RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Sekolah Mata Pelajaran

: SMP Negeri 1 Batang : IPA Terpadu

Kelas / Semester : VIII (Delapan) / 1 Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (3 x pertemuan)

Standar Kompetensi 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia. Kompetensi Dasar 1.4. Mendeskripsikan kesehatan. Indikator Proses 1. Membandingkan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia. 2. Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya beserta fungsinya. 3. Menjelaskan proses pencernaan makanan secara mekanik maupun kimiawi. 4. Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya. Psikomotorik 1. Melakukan uji kandungan zat makanan (glukosa) yang terdapat dalam makanan tertentu A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menjelaskan saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia. 2. Siswa dapat mengelompokan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya beserta fungsinya. 3. Siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan secara mekanik maupun kimiawi. sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan

tapi saat kita mengeluarkan feses seluruh makanan itu sudah sama bentuknya. . kritis guru dengan percaya diri.4.nah proses apakah yang terjadi? dalam suatu proses tentu dibutuhkan organ-organ pencernaannya bukan? Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang organorgan yang berperan dalam proses pencernaan dan apa Siswa Karakter yang diharapkan Menjawab salam dari Menghargai orang lain guru Menjawab Menjawab pertanyaan Berani berpendapat. Materi Pembelajaran     Pencernaan Makanan Makanan Proses Pencernaan Makanan Kelainan dan Penyakit pada Sistem Pencernaan Makanan C. Siswa Siswa dapat menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan 5. Eksperimen D. Metode Pembelajaran Diskusi. B. Langkah. Menanyakan kesiapan siswa untuk belajar ”Apakah kalian sudah belajar tadi malam?” Memberi apersepsi: Apakah kalian sudah makan pagi ini? makanan yang kita makan tersebut bentuknya bermacammacam kan? Ada yang besar dan kecil. Siswa dapat melakukan uji kandungan zat makanan (glukosa) yang terdapat dalam makanan tertentu.Langkah Kegiatan Pembelajaran Pertemuan Pertama No I Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan (15 menit) Guru Membuka pelajaran dengan mengucap salam dan mengecek kehadiran.

KD dan Memperhatikan tujuan pembelajaran penjelasan guru dengan seksama Menyampaikan kontrak Menyepakati kontrak pelajaran. Menyampaikan SK. penuh perhatian Cermat Menghargai kerjasama Percaya diri Menghargai. Cermat . Menjelaskan materi mengenai Mendengarkan organ-organ pencernaan beserta penjelasan guru fungsinya dalam proses mengenai materi yang pencernaan. sedang dipelajari Membagikan LDS untuk Membaca LDS dibahas siswa dalam kelompok dibagikan Menjelaskan secara singkat isi Mendengarkan LDS sebelum dikerjakan oleh penjelasan guru siswa.fungsi masing-masing organ tersebut. Kegiatan Inti (60 menit) Eksplorasi Meminta siswa untuk duduk Duduk bersama teman dalam kelompok yang telah lain yang telah ditentukan ditentukan. Prasarat pengetahuan: “Siswa mengetahui apa itu proses pencernaan dan organ-organ yang terlibat dalam proses pencernaan. tersebut. Elaborasi Mendekati setiap kelompok Mengeluarkan pendapat yang menemukan kesuliatan dan menanggapi dalam diskusi pendapat teman dalam kelompok Memberi perhatian dan arahan Menuliskan kesimpulan kepada siswa yan kurang dari hasil diskusi melibakan diri dalam diskusi kelompok Memberi kesempatan kepada Melaporkan hasil diskusi kelompok untuk di depan kelas mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas Mengamati dan membimbing Memberi tanggapan jalannya diskusi siswa terhadap laporan teman Konfirmasi Memberi penghargaan terhadap Menerima penghargaan kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelompok maupun diskusi kelas Memberi penguatan terhadap Merevisi hasil diskusi Menghargai Tanggung jawab Kerjasama Menghargai sesama.

Menanyakan kesiapan siswa untuk belajar ”Apakah kalian sudah belajar tadi malam?” Memberi apersepsi: Apakah kalian tahu mengapa kita bisa melakukan banyak aktifitas? (Karena kita memiliki energi) Energi tersebut berasal dari mana? Tentu dari makanan yang kita makan kan? Lalu apa saja zat makanan yang dibutuhkan tubuh kita supaya tubuh kita dapat sehat dan bisa melakukan banyak aktifitas? Lalu apa yang terjadi kalau kita kekurangan zat makanan tersebut? Menyampaikan SK. Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam penutup.hasil diskusi Memberikan soal post tes untuk mengukur kemampuan belajar siswa. kritis dan Memperhatikan Menghargai penjelasan guru dengan seksama kontrak Menyepakati kontrak Tanggung jawab tersebut. Kegiatan Penutup (3 menit) Memberikan tugas membuat jurnal refleksi dan meminta siswa untuk membaca materi selanjutnya Macam-macam zat makanan dan fungsinya. Kegiatan Inti (60 menit) yang kurang tepat Siswa mengerjakan jujur Mencatat tugas yang diberikan oleh guru Menjawab salam dari Menghargai orang lain guru Siswa Karakter yang diharapkan Menjawab salam dari Menghargai orang lain guru Menjawab Menjawab guru pertanyaan Berani berpendapat.KD tujuan pembelajaran Menyampaikan pelajaran. . Pertemuan Kedua No I Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan (15 menit) Guru Membuka pelajaran dengan mengucap salam dan mengecek kehadiran.

Eksplorasi Menjelaskan materi mengenai Mendengarkan Macam zat makanan beserta penjelasan guru fungsinya mengenai materi yang sedang dipelajari. Memberi perhatian dan arahan Menuliskan kesimpulan kepada siswa yan kurang dari hasil percobaan melibatkan diri dalam kegiatan dalam kelompok. percobaannya di depan kelas. Cermat yang kurang tepat Siswa mengerjakan Jujur Mencatat tugas yang diberikan oleh guru . Membagikan LKS “Uji Membaca LKS yang karbohidrat” untuk melakukan dibagikan. dan bahan dan melakukan praktikum Elaborasi Mendekati setiap kelompok Melakukan kegiatan yang menemukan kesulitan praktikum sesuai dengan dalam melakukan praktikum petunjuk LKS. kegiatan praktikum Menjelaskan secara singkat isi Mendengarkan LKS sebelum mengambil alat penjelasan guru. Meminta siswa untuk duduk Duduk bersama teman dalam kelompok yang telah lain yang telah ditentukan ditentukan. Mengamati dan membimbing Memberi tanggapan jalannya diskusi siswa terhadap laporan teman. Memberi penguatan terhadap hasil percobaan dan diskusi Memberikan soal post tes untuk mengukur kemampuan belajar siswa. Kegiatan Penutup (3 menit) Memberikan tugas membuat jurnal refleksi dan meminta siswa untuk membaca materi selanjutnya Proses Pencernaan dan Gangguan maupun Kelainan dalam Sistem Menghargai Kerjasama Cermat Menghargai kerjasama Merevisi hasil diskusi Menghargai. praktikum Memberi kesempatan kepada Melaporkan hasil kelompok untuk percobaaan di depan mempresentasikan hasil kelas. Konfirmasi Memberi penghargaan terhadap Menerima penghargaan kelompok yang berperan aktif dalam diskusi kelas.

Nah. Guru menutup pelajaran dengan Menjawab salam dari Menghargai orang lain mengucapkan salam penutup. guru Pertemuan Ketiga No I Kegiatan Pembelajaran Kegiatan Pendahuluan (15 menit) Guru Membuka pelajaran dengan mengucap salam dan mengecek kehadiran. Menanyakan kesiapan siswa untuk belajar ”Apakah kalian sudah belajar tadi malam?” Memberi apersepsi: Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari organ-organ yang berperan dalam proses pencernaan beserta fungsi masing-masingnya. apakah kalian tahu bagaimana mekanisme jalannya makanan di dalam tubuh sehingga pada akhirnya dikeluarkan dalam bentuk feses?Lalu kelainan dan gangguan apa saja yang dapat terjadi pada sistem pencernaan kita? Pada pertemuan kali ini kita akan mempelajari mengenai proses pencernaan dan kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan Menyampaikan SK. Kegiatan Inti (60 menit) Eksplorasi Menjelaskan materi mengenai proses pencernaan dan kelainan dan gangguan pada sistem pencernaan Siswa Karakter yang diharapkan Menjawab salam dari Menghargai orang lain guru Menjawab Menjawab pertanyaan Berani berpendapat.KD dan tujuan pembelajaran Menyampaikan pelajaran. Mendengarkan Menghargai penjelasan guru mengenai materi yang sedang dipelajari . kritis guru Memperhatikan Menghargai penjelasan guru dengan seksama kontrak Menyepakati kontrak Tanggung jawab tersebut.pencernaan.

Duduk bersama Kerjasama teman lain yang telah ditentukan Membaca LDS yang Cermat dibagikan Mendengarkan Menghargai penjelasan guru dengan seksama. keras. Memberi penguatan terhadap Merevisi hasil Menghargai. Mengamati dan membimbing Memberi tanggapan Berani Berpendapat jalannya diskusi siswa terhadap laporan teman Konfirmasi Memberi penghargaan terhadap Menerima kelompok yang berperan aktif penghargaan dalam diskusi kelas. Elaborasi Mendekati setiap kelompok yang menemukan kesulitan dalam melakukan diskusi.Meminta siswa untuk duduk dalam kelompok yang telah ditentukan Membagikan LDS untuk dibahas siswa dalam kelompok Menjelaskan secara singkat isi LDS sebelum dikerjakan oleh siswa. Berani Memberi perhatian dan arahan kepada siswa yang kurang melibatkan diri dalam kegiatan diskusi Memberi kesempatan kepada Percaya diri kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Melakukan kegiatan diskusi sesuai dengan petunjuk LDS Menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi dalam kelompok. Guru menutup pelajaran dengan Menjawab salam dari Menghargai orang lain mengucapkan salam penutup. Melaporkan hasil percobaaan di depan kelas Kerjasama. kerja Menghargai. Cermat hasil diskusi diskusi yang kurang tepat Memberikan soal post tes untuk Siswa mengerjakan jujur mengukur kemampuan belajar siswa. guru . Kegiatan Penutup (3 menit) Memberikan tugas membuat Mencatat tugas yang jurnal refleksi dan meminta diberikan oleh guru siswa untuk membaca materi selanjutnya Proses Pernafasan. berpendapat.

Halaman 5275. Membandingkan saluran pencernaan Tes dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia. Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.E. Tiga Serangkai. Mendeskripsikan jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya beserta fungsinya. LDS. Penilaian Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen Essay (Post test). . Sumber Belajar     Buku Belajar Ilmu Alam dan Sekitarnya kelas VIII.Sistem Pencernaan. Slide Power Point Sistem Pencernaan Alat dan Bahan Praktikum Uji Karbohidrat Torso Sistem Peencernaan F. Menjelaskan proses pencernaan makanan secara mekanik maupun kimiawi.

Dasar Teori C. .G. B. Tujuan Mengetahui proses pencernaan makanan di dalam mulut. Alat dan Bahan 1. Lampiran LEMBAR KERJA SISWA UJI KARBOHIDRAT A.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful