P. 1
Present as i

Present as i

|Views: 3|Likes:
Published by 0910620051

More info:

Published by: 0910620051 on Sep 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2014

pdf

text

original

1 Visi dan Misi Visi : PT. base oil dan paraffinic di pasar dalam negeri serta secara selektif di pasar internasional (ASEAN).Pelumas memiliki visi sebagai berikut: “Memasarkan produk pelumas.1. . melalui penciptaan nilai tambah pada konsumen dan perusahaan. TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN 1.Pelumas memiliki visi sebagai berikut: “To Be The Best Lubricating Solution Partner (Menjadi Partner Solusi Pelumas yang Terbaik)” Misi : PT Pertamina (Persero) Production Unit Gresik . Pertamina (Persero) Production Unit Gresik .

2 Struktur Organisasi Perusahaan .1.

2) Prima XP SAE 20W .1.50 adalah pelumas produksi Pertamina untuk mesin bensin 3) Mesran Super SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin 4) Mesrania 2T Super-X adalah pelumas mesin bensin dua langkah yang berpendingin air seperti mesin tempel atau speed boat. 5) 2T Enviro merupakan pelumas kendaraan 2 Tak dengan bahan bakar bensin juga pelumas semi sintetis yang dibuat dari bahan dasar pelumas mineral ditambah bahan dasar pelumas sintetis Poly Isobutylene .3 Hasil Produksi Pertamina Pelumas Gresik 1) Fastron adalah minyak lumas mesin kendaraan dengan bahan dasar semi synthetic.

cair. atau gas sehingga berubah fasa menjadi uap 2. DASAR TEORI 2.2. Dibagian luar dari pipa-pipa kecil ini diisi air atau pipa-pipa kecil ini terbenam oleh air .1 Pengertian Boiler Boiler merupakan suatu bejana tertutup yang terbuat dari baja yang berfungsi mengubah air menjadi uap atau dengan kata lain mentransfer panas yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar baik dalam bentuk padat.2 Prinsip Kerja Fire Tubes Boiler Fire tube boiler merupakan jenis boiler yang kontruksinya menggunakan pipa-pipa kecil yang dialirkan gas panas hasil pembakaran.

howstuffworks.Gambar 2.1 Fire Tube Boiler Sumber : http://science.com/transport/engines-equipment/steam2.html .

2.2 Alur Kinerja Fire Tubes Boiler Pertamina Pelumas Gresik .

1 Metode Langsung Metode ini bertujuan untuk mengetahui energi yang didapat dari fluida kerja (air dan steam) dibandingkan dengan energi yang terkandung dalam bahan bakar boiler.3. Efisiensi ini dapat dievaluasi dengan menggunakan rumus: Dimana : Q = Jumlah rata –rata steam yang dihasilkan per jam (Q) dalam kg/jam q = Jumlah bahan bakar yang digunakan per jam (q) dalam kg/jam GCV = Jenis bahan bakar dan nilai panas kotor bahan bakar hg = Entalpi steam jenuh dalam kkal/kg steam hf = Entalpi air umpan dalam kkal/kg air . METODE PENELITIAN 3.

CONTOH PERHITUNGAN : Dimana pada saat tekanan 2 bar (tekanan terendah) : Berdasarkan tabel daftar uap pada (hal 114. Efisiensi Boiler = = 80. sehingga 1000/16 = 62.5 x 0. Muin.3 . Pesawat Konversi Energi I (Ketel Uap) hg = 616. Syamsir. 1986.3 hf = 119.91) x 100) (50 x 9063) .119.5 ltr/jam Jadi konsumsi bahan bakar (q) = 62.91 GCV = 9063 kkal/ltr Pesawat- Konsumsi Bahan bakar: Konsumsi bahan bakar ± 1000 liter dalam sehari selama 16 jam.29 % (733 (616. A.8 ltr/jam = 50 kg/jam Sehingga.

3.1 Metode Tidak Langsung Dengan metode ini kita dapat mengetahui efisiensi dari boiler dengan meneliti perbedaan antara enegi yang hilang dari boiler dengan energi yang masuk pada boiler. .(i + ii + iii + iv) Parameter yang diperlukan dalam perhitungan efisiensi boiler yaitu: •kehilangan panas yang disebabkan oleh gas kering cerobong •Kehilangan panas karena penguapan kadar air karena adanya H2 dalam bahan bakar •Kehilangan panas karena kadar air dalam udara •Kehilangan panas karena radiasi dan kehilangan lain yang tidak terhitung Efisiensi yang kami dapatkan dengan metode tidak langsung ini adalah 83.381 %. Efisiensi dapat dihitung dengan mengurangkan bagian kehilangan panas dari 100 sebagai berikut: Efisiensi boiler (n) = 100 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->