PERPINDAHAN KALOR

1 PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN 2007/2008 SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Tujuan Pembelajaran
2

 Membedakan peristiwa perpindahan kalor cara

konduksi,konveksi dan radiasi  Menentukan faktor-faktor yang berpengaruh pada peristiwa perpindahan kalor melalui konduksi, konveksi, dan radiasi  Memberikan contoh melalui percobaan peristiwa konduksi, konveksi, dan radiasi dalam kehidupan sehari-hari, serta penerapannya dalam bentuk teknologi sederhana  Mendemonstrasikan cara untuk mengurangi/mencegah perpindahan kalor melalui konduksi,konveksi, dan radiasi

PERPINDAHAN KALOR
3

KONDUKSI

KONVEKSI

RADIASI

walaupun penggorengan dipanasi ? . walaupun yang dipanasi adalah penggorengannya? Mengapa gagang kayu tidak panas.4 HEAT TRANSFER IN OUR DAILY LIFE Mengapa gagang penggorengan menjadi panas.

Mengapa dapat terjadi ? 5 Kulit terasa panas bukan ? Turbin kertas berputar. .

6 Perhatikan foto berikut ! Jelaskan dengan konsep perpindahan kalor yang telah kamu kuasai ! Bagaimana gerakan putik sari pada minyak tersebut ? .

Jelaskan fenomena berikut ! 7 Memasak tanpa api Mobil tanpa bahan bakar .

.KONDUKSI 8 Penghantaran panas melalui suatu benda dengan cara partikel-partikel dalam benda tersebut menstransfer energi melalui tumbukan.

9 Perhatikan foto berikut ! Jelaskan dengan konsep perpindahan kalor yang telah kamu kuasai ! Lilin mana yang jatuh lebih dulu ? .

10 .

Q/t = h A ∆T .KONVEKSI 11 Proses transfer panas dengan melibatkan perpindahan massa molekul-molekul dari satu tempat ke tempat lainnya.

RADIASI 12 Proses perpindahan panas tanpa medium penghantar .

Bagaimana transfer panas yang terjadi pada lilin ini ? 13 .

COBA ANDA JELASKAN ! 14 .

timah.KAJIAN SET PROBLEM 15 NO 1 URAIAN TUGAS Carilah kata kunci/keyword dari cerita tersebut yang berhubungan dengan konsep perpindahan kalor HASIL 2 3 4 5 Definisikan kata kunci yang kalian temukan Identifikasikan masalah dari cerita diatas Buatlah hipotesis untuk solusi permasalahan diatas Bila memungkinkan. perunggu) Penerapan konsep/teori perpindahan kalor untuk menyelesaikan masalah Bagaimanakah solusi terhadap masalah tersebut ? 6 7 . kemukakan juga rancangan sebuah eksperimen untuk membuktikan hipotesis yang kalian ajukan Catatan : untuk set problem 1 disediakan set alat konduktivitas termal bahan (baja. aluminium.

000. Ibu tersebut ingin membeli sebuah penggorengan.000.55.- A ALUMINIUM Rp. 35. 45. HARGA Rp.- B BAJA Rp. Di toko perabot itu tersedia penggorengan sebagai berikut : .SET PROBLEM 1 16 TIPE FOTO BAHAN ALUMINIUM + TUTUP KACA.000.- C Seorang ibu rumah tangga pergi ke sebuah toko perabot.

17 SET PROBLEM 2 Sebuah penghantar panas pada radiator mobil pak Irwan terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Mengapa bentuk penghantar panas pada alat itu didesain dengan bentuk pelat seperti itu ? Jelaskan! HEAT EXCHANGER .

Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik. Dari grafik terlihat bahwa suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.33 ± 0.18 °C (1. termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Adakah pengaruh perpindahan kalor yang menyebabkan issue pemanasan global tersebut ? Jelaskan ! . Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa.18 SET PROBLEM 3 GLOBAL WARMING Pemanasan global adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer. "sebagian besar peningkatan temperatur ratarata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca.74 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. dan daratan Bumi. laut.

 BAGAIMANA API YANG AWALNYA HANYA KECIL TERKADANG MENYEBABKAN KEBAKARAN YANG LUAR BIASA ? . Jakarta Timur. Kecamatan Pasar Rebo.19  Peristiwa kebakaran kembali melanda SET PROBLEM 4 KEBAKARAN DI PASAR REBO ibu kota. Penyebab kebakaran diduga korsleting listrik dari salah satu rumah warga. 700 kepala keluarga (KK) di RT01/11 dan RT02/11 kehilangan tempat tinggal. Kali ini si jago merah menghanguskan ratusan rumah di Kelurahan Gedong. Akibatnya. Api dengan cepat membesar karena lokasi itu merupakan pemukiman padat penduduk.

20  Seringkali pada waktu musim dingin SET PROBLEM 5 RUMAH MUSIM DINGIN tiba. suhu udara bisa mencapai minus. Bagaimana orang-orang di daerah dingin seperti eropa dan negara-negara di belahan bumi utara mengatasi dinginnya cuaca di musim dingin ? .

21  Adakah tinjauan dari segi SET PROBLEM 6 PAKAIAN MUSIM DINGIN penghantaran kalor terhadap desain baju musim dingin ? Apakah mantel bulu yang dipakai wanita dalam foto tersebut hanya aksesoris belaka? Mengapa bagian bulu pada mantel itu dipasang di bagian luar mantel ? Jelaskan ! .

 How much does the human body radiate? -----------------------------------------------------Body temperature = 37 C = 37 +273 = 310 K.70 . Estimate surface area A = 1.22  Setiap obyek berpotensi untuk memancarkan SET PROBLEM 7 RADIASI TUBUH MANUSIA radiasi.5 m2 e = 0.

23  Pada proses pengeringan ikan SET PROBLEM 8 PENGERINGAN IKAN TRADISIONAL secara tradisinal menggunakan sinar matahari. biasanya digunakan bedeg sebagai alas jemuran. Jelaskan fenomena tersebut ! .

bapak SET PROBLEM 9 MENJEMUR PAKAIAN pada gambar diatas membentangkan pakaian yang dijemurnya pada tali jemuran.24  Untuk menjemur pakaian. Mengapa? .

digunakan termos vacuum seperti gambar diatas. Mengapa termos dapat menjaga suhu air dengan baik ? jelaskan ! .25  Untuk membuat air tetap panas SET PROBLEM 10 TERMOS AIR atau dingin.

serta cara kerjanya ! . bentuk desainnya.26  Jelaskan tentang desain sebuah SET PROBLEM 11 HEAT SINK FAN Heat Sink Fan. baik dari segi pemilihan bahan-bahan yang digunakan.

KLIK GAMBAR DIATAS UNTUK MENUJU PRACTICE TEST 27 .

jadi masakan akan lebih cepat matang . sebab aluminium lebih mudah menghantarkan panas daripada besi Secara fisis : K Al > Kfe Dengan penggunaan tutup pada alat masak akan mencegah terjadinya transfer kalor secara konveksi.JAWABAN 28 SET PROBLEM 1 Panci yang dipilih sebaiknya yang terbuat dari Aluminium.

energinya telah berkurang sedemikian rupa.JAWABAN 29 SET PROBLEM 2  Alat penukar panas pada SET PROBLEM 3  Radiasi matahari sebelum radiator mobil dibuat dari bahan konduktor (Al) dan berbentuk pelat berlapis-lapis tujuannya adalah membuat permukaan bidang hantar panas yang seluas-luasnya sehingga panas mesin mobil lebih cepat dapat ditransfer ke lingkungan sampai ke bumi. energinya akan terserap oleh partikel-partikel gas dan debu yang ada di udara. Ketika radiasi ini dipantulkan kembali dari permukaan bumi. Sehingga pada saat sampai di bumi. maka energinya tidak cukup lagi untuk bisa menembus lapisan udara dan debu sehingga di bumi akan terjadi peristiwa pemantulan sempurna oleh sinar radiasi tersebut. .

dan biasanya terbuat dari bahan kayu .30 SET PROBLEM 4 SET PROBLEM 5  Peristiwa kebakaran  Rumah musim dingin dapat dengan cepat menjalar kemanamana karena ada peristiwa konduksi. konveksi dan radiasi memiliki lapisan dinding dan plafon yang berongga dengan celah udara. kaca jendela dibuat berlapis.

31 SET PROBLEM 6 SET PROBLEM 7   Bahan berbulu adalah Body temperature = 37 C = 37 +273 = 310 K.5 m2 e = 0.70 isolator kalor karena bahan ini dapat mengurung kantungkantung kecil udara diantara serat-seratnya . Estimate surface area A = 1.

bahan yang demikian adalah penyerap panas radiasi matahari yang baik sehingga memungkinkan ikan menjadi cepat kering. maka menjemur baju seharusnya dibentangkan untuk membuat permukaan bahan menjadi luas . memanfaatkan energi radiasi matahari secara optimal.32 SET PROBLEM 8 SET PROBLEM 9  Bahan bedeg berwarna  Untuk dapat kusam.

33 SET PROBLEM 10 SET PROBLEM 11  Dinding termos terbuat  Heat sink fan terbuat kaca yang dilapisi perak yang di dalamnya adalah ruang vakuum. . Tutup termos dan penumpu wadah termos dibuat dari plastik dari logam berlapis yang terdiri dari bahan aluminium dan tembaga.