STANDAR KOMPETENSI DAN KINERJA GURU

OLEH : SOEWONDO
1

KERANGKA PIKIR STANDAR KOMPETENSI GURU

KONTEK S GLOBAL TINGKAT KOMPET ENSI GURU BERAGA M DIPERLUKAN PENGUASAA N KOMPETENSI TERSTANDA R

LULU S UJI KOMPETE NSI

SERTIFIKA SI

STANDAR KOMPETE NSI

BELUM LULUS

KONTEK S NASION AL

DIKLAT PEMBINAA N LAIN
UJI ULANG

GURU YANG KOMPETE N DAN PROFESI ONAL

2

20 TH. 2. 25 TH. 5. 3. 2005 PP NO. 2005 3 .DASAR HUKUM 1. 14 TH. UUD 1945 UU NO. 2000 UU NO. 2003 UU NO. 19 TH. 4.

DAN DIKUASAI OLEH GURU DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPROFESIAN 4 . DIHAYATI. DAN PERILAKU YANG HARUS DIMILIKI.PENGERTIAN KOMPETENSI ( UU NO. KETRAMPILAN.14 TH 2005. PASAL 1 AYAT 10 )  SEPERANGKAT PENGETAHUAN.

KOMPETENSI PEDAGOGIK KOMPETENSI KEPRIBADIAN KOMPETENSI SOSIAL KOMPETENSI PROFESIONAL 5 . 2. 3.KOMPETENSI GURU (PASAL 10 UU NO. 4.14 TH 2005) MELIPUTI : 1.

DAN MASYARAKAT. KOMPETENSI KEPRIBADIAN MEMILIKI KEPRIBADIAN MANTAB. 6 . 2. BERAKHLAK MULIA. BERINTERAKSI SECARA EFEKTIF DAN EFISIEN DENGAN SISWA. 3. KEMAMPUAN PROFESIONAL KEMAMPUAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN SECARA LUAS DAN MENDALAM. ARIF. DAN MENJADI TAULADAN. KOMPETENSI PEDAGOGIK KEMAMPUAN DIDALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN. KOMPETENSI SOSIAL KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI. BERWIBAWA. 4. ORANG TUA.KOMPETENSI GURU : 1.

PENGERTIAN STANDAR KOMPETENSI  SUATU PERNYATAAN TENTANG KRITERIA YANG DIPERSYARATKAN. 7 . KETRAMPILAN. DAN SIKAP BAGI SETIAP GURU SEHINGGA DISEBUT KOMPETEN. DAN DISEPAKATI DALAM BENTUK PENGUASAAN PENGETAHUAN. DITETAPKAN.

 MANFAAT SEBAGAI ACUAN PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI PENYELENGGARAAN PROGRAM DIKLAT.TUJUAN DAN MANFAAT STANDAR KOMPETENSI  TUJUAN ADANYA STNDART KOMPETENSI SEBAGAI JAMINAN DIKUASAINYA TINGKAT KOMPETENSI MINIMAL SEHINGGA YBS DAPAT MELAKUKAN TUGAS SECARA PROFESIONAL. PEMBINAAN PROFESIONAL MAUPUN EVALUASI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN KEGIATAN PEMBINAAN LAINNYA. DAN EFISIEN. DAPAT DIBINA SECARA EFEKTIF. 8 .

PRINSIP UJI KOMPETENSI VALID DAN RELIABEL  ADIL  KOMPREHENSIF  TERBUKA  BERKESINAMBUNGAN DAN BERKELANJUTAN  FLEKSIBEL  9 .

KEMAMPUAN DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MELAKSANAKAN PENILAIAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEMAMPUAN DALAM PELAKSANAAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN PRESTASI PESERTA DIDIK MEMAHAMI LANDASAN PENDIDIKAN. 2. 4. KOMPETENSI PEDAGOGIK 1. 5. KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PEMBELAJARAN.KOMPONEN KOMPETENSI GURU A. DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN 10 . 3.

MEMILIKI KEWIBAWAAN DAN SELALU MENJADI CONTOH DAN TELADAN BAGI PESERTA DIDIK. BERAKHLAK MULIA. ARIF DAN BIJAKSANA. MAMPU MENGENDALIKAN EMOSI DAN MEMILIKI ETOS KERJA YANG TINGGI. 6. 5. 2. 3. KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU HARUS MEMILIKI 1. SELALU BERUSAHA MENGEMBANGKAN DIRI DAN MEMILIKI INTEGRITAS PROFESI. BERSIFAT TERBUKA 11 . KEPRIBADIAN YANG MANTAB DAN TANGGUH.B. 4.

KEMAMPUAN MENULIS ILMIAH POPULER DI BIDANG PENDIDIKAN PADA MEDIA MASA. KEMAMPUAN MENEMUKAN TEKHNOLOGI TEPAT GUNA. KEGIATAN SEMINAR. 2. FORUM DISKUSI. 3. MENULIS MAKALAH YANG DISAMPAIKAN PADA TEMU ILMIAH. KEMAMPUAN MENGUASAI MATERI PELAJARAN YANG AKAN DIBERIKAN KEPADA PESERTA DIDIK.C. 5. KEGIATAN MGMP 6. KEMAMPUAN UNTUK MENULIS KARYA TULIS BERUPA TINJAUAN ATAU ULASAN ILMIAH PADA BIDANG YANG AKAN DIAJARKAN. WORKSHOP. 4. KOMPETENSI PROFESIONAL 1. KEMAMPUAN MENULIS BUKU PELAJARAN ATAU MODUL BELAJAR 12 7. . MENULIS DAN MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (ACTION RESEARCH) TERHADAP APA YANG AKAN DILAKUKAN DI DALAM KELAS.

KEMAMPUAN SEORANG GURU BERPARTISIPASI DALAM KEGIATAN KELEMBAGAAN BAIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH MAUPUN INSTANSI TERKAIT. KEMAMPUAN SEORANG GURU DALAM BERBAGAI KEGIATAN KEMASYARAKATAN YANG ADA DI LINGKUNGANNYA. 13 . KEMAMPUAN YANG HARUS DIMILIKI SEORANG GURU BEKERJA SAMA DALAM MELAKSANAKAN TUGAS SEBAGAIPENDIDIK.D. KOMPETENSI SOSIAL 1. 2. 3.

MINAT. MEMILIKI KUALIFIKASI AKADEMIK DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN SESUAI DENGAN BIDANG TUGAS. DAN AKHLAK MULIA. MEMILIKI TANGGUNG JAWAB ATAS PELAKSANAAN TUGAS KEPROFESIONALAN.PRINSIP-PRINSIP PROFESIONALITAS GURU      MEMILIKI BAKAT. DAN IDEALISME. PANGGILAN JIWA. 14 . MEMILIKI KOMITMEN UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. KETAKWAAN. MEMILIKI KOMPETENSI YANG DIPERLUKAN SESUAI DENGAN BIDANG TUGAS. KEIMANAN.

MEMILIKI JAMINAN PERLINDUNGAN HUKUN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS KEPROFESIONALAN.   MEMILIKI KESEMPATAN UNTUK MENGEMBANGANKAN KEPROFESIONALAN SECARA BERKELANJUTAN. 15 . MEMILIKI ORGANISASI PROFESI YANG MEMPUNYAI KEWENANGAN MENGATUR HALHAL YANG BERKAITAN DENGAN TUGAS KEPROFESIONALAN GURU.

SIKLUS UJI KOMPETENSI STANDAR KOMPETENSI INSTRUMEN UJI KOMPETENSI PELAKSANAN UJI KOMPETENSI BELUM KOMPETEN KOMPETEN TINDAK LANJUT RE-TRAINING SERTIFIKASI KOMPETENSI RE-EDUCATION 16 .

SEBAGIAN BESAR GURU KITA BELUM BERKUALIFIKASI S1 (SARJANA) SEBAGAIMANA YANG DITUNTUT DALAM UU NO.GURU TK SEBANYAK 95. 20 TH 2003 DAN UU NO.000 ORANG BARU 15% YANG BERIJAZAH S1. .GURU SLTP SEBANYAK 441.GURU SD 1. .176 ORANG 40% BERKUALIFIKASI S1. .676 ORANG 43% BERKAULIFIKASI S1.KONDISI GURU DAN PERMASALAHANNYA 1. .` 17 .GURU SMK SEBANYAK 131. 14 TH 2005.257.666 ORANG YANG BERKUALIFIKASI DII DAN S1 5%.107 ORANG 34% BERKUALIFIKASI S1. .GURU SMA SEBANYAK 215.

DAN PENYEBARANNYA. 3. KEKURANGAN GURU MENGAKIBATKAN BANYAK GURU MISSMATCH. KUALIFIKASI. BELUM MEMILIKI PETA KOMPETENSI GURU BERBAGAI JENJANG PENDIDIKAN DAN STANDAR KOMPETENSI YANG ADA MASIH TERUS DILAKUKAN PENYEMPURNAAN. PENEMPATAN DAN MOBILISASI GURU TIDAK MERATA BERAKIBAT KETIDAKSESUAIAN GURU YANG DIPERLUKAN DI LAPANGAN BAIK JUMLAH. 4. 5. HASIL UJI KOMPETENSI DENGAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR PUSKUR DAN PUSISJIAN BALITBANG MENUNJUKKAN ADANYA VARIASI YANG CUKUP TINGGI HASIL UJI KOMPETENSI TERSEBUT 18 .2.

15 4.08 Penguasaan Mata Pelajaran 6.51 7.17 4.174 538 Penguasaan Kurikulum 4.14 4.15 5.04 4.372 1.03 19 .Tabel 1 Hasil Tes Kompetensi Guru SLTP Rata-Rata Nilai No 1 2 3 4 5 Mata Pelajaran Fisika Biologi IPS Matematika Geografi Jumlah Peserta 700 672 1.64 7.10 7.

26 4.Tabel 2 Hasil Tes Kompetensi Guru SMU Rata-Rata Nilai No 1 2 3 4 Mata Pelajaran Fisika Biologi IPS Matematika Jumlah Peserta 421 411 318 585 Penguasaan Kurikulum 4.40 20 .86 5.32 Penguasaan Mata Pelajaran 4.07 5.52 5 Geografi 478 4.33 4.31 4.23 5.20 4.

dan Ketrampilan Integrasi Sikap Ketrampilan 21 .KOMPETENSI KAITANNYA DENGAN KINERJA GURU Integrasi Pengetahuan dan Ketrampilan Pengetahuan Integrasi Sikap dan Pengetahuan Sikap Ketrampilan Kompetensi (Integrasi Sikap. Pengetahuan.

DAN KESEJAHTERAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU Profesional isme Kuali fikasi Kom peten si Remu nerasi Lulus Peningkat an Kinerja Here We Go Profil Diktendi k Masa Depan: Kompet en. Terstan dar Profesio nal. Kompetensi. KOMPETENSI. Sejahter a Her e We Are Profil Dikte ndik Saat ini Uji Kompen tsi Sertifikasi dan Registrasi Peningkatan Kualifikasi.ALUR PENINGKATAN KUALIFIKASI. Remunerasi (KKR) Tidak Lulus GAP 22 .

3. DAN KESEJATERAAN YANG MEMADAI.KATA KUNCI 1. GURU SEBAGAI TENAGA PENDIDIK DITUNTUT UNTUK SELALU TANGGAP TERHADAP BERBAGAI PERUBAHAN DAN PERKEMBANGAN. 23 . DALAM MELAKSANKAN TUGASNYA GURU HARUS MENGEDEPANKAN PROFESIONALITAS SEHINGGA MUTU PENDIDIKAN DAPAT DIWUJUDKAN. 2. AGAR GURU DAPAT MENJADI PROFESIONAL MAKA PEMERINTAH WAJIB MENINGKATKAN KUALIFIKASI. KOMPETENSI.

MAKIN MENINGKAT KOMPETENSI YANG DIMILIKI SERTA KESEJAHTERAAN YANG MEMADAI. SEHINGGABERDAMPAK TERHADAP KUALITAS PESERTA DIDIK PADA KHUSUSNYA DAN MENINGKATNYA MUTU PENDIDIKAN SECARA KESELURUHAN. MAKIN TINGGI KUALIFIKASINYA. KINERJA GURU PASTI DAPAT MENINGKAT DAN PROFESIONAL.KATA KUNCI 4. 24 .

25 .