. Pendidika n S1 Minimal menguasa i Microsoft Office Kemamp uan berbahasa Inggris Pelatihan kerorgani Field officer • Membantu dalam mengumpulka • Mendapatkan laporan staff dari • sasian Minimal pendidika n : S1 .Browser Oracle PHP Mozilla crome Enterprise 11.0 BRAINWARE Jabatan dan Tugas dan deskripsi Wewenang kode jabatan pekerjaan AC Bandung • Membantu 1 dan 2 Direksi pusat dalam memimpin kegiatan keseluruhan sesuai dengan kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Direksi • di cabang secara • Mewakili Direksi dalam memimpin kegiatan cabang sesuai keseluruhan dengan • kebijaksanaan yang ditetapkan oleh Direksi di secara • pusat Kriteria • Min.0 MySQL MySQL versi 5.1 PHP versi 4. informasi terkait pekerjaan.

dan penguasaan medan dalam wilayah. kebiasaan nilai-nilai hingga kepada masyarakat didaerah dimana Staff admin keuangan • mereka berada Membantu dan merumuskan kebijaksanaan dalam bidang administrasi terutama dalam bidang keuangan yaitu Staff admin gudang • penggajian Membantu dan memikirkan sekaligus • Mendapatkan laporan keluarmasuk barang • Mendapatkan laporan kinerja dari staff admin gudang baik hal yang merupakan • Minimal bisa menguasa i Microsoft Word dan Microsoft Excel. survey. • Minimal pendidika n : S1 • Minimal bisa menguasa i Minimal Word dan Microsoft Excel • Minimal pendidika n : D3 • Minimal . penanganan event beberapa pekerjaan yang dilakukan.n data.

merumuskan kebijaksanaan dalam bidang administrasi terutama dibagian gudang seperti keluar masuk Security • barang Membantu didalam keamanan perusahaan • • Mendapatkan laporan keamanan • bisa menguasa i Microsoft Word dan Microsoft Excel. Telah mengikuti pelatihan security Sehat jasmani dan rohani • Fisik memenuh i syarat security Dapat mengemu dikan truk dan mobil Driver • Membantu perusahaan dalam mengirim barang langsung terjun lapangan ke yang hal • • Memiliki SIM B A dan SIM LAPORAN YANG HARUS TERSEDIA ANTARA LAIN Jenis Laporan Laporan persediaan Alur BAG.GUDANG- .

Jika kondisi produk tidak layak. Setelah produk tersebut di produksi.Marketing memesan produk ke Bag. produk di simpan dalam gudang sampai mendapat pesanan dari bagian marketing. Kemudian bagian gudang memeriksa ketersediaan produk. maka produk dikirim ke bagian sales. Sedangkan jika produk tersedia maka bagian gudang dan bagian marketing akan langsung melakukan transaksi.sales Produk di proses kembali Produk dikembalikan Tidak layak Status kondisi produk Layak Produk dijual oleh bag.sales Dalam penggambaran flowchart ini. maka produk akan dikembalikan ke gudang dan apabila transaksi telah disetujui.marketing bahwa produk tersedia Daftar pengambilan produk oleh Bag. maka produk .Gudang Status stock produk Ada Konfirmasi pada Bag. management telah memutuskan untuk meproduksi produk.GUDANG-FIELD Laporan penjualan OFFICER-AC BDG 1/2 MAR-ACCOUNTING-FIELD OFFICER-AC BDG 1/2 5.2 Flow Chart START END Distributor memproduksi produk Tidak ada Produk disimpan di dalam gudang Tidak setuju Bag.marketing Status transaksi Setuju Produk dikirim ke Bag. jika produk tidak tersedia atau stock habis maka akan di produksi lagi. Apabila transaksi batal.KEP.

Sedangkan produk yang layak akan langsung dijual oleh bagian sales.akan di kembalikan ke gudang dan akan di proses kembali. .

Gudang «uses» Bukti pem esanan * * * -End 14 * menyediakan informasi harga * -End 25 -End 16 Bag .HM Mengecek Stok Barang di Gudang Menyediakan Barang * Bag .5.Sales &marketing «uses» Bukti pengirim an -End 3 -End 12 * -End 11 -End 4 -End13 -End 15 * * * -End 17 -End 19 -End 21 * memesan barang ke Bag .G udang * * -End 2 -End 10 * Mengirim Barang ke Bag .3 Usecase Sistem SISTEM PENJUALAN PT SAMPOERNA -End 6 -End 5 7 -End -End 9 * * -End 1 * * -End 8 * .sales &Marketing * menjual barang ke pelanggan -End 27 «uses» * Data barang -End -End 2826 -End 24 * -End 30* * * * -End 18 memberikan informasi pembayaran «uses» Rincian harga * -End 22 -End 23 * Pelanggan menerima Pembayaran «uses» Bukti pem bayaran * -End 20 -End 29 * Transaksi barang .

Mengirim barang ke bag. Mengecek stok barang di gudang Nama Use Case Primary Actor Precondition Success Guarantee Alternative Flow Description Mengecek stok barang di gudang Bag.USE CASE NARRATIVES 1.sales & marketing Nama Use Case Primary Actor Precondition Success Guarantee Alternative Flow Mengirim barang ke bag.gudang Menyediakan barang di gudang Barang diterima oleh bagian sales & marketing Memeriksa kembali dan menyediakan barang di gudang . Untuk mengetahui jumlah item yang rusak dan/atau jumlah stock yang kurang 2.Gudang Mengecek stok barang.minimal dan stok barang yang rusak Memberikan laporan stock barang. barang yang rusak dan minimal.Gudang Menerima stok dari supplier Stok barang lengkap dan tidak ada yang rusak Memesan kembali stok dari supplier Bagian gudang melakukan pengecekan stok barang.sales & marketing Bag. Menyediakan barang Nama Use Case Primary Actor Precondition Success Guarantee Alternative Flow Description Menyediakan barang Bag. Cek kembali persediaan stock barang Bagian gudang menyediakan barang untuk diberikan kepada bagisan sales & marketing 3.

Gudang Merinci kembali barang yang habis dan ingin di pesan Bag.sales & marketing menyiapkan rincian untuk informasi harga yang akan diberikan kepada pelanggan Bag.Description Bag. Memesan barang ke bag. 4.sales & marketing menyediakan informasi harga untuk diketahui oleh pelanggan yang akan membeli barang Success Guarantee Alternative Flow Description .Gudang memeriksa dan menyediakan barang yang di butuhkan oleh bag.sales & marketing menyiapkan kembali rincian untuk informasi yang akan diberikan keada pelanggan Bag.sales & marketing Merinci barang yang habis dan ingin di pesan Menerima pengiriman barang dari bag. 5.sales & marketing.sales & marketing dan mengirim nya. pelanggan menerima informasi harga Bag.sales & marketing memberikan informasi harga kepada pelanggan. Sales & marketing memesan barang ke bagian gudang dengan merinci stok barang yang habis dan ingin dipesan serta kemudian membuat bukti pemesanan barang. Menyediakan informasi harga Nama Use Case Primary Actor Precondition Menyediakan informasi harga Bag.Gudang Nama Use Case Primary Actor Precondition Success Guarantee Alternative Flow Description Memesan barang ke bag. pelanggan Bag. serta membuat bukti pengiriman barang.Gudang Bag.

sales & marketing menyediakan informasi harga kepada pelanggan yang akan membeli barang Barang terjual.sales & marketing melihat kembali daftar barang yang dibeli pelanggan Bag.sales & marketing.sales & marketing. pelanggan melihat daftar barang yang dibeli oleh pelanggan.sales & marketing. Menerima pembayaran Nama Use Case Primary Actor Menerima pembayaran Bag.sales & marketing memberikan informasi pembayaran yang nantinya akan diterima rincian harga oleh pelanggan untuk kemudian melakukan proses pembayaran Success Guarantee Alternative Flow Description 8. Menjual barang ke pelanggan Nama Use Case Primary Actor Precondition Menjual barang ke pelanggan Bag.6. pelanggan Bag. pelanggan Bag. pelanggan .sales & marketing menyediakan kembali informasi harga kepada pelanggan yang akan membeli barang harga kepada pelanggan yang akan membeli barang menjual barang ke pelanggan dan memberi data berang kepada pelanggan Success Guarantee Alternative Flow Description 7.sales & marketing. pelanggan melakukan pembelian barang Bag. Memberikan informasi pembayaran Nama Use Case Primary Actor Precondition Memberikan informasi pembayaran Bag.dan rincian harga Informasi pembayaran diterima oleh pelanggan Bag.

sales & marketing mengecek kembali rincian harga untuk di informasikan kepada pelanggan Bag. Bag.4 Class Diagram .sales & marketing mengecek kembali status pembayaran Bag.sales & marketing menerima pembayaran Bag.sales & marketing mengecek rincioan harga untuk di informasikan kepada pelanggan Pelanggan melakukan pembayaran. pelanggan Bag.sales & marketing melakukan transaksi barang dengan pelanggan dimana barang sudah sampai ke tangan pelanggan.Precondition Success Guarantee Alternative Flow Bag. Transaksi barang Nama Use Case Primary Actor Precondition Success Guarantee Alternative Flow Description transaksi barang Bag. 5.sales & marketing menerima pembayaran dari pelanggan dan pelanggan mendapatkan bukti pembayaran Description 9.sales & marketing.sales & marketing menerima pembayaran dari pelanggan Barang diterima/ sampai di tangan pelanggan Bag.

detail penjualan Sales&Marketing Barang Penjualan Detail Penjualan .5 • • Entity Relationship Diagram Entitas: Relasi Sales & Barang Marketing memeriksa Diperiksa oleh terusan dari Penjualan menuju Detail Penjualan Disusun dari menyusun Sales&Marketing . barang.5. penjualan.

• Gambar ERD sementara Barang Penjualan Sales&marketing Detail_Penjualan • Kardinalitas Sales&marketing dapat memeriksa beberapa barang (1:M) Detail penjualan dapat menyusun beberapa penjualan(1:M) • Primary Key ID_Sales&Marketing. ID_Penjualan • Gambar ERD berdasarkan kunci . ID_Barang.

NIS. Nama Barang. NIK. Kode Barang. Kode Barang Penjualan ID_Penjualan. Atribut D Sales&marketing. NIS. Quantity. Gambar ERD dengan atribut . No_faktur. Email Marketing Barang ID Barng. Email. Nama. ID Barng. NIS. Tanggal.Sales&Marketing PK ID_Sales&Marketing PK FK1 Barang ID_Barang ID_Sales&Marketing PK FK1 Penjualan ID_Penjualan ID_Barang Detail_Penjualan PK FK1 No_Penjualan ID_Penjualan 7. Tanggal. Telp. Nama. Total Bayar. Status Penjualan 8. harga. Telp. Total Bayar. harga. No_faktur Detail Status Penjualan Penjualan 9. NIK. Pemetaan atribut Entitas Atribut Sales & ID Sales&marketing. Quantity. Nama Barang. ID_Penjualan. NIS.

6 Access Database Bagian_Gudang Kode_Produk A001 A002 A003 Nama_produk A Mild Dji Sam Soe Sampoerna Kretek Jumlah_persediaan 100000 150000 125000 Bagian_Penjualan Kode_Produksi Harga/Produk A001 A002 A003 9000 8500 8000 Total_Jumlah_Penjuala n 80000 125000 100000 Total_Penjualan 720000000 1062500000 800000000 Query1 Kode_Produk Nama_produk Jumlah_persediaan Harga/Produk A001 A002 A003 A Mild Dji Sam Soe Sampoerna Kretek 100000 150000 125000 9000 8500 8000 Total_Jumlah Total_Penjualan _Penjualan 80000 125000 100000 720000000 1062500000 800000000 .Sales&Marketing PK ID_Sales&Marketing PK FK1 Barang ID_Barang ID_Sales&Marketing PK FK1 Penjualan ID_Penjualan ID_Barang Detail_Penjualan PK FK1 No_Penjualan ID_Penjualan 5.

HM Sampoerna. 3. Mengolah data kepegawaian yang lebih lengkap. Mempermudah dan mempercepat dalam mendapatkan informasi tentang persediaan barang. Cabang Bandung maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. HM Sampoerna. 2. Diharapkan adanya retur penjulan. dan sales. marketing. 2.BAB III PENUTUP 6 Kesimpulan Setelah melewati pembangunan Sistem Informasi Penjualan Studi Kasus di PT. penjualan. Mempermudah dan mempercepat proses pembuatan laporan. 7 Saran Sistem Informasi Penjualan Berbasis Client server Studi Kasus di PT. Berikut adalah beberapa saran untuk pengembangan lebih lanjut : 1. . Mendukung kinerja PT. Cabang Bandung ini masih dapat dikembangkan seiring dengan perkembangan spesifikasi kebutuhan pengguna sistem yang harus dipenuhi dalam mencapai tahap yang lebih tinggi dan kinerja sistem yang lebih baik. HM Sampoerna dengan memberikan fasilitas aplikasi yang legkap.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful