You are on page 1of 4

Konservasi IP tdk ada keluhan HP kadang linu kadang tidak HPP pasti ada rasa linu Nyeri pada

gigi disebabkan dentin yang terbuka Dentin terbuka bisa karena email yg hilang atau gingiva turun/retraksi (pemakaian tusuk gigi, trauma sikat gigi). Bila tidak dirawat, Bisa menyebabkan pulpitis, berarti saluran akar sudah perforasi. Pulpitis didiamkan gangrena pulpa, lebih parah lagi gangrena radix. Sedapat mungkin dipertahankan, jangan dicabut. HPP ada luka caries lunak/keras, dianggap lunak untuk amannya. Perawatan pulcapping. Perawatan yang mengharapkan akan terjadinya dentin sekunder. Luka lunak menjadi keras. Minimal 1 bulan. 1-2 minggu. Bila lunak bisa terjadi perforasi (pulpitis). Pulpitis wajib gigi dimatikan, kasus pulpitis jangan ditambal (sakit). Saraf dan pembuluh darah harus dibuang dari pulpa. Perawatannya, mumifikasi atau pulpektomi. Wajib dilakukan foto : ada/tidak kelainan di apikal, menghitung panjang akar pada perawatan saluran akar(gigi posterior dari daerah oklusal ke apikal, gigi anterior dari incisal ke apikal). Untuk usia lanjut bisa buntu. Pada mumifikasi hanya sampai cavum dentin, dengan harapan steril pada cavum dentin. Pada konservasi tidak dianjurkan, lebih baik pulpektomi, lebih aman. Pulpektomi sampai di saluran akar (1mm di atas apikal). Menggunakan jarum dengan stopper, digunakan untuk mengukur kedalaman akar. Jaringan lunak harus keluar semua, digunakan jarum eksterpasi, bentuk seprti pohon natal. Saluran akar bentuk juga seperti pohon natal (kerucut). Setelah jaringan lunak keluar semua dan saluran akar kosong, diperlebar dengan jarum Rimmer (spiral), dan dihaluskan dengan jarum Fial. Pada brenjolan merukapan tempat kuman (retentif kuman). Irigasi dengan NaOCl (bila dilakukan dengan baik 75% berhasil). Sterilisasi jarum dengan glassbit (syarat mutlak). Dikeringkan dengan paperpoint sesuai dengan jarum terakhir yang dipakai. Aplikasikan obat antibiotika ledermix, dimasukkan ke dalam saluran akar dengan jarum Fial (ukuran satu no dibawah jarum terakhir). Ditutup sementara, pulang. Tiga hari kembali lagi. Dibongkar, aplikasi lagi tutup lagi. Sampai 3 kali. Dimasukkan bahan pengganti jaringan lunak guttapoint besarnya sama dengan jarum terakhir. Sebelumnya saluran akar diolesi dengan campuran dari kresopin dan endometason sebagai shield. Untuk mengisi sela-sela saluran akar agar cairan tubuh tidak masuk ke dalam saluran akar. Ditutup semen, tunggu 1 minggu, tumpat. Pulpektomi ada 2 teknik :

Mempengaruhi bentuk bibir dan pipi. tidak kelihatan kawat. Lepasan metal. Pada dengan kawat bertumpu pada kawat dan gigi. Harus disesuaikan dengan gigitan. Implan : bentuk seperti pasak. Kekuatan gigi palsu ini bertumpu pada gingiva baik buccal atau palatinal. Kawat penampang setengah lingkaran sehingga terlihat lebih besar. Semi-permanen : kerugian bagian enamel gigi sebelahnya harus dihilangkan kemudian ditutup dengan mahkota selubung kemudian di semen. Silikat : pada gigi pergantian. Buat pontage. dan setiap gosok gigi dibersihkan. Tidak terjadi resorbsi gingiva. karena terdapat resorbsi gingiva (3mgg-1bln) dibuatkan mahkota sementara. a. Kasus gigi akar satu. tanpa kawat. Dengan Arsen : setelah mati dilakukan pulpektomi. 2. untuk kasus spesifik. 2. Prosto Gigi belakang sudah tidak ada. Komposit : pake sinar. Anaestesi : Vital Pulpektomi (kasus trauma) tujuan mengurangi rasa sakit dengan di suntik. bikin jadi diluar baru di semen. Tumpatan tuang. b. terlihat tidak cantik. 3. Sehingga setiap malam harus dilepas. Full : mahkota pasak ditanam di saluaran akar. Acrilic : mempunyai porus sehingga plak dapat menempel pada porus tersebut. Dengan kawat. untuk mengunyah. Dicetak dulu. Inlay : tumpatan bentuk sesuai dengan bentuk caries yang ada (bentuk cavitas). Gigi Palsu Lepasan : 1. kesulitan makan. tidak boleh digunakan pada gigi dewasa.1. bibir bersandar di gigi depan. (Non Vital) Tumapat yang ada : 1. Kasus kehilangan banyak mahkota gigi. Terutama gigi depan. lebih nyaman karena penampang kecil tidak mudah patah. Uplay : Mengikutsertakan bagian oklusal untuk retensi. Tanda kawat lebih bagus. harus sering dibersihkan karena dapat terjadi caries pada gigi yang ditumpu. c. pada gigi sulung. Amalgam : banyak ditinggalkan. 4. ditanam di processus alveolaris tulang rahang. . Jangan dibuatkan terlalu cepat.

faktor alergi yang sangat progresif dengan resorbsi tulang alveolaris. apex. hiperemi pulpa. Fix/braket : pergerakan gresi Ada kemungkinan setelah perawatan bisa relaps 0-2 tahun baru bisa terjadi kalsifikasi. . pada gigi pergantian. pulpa. bila tipis harus di bone graf. vital +. Menggunakan retentif sudah terjadi kalsifikasi atau belum. Gigi 3 ke 3 haram dibuang. Fina Gigi permanen mulai tumbuh umur 5-6 tahun. Setelah tumbuh tulang di tanam. Pada gigi depan karena kecabut.Fix/Implan : persyaratan. Sebelum tumbuh total diberikan inklinasi bite plate pada gigi bawah (2-3mgg). dentin. Enamel. gigi molar pertama akan tumbuh permanen pada usia 11 tahun. Kerusakan biasanya pada balita karena kurang disiplin menggosok gigi. Kontra Indikasi pada diabetes melitus. Caninus untuk menyangga sudut mulut. atau protrusi. megenai enamel saja : Tx reparasi sedikit diberi semen langsung tembel. bifurkasio. karies besar belum perforasi. gigi molar 1. digunakan space maintener. klo terkena rangsang lebih sakit. gigis dan sering bengkak. Terlalu dini tanggal gigi sulung dapat mengakibatkan gigi tidak rata. fungsiolesa +. Dr. Untuk dewasa tidak bisa. Gigi sulung pertama pada usia 6 bulan. mengenai pulpa : klinis gigi sakit bila ada rangsang. Caries iritatio pulpa. lepas karena kecelakaan. fungsiolesa + Pulpitis : keradangan pada pulpa. tulang alveoli. Ditanam akar dulu kemudian mahkotanya. periodontal membran. Pasien anak. ketebalan tulang. Ortho Bidang ilmu kesehatan gigi untuk meratakan gigi Kasus-kasus : Protrusi Progenasi Berdesakan Meratakan gigi tidak bisa tanpa mengorbankan gigi dengan kasus gigi berdesakan. Lepasan : pergerakan gigi hanya versi (doyong) apikal tetap mahkota bergeser. karena nilai estetik sudut mulut. Pada anak-anak yang tanggal lebih dini terjadi gigitan terbalik samapai gigi 2. vital +. Gigi yang dikorbankan premolar satu dengan catatan tidak ada gigi lain yang rusak. klinis : nyeri spontan. Caries media.

Tx Pulpitis : mumifikasi hanya melibatkan cavum dentin. Pada kasus rongsen akar bengok.5 cc disuntikkan di foramen incicivus 1mm dibelakang papila incicivus sudut 45o. 0. Posterior : Buccal 45o. Non vital : diberi arsen (3hr). sama seperti diatas. preparasi. Dilihat bila sudah pucat berarti masuk. DM : gigi banyak yang goyang. GP. Matikan saluran akar. gejala klinis.Gangrena pulpa : tekanan -. preparasi. tumpatan sementara (2mgg1bln di test) tidak ada keluhan tumpat. Peti (anaestesi) Anaestesi RA anterior RB : infiltrasi. gigi persistensi wajib dicabut Menunjang diagnosa : anamnesa. RA setinggi apikal. dreg -.5 cc. tumpatan Tx HP profunda : Pulcapping : dibersihkan cavitasnya. Perkusi +. irigasi dengan NaOCl dikeringkan dengan papper point. Molar 1 RA : di bagian buccal . Palatinal sudah teranaestesi. kresopin (3hr).5 cc di palatinal di gigi bersangkutan.5 cc di bagian buccal. semen. Gigi gingsul : biasanya gigi taring. tekanan +) Gangrena radix : tinggal sisa akar. Pulpektomi : vital : dengan anaestesi. Marginalis : gigi utuh tetapi perkusi +. kresopin (3hr). sering berubah warna. HP : dibersihkan. Luka sulit sembuh. Foto. langsung pada gigi yang bersangkutan Anaestesi RB posterior : blok Cara : infiltrasi. tekanan + Apikal : terdapat caries. masukkan 1. semen. ledermix (sterilisasi) bisa sampe 2x. ekstirpasi. pemeriksaan lab. kalfit (1mgg test) tumpat. KI ektraksi gigi. eksosterma Dr. HT : KI ekstraksi gigi. pemeriksaan fisik. untuk gigi anterior 0. arah dari apex. GP jg bisa. diaplikasikan kalsium hidroksida (diharapkan dapat terbentuk dentin sekunder). akar buntu. tes vitalitas -. jaringan periodontal radang. sterilisasi dengan kresopin (3hr). Biasanya disertai dengan periodontitis (perkusi +. aspirasi 1. aspirasi. Pulpitis. aspirasi. dibor. membentuk sudut 45o. Isi dengan butrek. Periodontitis : keradangan pada jaringan periodontium. foto. dengan arsen ditutup sementara (3hr). tekanan + Pergantian gigi.