You are on page 1of 9

UANG

►Pengartian Uang
Ada beberapa pengertian uang yang dikemukaan oleh beberapa tokoh yaitu : A.C. Pigou Dalam bukunya The Viel of Money, menyatakan bahwa uang adalah alat penukar. Jadi uang berfungsi sebagai alat penukar barang dan jasa. D.H. Robertson Uang adalah sesuatu yang umum (luas) diterima untuk pembayaran barang-barang. R.J. Thomas Uang adalah sesuatu yang siap dan umum diterima oleh publik dalam pembayaran penjualan barang-barang, jasa-jasa, dan barang berharga lainnya, serta untuk pembayaran utang.

George N. Halm Uang adalah alat untuk mempermudah pertukaran dan segera dapat mengatasi kesukaran-kesukaran dari barter.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan mengenai pengertian uang, yaitu alat untuk mempermudah pertukaran (money was made to facility business transaction), yang secara umum dapat diterima di dalam bentuk pembelian barang-barang atau jasa-jasa serta untuk pembayaran utang.

►Peranan dan Fungsi Uang
Dalam ilmu ekonomi peranan uang dalam melancarkan kegitan perdagangan dibedakan menjadi empat macam, yaitu sebagai berikut : Melancarkan kegiatan tukar menukar. Menjadi satuan nilai. Menjadi ukuran bayar yang ditunda. Sebagai alat penyimpan nilai.

Adapun fungsi uang dibagi menjadi dua macam, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan. Fungsi Asli atau Fungsi Primer
1.

2.

3.

4.

Alat tukar umum,(medium of echeng) artinya; bahwa dengan uang tukar menukar barang menjadi lancar dan kegiatan perdagangan barang menjadi meningkat. Satuan hitung, (unit of account)artinya: uang sebagai alat satuan hitung dapat menunjukkan nilai barang yang di jual atau di beli. Fungsi Turunan atau Fungsi Skunder Alat pembayaran, yaitu uang berfungsi untuk melakukan pembayaran berbagai transaksi, misalnya pembayaran pajak, beban, iuran, dan sebagainya. Standar pembayaran uang, yaitu uang berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran kewajiban atau digunakan untuk standar pembayaran utang.

►Jenis-Jenis Uang
Berdasarkan bahan (material), jenis uang dibedakan menjadi : 1. Uang Logam, yaitu uang dibuat dari semacam logam tertentu dengan berat dan kadar tertentu pula. 2. Uang Kertas, yaitu uang yang dibuat dari bahan kertas yang peredarannya dijaminkan oleh pemerintah atau bank walaupun nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya.
Berdasarkan lembaga pembuatnya, uang dibedakan menjadi : 1. Uang Kartal adalah uang yang diberi tanda atau cap oleh pemerintah sehingga berlaku sebagai alat pembayaran yang sah dan dapat diterima umum yang dibagi menjadi dua yaitu uang logam dan uang kertas. 2. Uang Giral adalah simpanan/deposito pada bank yang dapat diambil dengan menggunakan cek, giro, atau suarat perintah pembayaran lainnya yang dicetak oleh bank umum/bank kommersial.

3. Penimbun kekayaan, yaitu uang dapat disimpan terlebih dahulu, yang nantinya akan mempermudah dalam pertukaran di masa mendatang.

Berdasarkan nilaianya, uang dibedakan menjadi : 1. Uang bernilai penuh, yaitu uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya. 2. Uang bernilai tidak penuh, yaitu uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari pada nilai nominalnya. Berdasarkan daerah berlakunya, uang dibedakan menjadi : 1. Uang Domestik, yaitu uang yang berlaku hanya disautu negara tertentu, di luar negara tersebut mungkin berlaku dan mungkin tidak berlaku. 2. Uang Internasional, yaitu uang yang berlaku dan diakui diberbagai negara di dunia. Misalnya uang dollar, poundsterling, yen, euro, dan sebagainya.

Sekian dan terimakasih………...