You are on page 1of 4

BIOGRAFI SINGKAT KH.

AHMAD DAHLAN
KATA PENGANTAR : Andai saja pada tahun 1868 tidak lahir seorang Muhammad darwis di kauman,yaitu sebuah kampung yang terletak di sebelah barat alun alun Yogyakarta ,maka sejarah islam di Indonesia tidak akan seperti sekarang . kauman menjadi nama besar bagi kampung kelahiran K.H Ahmad Dahlan alias Muhammad darwis,pendiri organisasi muhammadiah. Atas pemikirannya yang cukup banyak ats segala aktivitas beragama yang tidak sesuai dengan nilai nilai islam , di antaranya banyak ditemuai masyarakat yang menganut agama islam tetapi masih melakukan praktik takjhyul , bi‟dah , dan khurafat , maka dahlan memeranginya. Untuk membantu jalannya untuk meluruskan ajaran islam maka dahlan membangun organisasi oerserikatan muhammadyah. Tujuan utama dari dahlan adalah memperbarui pemahaman islam di Idonesia . Kisah perjuangan dahlan awalnya terpengaruh oleh gerakan pembauan islam di Mesir dan Arab Saudi.ketika K.H Ahmad Dahlan perjalanan ke Makkah untuk belajar ilmu agama islam disana, di tengah perjalanan ke makkah di tengah perjalanan ia membaca buku karya Muhammad abduh dan rasyid ridla, tafsir al-manar. Sepulang dari makkah. Rupannya al-manar telah meginasi dahlan untuk memperbaharui islam di Indonesia. Namun,K.H Ahmad Dahlan mengalami banyak rintangan. Dan berikut geografi hidup yng pernah dialami oleh K.H Ahmad Dahlan

Dalam silsilah Darwis adalah keturunan yang ke dua belas dari maulana malik ibrahim yang juga salah salah satu dari ke-9 walisongo.kampong ini menjadi tempat berdirinya persyerikatan muhadiyah.pada saat lahir K.menyusuri gang gang Kauman harus dengan berjalan kaki.H AHMAD DAHLAN diberi nama DARWIS. Dari .DAUZAN FAROOK. Dimasa perjuangan bangsa Indonesia. Keratin Yogyakarta sendiri adalah istana kesultanan yang resmi di tempati oleh Sultan Hamengkubuweno 1 pada 7 oktober 1756.Yogyakarta .setelah orang tua dari kedua belah pihak berunding .di gapura itu terdapat syuhada fisabilillah. pada tahun 1869. Awal berdirinya . Adapun silsilahnya ialah Muhammad Darwis(Ahmad Dahlan) binK. yaitu 25 orang yang gugur dalam perang serta dianggap meninggal dalam keadaan syahid. orangtuanya bermaksud menikahkanya dengan putri dari K.H Abu Bakar bin K.H AHMAD DAHLAN adalah anak dari K. Ketika Darwis berusia 18 tahun.H ABU BAKAR BIN KIAI SULAIMAN.K. maka pernikahan dilaksanakan pada bulan dzulhijjah tahun 1889 dalam suasana yang tenang.H Muhammad Sulaiman bin kiai Murtadla bin kiai Ilyas bin Demang Djurung Djuru Sapisan Maulana bin Maulana Sulaiman Ki Ageng Gibring bin Maulana Muhammad Fadullah bin Maulana „Ainun yaqin bin Maulana Ishaq bin Maulana Malik Ibrahim.H Muhammad Fadlil yang bernama Siti Walidah. Selain itu tak jauh dari gapura terdapat rumah salah satu pejuang yang masih hidup yaitu H. Istri dari K.H AHMAD DAHLAN dan dipevah menjadi 2 yaitu untuk putrid dan putra.H Ibrahim. penghulu besar di Yogyakarta. Sekolah itu juga didirikan oleh K. Di ujung gang terdapat gapura yang dikelilingi taman kecil. seorang khatib tetap di masjid agung.H AHMAD DAHLAN juga mendirikan yayasan untuk wanita yaitu yayasan aisyiyah.sekolah hoogeschool muhammadyah yang lalu diganti menjjadi kweekscool pada tahun 1923. Ibunda Muhammad Darwis adalah Siti Aminah binti almarhum K.H AHMAD DAHLAN lahir dan tumbuh dalam latar social kauman yang seperti itu.K. Sebuah sekolah lanjutan yang berdiri sejak tahun 1919 juga terdapat di Kauman. K.H Ahmad Dahlan lahir di kauman. Siti Walidah kelak di kenal dengan sebutan Nyai Ahmad Dahlan.

Dahlan juga pernah menikahi Nyai Abdullah.yang artinya siapa cintaan . dan Siti Zaharah.perundingan itu membicarakan perjodohan ibu dahlan dan ayah Muhammad.H Ahmad Dahlan untuk menjadi khatib tetap di Masjid Agung.h abu bakar hidup sebatang kara setelah sang istri meninggal.H Ahmad Dahlan pulang ke Yogyakarta.pernikahannya dengan K.janda dari kiai Abdullah. Selain menikah dengan Siti Walidah.adik dari K.Sirajd Dahlan.K.H Ahmad Dahlan kemudian berunding dengan Raden Khatib Tengah Haji Muhammad. Akhirnya pernikahan itu dilangsungkan pada rajjab tahun 1981.H Ahmad Dahlan membentuk majelis musyawarah di antara para ulama dari dalam dan luar kota Yogyakarta untuk memecahkan masalah kiblat .H Ahmad Dahlan membawa putranya yaitu Muhammad sirajd yang berumur enam tahun ke makkah untuk belajar ilmu agama. Namun Basyir meninggal di usia enam tahun.H Ahmad Dahlan juga pernah mempunyai putra dari Nyai Aisyah dari Cianjur.pada tahun .ia juga pernah menikahi Nyai Rum. Pada awal ramadhan tahun 1890 ibunda Dahlan meninggal dunia karena sakit. Pihak keratin memilih K.H Abu Bakar sendiri meninggal pada sya‟ban tahun 1896.K.Ifan Dahlan. Pada 1903.Siti Aisyah. K. Dua tahun kemudian pernikahan itu di karuniai seorang anak yang diberi nama Muhammad Basyir.K. Pada tahun 1906 K.H Ahmad Dahlan bahkan pernah menikah dengan Nyai Yasin dari Pakualaman. Pada akhir 1897 K.H Munnawir dari Kerapyak. ia mendapat enam orang anak yaitu Djonnah. Dahlan lalu mengusulkan agar sang ayah menikah lagi.pada tahun 1914. Siti Busyro.Siti Walidah sendiri dilahirkan pada tahun 1872 di Kauman.H Ahmad Dahlan. K. K. Keterlibatan Siti Walidah di Muhammadiyah adalah pada saat ia mendirikan kelompok pengajian “sopo tresna” . Anak laki laki itu bernama Dandanah.

tentu saja hal ini membuat marah pihak keraton. Sementara dari hari ke hari. Dahlan meraqsa arah kiblat masjid masjid itu harus di ubah .H Ahmad Dahlan diberhentikan sebagai khatib di masjid agung.pertemuan dilangsungkan dan di hadiri 17 ulama dari dalam dan luar kota Yogyakarta.sebagai sanki K.1898. Pada suatu malam Dahlan dan para pengikutnya diam diam . sesuai dengan ilmu yang diyakini kebenarannya bahwa arah kiblat masjid masjid banyak yang salah. .meluruskan arah kiblat dengan memberi garis putih di atas shaf masjid tersebut.