Herbs and Spices

LAILATURRAHMI PROGRAM PROFESI APOTEKER FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS ANDALAS

buah. atau kulit kayu. Biasanya berupa daun atau batang dari tanaman berbunga. bunga.  Digunakan untuk tujuan yang sama dengan herb. Dapat digunakan dalam keadaan segar/kering untuk perasa atau aroma Rasa lebih lembut.  Rasa dan aroma lebih kuat. .  Biasanya berwarna seperti tanah (cokelat). biji. Herb  Spice  Biasanya berupa akar.

Kegunaan  Sebagai pengawet bahan makanan  Sebagai perasa dan sumber aroma  Untuk tujuan pengobatan .

Beberapa contoh .

bahkan menjadi bagian esensial dari setiap penyajian makanan selain garam. . Seluruh buah dan biji digunakan dalam proses ini.Lada  Lada merupakan rempah terpenting di Eropa sejak lama. yang akan menjadi hitam setelah pengeringan di bawah matahari.  Lada merupakan buah dari tumbuhan Piper nigrum yang merupakan tumbuhan asli India.  Lada hitam dibuat dari buah yang belum matang.

 Lada merah merupakan buah lada yang sudah matang. Lada putih dibuat dari buah yang sudah matang (berwarna merah). Warna merah ini dihilangkan dan bijinya dikeringkan untuk menjadi lada putih. . diawetkan dengan cara merendamnya dalam cuka dan air garam.

.Pala Berasal dari tanaman Myristica fragrans. Pala telah digunakan untuk tujuan halusinogenik. tetapi efeknya bervariasi dan seringkali tidak menyenangkan.

 Nama clove dalam bahasa Inggris berasal dari kata clavus yang dalam bahasa Latin berarti paku.  Umumnya digunakan sebagai bumbu masakan.Cengkeh  Cengkeh merupakan putik bunga Syzygium aromaticum yang telah dikeringkan. .

Saat ini. . Bahan aktif yang terkandung di dalamnya adalah eugenol.  Minyak cengkeh berkhasiat untuk pertolongan sementara pada sakit gigi. dokter gigi menggunakannya sebagai anestetik dan disinfektan. juga digunakan sebagai pemberi rasa dan aroma dalam rokok. Di Indonesia.

Jahe  Jahe merupakan tumbuhan asli China selatan. .  Dapat digunakan untuk meredakan mual dan rasa tidak nyaman pada perut.  Merupakan rizoma dari Zingiber offcicinale  Rasa jahe disebabkan oleh kandungan minyak atsirinya.

.Kunyit  Kunyit merupakan rizom dari Curcuma domestica  Memberikan warna kuning. biasa digunakan dalam masakan sebagai pewarna.

 Rasa pedas diukur dengan satuan Scoville.  Terdapat 5 spesies Capsicum yang dibudidayakan dan memiliki banyak varietas. . suatu alkaloid. Beberapa diantaranya tidak memiliki kapsaisin.  Kapsaisin digunakan untuk meredakan rasa nyeri dengan menggosokkannya pada kulit. Senyawa ini 100 kali lebih pedas dibandingkan dengan bahan aktif dalam lada hitam.Cabai  Rasa pedasnya disebabkan oleh kapsaisin. neurotransmiter utama untuk nyeri dan panas. Diduga senyawa ini menurunkan jumlah substance P.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful