PEMBAHASAN

I.

Pengertian.

Kotak hitam adalah sekumpulan alat yang digunakan pada pesawat terbang untuk menyimpan semua data aktivitas selama penerbangan. Kotak itu terdiri dari tiga lapisan untuk menyediakan jenis perlindungan yang berbeda pada media perekaman. Shell terluar merupakan kasus yang terbuat dari baja dikeraskan atau titanium dirancang untuk bertahan dampak kerusakan intens dan tekanan. Lapisan kedua adalah sebuah kotak isolasi sementara yang ketiga adalah sebuah blok termal untuk melindungi terhadap kebakaran berat dan panas. Black box dikemas dalam Crash Survivable Memory Unit (CSMU) yang dibuat untuk mampu bertahan pada suhu yang sangat extrem panas, impact yang besar dan perubahan pressure yang drastis. Umumnya, kotak hitam disimpan di bagian buntut pesawat dan mempunyai kemampuan self-eject serta mudah dideteksi oleh sonar atau radar. Black Box juga dilengkapi dengan Under Water Locator Beacon, untuk dapat diketahui lokasinya apabila tenggelam di laut. Alat ini mampu mengeluarkan sinyal dan kedalaman 14.000 kaki (4.267m) maksudnya bila di dalam air, kotak ini akan memancarkan sinyal ketika terguncang karena benturan. Sinyal inilah yang bisa ditangkap radar untuk menunjukkan lokasi pesawat. Namun, kekuatan sinyal terbatas. Biasanya sampai seminggu sebelum menghilang.

II.

Fungsi. Instrument perekam data penerbangan atau FDR (Flight Data Recorder) dan perekam

percakapan pilot atau CVR (Cockpit Voice Recorder).

Mampu merekam pembicaraan

antara pilot & pemandu lalu lintas udara (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara &

yang biasanya terakhir menyentuh tanah ketika jatuh seluruh bagian depan pesawat merupakan wilayah berbahaya bagi KOTAK HITAM. tahan terhadap tekanan air laut. sehingga chasing black box harus tahan pada suhu 1100 derajat celcius selama 1 jam atau api yang membakar sebesar 260 celcius selama 10 jam. yaitu berada pada ekor pesawat. - Mampu bertahan di kedalaman laut yang asin terkena berbagai cairan serta tekanan 3400x gravitasi selama 6.kondisi cuaca selama penerbangan.5 detik. Kondisi lingkungan Pemasangan black box sendiri mendapat perlindungan maksimal.000 kaki. misal : - Jika terbakar. - Mampu tahan pada tekanan air sedalam 20. hal ini berkaitan dengan kondisi pesawat yang terbang dan dipengaruhi gravitasi. maka harus tahan pada suhu tinggi. dan dapat berada di dalam air asin selama 1 bulan - Pemakaian dalam waktu yang cukup lama dan cukup mahal maka harus tahan korosi. . - Saat jatuh di laut. - Tahan pada tekanan dan benturan. misalnya saja saat jatuh pada ribuan meter di dasar laut. III. Material kotak hitam ini dikondisikan atas asumsi-asumsi kondisi jatuhnya pesawat. Warna Jingga (orange) untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan. terutama jika terkena air asam.

Baja stainless merupakan baja paduan yang mengandung minimal 10. Stainless steel itu tahan karat. Lapisan ini berkarakter kuat.IV. Cu. Material. Dari sifat fisiknya yang menunjukkan bahwa koeffisien muainya kira-kira 1. estetik dan higenis. Penambahan unsur-unsur tertentu kedalam baja stainless dilakukan dengan tujuan sebagai berikut : 1) Penambahan Molibdenum (Mo) bertujuan untuk memperbaiki ketahanan korosi pitting dan korosi celah. maka dalam pengelasan baja tahan karat akan terjadi perubahan bentuk yang lebih besar. Lapisan kromium oksida dapat membentuk kembali jika lapisan rusak dengan kehadiran oksigen. mekanik.5% Cr. Sedikit baja stainless mengandung lebih dari 30% Cr atau kurang dari 50% Fe.5 kali baja lunak.1 Baja stainless steel. sehingga membuat logam ini menjadi tahan lama dan ini juga berarti efisiensi biaya buat Anda. bahan yang kuat. tahan terhadap perubahan suhu. Komposisi kimia dan sifat-sifat mekanik. . dan Mn. Pemilihan baja stainless didasarkan dengan sifat-sifat materialnya antara lain ketahanan korosi. dan biaya produk. Paduan utama dari baja tahan karat Cr atau Cr dan Ni dengan sedikit tambahan unsure lain seperti Mo. fabrikasi. serta sifat fisik maupun dengan baja paduan rendah yang mana sangat mempengaruhi sifat sifat mampu lasnya. Karakteristik khusus baja stainless adalah pembentukan lapisan film kromium oksida (Cr2O3). Baja tahan karat mempunyai sifat yang berbeda baik dengan baja karbon maupun dengan baja paduan rendah yang mana sangat mempengaruhi sifat sifat mampu lasnya. 4. oleh karena itu logam inipun dapat diandalkan meskipun diluar ruangan.tidak mudah pecah dan tidak terlihat secara kasat mata. mudah difabrikasi. Logam ini ini juga mudah untuk dimodifikasi guna berbagai kepentingan.

3 Sifat Bahan.Stainless steel bukan konduktor yang baik (panas dan listrik). Penambahan nikel meningkatkan ketahanan korosi tegangan. austenitik mempunyai kemampuan mengelas yang sangat bagus (semua proses). kemampuan membentuk. 5) Unsur aluminium (Al) meningkatkan pembentukan lapisan oksida pada temperature tinggi. namun karena pengelasan itu akan berdampak pada kerusakan/ timbulnya korosi serta dapat mengurangi tingkat kekuatan maupun kekerasan dari stainless steel itu sendiri maka akan lebih baik menghindari proses tersebut.2 Segi manufaktur : Stainless steel Austenitik hanya bisa dikeraskan melalui pengerjaan dingin.Tahan pada suhu tinggi (sampai 1394oC).1 Sifat Fisis : . 5. Selain itu juga. . 4) Penambahan nikel (Ni) bertujuan untuk meningkatkan ketahanan korosi dalam media pengkorosi netral atau lemah.Tahan pada suhu rendah/ tidak mudah rapuh. karena chasing black box perlu bahan yang kuat dan keras. Nikel juga meningkatkan keuletan dan mampu bentuk logam. . 5. V.2) Unsur karbon rendah dan penambahan unsur penstabil karbida (titanium atau niobium) bertujuan menekan korosi batas butir pada material yang mengalami proses sensitasi. . Hubungan Bahan. 5.3. Fungsi dan Proses. kemampuan pembuatan dan sifat kenyal yang sangat bagus. 5.1 Pengaruh Pada Bahan : Austenit mempunyai sifat mampu las yang sangat baik. 3) Penambahan kromium (Cr) bertujuan meningkatkan ketahanan korosi dengan membentuk lapisan oksida (Cr2O3) dan ketahanan terhadap oksidasi temperatur tinggi.

. .Kekuatan tinggi di lingkungan suhu tinggi dan bersifat cryogenic. mereka sangat tertarik terhadap magnet.3.Elongation 55 %. .3 Sifat Kimia : . . .Mempunyai struktur kubus satuan bidang (face center cubic).Ketahanan korosi tinggi. dan nitrogen.Ketangguhan dan sifat mampu potong yang cukup baik.Kekerasan 185 BHN.Keuletan tinggi.Tegangan Luluh (Yield strength) 385 Mpa.2 Sifat Mekanis : .. . 7-22%wt nikel. .3. 5.Tensile strength 805 Mpa. . . .Tidak bisa teroksidasi dengan mudah. 5. Ini berarti dapat dengan mudah dibentuk atau bengkok atau digambar dalam bentuk kabel.Tersusun dari campuran 16-20% kromium.Sebagian varietas dari stainless steel memiliki permeabilitas magnetis.

maka material yang paling cocok untuk chasing black box adalah Stainless steel austenit.Perbandingan berbagai tipe stainless steel : Jenis Stainless Steel Respon Ketahanan Metode Magnet Korosi Ke-liat-an Ketahanan Ketahanan Temperatur Temperatur Tinggi Rendah Sgt Tinggi Sedang Rendah Rendah Kemampuan Welding Sgt Tinggi Tinggi Rendah Rendah Hardening (Ductility) Austenitic Tdk Duplex Ferritic Ya Ya Sgt Tinggi Cold Work Sgt Tinggi Sgt Tinggi Sedang Sedang Sedang Tidak ada Sedang Tidak ada Sedang Q&T Rendah Rendah Tinggi Rendah Martensitic Ya Dari semua pertimbangan diatas. Grafik pengujian stainless steel keandalan austenit : dari .

4 Proses Pembuatan Chasing.2 mm dan kekasaran permukaan 0. Keuntungannya : Increase hardness and strength. dimana untuk satu chasing dibutuhkan 3 pelat. setelah itu dibentuk menjadi chasing dengan menggunakan mesin press sehingga terbentuk balok tanpa tutup.05-0. better surface roughness. • Pelat yang sudah kuat sesuai standar.4-1. • Pelat Stainless steel dibuat dengan proses rolling.6 µm. good in machinability.V. Dengan toleransi 0. untuk mendapatkan kekuatan yang lebih dilakukan pengerjaan dingin (cold working). Channel bending .good in tolerance. • Pelat stainless steel yang sudah terbentuk.

Mesin Boring .Straight flanging Mesin Press • Pelat dibuat lubang pada keempat sisinya dengan menggunakan mesin boring.

its.htm http://digilib.ac. Ditusuk dengan menggunakan batang baja tipis. Dimasak dalam 1100oC. Referensi : http://www. Dijatuhi beban 2270 kg dari ketinggian 10 kaki atau 3m dari atas tanah. Setelah proses pembuatan black box selesai dilakukan. tahap selanjutnya yaitu melakukan serangkaian pengujian. bisa center crack. d.pdf http://rozaqsangbleu. V. hal ini dikarenakan untuk menghindari proses pengelasan karena proses pengelasan dapat mengakibatkan crack pada berbagai tempat.blogspot.html . e.com/Stainless%20Steel.id/public/ITS-Undergraduate-6927-2700100033-judul. maupun microcrack yang dapat mengurangi kekerasan dan kekuatan.com/2011/05/stainless-steel. Di tenggelamkan di bawah 6000 m dalam satu bulan di laut.5 Pengujian Chasing.weldingengineer. Black box ditembak dengan meriam. Berikut adalah proses-proses pengujiannya : a. b. transverse crack. c.• Pelat yang sudah dilubangi kemudian dilakukan proses penyambungan dengan mur-baut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful