http://setetesilmublog.blogspot.com/2010/05/anarkisme-dalam-demonstrasi.

html
5/28/2010 10:54:00 PM

Anarkisme Dalam Demonstrasi BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang Di awal tahun 2010 ini terjadi serangkaian aksi demonstrasi di berbagai daerah di Indonesia, aksi demonsrasi tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari mahasiswa buruh dan masyarakat umum, isu yang banyak di bawa oleh para demonstran adalah kecaman terhadap 100 hari pemerintahan SBY-Boediono yang di anggap gagal dan juga kasus Bank Century yang tak kunjung usai. Demonstrasi selalu mengiringi perjanalan bangsa Indonesia mulai sebelum Indonesia merdeka, Orde lama, Orde baru hingga era Reformasi, bahkan beralihnya Orde lama ke era Reformasi adalah hasil perjuangan dari para demonstran, demo pada masa ini adalah demo terbesar sepanjang sejarah berdirinya Indonesia, bahkan hingga di warnai dengan insiden penembakan oleh aparat, yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa, namun akhirnya perjuangan itupun berhasil dan hasil perjuangan itu adalah era reformasi. Mulai era reformasi hingga sekarang demo masih tetap bermunculan, demo sesalu muncul ketika ada permasalahan yang muncul sepertihalnya di awal tahun 2010 ini. Sebagai negara yang Demokrasi pelaksanaan demonstrasi tentunya di anggap sebuah hal yang wajar , karena dalam demokrasi Negara harus mengakui, melaksanakan serta melindungi adanya Hak Azasi Manusia (HAM) , HAM sendiri terdiri atas beberapa macam, salah satunya adalah hak untuk mengemukakan pendapat yang diatur dalam Undang-undang Dasr 1945 pasal 28 yang berbunyi “ bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan di tetapkan dengan undang-undang” Demo merupakan salah satu perwujudan dari hak untuk mengeluarkan pendapat, demo masih di anggap sah apabila masih berada pada alur yang benar, berjalan tertib, tidak menggunakan kekerasan atau anarkisme serta tidak melanggar peraturan yang ada. Akan tetapi tidak demikian dengan demo yang terjadi pada di awal tahun 2010 ini, masyarakat seolah menganggap demo sebagai wahana atau tempat untuk menghina, mencaci dan memaki Presiden, Wakil presiden dan para pejabat pemerintahan lainnya, tentunya masih ingat di benak kita dengan kata-kata “ SBY maling, Budiano maling, sri mulyani maling” kata itu keluar saat demonstrasi Pasca 100 hari SBYBudiono, tulisan seperti itu juga ada dalan sepanduk- sepanduk para demonstran. Tak hanya itu bahkan pada saat itu juga terdapat berbagai tindakan lain seperti Merusak atau merobek Foto presiden, meng injak- injak membakarnya bahkan hingga menyamakan SBY seperti Kerbau dan menempelkan gambar SBY di pantat kerbau, tindakan ini tentunya bukanlah mencerminkan masyarakat yang demokratis, tetapi lebih mencerminkan masyarakat yang buta akan demokrasi, yang tak pernah menghiraukan semua peraturan yang ada, perbuatan tersebut jelaslah tidak di benarkan oleh Hukum.

Mengapa para demonstran melakukan berbagai tindakan anarkis dalam demnstrasi ? 1. Mantan Ketua MPR.2. dan menyatakan ini cocok dengan tokoh ini.bebasnya. dimuka umum tulisan atau lukisan yang berisi penghinaan terhadap Presiden dan Wakil Presiden dengan maksud supaya isi yang menghina di ketahui oleh umum. Mengetahui faktor tindakan anarkis dalm demonstrasi.com.3. Mengetahui bagaimana cara mengemukakan pendapat sesuai dengan aturan yang berlaku. 9 tahun 1998.3. menghormati dan mematuhi aturan yang berlaku. Bagaimana seharusnya tata cara Demonstrasi yang benar ? 1. lalu mengapa demonstran melakukan tikan seperti itu. atau menempelkan. Inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengankat judul “ANARKISME DALAM DEMONSTRASI”. menjaga ketertiban serta menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa. di ancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau denda paling banyak tiga ratus rupuah” Dari bunyi kedua pasal tersebut jelaslah bahwa tindakan Demonstan di atas sangat bertentangan hukum. aksi demo dengan membawa kerbau merupakan tindakan tidak bermoral (amoral).2. 1. edisi 08/02/2010 : Diakses 02/03/2010) Kita bisa melihat pada Kitab Undang Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 207 ayat (1) yang berbunyi : Barang siapa menyiarkan. tetapi demonstrasi yang terjadi di awal tahun 2010 ini sepertinya tidak memperdulikan semua itu.4 Manfaat . Rumusan masalah Dari latar belakang di atas maka dapat di ambil rumusan masalah sebagai berikut : 1.2.kompas. Lebih lanjut mengenai kemerdekaan mengemukakan pendapat di atur Dalam UU No.Amien Rais.1. 1.3 Tujuan Dari latar belakang serta rumusan masalah di atas maka tujuan penulisan makalah ini dapat di simpulkan sebagai berikut 1. mempertunjukakan. atau bebas tanpa batas.2.1. Makalah ini akan membahas peyebab terjadinya anarkisme dalam demonstrasi yang terjadi di Indonesia pada awal tahun 2010. namun kebebasan bukan di artikan bebas sebebas. mengatakan. 1. Hal ini sudah tidak bermoral” (http://www.2. pengungkapan pendapat harus tetap menghormati hak-hak orang lain. “Orang demo bawa kerbau.Menurut Prof. di ancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan atau pidana denda paling banyak tiga ratus rupiah” kemudian pasal 207 “ barag siapa dengan sengaja di muka umum dengan lisan atau tulisan menghina suatu penguasa atau badan umum yang ada di Indonesia.

yang berakar dari kata Yunani Anarchos/anarchein = tanpa pemerintahan . Jadi prilaku manusia akan muncul sebagai hasil atau realisasi dari apa yang ada dalam fikiran manusia dengan motif dan tujuan tertentu. Perilaku yang dilakukan oleh manusia bisa dipengaruhi faktor dari dalam serta faktor dari luar diri manusia.4. perilaku dapat diartikan suatu respons organisme atau seseorang terhadap rangsangan dari luar subjek tersebut.1.1997:58-60 (dalam http://syakira-blog.html di akses 12 Maret 2010).S. yakni yang disebut rangsangan. sehingga Demonstrasi tidak menjadikan demonstrasi sebagai wahana untuk menyalurkan emosi.html di akses 12 Maret 2010). Kata anarki merupakan kata serapan dari bahasa Inggris anarchy atau anarchie (Belanda/Jerman/Prancis). Baik buruknya perilaku juga di pengaruhi kondisi fikiran seseorang ketika dia sedang menampilkan prilaku tersebut. Berarti rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksi atau perilaku tertentu.blogspot.1.S1997 (dalam http://syakirablog.1. 1974. yang mewakili aspirasi masyakat luas.4. Perilaku manusia adalah suatu aktivitas manusia itu sendiri. Perilaku juga bisa diartikan sebagai suatu aksi-reaksi organisme terhadap lingkungannya.com/2009/01/konsep-perilaku.2. 1. Secara operasional. Baik buruknya perilaku ditentukan oleh baik atau buruknya faktor yang mempegaruhinya. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkan reaksi. sebagaimana dikutip oleh Notoatmojo. Perilaku adalah tindakan atau perilaku suatu organisme yang dapat diamati dan bahkan dapat di pelajari. sehingga masyarakat tidak menganggap demonstrasi sebagai kegiatan yang buruk. BAB II KAJIAN PUSTAKA 2. Manfaat praktis Dengan ditulisnya makalah ini semoga dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa atau masyarakat tentang tata cara demonstrasi yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Manfaat Teoritis Makalah ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada para pihak terkait masalah demonstrasi.1 Kajian tentang perilaku anarkisme 2. Robert Kwik. Perilaku merupakan aktifitas yang di lakukan manusia dengan motif dan tujuan tertentu.com /2009/01/konsep-perilaku.1 Pengertian perilaku anarkis Sebelum mengetahui makna prilaku anarkia kita perlu mengetahui makna dari prilaku dan juga makna anarkisme. tetapi untuk menyalurkan aspirasi berupa kritikan yang bersifat membangun.blogspot. Notoatmojo.

Paham ini merupakan keyakinan bahwa manusia adalah makhluk yang bisa hidup berdampingan dengan manusia lain tanpa adanya pemilik otoritas atau penguasa. Mungkin inilah yang menyebabkan kata anarkis diidentikkan dengan perbuatan melawan hukum. yakni yang disebut rangsangan. aspx?id=13065 Dari uraian tentang perilaku dan anarkisme diatas maka penulis dapat menyimpulkan bahwa perilaku anarkis adalah aktifitas yang dilakukan oleh manusia dengan motif dan tujuan tertentu yang mengarah pada kekerasan dan tindakan yang melawan hukum. ketiadaan suatu negara dan semua bentuk penindasan. Contoh faktor dari dalam adalah kondisi fikiran manusia itu ketika dia melakukan tindakan. sedangkan faktor dari luarnya adalah lingkungan dan teman. diantaranya adalah kasus Bank Century yang tak kunjung tuntas dan kinerja 100 hari pemerintahan yang di anggap gagal. Sedangkan Anarkis berarti orang yang mempercayai dan menganut anarki. menguasai dan dikuasai. mengepalai dan dikepalai.atau pengelolaan dan koordinasi tanpa hubungan memerintah dan diperintah. Dari pandangan ini kaum anarkis menganggap semua bentuk otoritas dan symbol otoritas harus dilawan. manusia yang awalnya baik jika tidak bisa menjaga diri dalam pertemanan maka bisa terpengaruh oleh sifat-sifat negative yang ada dalam pergaulan. anarkisme memfokuskan pada kolektifitas kerjasama dan bantuan kebersamaan. Demonstrasi yang banyak terjadi di awal tahun 2010 ini adalah reaksi dari berbagi kasus yang muncul. Dari beberapa kutipan yang di kemukakan oleh beberapa ahli di atas penulis lebih condong kepada pendapat Notoatmojo. mengendalikan dan dikendalikan. yang menjelaskan perilaku sebagai suatu aksi-reaksi organisme terhadap lingkungannya. Jadi anarkisme adalah paham atau pendirian yang percaya bahwa manusia sebagai anggota masyarakat akan membawa pada manfaat terbaik bagi semua jika tidak diperintah maupun adanya otoritas. anarkisme menganjurkan kolektifitas atas kebebasan individu.peristiwa yang terjadi dan juga tempat dimana aliran itu berkembang. Faktor dari luar yang lain yaitu pertemanan. Berarti rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksi atau perilaku tertentu. http://www. Lingkungan di sini bisa di maknai sebagai lingkungan dimana manusia tinggal yang mana jika manusia sejak kecil hingga dewasa hidup pada lingkungan yang terdapat kekerasan dan kejahatan maka sedikit banyak manusia itu akan terpengaruh.wikimu. dan juga teori-teori sosialis yang mana juga menganjurkan penghapusan paham kapitalisme dan kepemilikan pribadi demi tujuan kapitalistik. 2. Perilaku anarkis bisa di pengaruhi oleh faktor dari dalam dan dari luar diri manusia. Anarkisme meliputi pandangan yang sangat luas dari anarkisme kiri sampai ekstrim kiri yang berwatak sosialis sampai anarkisme kanan dan ekstrim kanan yang berwatak individualis. dan lain sebagainya.com/News/ArtiAnarkisme.2 Kajian tentang demonstrasi .S. Kebanyakan kaum anarkis melegalkan kekerasan dalam melawan otoritas. Perbedaan ini berdasarkan dari latar belakang tokoh. walaupun sebenarnya kekerasan bisa dilakukan oleh siapa saja bukan hanya milik kaum anarkis. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkan reaksi. Sedangkan isme sendiri berarti paham/ajaran/ideologi.

Isu kedua yang banyak di angkat para demonstran yaitu kasus Bank Century yang tak kunjung selesai. Hal ini dapat terjadi akibat keinginan menunjukkan pendapat para pengunjuk rasa yang berlebihan. pelaksanaan demonstrasi tentunya di anggap sebuah hal yang wajar . Sebagai negara demokrasi. Bobby Savero (2008) Demonstrasi adalah tindakan untuk menyampaikan penolakan. Unjuk rasa biasanya dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentingan kelompok. aksi demonsrasi tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat yang terdiri dari mahasiswa buruh dan masyarakat umum yang sebagian besar memberikan kecaman terhadap 100 hari pemerintahan SBY-Boediono yang di anggap gagal. Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang menentang kebijakan pemerintah. . Berbagai aksi demo dilakukan masyarakat di berbagai daerah dan hampir semuanya diwarnai tindakan amoral hingga berujung pada tindakan anarkis. tulisan.1 Kebebasan dalam Demokrasi Seluruh rakyat Indonesia menjadi saksi bahwa di awal tahun 2010 ini terjadi serangkaian aksi demonstrasi di berbagai daerah di Indonesia. HAM sendiri terdiri atas beberapa macam. ketidakberpihakan. karena dalam demokrasi Negara harus mengakui. kritik. Namun unjuk rasa juga dilakukan oleh kelompok-kelompok lainnya dengan tujuan lainnya. 9 Tahun 1998 pasal 1 ayat 9 (1) Unjuk rasa atau Demonstrasi adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan. melaksanakan serta melindungi adanya Hak Azasi Manusia (HAM). berjalan tertib. dan sebagainya secara demonstratif di muka umum. Demo masih di anggap sah apabila masih berada pada alur yang benar.Menurut UU No. BAB III MACAM-MACAM TINDAKAN ANARKIS DALAM DEMONSTRASI 3. atau para buruh yang tidak puas dengan perlakuan majikannya. tidak menggunakan kekerasan atau anarkisme serta tidak melanggar peraturan yang ada. salah satunya adalah hak untuk mengemukakan pendapat yang diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 yang berbunyi “ bahwa kemerdekaan berserikat dan berkumpul mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan ditetapkan dengan undangundang” Demo merupakan salah satu perwujudan dari hak untuk mengeluarkan pendapat.Unjuk rasa kadang dapat menyebabkan pengrusakan terhadap benda-benda. mengajari hal-hal yang dianggap sebuah penyimpangan.

Jakarta Pusat. Akan tetapi tidak demikian dengan demonstasi yang terjadi pada demo 100 hari pemerintahan SBYBoediono di awal tahun 2010 ini.2 Anarkisme dalam demonstrasi di berbagai daerah 3. namun kebebasan disini bukan dalam arti kebebasan tanpa batas. dibakar para aktivis yang menamakan organisasinya Benteng Demokrasi Rakyat. Selain membakar poster-poster. Aksi ini berlangsung di depan markas mereka di Jalan Diponegoro. tetapi lebih mencerminkan tindakan yang mencederai demokrasi. warga negara tidak bisa mengekspresikan kebebasan itu dengan sebebas. Edisi 26/01/2010 Diakses 02/03/2010 ) Aksi yang sama juga terjadi di jakarta pusat. Aksi pembakaran foto kepala negara itu dilakukan para mahasiswa yang menamakan diri Front Mahasiswa Makassar Anti Rezim SBY saat menggelar jumpa pers di Kafe Metro. tidak ada satupun hal yang baik dilakukan oleh presiden kita. Seperti yang telah dikemukakan di atas dalam." ujar Rizal. Jl Pelita Raya.1. Kebesan dalam demonstrasi yang terjadi pada awal tahun 2010 ini sama sekali tidak mencerminkan kebebasan dalam demokrasi.Belasan mahasiswa Makassar. Para mahasiswa ini kecewa dengan kinerja 100 hari pemerintahan SBYBoediono. dan kesejahteraan rakyat. Makassar (26/1/2010). tulisan. Poster bergambar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. demokrasi sanggat menjunjung tinggi kebebasan. membakar foto Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono. dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku” dalam pasal ini termuat kalimat “sesuai dengan aturan yang berlaku”. 9 Tahun 1998 pasal 1 ayat (1) di tegaskan bahwa “Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan. Demo yang semula dijadikan simbol kebebasan dalam demokrasi jutru malah mencederai nilai-nilai demokrasi. Kebebasan tetap harus pada jalur yang benar. sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. "Dalam 100 hari pemerintahannya. contohnya bisa kita lihat dalam sikapnya atas kasus Bank Century. Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka melakukan aksi pembakaran poster karena mengaku kecewa dengan pencapaian program prioritas kerja 100 hari pertama dalam kepemimpinan presiden dan wakil presiden yang terpilih di Pemilihan Umum 2009 itu. dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Artinya walaupun warga negara mempunyai kebebasan yang di jamin dan di lindungi oleh negara. Hal ini menyebabkan demonstrasi kehilangan relvansinya. hukum. ternyata masyarakat masih mengunakan kebebasan merka secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan hukum yang ada di Indonesia. Wakil Presiden Boediono. Para aktivis menganggap pemerintah telah gagal dalam bidang penanganan korupsi. Berikut ini adalah contoh tindakan anarkis dalam demonstrasi 3.Dalam Undang-undang No. Muhammad Nur Abdurrahman dalam http://www. mengaku kecewa dengan kinerja 100 hari pemerintahaan SBY-Boediono.bebasnya. Koordinator Front Mahasiswa Makassar. Rizal.com. para aktivis yang jumlahnya tak kurang dari 60 orang ini juga membentangkan spanduk dan poster yang .1 Membakar foto presiden Susilo Bambang Yudoyono dan wakil Presiden Boediono Di Pekanbaru .detiknews. tetapi harus tetap mentaati aturan hukum yang ada.

Kamis (28/1/2010).1. Saladin Ayyubi dalam http://news. beberapa orang diamankan oleh polisi.4 Bentrok dengan aparat Sekitar 500 orang demonstran dari Front Oposisi Rakyat Indonesia (FOR Indonesia) bentrok dengan polisi di depan Istana Merdeka. Kombes Polisi Tafip Yulianto dari Divisi Propam Mabes Polri. Demonstran mengangap bahwa presiden seperti kerbau. Mereka menuding jika program 100 hari pemerintahan SBY-Boediono justru menjadi penderitaan bagi 200 juta rakyat Indonesia. Tak hanya itu. saat ini kepercayaan rakyat sudah turun terhadap pemerintahan SBY-Boediono terkait masalah Bank Century. namun kemudian tidak digiring ke kawasan Bundaran HI. Edisi28/01/2010 Diakses 02/03/2010 ) 3. Kamis (28/012/010)untuk menyambut 100 hari pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono. Aksi tak hanya berhenti disitu.1. aksi pengibaran bendera setengah tiang ini dilakukan sebagai simbol kegagalan pemerintahan SBY-Boediono. 3. sebelumnya foto SBY-Boediono juga dicoret-coret dengan menggunakan cat semprot.3 Menyamakan Presiden dengan binatang “kerbau” Di Jakarta Seekor kerbau menjadi pelengkap aksi teatrikal massa yang mengekspresikan aspirasinya di Bundaran Hotel Indonesia.1. 28 Januari 2010 di akses 26 Februari 2010 3. para mahasiswa segera berlari ke tengahtengah Alun-Alun Purwokerto untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. sedangkan di pihak lain.Menurut mereka.okezone. Kemudian juga tuntutan agar Presiden dan Wakil Presiden mundur dari kursi jabatan. seorang anggota kepolisian terluka di dahinya.com) edisi Kamis. Menurut Riki Kurniawan. Kerbau berwarna hitam keabu-abuan itu dibawa ke Bundaran HI dengan menggunakan mobil bak terbuka dan diturunkan di pinggir jalan. mengakui akibat bentrokan itu petugas Sapmapta Polda Metro Jaya terluka. Dalam orasinya para mahasiswa juga meminta agar SBY-Boediono segera turun dari jabatannya. meski mempunyai perawakan yang tinggi dan gagah namun tidak mempunyai sikap yang tegas presiden juga di anggap dungu seperti kerbau karena tidak pernah mendengarkan penderitaan rakyat (http://www. mereka juga terus meneriakkan yel-yel antipemerintahan SBY-Boediono. pada tubuh kerbau tersebut terdapat tulisan Sibuya dan di pantat kerbau tersebut di tempelkna foto Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Banyaknya para pengunjuk rasa di depan Istana Merdeka. koordinasi aksi dalam orasinya mengatakan. Akibatnya. Aksi yang digelar untuk mengkritisi pemerintahan SBY-Boediono ini berawal dari Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Kamis (28/012/010). bentrok terjadi setelah demonstran merangsek maju mendekati pagar Istana Merdeka dengan mendorong polisi yang berjaga.2 Merobek foto Presiden Susilo Bambang Yudoyono dan Wapres Boediono Di Purwokerto Beberapa mahasiswa merobek-robek dan menginjak-injak foto presiden dan wakil presiden SBY-Boediono di tengah jalan Jenderal Soedirman Purwokerto dan di depan Kantor DPRD Banyumas. Berdasarkan pantauan ANTARA. Di sepanjang jalan.antaranews.Mahasiswa selanjutnya melakukan longmarch sejauh 5 kilometer menuju Alun-Alun Purwokerto dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. polisi telah menutup Jalan .com. namun belum ada pengunjuk rasa yang ditahan.isinya berupa kecaman.

HAM & Pemberantasan KKN Denny Indrayana menilai demonstrasi dengan membawa kerbau. tidak terkecuali . Mengkritik juga penting untuk kontrol bernegara. menghina suatu penguasa atau badan umum yang ada di Indonesia. aksi demo dengan membawa kerbau merupakan tindakan tidak bermoral (amoral). Menghina juga tidak boleh dilakukan kepada siapapun. pembakaran foto.com. mereka juga menghancurkan perabotan di pos polisi. hampir sebagian jalur trans Sulawesi lumpuh total.Amien Rais. dan karenanya adalah tindak pidana." Denny juga menjelaskan perbedaan demonstrasi sebagai hak asasi demokrasi yang menjunjung tinggi kritisisme dan demonstrasi yang mengumbar penghinaan. mahasiswa yang saat itu sedang berunjuk rasa dibubarkan aparat kepolisian karena memblokade badan jalan. tanpa menghiraukan tekanan dari kelompok anti keadilan Iwan Taruna dan Syamsul Al Tiemen (http://www. Mahasiswa di kedua kampus tersebut memblokir jalan dengan membakar ban bekas.Menghina di sisi lain adalah tindak pidana dan dilarang dilakukan atas nama demokrasi sekalipun. hingga bentrokan terjadi. teriakan maling dan sejenisnya sudah dapat dikatakan sebagai bentuk penghinaan. Akibat aksi ini. Ada perbedaan sangat mendasar antara 'mengkritik' dan 'menghina'." kata Denny dalam rilis yang diterima detikcom."Demonstrasi dengan kerbau. Aksi unjuk rasa serupa juga terjadi di depan kampus Universitas Muslim Indonesia dan Universitas Empat Lima.com) 3." papar Denny. dengan lisan atau dengan tulisan. Aksi anarkis ini merupakan buntut dari insiden kekerasan yang berlangsung di depan secretariat Himpunan Mahasiswa Islam di jalan Bottolempangan Rabu (3/3) malam. Pos polisi yang berada di perempatan Jalan Pettarani dan Sultan Alauddin yang berada di dekat kampus juga menjadi sasaran pengrusakan.“Orang demo bawa kerbau.1. membakar foto dan meneriaki maling kepada kepala negara adalah tindak pidana yang bisa diproses sesuai hukum yang berlaku. Minggu (7/2/2010).3 Pendapat para tokoh tentang Demo 100 hari Pemerintahan SBY-Boediono Pakar hukum tata negara sekaligus staf khusus Presiden Bidang Hukum.antaranews. diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun enam bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. dan menyatakan ini cocok dengan tokoh . Mengkritik memang hak dasar dalam berdemokrasi dan harus dihormati. Aksi brutal ini dipicu oleh pemukulan polisi terhadap beberapa demonstran.apalagi-penghinaan terhadap penyelenggara negara yang dipilih secara sah melalui pemilu 2009 yang demokratis Prof. edisi 04 Maret 2010 di akses 10 Mei 2010) 3. Selain memecahkan kaca-kaca. Dua mahasiswa ditangkap aparat kepolisian dari peristiwa itu. mengatakan. Mahasiswa menuntut DPR agar tetap pada komitmennya melahirkan rekomendasi hukum guna mengusut tuntas skandal Bank Century. Mantan Ketua MPR.5 Merusak fasilitas Negara Ratusan mahasiswa Universitas Sultan Alauddin Makassar berunjuk rasa dengan merusak fasilitas publik yang berada di sekitar Jalan Sultan Alauddin.Merdeka Utara dan Merdeka Barat sehingga kendaraan tidak bisa melaluinya (http//:www.liputan6. Lihat Pasal 207 KUHP: Barangsiapa dengan sengaja di muka umum.

Sabtu. Tjipta Lesmana SBY harus bangga disamakan dengan kerbau. Dari sini kita dapat melihat bahwa demonstrasi dengan melibatkan kerbau adalah suatu penghinaan terhadap kepala negara dan merupakan tindakan yang tidak bermoral serta melanggar hukum. Jadi yang disamakan dengan SBY bukanlah kerbau yang mempunyai makna baik dari sisi mitologi. Tidak ada hewan yang pekerja keras lainnya seperti kerbau. kerena dari sisi mitologi kerbau memiliki makna yang baik. Kerbau itu adalah hewan yang paling tangguh. Lalu manakah dari kedua pendapat di atas yang benar ? untuk mengetahui jawaban ini kita bisa menelaah dari sisi demonstran atau apa alasan dibawanya kerbau dalam demo.Amin Rais.4 Maraknya demonstrasi di awal tahun 2010 Maraknya demonstrasi 100 hari pemerintahan SBY-Boediono budiono di sebabkan oleh anggapan bahwa SBY di anggap telah gagal dalam melaksanakan program 100 harinya. merobek Foto dan sepanduk bergambar SBY serta menyamakan SBY dengan binatang (Kerbau) adalah wujud kekecewaan rakyat terhadap pemerintahan SBY-Boediono. Menurut Notoatmojo. namun yang di samakan adalah sifat buruk kerbau di antaranya adalah dungu serta tidak tegas. jika kita mengamati domonstrasi barberdasarkan pendapat Notoatmojo (1997) kita dapat menganalisis bahwa yang memicu maraknya demo adalah pemerintahan SBY-Boediono yang di anngap . Edidi 07/02/2010 : Diakses 02/03/2010) Dari pendapat beberapa tokoh di atas ada perbedaan asumsi mengenai pelaksanaan demonstari 100 hari pemerintahan SBY-Boediono. Seperti yang banyak disampaikan di berbagai media. Hal ini sudah tidak bermoral.ini. Prilaku seperti merobek. Berarti rangsangan tertentu akan menghasilkan reaksi atau perilaku tertentu. penderitaan serta kesengsaraan rakyat. Tindakan amoral yang dilakukan Demonstran seperti membakar. Para demonstran menganalogikan SBY seperti kerbau yang mempunyai badan besar tetapi tidak tegas serta dungu kerena tidak pernah mendengarkan jeritan rakyat. kerbau yang di libatkan dalam demonstrasi 100 hari adalah melambangkan sikap SBY selama ini. Amien Rais tindakan ini merupakan tindakan Amoral sedangkan menurut Prof. Perilaku baru terjadi apabila ada sesuatu yang diperlukan untuk menimbulkan reaksi. Yang menjadi perdebatan adalah tentang disamakannya SBY seperti kerbau. Dia mengatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mestinya bangga jika dianalogikan sebagai kerbau.com. Dari sisi mitologi mengenai hewan kerbau yang berkembang di daratan China.Tjipta Lesmana mengemukakan pendapat yang sangat unik dan sangat berbeda dengan Prof. membakar serta menhina kepala negara sudah jelas itu merupakan tindakaan pidana hal ini dapat kita lihat pada KUHP pasal 207 seperti yang telah di paparkan oleh Denny indrayana di atas.” kata Amien ketika menyampaikan tausiyah di hadapan ribuan warga Muhammadiyah di Lapangan Imam Bonjol Padang. Menurut Prof.S. Di luar dugaan Prof. selain itu rakyat juga kecewa tehadap sikap SBY yang tidak tegas dalam menghadapi persoalan yang terjadi seperti Kasus KPK dengan POLRI dan kasus Bank Century. 3. Demikian pula dalam kisah-kisah Jawa banyak cerita yang menggambarkan kerbau sebagai hewan yang memiliki kekuatan dan sulit untuk dikalahkan"( Elvan Dany Sutrisno http://www. yakni yang disebut rangsangan. rakyat menilai bahwa hingga 100 hari pemerintahan berjalan Indonesia belum mengalami perubahan apapun.detiknews. pekerja keras. (1997) Perilaku diartikan sebagai suatu aksi-reaksi organisme terhadap lingkungannya.

dengan dasar itulah mereka mengaggap bahwa apa yang mereka pikirkan. baik buruknya prilaku di tentukan oleh baik atau buruknya factor yang mempegaruhinya. Anarkisme dalam demmonstrasi juga bisa di sebabkan karena situasi ketika demo terjadi. sehingga untuk meksakan kehendaknya ini mereka melakukan tindakan anarkis. Suasana panas. para demonstran menganggap bahwa aspirasi atau pendapat yang mereka suarakan merupakan merupakan aspirasi yang benar. suasana yang panas. Jadi tindakan anarkis yang di lakukan merupakan wujud dari pemaksaan kehendak. Ketika demonstrasi kondisi fisik dari para anggota juga pasti mengalami kelelahan. apa yang mereka ucapkan dan apa yang mereka lakukan merupakan hal yang benar dan mereka menginginkan agar apa yang mereka suarakan bisa terrealisasikan. Perilaku merupakan aktifitas yang di lakukan manusia dengan motif dan tujuan tertentu. baik buruknya perilaku juga di pengaruhi kondisi fikiran seseorang ketika dia sedang menampilkan prilaku tersebut. Jadi prilaku manusia akan muncul sebagai hasil atau realisasi dari apa yang ada dalam fikiran manusia dengan motif dan tujuan tertentu. sedangkan tindakan-tindakan Amoral seperti merobek. BAB IV FAKTOR TERJADINYA DEMONSTRASI ANARKIS Ada beberapa factor yang menyebabkan munculnya tindakan anarkis dalam demonstrasi : 4.gagal. Hal ini bisa kita lihat dalam pelaksanaan demonstrasi. 4.2. sesak dan penat akan membuat para demonstran cunderung mudah terpancing emosi. membakar foto SBY serta pejabat pemerintahan lainnya adalah wujud kekecewaan Masa terhadap pemerintahan. perilaku yang dilakukan oleh manusia bisa di pengaruhi faktor dari dalam serta faktor dari luar diri manusia. umumnya dalam suatu demonstrasi memerlukan waktu yang tidak sebentar dan dilakukan di siang hari. . dengan harapan agar kehendak atau aspirasi yang mereka suarakan di perhatikan. mereka juga menganggap bahwa aspirasi yang mereka suarakan merupakan aspirasi yang mewakili suara hati seluruh rakyat Indonesia.1 Sikap para demonstran yang menganggap pendapat mereka paling benar dan harus dituruti. sesak dan penat akan mudah membuat para demonstran untuk terpancing emosinya dan mudah marah. Dengan dasar kebenaran ini maka dalam pelaksanaan demonstrasi para demonstran bukan hanya sekedar mengemukakan pendapat namun lebih mengarah pada memaksakan pendapat.

jika salah satu anggota berteriak SBY malinng. jika salah seorang anggota di amankan oleh pihak kepolisian maka anggota yang lain akan berusaha menyelamatkan rekannya.dengan kondisi ini jika dalam suasana yang panas atau hujan deras maka akan membuat para demonstran mudah marah. tetapi yang dalam demo selama ini khususnya di awal tahun 2010 ini bukanlah solidaritas yang baik. 4. jika salah satu anggota melakuakan hal yang baik maka kemungkinan besar anggota yang lain akan melakukan hal yang sama. namun karena para demonstran mempunyai kesamaan visi. tindakan anarkis awalnya hanya dilakukan oleh satu atau beberapa orang saja. hal ini akan mengakibatkan tindakan anarkis. marah sehingga melakukan berbagai tindakan anarkis sebagai luapan emosinya. hal ini membuat para demonstran kecewa. yang paling hangat adalah kasus demonstrasi di Mojokerto. Hal ini terkadang memicu kerusuhan antara demonstran dengan aparat kepolisian. tetapi lebih mengarah pada solidaritas yang buruk. Akibatnya para pendukung bupati yang tidak lolos berdemo di depan KPU Mojokerto dan melakukan pengerusakan terhadap fasilitas Negara. 4. Dalam demo ini hampir 100 orang di tahan. Kasus seperti ini sering terjadi di Indonesia. demo ini disebabkan karena salah satu kandidat calon bupati tidak diloloskan menjadi calon bupati oleh KPU setempat. kerusuhan ini biasanya dilakukan oleh lawan politik atau pihak-pihak lain yang tidak suka dengan pemeritahan yang sedang berjalan.2 Kerusuhan dalam demo memang sudah di rencanakan Salah satu faktor yang menyebabkan tindakan anarkis dalam demo yaitu kerusuhan dalam demonstrasi memang sudah di rencanakan sebelumnya. Salah satu hal yang menyebabkam tindakan anarkis dalam demonstrasi adalah kuatnya solidaritas antara demonstran satu dengan yang alainnya. inilah yang nantinya akan mereka suarakan dengan harapan apa yang mereka suarakan bisa menjadi kenyataan. Dalam suatu demonstrasi umunya.4 M. dari . atau paling tidak mendapatkan tanggapan dari pihak yang mereka harapkan. Solidaritas yang tinggi antara para anggota demonstran. maka yang lain juga akan melakukan hal yang sama. Namun banyak kejadian ketika ada demonstrasi tidak ada satupun orang yang bersedia menemui para demonstran untuk berbicara dan member penjelasan. Ketika ada niat untuk melakukan demonstrasi. Jika salah seorang anggota melakukan tindakan anarkis maka anggota lain akan melakukan hal yang sama. misi dan tujuan maka mereka mempunyai solidaritas yang tinggi. gagasan dan pemikiran yang mereka yakini kebenarannya. jika salah satu anggota demonstran melakukan tindakan anarkis maka anggota lain akan mudah tertular untuk melakukan tindakan yang serupa. tentunya suatu kelompok atau pihak yang akan melakukan demonstrasi sudah mempunyai suatu pandangan. para demonstran memiliki solidaritas yang sangat tinggi antara anggota satu dengan anggota yang lainnya. dalam demo di mojokerto beberapa waktu lalu terjadi kerusuhan yang mengakibatkankerugian hingga 1.3 Tidak ada perwakilan yang bersedia menanggapi dan berbicara dengan demonstran.

Hal ini mungkin saja di lakukan oleh partai oposisi. Boediono maling dan Sri Mulyani maling. Dalam demonsatrasi Century dan juga 100 hari pemerintahan SBY-Budiono. Yang jelas tindakan anarkis dalam demonstrasi 100 hari pemerintahan SBY-Boediono dan juga demo Century dilakukan oleh pihak diluar partai Demokrat. Ferry telah merencanakan demonstrasi sebelumnya dan mengeluarkan biaya sebesar 14 juta rupiah. hal ini membuat situasi sangat sulit untuk di kontrol dan di kendalikan. tidak mungkin pihak yang Pro dengan kebijakan pemerintah saat ini meneriaki SBY maling. Dalam suatu demonstrasi umumnya pihak atau Kelompok yang melakukan demo mempunyai visi dan misi yang sama. demo ini melibatkan sekitar 4000 orang. Dalam kasus ini Ferry Julianto di tuding sebagai dalang kerusuhan. Jika di fikirkan dengan akal sehat kita. provokasi dari dalam biasanya dilakukan oleh salah satu anggota demonstran yang mempunyai kecenderungan prilaku menyimpang dalam kesehariannya. 4. Tindakan seperti ini hanya mungkin dilakukan oleh lawan politik dari SBY yang berasal dari luar Partai Demokrat. pada saat itu terjadi demonstrasi anarkis dalam rangka kenaikan haraga BBM yang berujung pada kerusuhan. Sehingga jika salah satu anggota melakukan tindakan anarkis maka anggota lain juga akan sangat mudah untuk mengikuti tindakan itu. bahkan hingga menyamakan SBY seperti kerbau.5 Demonstrasi anarkis menurut tinjauan demokrsi . Dan akhirnya dia di jebloskan kedalam penjara. mungkin saja bila tindakan anarkis juga sudah di rencanakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu. sehingga dimanapun orang tersebut berada maka akan ada potensi untuk rusuh akibat perilaku yang dilakukannya. baik provokasi dari dalam maupun dari luar.4 Adanya provokasi Setiap demonstrasi tentunya melibatkan banyak orang. 4. dalam kerusuhan ini terjadi pembakaran Toyota Avansa di depan gedung DPR-RI. selain itu banyaknya demonstran jug sangat rawan dengan provokasi.barang bukti yang berhasil di amankan oleh Polisi bisa di simpulkan bahwa kerusuhan memang sudah di rencanakan. sehingga dengan kesamaan ini para demonstran cenderung memiliki solidaritas yang tinggi antar sesame anggota. Kasus serupa juga terjadi pada tanggal 20 Mei 2008. karena partai oposisi selalu mengkritisi kebijakan pemerintahan SBY-Budiono. Bisa partai oposisi yang selalu menguarkan kritikan dan juga kecaman terhadap pemerintah dan juga bisa juga dilakukan oleh partai mitra koalisi yang memang kecewa dengan sikap pemerintah. Lalu provokasi juga munkin dilakukan oleh pihak-pihak dari luar yang menginginkan suasana demo menjadi rusuh.

Rapat umum.Plato dalam ajarannya menyatakan bahwa dalam bentuk demokrasi. rakyat diberi kebebasan dan kemerdekaan. Nerro ( dalam http://www. Instansi militer. 9 tahun 1998.forumsains. Secara prinsipil. . Pawai 3. Dalam demonstrasi para demonstran umumnya tidak hanya mengemukakan pendapat. Unjuk rasa atau demonstrasi 2. BAB IV TATA CARA DEMONSTRASI YANG BENAR Aturan dan tata cara dalam penyampaian pendapat melalui demokrasi Hak untuk mnyampaikan pendapat di muka umum merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia yang dijamin dalam Konstitusi Indonesia Hak ini dapat dilaksanakan dalam berbagai bentuk. 3. tetapi pada ujungnya sampai pada tahap memaksakan kehendak dan pendapatnya. Rumah sakit. 4. Di lingkungan istana kepresidenan. atau 4. yang disebut anarki. hal ini di atur dalam pasal (9) UU No. Tempat ibadah. kekuasan berada di tangan rakyat sehinga kepentingan umum (kepentingan rakyat) lebih diutamakan. yang akhirnya berujung pada kekerasan atau tindakan yang anarkis. namun ada beberapa tempat yang dikecualikan dan waktu-waktu yang dilarang dalam menyampaikan pendapat di muka umum pasal 9 (2) UU No. rakyat hanya ingin memerintah dirinya sendiri dan tidak mau lagi diatur sehingga mengakibatkan keadaan menjadi kacau. Akan tetapi kemudian rakyat kehilangan kendali. 1.com ) Hal ini sangat sesuai dengan demonstrasi anarkis yang terjadi di Indonesia saat ini. yang kemudian mereka melakukan berbagai tindakan anarkis dan amoral dalam memaksakan pendapatnya. 9 tahun 1998 yaitu : 1. Mimbar bebas Pelaksanaan bentuk-bentuk penyampaian pendapat di muka umum tersebut dapat dilakukan di tempattempat terbuka untuk umum. 2.

Maksud dan tujuan b.Pemberitahuan tersebut disampaikan kepada Polri. 9. pemberitahuan ditujukan kepada polsek setempat. 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum ”pelaku atau peserta pelaksanaan penyampaian pendapat di . Pada hari besar Nasional. Bentuk e. 8. 4. Tempat. pemberitahuan ditujukan kepada Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia Pemberitahuan secara tertulis disampaikan oleh yang bersangkutan. Alat peraga yang dipergunakan. Ttasiun kereta api. Di mana polri yang dimaksud adalah satuan Polri terdepan dimana kegiatan penyampaian pendapat akan dilakukan apabila kegiatan dilaksanakan pada : 1. Dan obyek-obyek vital nasional. Sebelum melaksanakan demokrasi/pawai/rapat umum. Kabupaten/kotamadya atau lebih dalam 1 (satu) propinsi. Kecamatan. Kecamatan atau lebih dalam lingkukan kabupaten/kotamadya 3. Nama dan alamat organisasi kelompok atau perorangan g. Bnerdasarkan pasal 16 UU No. Propinsi atau lebih. Surat pemberitahuan sebagaimana di maksud di atas memuat : a. Waktu dan lama d. Penanggung jwab f. lokasi dan rute c. pemberitahuan ditujukan kepada polri setempat. 6. pemimpin. Jumlah peserta Setiap sampai 100 orang pelaku atau peserta unjuk rasa atau demonstrasi dan pawai harus ada seorang sampai 5 orang penanggung jawab. Pelabuhan udara atau laut. maupun mimbar bebas terlebih dahulu wajib memberitahukan secara tertulis.5. atau pennggung jawab kelompok selambat-lambatnnya 3 × 24 jam sebelum kegiatan dimulai telah diterima oleh Polri setempat. dan atau h. 7. 2. Terminal angkutan darat.

psikis. Untuk menjamin kebebasan menyampaikan pendapat. yaitu : 1. Pasal 5 UU No. Mengeluarkan pikiran secara bebas b.muka umum yang melakukan perbuatan melanggar hukum. pandangan. kehendak atau perasaan yang bebas dari tekanan fisik. sehingga tidak melanggar hukum. Orang yang berpendapat septutnnya terbuka terhadap tanggapan. Pendapat hendaknnya mewakili kepentingan orang banyak. agar dilaksanakan dengan bertanggunmg jawab. Dalam kemerdekaan terkandung dua makna yaitu kebebasan dan tanggung jawab. Memperoleh perlindungan hukum Yang dimaksud dengan “ mengeluarkan pikiran secara bebas” adalah mengeluarkan pendapat. 3. agar terjaminnya hak menyampaikan pendapat. Setiap pendapat harus disampaikan sesuai dengan aturan yang berlaku. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. 9 tahun 1998 tentang kemrdekann menyampaikan pendapat di muka umum dinyatakan bahwa setiap Warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berhak untuk : a. Penyampaian pendapat hendaknnya dilandasi oleh keinginan untuk mengembangkan nilai-nilai keadilan. Pendapatnnya harus disertai argumentasi yang kuat dan masuk akal. Dalam pasal 1 Undang No. sehingga memberi manfaat bagi kehidupan bersama. atau pembatasan yang bertentangan dengan tujuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 Undang-undang No. Secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. sehingga tidak sembarang pendapat 2. yaitu : melalui saluran yang resmi atau konstitusional. dapat dikenakan sanksi hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 4. Hak dan kewajiban dalam menyampaikan pendapat di muka umum. 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat diatur mengenai hak dan kewajiban yang harus dipenuhi bagi setiap masyarakat yang ingin menyampaikan pendapatnnya dan bagi pemerintah agar dapat memberikan perlindungan hukum kepada setiap masyarakat. Karena itu kita harus menyeimbangkan antara kebebasan dan tanggung jawab. Maka dalam undang-undang No. 9 tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum di jelaskan bahwa “ kemerdekaan menyampaikan pendapat” adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikirin dengan lisan dan tulisan dan sebagainnya. 9 Tahun 1998 dimana tujuan pengaturan tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah : . demokrasi dan kesejahteraan. sehingga tercipta komunikasi sosial yang baik 5. Pendapatnnya dikemukakan dalam kerangka peraturan yang berlaku.

1. kebencian atau penghinaan terhadap suku.. Polri bertanggung jawab memberikan perlindungan keamanan terhadap pelaku atau peserta penyampaian pendapat di muka umum termasuk pengamanan tempat. Menjaga dan menghormati keamanaan dan ketertiban umum yang dimaksud adalah perbuatan yang dapat mencegah timbulnnya bahaya bagi ketentraman dan keselamatan umum. Menempatkan tanggung jawab sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab sebagai salah satu pelaksanaan hak asasi manusia sesuai dengan pancasila dan Undang-undanmg dasar 1945 2. agama. ras. Menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku d. . Mewujudkan iklim yang kondusif bagi berkembangnnya partisipasi dan kreativitas setip warga negara sebagai perwujudan hak dan tanggung jawab dalam kehidupan berdemokrasi 4. dan rute. Yang dimaksud dengan “memperoleh perlindungan hukum” termasuk di dalamnnya jaminan keamanan. lokasi. tanpa mengabaikan kepentingan perorangan atau kelompok. 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapatnnya di muka umum bahwa “Warga Negara yang menyampaikan pendapat di muka umum berkewajiban dan bertanggung jawab untuk : a. Menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum.berbangsa. tertib. Sedangkan yang dimaksud dengan “menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa” adalah perbuatan yang dapat mencegah timbulnnya permusuhan. dan kesopanan dalam kehidupan masyarakat. baik yang menyangkut orang. dan antar golongan dalam masyarakat. dan bernegara. dan damai. kesusilaan. menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain yang dimaksud adalah ikut memelihara dan menjaga hak dan kebebasan orang lain untuk hidup aman. Kewajiban Kewajiban yang harus diperhatikan bagi setiap Warga Negara Indonesia dalam menyampaikan pendapatnnya telah diatur dalam pasal 6 UU No. Mewujudkan perlindungan hukum yang konsisten dan berkesinambungan dalam menjamin kemerdekaan menyampaikan pendapat 3. barang maupun kesehatan. Menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain b. dan e. Menghormati aturan-aturan moral yang diakui umum c. Yang dimaksud dengan “menghormati aturan-aturan moral yang diakui umu” adalah mengindahkan norma agama.

1.BAB IV PENUTUP 4. Jumlah demonstran yang banyak membuat situasi sangat sulit untuk di kontrol dan di kendalikan. 4. Simpulan Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa ada faktor yang menyebabkan perilaku anarkis dalam demonstrasi : 1. Saran Hukum dibuat dalam rangka untuk menciptakan ketertibah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Aparat yang di kerahkan oleh pihak kepolisian kebanyakan adalah aparat muda yang baru lulus dari pendidikan kepolisiaan. . Jumlah aparat juga lebih sedikit dari pada demonsran. sesak dan penat akan membuat para demonstran cunderung mudah terpancing emosi. Suasana panas. 5. 4. jangan biarkan ini terjadi agar eksistensi bangsa Indonesia tetap terjaga. Sikap para demonstran yang mengaggap pendapat mereka paling benar dan harus di turuti. 2.2. sebagai warga Negara yang baik kita semua harus patuh dan tunduk pada hukum yang berlaku. sehingga aparat juga mudah terpancing kemarahan oleh ulah para demonstran. kita telah melihat berbagai bukti peristiwa yang menunjukkan ketidak patuhan pada hukum pasti menimbulkan kekacauan dalam kehidupan. sedikit saja ada provokasi dari luar pastilah kerusahan akan terjadi. 6. Solidaritas yang tinggi antara para anggota demonstran. 3. mereka juga mempunyai tingkat emosi yang sangat tinggi. Gunakan kebebasan yang kita miliki dengan bijak sesuai dengan amanat demokrasi. jangan jadikan hukum hanya sebagai wacana dan pajangan yang kehilangan fungsinya.

ac.okezone. Demokrasi hak azasi manusia dan masyarakat madani. Makasar http://www.antaranews. Bumi angkasa.2005. Prasaja. Dkk. Belasan mahasiswa bakar foto Sby – Boediono. Yogyakarta.com edisi 28 januari 2010 . Dede. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1998.web.detiknews.Edy. ICCE UIN.doc diakses 26 Februari 2010. Muhammad. http://www. 2009 demo di purwokerto foto SBY-Boediono di robek. detikNews. Dkk.id/files/MAKALAH%20PENDIDIKAN%20KEWARGANEGARAAN. Lanang.ugm.com. Asykuri. 2009. Mahyudin . Jakarta. http://news. 2010. Fanny. Abdurrahman. 2003. Prinsi-prinsip demokrasi pancasila.DAFTAR PUSTAKA Chalim. Kitab undang-undang hukum pidana. http://www.com/read/2010/01/26/155701/1286420/10/belasan-mahasiswamakassar-bakar-foto-sby-boedion diakses 28 januari 2010 . makalah pendidikan kewarganegaraan. Pendidikan kewarganegaraan. Moeljatno.html diakses 26 Februari 2010. Jakarta. penelitian dan pengembangan (diktilitbang) pimpinan Pusat muhamadiah.lprasaja.com/2008/10/prinsip-prinsip-demokrasi-pancasila. di akses 26 Februari 2010. Tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat Di Muka Umum : Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak azasi manusia. 2007. http://tugassekolahonline. ibn. Octavianus. Kerbau pun Ikut Demonstrasi 100 Hari. 2008. Rosyada. Majelis pendidikan tinggi. Saladin. 28 Januari 2010 di akses 26 Februari 2010 Ayyubi. edisi Kamis.blogspot. Nur. 2000.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful