11

Tips

Cara Meningkatkan
Pengunjung Multiply Anda

Yaufani Adam

Special thanks
My beloved wive, Nining :X
Http://www.niningdwie.multiply.com

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Pengantar
Assalaamu’alaikum Pembaca,

Page

1

embaca, e-book ini adalah kelanjutan dari postingan saya terdahulu mengenai pentingnya pengunjung sebuah blog. Yup, pengujung adalah lawan bicara kita, partner kita berkomunikasi. Blog tanpa pengunjung ibarat berbicara tanpa lawan bicara. Apa donk manfaatnya berbicara jika tidak ada yang mendengarkannya? Hanya membuang waktu saja kan?

P

Coba Anda tengok kembali niatan awal Anda ingin ngeblog? Ingin berbagi ilmu dengan yang lain, ingin mencari teman, ingin berdakwah, ingin berdikusi, ingin berjualan, ingin menularkan ide-ide cerdas Anda. Ingin berjualan. Ingin berbisnis online. Yup, semua aktivitas itu membutuhkan pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin tersampaikan apa yang telah menjadi niatan awal Anda membuat blog. Yang berniat berbagi-bagi keahlian melalui blog, akan semakin tersebar ilmunya dengan banyaknya pengunjung blognya. Yang ingin berdakwah melalui blog, semakin banyak yang bisa memperoleh dakwahnya. Yang berdagang, semakin banyak pengunjung, semakin besar peluang memperoleh pembeli. Dan sebagainya. Sebegitu pentingnya pengunjung blog tentunya harus ada kiat-kiat khusus yang harus kita lakukan supaya blog kita semakin ramai oleh kehadiran mereka. Ebook ini akan mengupas sedikit mengenai hal tersebut. Bukan berarti saya menulis ini karena sudah sukses menyedot banyak pengunjung ke blog saya loh. Yaa, saya juga masih dalam tahap belajar kok. Kebetulan saya sedang tertarik membaca seputar teknik mempromosikan blog. Saya pikir tidak ada salahnya menyebarkan ilmu sembari saya mengamalkan apa yang barusan saya baca. Ibarat pepatah, sekali merengkuh pulau, dua tiga dayung terlampaui, sambil menyelam minum susu hehe :p. Jadi e-book ini tidak murni 24 karat hasil pemikiran saya. Banyak rujukan online terkait materi ini. Nah, saatnya kita masuk ke pembahasan penting ini (halah). Namun sebelumnya saya ingatkan kepada Anda bahwa cara ini tidak menjamin seratus persen dengan serta merta blog Anda kebanjiran pengunjung loh. Ini cuman salah satu trik saja. Tiap orang pasti memiliki pengalaman tersendiri terkait dengan hal ini.

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

2

Bahasan
Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan guna meningkatkan pengunjung multiply yang Anda miliki.

Lakukan Promosi
ngat ketika pertama kali Anda membuat Multply? Contact belum ada, pengunjung belum ada, bahkan isinya pun belum ada. Saat itu ingat bagaimana pertama kali Anda mempunyai Contact? Yup, Anda melakukan promosi. Ada beberapa teknik promosi yang bisa diterapkan antara lain, mampir di Multply lain kemudian meninggalkan jejak disana.

I

Hi...Blog Visit My
Ads By Me

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

3

Content
uat tulisan-tulisan yang menarik supaya pengunjung tertarik untuk selalu mengunjungi blog Anda. Content bisa berupa tulisan Anda, gambar-gambar yang menarik ataupun koleksi video anda. Content yang diminati biasanya content yang mengangkat tema-tema yang aktual yang masih hangat terjadi juga content yang banyak dibutuhkan oleh pembaca. Content yang berupa tips dan trik patut untuk dicoba. Bagaimana dengan content yang berisi curhat pribadi atau berbicara tentang kehidupan Anda? Tidak ada salahnya kok, content tersebut tetap akan mendapatkan pembaca jika Anda sudah mempunyai hubungan yang cukup dekat dengan pengguna MP lain. Hmm namun tidak menutup kemungkinan, pengguna MP diluar contact Andapun tertarik untuk membacanya. Piss..

B

Bagaimana dengan content yang berisi curhat pribadi atau

berbicara tentang kehidupan Anda? Tidak ada salahnya kok,

content tersebut tetap akan mendapatkan pembaca jika

W
Picture Video

Anda sudah mempunyai hubungan yang cukup dekat

Text

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

4

Desain
pa gunanya desain yang bagus tapi akhirnya membuat MP Anda semakin lambat diakses oleh pembaca. Desain itu penting, tapi kita tetap harus memperhatikan masalah kecepatan akses. Kebanyakan pembaca kita di indonesia sangat tebentur dengan masalah bandwidth yang minim dan terbatas. Usahakan meminimalisir penggunaan gambar yang besar untuk themes Anda. Bagaimana dengan riasan-riasan glitter? Glitter emang membuat MP Anda lebih menarik dan ceria. Tapi semakin banyak glitter yang Anda pasang, semakin banyak waktu yang digunakan untuk meload seluruh MP anda secara utuh. Semakin banyak glitter tentunya semakin banyak elemen yang di akan load untuk ditampilkan. Gunakan glitter secukupnya dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya (loh?).

A

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

5

Lay Out (Tata Letak)
elain desain yang indah, buat tata letak yang memudahkan pengunjung mengeksplorasi isi MP anda. Tonjolkan content-content yang menarik yang anda miliki. Harus semua content? Tidak harus, tapi tampilkan yang kira-kira menarik untuk dibaca. Pengelompokan content berdasarkan tag cukup membantu. Tampilkan di halaman depan MP anda content yang dikategorikan berdasarkan tag. Untuk mengetahui tentang tag lebih dalam dan bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa mengunjungi MP mbak Iwana (http://www.iwananashaya.multiply.com) atau tunggu tulisan saya berikutnya. In sya'a Llah.

S

Header

Sidebar Content

Content

Content

Guestbook Footer

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

6

Silaturahmi
Tidak didunia maya tidak di dunia nyata, yang namanya silaturahmi merupakan cara yang ampuh untuk menambah kolega, menambah relasi, menambah teman, menambah kenalan. Silaturahmi tidak sekedar di awal kita memperkenalkan Mp kita lho. Tapi setiap saat. Selama hayat masih dikandung badan, yang namanya silaturahmi harus tetap jalan. Gunakan silaturahmi untuk menjaga hubungan anda dengan MP lain. Jika contact anda semakin banyak, luangkan waktuwaktu khusus yang anda gunakan untuk sekedar berkunjung dan meninggalkan komentar di MP lain.

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

7

Ikut Group dan aktif disana
komentar yang postitif dan membangun. Akan sangat bagus lagi jika group yang anda ikuti adalah group yang sesuai dengan keahlian Anda. Anda akan semakin mudah memposting sesuatu yang anda ketahui untuk dibagikan kepada member lain dalam group tersebut. Jika Anda aktif memposting yang sesuai dengan keahlian Anda dan aktif mereply dengan ilmu yang anda miliki bukan tidak mungkin anda dikenal karena keahlian Anda tersebut. Bukan tidak mungkin juga anda akan menjadi tempat berkonsultasi dibidang yang anda kuasai tersebut.

G

roup biasanya mempunyai banyak member yang belum kita kenal. Nah terlibatlah di group diskusi. Aktiflah memposting sesuatu yang menarik dan bermanfaat kemudian terlibatlah dalam dikusi-diskusi yang ada. Berikan

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

8

Rajin Komentar
alau terlihat sepele, berkomentar merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk mempromosikan blog loh. Sering-seringlah meluangkan waktu untuk memberikan komentar yang positif di MP lain. Selain bisa mendatangkan contact baru, Komentar yang anda berikan cukup berguna untuk menjaga komunikasi dengan setiap kontak Anda.Pengunjung baru bisa bertambah, pengunjung lama pun tetap lengket ;)). Keep in Touch gitu lah bahasa kerennya. Oh iya, jangan cuma maunya dikomentari aja donk. Berikan timbal balik juga kepada MP lain. Hehehe. Ngomong-ngomong masalah komentar, saya jadi teringat postingan saya tentang keuntungan memberikan komentar pertama kali alias pertamax. Nah usahakan Anda menjadi komentator pertama di setiap blog yang Anda kunjungi. Peluang untuk dikenal oleh pengguna MP lain sangat besar jika Anda menjadi komentator pertama. Ingat, bukan sekedar ”pertamax” tapi berikan komentar yang berbobot dan bermutu juga :p.

W

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

9

Menambah Kontak
Tahukah Anda jika MP menganut sistem network? Sistem ini membuat MP Anda terlihat oleh pengguna MP lain walaupun mereka bukan termasuk daftar kontak anda. Manfaatkan kelebihan ini. Mari kita lakukan hitungan-hitungan permisalan. Jika setiap kontak membawa 10 network yang dapat mengetahui MP kita sedangkan kita memiliki 1000 kontak, berarti akan ada 10000 (sepuluh ribu) calon pembaca prospek dari setiap content bermutu yang kita miliki, yaa anggaplah yang berminat membaca postingan Anda Cuma 20 persennya. Banyangkan, ada 2000 pembaca per hari akan mendatangi blog Anda. Banyak sekali, bukan? Mulai sekarang, perluas jaringan Anda. Namun jangan lupa. Semakin besar jaringan yang Anda bangun, semakin berat bagi Anda untuk memaintain hubungan Anda dengan mereka. Semakin banyak waktu yang harus Anda luangkan untuk selalu merawat hubungan Anda.

Y

up, semakin banyak kontak yang Anda miliki, semuakin besar kemungkinan postingan Anda dibaca oleh banyak orang.

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

10

Bagi-bagi Hadiah
ika Anda mempunyai rezeki berlebih, tidak ada salahnya mencoba cara ini. Buat kuis atau sayembara yang melibatkan pengguna MP lain. Berikan hadiah yang menarik. Sebuah Mac Book atau sekedar Iphone pasti bisa menjadi magnet bagi mereka untuk mengikuti kuis yang anda selenggarakan. Hehehe Kemahalan ya? Ya sudah, hadiah buku juga boleh. Hadiah yang Anda berikan tidak perlu mahal kok. Untuk urusan bagi-bagi buku, Pak Syamsul (http://www.Thetrueideas.multiply.com) dan mas Catur HP (http://www.caturhp.multiply.com) nih rajanya. Anda bisa mengikuti jejak mereka. :D.

J

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

11

Berikan pelayanan yang ramah kepada pengunjung MP Anda
Berikan pelayanan terbaik berupa keramahan Anda dalam menyambut mereka. Balaslah respon-respon positif mereka yang mereka berikan terhadap postingan Anda. Tanggapilah mereka walaupun hanya sekedar kata-kata ”Terimakasih karena sudah berkunjung”. Hargailah kedatangan mereka ke MP Anda. Ingat, waktu yang mereka miliki teramat sedikit di dunia maya terutama yang mengakses MP via warnet-. Sungguh suatu keberuntuntungan bagi Anda dalam waktu yang terbatas dari waktu online yang mereka miliki, mereka masih sempat meluangkan waktu untuk membaca bahkan merespon tulisan Anda. Ingat sebuah pepatah lama, ”Pengunjung Adalah raja”. Yup. Perlakukanlah mereka sebaik mungkin. Dengan keramahan dan kenyamanan yang Anda berikan diharapkan kesan yang baik akan melekat di benak mereka tentang Anda. Selanjutnya, mereka akan menjadi pengunjung loyal Anda. Mungkinkah? Mungkin saja.

S

etelah Anda mempromosikan MP Anda, saatnya menyambut kedatangan para pengunjung baru (dan lama) di MP Anda.

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

12

Jaga Citra Diri Positif Anda
erakhir, jaga citra diri positif Anda, sekali Anda melakukan kesalahan, akan susah memulihkan citra diri Anda tersebut. Berusahalah semaksimal mungkin menjadi pemilik blog yang ramah, yang baik, yang hangat yang dicintai blogger lain. Apakah dengan demikian Anda harus mengorbankan prinsip yang Anda miliki? Tidak, maksudnya semua itu tetap harus bersandar kepada norma-norma donk tentunya. Jangan sampai dengan dalih setia kawan Anda membiarkan komentarkomentar yang tidak senonoh menclok di Blog Anda. Baik tapi tetap tegas. (nah gimana tuh?) Susah? Memang Susah. Mari kita usahakan semaksimal mungkin.

T

++ +
11
Tips

++ +

+ +
+ +

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

13

Penutup
ah pembaca, itu tadi sedikit apa yang bisa saya share kepada pembaca sekalian. Semoga apa yang saya tuliskan bisa mendatangkan manfaat bagi pembaca sekalian khususnya bagi saya pribadi. Jika ada yang ingin menambahkan atau kritik dan saran silahkan PM ke saya. atau ke YM :yaufaniadam. Tanggapan, kritik dan masukan Anda sangat saya harapkan untuk peningkatan ebook sederhana ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Anda boleh menyebarkan isi e book ini dengan syarat tetap mencantumkan sumber dan penulisnya. Terimakasih.

N

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

14

Sumber Bacaan

B

agi Anda yang ingin mendalami lebih lanjut mengenai topik ini, Anda dapat berkunjung ke daftar blog di bawah ini:

!http://thom-sharing.blogspot.com/2008/08/promosi-blog.html !http://www.o-om.com/2007/07/etika-dalam-promosi-blog-dan-cara.html !http://afatih.wordpress.com/2005/12/09/cara-praktis-promosi-blog-2/ !http://www.jokosusilo.com/tag/promosi-blog/ !http://google.com keyword => promosi blog atau blog promotion

dll

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Page

15

Tentang Penulis
aufani Adam adalah nama yang diberikan oleh orang tua saya yang tercinta. Lahir di Cilacap 25 tahun yang lalu. Saat ini saya berprofesi sebagai desainer grafis dan desainer web di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta,. Disamping itu juga, Saya nyambi sebagai desainer lepas juga alias free lance. Hobbi nge blog saya tuangkan dengan membuat blog di Multiply. Begiiitu(lebay mode on) banyak manfaat yang saya peroleh dengan ngeblog di Multiply. Dari mendapatkan teman baru yang baik-baik sampai mendapatkan rezeki dari sini. Alhamdulillah. Bagi yang ingin berkenalan lebih lanjut bisa mampir di Multiply saya di www.yaufaniadam.multiply.com atau YM di yaufaniadam atau juga via SMS/telpon di 0274-6888338 Hmm ndak bisa narsis, so perkenalannya segini dulu aja yah :). Saya ucapkan terimakasih atas kesedian Anda mendownload e book ini.

?

Y

11

Tips

Cara Meningkatkan

Pengunjung Multiply Anda

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful