SMK N 3 PACITAN Kompetensi : Penggunaan alat ukur listrik Paket keahlian : Teknik Audio Video Tingkat / Semester : X/1 Instruktur

: Nardi Narhudi dan Tri Haksara

SUBKOMPETENSI

KODE : PAUL.2 Nama :

PENGGUNAAN VOLT METER PADA MULTIMETER

Kelas/ No.Absen : Tanggal :

Nilai :

Waktu : 4 x 45 menit

I.

TUJUAN 1. Selesai Praktek siswa dapat mengetahui Penggunaan Voltmeter pada Multimeter. 2. Selesai praktek siswa dapat memahami dan dapat menggunakan volt meter pada praktek pengukuran elektronika.

II.

PETUNJUK PRAKTEK 1. 2. 3. 4. Persiapkan alat dan bahan sebelum melakukan semua pekerjaan Pastikan semua alat dan bahan tersedia dengan benar. Bersihkan tempat kerja/praktek dari benda yang membahayakan. Pada saat melaksanakan praktek jangan melaksanakaan kegiatan /pekerjaan yang tidak sesuai job shet. 5. Pekerjaan yang diberikan adalah pengamatan pada skema rangkaian. 6. Pekerjaan berikutnya adalah pengukuran tegangan AC dan DC. 7. Pelajarilah jobsheet dan gambar sebelum memulai pekerjaan. 8. Kalau ada kesulitan mohon bertanya kepada Instruktur.

III.

ALAT DAN BAHAN 1. Multimeter Analog 2. Multimeter Digital

IV.

KESELAMATAN KERJA 1. 2. 3. 4. 5. Tempatkan multimeter pada posisi yang aman. Jangan melakukan pekerjaan praktek diluar job shet. Pergunakan AVO meter sesuai fungsinya. Perhatikan Sumber tegangan AC atau DC! Jika praktek sudah selesai, kembalikan peralatan dengan kondisi baik.

V.

LANGKAH KERJA 1.Sesuai dengan kelompok anda, Atur alat ukur Multimeter analog dan digital pada posisi untuk pengukuran tegangan DC!. 2.Perhatikan papan skala pada multimeter!

3. Perhatikan, apakah jarum penunjuk pada papan skala sudah berada pada posisi angka nol? Jika belum, posisikan jarum dengan memutar sekrup pengatur posisi jarum dengan menggunakan obeng minus! 4. range selector pada posisi yang paling besar! 5. Sambungkan kabel penyidik yang berwarna merah ke positip baterai dan kabel hitam ke negatif baterai…JANGAN SAMPAI TERBALIK! 6. Catat hasil pengukuran dalam table ! 7. Ulangi langkah no 4 – 6 untuk mengukur tegangan pada adaptor untuk 5 Volt, 8 volt dan 12 volt. 8 Dalam pengukuran , gunakan multimeter analog dan digital ! 9. Catat pengukuran dalam table ! 10. Atur posisi multimeter pada Pengukuran AC ! 11. Atur range selector pada posisi yang palin besar! 12. Jika dalam pengukuran, pembacaannya kurang jelas maka range selector dikecilkan sampai didapatkan pembacaan yang jelas ! 13. Ukur tegangan jala jala PLN yang ada di ruang bengkelmu! 14. Dalam pengukuran tegangan AC , jarum/probe multimeter boleh dibolak-balik. 15. Catat hasil pengukuran dengan menggunakan multimeter analog dan digital pada table ! 16. Kembalikan peralatan pada posisi Off/mati. VI… PERTANYAAN DAN TUGAS 1. Jelaskan perbedaan tegangan AC dan Tegangan DC ? 2. Sebutkan contoh – contoh sumber tegangan AC dan Dc ? masing – masing minimal 3. 3. Mengapa dalam pengukuran tegangan DC , kita tidak boleh terbalik dalam penggunaan probe pada multi meter? 4. Mengapa kalau dalam mengukur tegangan AC probe dari multimeter boleh dibolak balik? 5. Mengapa dalam penggunaan range selector pada multimeter kita harus menggunakan skala yang besar lebih dahulu? 6. Buatlah kasimpulan dari praktek pengukuran tegangan AC dan DC ini !

SELAMAT BELAJAR DAN PRAKTEK….SEMOGA SUKSES !!