PERINGATAN HARI KARTINI

Tahun 2011

SD Negeri Panyandaan II Kp. Sinom No.8  022-87241833 Ds.Mandalamekar Kec.Cimenyan Kab.Bandung  40193

A. Pendahuluan Setiap tanggal 21 April di setiap tahunnya kita selalu merayakan hari Kartini. Hari yang spesial untuk mengenang jasa-jasa seorang RA.Kartini dalam memperjuangkan hak-hak para kaum wanita.Tapi saat ini bukan hanya kaum wanita saja yang merayakannya, kaum priapun turut merayakannya untuk menghargai RA.Kartini. Pada perayaan hari Kartini sering sekali diadakan berbagai macam kegiatan untuk memeriahkan hari tersebut. Dari mulai lomba busana adat, lomba merias tumpeng hingga berbagai macam lomba yang berkaitan dengan perayaan tersebut. Dari mulai anak-anak sekolah hingga para orang tua pun turut merayakannya.

B. Tujuan Adapun tujuan dari perayaan hari Kartini kali ini adalah untuk dapat lebih memperkenalkan kepada para siswa tentang perjuangan RA.Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.Dan juga siswa dapat mengenang dan menghargai jasa para pahlawan diantaranya dengan meneladani semangat perjuangan para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari,mengisi hasil perjuangan dengan hal-hal yang positif dan membangun Indonesia agar lebih maju.

C. Sasaran Sasaran program kegiatan ini adalah seluruh siswa dan guruguru yang ada di lingkungan SD Negeri Panyandaan II.

D. Bentuk kegiatan Bentuk kegiatan yang akan diadakan adalah sebagai berikut : 1. Kelas I, II, III, dan IV Lomba :

Kelereng 2.S.IV.00 + : Rp 800.00 : Rp 400. Engrang 3. Susunan Panitia Pelaksana Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Bendahara : Kepala SDN Panyandaan II : Teti Duhitawati : Dedeh Daliyah : Lia Melawati : Rp 100. Mahmud 5.000. Melukis dengan tema “ R.a. b.000. Puisi : Imas Rokayah Dra.000. Melukis kelas I dan II : Teti Duhitawati Mulyawan 3.00 : Rp 100.Pd. dan VI Lomba : a. Anggaran a. Lain-lain Jumlah F.000.A. V. Kelas III. E. Kartini”. Melukis Kelas III dan IV 4.00 : Rp 200. Engrang : Dedeh Daliyah Lia Melawati : Dedi Winardi. Nurhasanah 2. Hadiah dan Piagam Penghargaan c. b. “ Ilmu” dan ” Buku “. ATK dan peralatan b. Puisi dengan judul puisi wajib “ Puisi Ibu Kartini ” dan puisi pilihan berjudul “ Pahlawanku “.000. Kelas I dan II lomba memasukkan pensil ke dalam botol.00 Penanggung jawab perlombaan : 1. Konsumsi d. Memasukkan Pensil ke dalam botol : Dedeh Daliyah Lia Melawati 6. Kelereng : Eulis Ratnipah .

30 April 2011 : SD Negeri Panyandaan II dan Lapangan Sinom H. Drs. Priatna NIP. Bandung. Penutup Demikian program ini kami susun. Dedeh Daliyah NIP.Erna Herlina G. Waktu Kegiatan dan Tempat Pelaksanaan Waktu Tempat : Sabtu. 196405141986101001 . dengan harapan semua pihak dapat mengetahui dan mendukung kegiatan ini. 25 April 2011 Ketua.197112181993172001 Mengetahui Kepala Sekolah. Teti Duhitawati NIP. Sekretaris.

. Nama Peserta Aspek yang dinilai .....Lomba ...........................

.....REKAPITULASI NILAI LOMBA ........... Urut Peserta Aspek yang dinilai Nama Peserta Jumlah .. No....................

.

.

PATURAY TINEUNG KELAS VI & PENTAS SENI SISWA-SISWI SD NEGERI PANYANDAAN II Tahun 2010 .

Mandalamekar Kec. Untuk melepas masa itu. Pentas Seni merupakan ajang bagi siswa-siswi SD Negeri Panyandaan II untuk mengapresiasikan bakat yang mereka miliki melalui pertunjukan mereka di atas panggung .Cimenyan Kab. Sinom No. mereka mengadakan acara perpisahan dengan guru-guru yang telah mendidik mereka selama 6 tahun dengan penuh kasih sayang juga dengan adik-adik kelasnya. Pendahuluan Paturay Tineung merupakan kata dalam Bahasa Sunda. apabila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti perpisahan. Pada kesempatan ini siswa-siswi kelas VI yang telah melewati masa belajarnya selama 6 tahun di SD Panyandaan II akan melepas jenjang pendidikannya di SD dan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP.Bandung  40193 A.SD Negeri Panyandaan II Kp.8  022-87241833 Ds.

Waktu dan Tempat Kegiatan Kegiatan ini kami rencanakan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 24 Juni 2010 dengan mengambil tempat di halaman SD Negeri Panyandaan II (outdoor). . Penyelenggara dan Kepanitiaan Kegiatan Kegiatan “ Paturay Tineung Siswa Kelas VI & Pentas Seni Siswa Siswi SD Negeri Panyandaan II “ ini diselenggarakan oleh Komite Sekolah. Susunan kepanitiaan terlampir. Guru-guru SD Negeri Panyandaan II dan Orang Tua Siswa. E. C. Nama Kegiatan “ Paturay Tineung Siswa Kelas VI & Pentas Seni Siswasiswi SD Negeri Panyandaan II” D.sebagai unjuk kebolehan yang dapat memberikan motivasi bagi mereka untuk mengembangkannya lebih baik lagi di masa yang akan datang. Tujuan Adapun tujuan diadakannya “Paturay Tineung Siswa Kelas VI dan Pentas Seni Siswa-siswa SD Negeri Panyandaan II” ini adalah untuk lebih mempererat tali silaturahmi antara guru dan siswa dan untuk memberikan motivasi bagi siswa untuk lebih dapat berkreasi dalam bidang kesenian. B.

E. Kepala Sekolah. Rincian anggaran kegiatan terlampir. Kepala Sekolah. Guru-guru dan orang tua siswa SD Negeri Panyandaan II yang dilaksanakan pada hari Kamis. 3 Juni 2010. untuk sumber dana ada kesanggupan dari orangtua menyumbang sebesar Rp 20.00/siswa.000. Sumber Dana dan Anggaran Kegiatan Sesuai dengan hasil rapat antara Komite Sekolah. Sekretaris.S. G. Demikian proposal ini kami buat sesuai dengan apa adanya untuk dijadikan acuan bagi terlaksananya acara ini dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak. Penutup Akhirnya kami atas nama Panitia “ Paturay Tineung Siswa Kelas VI & Pentas Seni Siswa-Siswi SD Negeri Panyandaan II” hanya bisa berusaha dan berdo’a mudahmudahan Allah Swt senantiasa memberikan yang terbaik kepada kita semua.F. 2 Juni 2010 Ketua Panitia. . Bandung. Dedeh Daliyah Mengetahui dan Menyetujui : Ketua Komite Sekolah. Arya Kusnadi.

Priatna NIP.S.Dadan Juanda Drs. : Dedeh Daliyah : Teti Duhitawati .E.196405141986101001 Lampiran 1 SUSUNAN PANITIA PATURAY TINEUNG SISWA KELAS VI & PENTAS SENI SISWA-SISWI SD NEGERI PANYANDAAN II TAHUN 2010 Pelindung Penanggung Jawab Ketua Sekretaris Bendahara : Ketua Komite Sekolah : Kepala Sekolah : Arya Kusnadi.

Lampiran 2 RINCIAN ANGGARAN BIAYA PATURAY TINEUNG SISWA KELAS VI & PENTAS SENI SISWA-SISWI SD NEGERI PANYANDAAN II TAHUN 2010 a.000.Nurhasanah Nining Melly Rikmayanti • • • • Peralatan dan Humas Dokumentasi Acara : Mahmud : Dedi Winardi Mulyawan : Lia Melawati Eulis Ratnipah Erna Herlina Rizka Khairiyyyah A.Seksi-seksi : • Dekorasi Konsumsi : Yayan Suryana : Imas Rokayah Dra.00 600.00 b. Kesekretariatan : Rp 100.000. Hadiah dan Piagam Penghargaan : Rp .

00 100. Konsumsi anak-anak k. Keamanan j. Dokumentasi g.017.500.000.00 500.000.000.00 500.00+ 6.000.500. Dekorasi h.00 200.295.00 1. Konsumsi panitia Lain-lain Jumlah : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp : Rp 150. Konsumsi tamu l.00 300.000.00 . Door Prize d.000.000. Transfortasi dan Peralatan i. Tenda dan panggung e. Sound System f.00 500.00 462.000.00 300.00 960.000.000.bagi siswa berprestasi c.

PROPOSAL .

Rumusan Masalah Berdasarkan deskripsi di atas. maka para siswa harus benarbenar menguasai bidang-bidang pada IPS. maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media gambar peta dapat meningkatkan pembelajaran benua di kelas VI SD Panyandaan II. karena mata pelajaran IPS berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan sikap rasional tentang gejala-gejala sosial.Judul : Penggunaan Media Panyandaan II Gambar Peta Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Benua di Kelas VI SD Negeri Bidang Kajian : Penggunaan Media Gambar Peta A. Ada sebagian orang yang memandang. serta kemampuan tentang perkembangan masyarakat Indonesia dari masa lampau dan masa kini. dan harus dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang mungkin ada.Peneliti menyadari. selama ini masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam mengerjakan IPS kepada para siswa. Peneliti mencoba melakukan diagnosa status untuk menemukan kelemahan-kelemahan yang terjadi selama melakukan proses pembelajaran IPS di kelas VI. kejujuran dan didorong oleh keinginan dan semangat yang tinggi. D. mata pelajaran IPS adalah suatu pelajaran yang sulit dan kurang diminati siswa..Mengingat begitu pentingnya IPS bagi kehidupan para siswa saat sekarang dan pada saat yang akan datang. Tujuan Penelitian Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah di atas. maka dilandasi oleh keterbukaan. Pemecahan Masalah Dalam penelitian ini yang menjadi pemecahan masalah adalah penggunaan media gambar peta. Latar Belakang Mata Pelajaran IPS adalah merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Sekolah Dasar. B. maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “ Bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang benua di kelas VI SD Panayandaan II ?” C. . semua siswa harus mempelajarinya. Meskipun demikian. peneliti mencoba untuk memperbaiki pembelajaran IPS di kelas.

menumbuhkan rasa keingintahuan dalam setiap kegiatan pembelajaran. peneliti. dapat memotivasi siswa untuk giat belajar. 2. Guru memberi tugas pada siswa . setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Dilatar belakangi siswa berasal dari rumah tangga serta kehidupan masyarakatnya buruh tani dan buruh bangunan.E. bermanfaat untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Prosedur Penelitian Penilitian tindakan kelas ini direncanakan pelaksanaannya dalma dua siklus secara berkelanjutan dalam satu semester. penelitian bermanfaat sebagai salah satu kontribusi dalam pengembangan kurikulum. Setiap siklus dilaksanakan dengan langakahlangkah perencanaan pelaksnaanan penelitian kelas yaitu pengamatan atau observasi dan refleksi. Bagi 4. menginspirasi inovasi pendidikan. 1. Metodologi Penelitian 1. F. yaitu : 1. pendidikan secara umum. Siklus I dilaksanakan pada bulan September 2010. institusi. Pelaksanaan Tindakan 2. meningkatkan kinerja sekolah melalui profesionalisme guru. sebagai objek penelitian ini adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 62 orang. Lokasi sekolah di Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. 1.1.2. Bagi 3. Mengkondisikan siswa ke dalam situasi belajar 2. Perencanaan Dalam perencaanaan ini persiapan yang dilakukan sebelum tindakan adalah sebagaui berikut: 1. Bagi 2.3. bermanfaat untuk menembah pengalaman.1 Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran tentang benua dengan Kompetensi Dasar “ Mengidentifikasi Benua-benua”. Manfaat Penelitian Hasil penelitian pada proses perbaikan pembelajaran ini diharapkan dapat bermanfaat. menumbuhkan budaya dan produktivitas meneliti. wawasan dan ketrampilan dalam menyampaikan materi pelajaran dan memperbaiki proses belajar mengajar. dapat digunakan untuk penentu kebijakan. meningkatkan prestasi sekolah terutama pelajaran IPS. siklus II pada awal bulan Oktober 2010. Guru memberikan petunjuk cara pengisian lembar kerja 2. Setting Penelitian Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksnakan di SD Panyandaan II untuk mata pelajaran IPS.3 Menyiapkan format pengamatan dalam proses pembelajaran 2. Bagi siswa.2 Membuat lembar kerja siswa 1.

4.1 Situasi kegiatan belajar mengajar terdiri dari tiga komponen yaitu siswa senang. hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai. Refleksi Hasil pengamatan yang diperoleh siswa selama PBM berlangsung dianalisa. Siklus 2 merupakan modifikasi dari siklus I. guru dan observer melakukan refleksi diri untuk menentukan keberhasilan penelitian dan perencanaan tindakan berikutnya. Dengan kata lain kekurangan atau kelemahan yang ditemui pada siklus I dijadikan sebagai bahan perencanaan untuk perbaikan pada siklus selanjutnya.3 Pencatatan dilakukan oleh guru yang bersangkutan dan observer terutama yang berhubungan dengan aktivitas siswa selama PBM berlangsung 5. Aspekaspek yang diamati meliputi: 3.4 Semua hasil observasi pencatatan dan hasil ulangan harian siswa pada siklus I 5. siswa bersungguh-sungguh dalam belajar. Dengan memperhatikan hasil dari analisa. 5. siswa berani mengeluarkan pendapat dan siswa antusias dalam proses pembelajaran.5 Data yang terkumpul sebagian besar adalah data kwantitatif .2 Data nilai ulangan siswa diperoleh setelah melakukan ulangan pada akhir PBM 5. Pengamatan Pengamatan atau observasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan format pengamatan yang telah disediakan. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil apabila: 75% dari siswa mampu mengerjakan tugas yang diberikan Siswa mampu menyelesaikan LKS dengan waktu yang telah disediakan Untuk siklus 2 dalam penelitian tindakan ini direncanakan berdasarkan hasil refleksi dari siklus I sehingga masing-masing siklus saling berkaitan. 3. siswa berani menjawab pertanyaan.3. Data dan analisis data 5.2 Keaktifan siswa yang terdiri dari tiga komponen yaitu siswa berani bertanya.1 Data aktivitas siswa menunjukkan motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi 5.

panjang.RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM Tema Kelas/Semester Waktu Pelaksanaan : Lingkungan : II/1 : 3 x 35 menit Tempat Pelaksanaan : SD Negeri Panyandaan II A. . Menggunakan Alat Ukur Waktu dengan satuan jam. Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan 2. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan. . 3.1. 2. C. (Matematika) 3. daun. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.1. Menunjukkan bagian-bagian tumbuhan 3. ranting. Standar Kompetensi 1. dan berat dalam pemecahan masalah. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. Materi Pembelajaran . Tujuan Pembelajaran Setelah pembelajaran ini selesai peserta didik diharapkan dapat : 1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. Menggunakan pengukuran waktu. (IPA) 2.Jam dapat digunakan untuk menentukan waktu dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi Dasar : 1.(Bahasa Indonesia) B. D. batang. Menuliskan bagian-bagian tumbuhan 4.1. dahan. Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.Bagian utama tumbuhan adalah akar.

Alokasi Waktu 3 ( tiga ) jam pelajaran x 35 menit F. Kegiatan penyajian ( 60 menit ) EKSPLORASI . Lingkungan halaman sekolah 2. ELABORASI . . . Buku paket Tematik kelas 2 H.Memberi motivasi terhadap peserta didik dengan menyanyikan lagu “bunga nusa indah” bersama-sama.Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok .Tanya Jawab .Melakukan tanya jawab sebagai apersepsi .Ceramah . Alat / Bahan / Sumber Belajar 1.Guru menjelaskan materi dari tema lingkungan.E. Gambar – gambar tumbuhan 3. Langkah.Penugasan .Mengkondisikan peserta didik pada situasi kegiatan belajar mengajar . - Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk menyebutkan benda-benda yang ada di halaman sekolah termasuk binatang dan tumbuhan yang sering mereka temukan.Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai 2.Guru menjajaki kemampuan awal siswa tentang materi yang akan dipelajari dengan cara bertanya kepada beberapa peserta didik.Langkah Pembelajaran 1. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit ) . Metode Pembelajaran .Diskusi G.

menanggapi setiap jawaban peserta didik lainnya .Setelah pembagian kelompok siswa dibawa ke halaman sekolah. guru menentukan jarak yang sama antar kelompok untuk menempelkan kartu pada manila karton.Peserta didik yang lain diperkenankan untuk menilai.Guru memastikan atau meyakinkan bahwa peserta didik telah menguasai kompetensi dasar yang ditentukan melalui kegiatan bertanya kepada beberapa peserta didik . setiap siswa diberikan kesempatan menempelkan kartu pada manila karton satu-satu secara bergiliran. Hasil kerja kelompok dalam kegiatan di luar kelas seperti tabel di bawah ini Kelas SD Tanggal Anggota : : : : Nama Kelompok : Benda-benda yang ditemukan ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………………………… . . guru dengan memberi aba-aba menugaskan setiap anak untuk menempelkan kartu-kartu yang telah disediakan untuk ditempelkan pada manila karton..Salah satu perwakilan kelompok menyampaikan hasil laporannya di depan kelas. setiap kelompok diberikan lembar manila karton nyang sudah disiapkan dan kartu-kartu yang bertuliskan nama-nama hewan dan tumbuhan. . KONFIRMASI .Setelah manila karton tertempel di dinding kelas .Kemudian kertas manila karton ditempelkan di dinding sekolah.

4. 1. Penilaian Hasil Belajar Penilaian hasil belajar dilakukan dengan cara mengamati kinerja peserta didik dan mengukur pencapaian kompetensi dasar dalam bentuk ulangan harian dengan menggukan tes tertulis. 0 1 Skor 2 3 4 Kriteria: 0 1 2 3 4 Tidak melakukan apa yang seharusnya dilaukan Melakukan secara asal-asalan Melakukan secara parsial Melakukan sesuai dengan kompetensi standar Melakukan lebih dari seharusnya Keterangan: Skor maksimal 20 Instrumen Soal: . : : Lingkungan Aspek yang dinilai Sikap selama mengikuti pembelajaran Aktivitas dalam kegiatan diskusi kelompok Aktivitas dalam diskusi antar kelompok Memanfaatkan sumber-sumber informasi yang ada di sekitar sekolah Memiliki rasa ingin tahu.Guru memberikan tes akhir pembelajaran untuk mengetahui sampai sejauh mana indikator dan kompetensi sudah dikuasai peserta didik. Untuk mengamati kinerja peserta didik digunakan penilaian rubrik. 2.Guru dan siswa membuat simpulan tentang pembelajaran bertema lingkungan. 5. 3.3. Kegiatan Akhir/penutup (10 menit) . . 1. Sedangkan untuk mengukur kompetensi peserta didik menggunakan tes(soal). Penilaian rubrik: Nama Siswa Tema No.

. Bagian tumbuhan yang ada di dalam tanah adalah ….Isilah titik-titik di bawah ini ! 1. ranting 3. 2. Bagian tumbuhan yang ditunjuk panah adalah. 3. 5. Jika digambar jam tersebut adalah …. Rudi bangun tidur pukul 05. batang : 4. 03. Jam di samping menunjukkan pukul …. Daun pada tumbuhan menempel di …..15 WIB. akar 2.00 5. Kunci Jawaban 1. . 4..

(IPA) KD:1. pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.Tindak lanjut: Pemberian PR Bandung.1. November 2010 Mengetahui Kepala Sekolah Guru Kelas VI Drs.19711218 199307 2 001 SK :1. . Priatna NIP.19640514 198610 1 001 Dedeh Daliyah NIP. Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.Mengenal bagian-bagian utama tubuh JARING-JARING TEMA IPA KELAS 2 hewan dan tumbuhan.

panjang. Menggunakan Alat Ukur Waktu dengan satuan jam BAHASA INDONESIA 3. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte 3.LINGKUNGAN MATEMATIKA 2. Menggunakan pengukuran waktu. Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat .1. 2. dan berat dalam pemecahan masalah.1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful