PENGERTIAN DAN CONTOH SISTEM ANALOG DAN SISTEM DIGITAL 2010 03.

07 Analog adalah sinyal data dalam bentuk gelombang yang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog adalah amplitude dan frekuensi. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase. Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik. Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. Analog disebarluaskan melalui gelombang elekromagnetik (gelombang radio) secara terus menerus, yang banyak dipengaruhi oleh faktor ”pengganggu”. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik dan bersifat variable yang berurutan. Jadi sistem analog merupakan suatu bentuk sistem komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik.

Digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah. Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu :
• •

Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

• •

Pemahaman yang mudah tentang analog dan digital adalah pada pita kaset lagu dan file MP3. Jika meng-copy (menyalin) atau merekam pita kaset, tentu hasilnya banyak ditentukan oleh alat

diperlukan pesawat telepon khusus. dan sebagainya. namun kepada ”sistem” di sentral teleponnya. Kelebihan utama dari Mikrokontroler ialah telah tersedianya RAM dan peralatan I/O Pendukung . Dalam bidang telekomunikasi. Perbedaan kamera analog (manual) dan kamera digital hanya terletak pada media penyimpanannya. sementara kamrea digital menyimpan data gambarnya dalam bentuk data ”digital” yang bisa langsung kamu nikmati sesaat setelah ”dijepret”. Jika Mikroprosesor merupakan CPU (Central Processing Unit) tanpa memori dan I/O pendukung dari sebuah komputer. PLL. kebersihan ”head” rekam nya.Kini ada juga yang menyalin lagu-lagu dari pita kaset menjadi file. berapapun banyaknya kamu menggandakannya. Begitu juga dengan siaran televisi analog dan digital. Namun dalam bidang audio ini. kualitas suaranya akan berubah. walaupun untuk mendukung sistem sentra yang digital. yang menyebabkan masih ada beberapa penggemar fanatik yang lebih menyukai rekaman analog. Mikrokontroler adalah suatu keping IC dimana terdapat mikroprosesor dan memori program (ROM) serta memori serbaguna (RAM). atau disebut juga “men-digital-isasi”. I/O tertentu dan unit pendukung. dan penyebab lainnya. kalau kamera sebelumnya ”menyimpan” data gambar dalam bentuk film yang harus kamu proses dulu untuk bisa mendapatkan ”foto” nya. Siaran Analog kadang terganggu oleh cuaca. semakin banyak merekam ke tempat lain. maka Mikrokontroler umumnya terdiri dari CPU. sementara siaran digital memiliki kualitas suara dan gambar yang lebih bagus. bukan berdasarkan jenis pesawat teleponnya. Tapi dengan meng-copy file MP3. karena ”data”-nya tidak mengalami ”gangguan” saat dikirim ke TV penerima. akan mendapat salinannya sama persis dengan aslinya. letak bangunan.perekamnya. sistem analog masih memiliki beberapa ”keunggulan” dibanding sistem digital. perbedaan telepon analog dan digital. EEPROM dalam satu kemasan. Memori . bahkan ada beberapa jenis mikrokontroler yang memiliki fasilitas ADC. misalnya Analog to Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalam mikrokontroler tersebut. Ada perbedaan yang cukup penting antara Mikroprosesor dan Mikrokontroler.

I/O port dan timer seperti sebuah komputer standar. yang memungkinkan mikrokontroler untuk memiliki banyak instruksi pengaturan yang dapat dijalankan dengan sebuah instruksi makro. Beberapa seri mikrokontroler yang digunakan secara luas ialah 8031. dan berfungsi sebagai komputer khusus yang kecil. 6502 . Motorolla . sebuah teknologi pembuatan chip terintegrasi (IC) efisien yang menggunakan daya kecil dan lebih kebal terhadap lonjakan listrik dibandingkan teknik yang lain. Keuntungan besar dari mikrokontroler dibandingkan dengan menggunakan mikroprosesor yang lebih besar. 68HC11. Mikrokontroler dimaksudkan untuk menjadi mandiri dan independen. Diantaranya yang terkenal ialah dari Intel. Memory. 2051 dan 89S51. adalah bahwa jumlah komponen dan biaya desain dari item yang dikendalikan dapat ditekan seminimum mungkin. Mikrokontroler terdiri dari CPU. Terdapat berbagai jenis mikrokontroler dari berbagai vendor yang digunakan secara luas? di dunia. Beberapa menggunakan arsitektur RISC . Mikrokontroler berbeda dengan mikroprocesor. mikrokontoler ini bentuknya sangat kecil dan sederhana dan mencakup semua fungsi yang diperlukan pada sebuah chip tunggal. tetapi yang dominan adalah CISC (Complex Instruction Set Computer). Ada beberapa arsitektur yang digunakan. Maxim. Mikrokontroler biasanya didesain menggunakan teknologi CMOS (Complemantary Metal Oxide Semiconductor).sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. Mikrokontroler yang mendukung jaringan komputer seperti DS80C400 tampaknya akan menjadi primadona pada tahuntahun mendatang Mikrokontroler adalah sebuah chip terintegrasi yang biasanya menjadi bagian dari sebuah embedded system (sistem yang didesain untuk melakukan satu atau lebih fungsi khusus yang real time). tetapi karena didesain hanya untuk menjalankan satu fungsi yang spesifik dalam mengatur sebuah sistem. dan ATMEL. yang merupakan sebuah chip untuk tujuan umum yang digunakan untuk membuat sebuah komputer multi fungsi atau perangkat yang membutuhkan beberapa chip untuk menangani berbagai tugas.

beberapa peralatan yang kompleks biasanya bisa memuat banyak mikrokontroler. . banyak yang telah dikembangkan untuk keperluan aplikasi otomotif. mereka harus menjadi sangat handal dan tahan banting. mikorkontroler tidak memerlukan daya pemrosesan yang besar. Karena digunakan untuk mengendalikan sebuah fungsi tunggal. seperti juga mikrokontroler yang lain. dan kontroler dapat muat dimasukkan ke dalam satu board rangkaian. dan telah menjadi bagian sentral dari robotika industri. banyak industri yang menggunakannya. Kontroler-kontroler awal biasanya dibuat dari komponen-komponen logic dan umumnya memiliki ukuran yang cukup besar. mikrokontroler otomotif. Mikrokontroler saat ini menempatkan semua komponen yang diperlukan ke dalam satu chip. Namun demikian. Kemudian. Karena biasa digunakan untuk mengendalikan sebuah proses tunggal dan menjalankan instruksi yang sederhana. dan dapat ditemukan pada peralatan rumah tangga. merupakan produk yang sangat murah dan dapat memberikan fitur canggih.(Reduced Instruction Set Computer). yang menggunakan sedikit instruksi. Mikrokontroler sudah menjadi umum untuk digunakan pada berbagai area. Pasar otomotif telah menjadi pendorong utama perkembangan mikrokontroler. mikroprocesor digunakan. yang tanpa dorongan dari perkembangan industri mungkin akan menjadi hal yang tidak mungkin atau akan menjadi sangat mahal untuk diimplementasikan. Karena mikrokontroler yang digunakan pada otomotif harus menghadapi kondisi lingkungan yang keras. Mikrokontroler juga banyak digunakan di dalam mobil. perangkat komputer dan peralatan instrumentasi. tetapi memberikan kesederhanaan yang lebih besar dan konsumsi daya yang rendah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful