PERAWATAN PAYUDARA YANG BAIK DAN BENAR

Menurut Saryono (2009:59-62) cara memijat payudara pada ibu menyusui yang dilakukan 2 kali sehari sejak hari kedua pasca persalinan. a. Sokong payudara kiri dengan tangan kiri, lakukan gerakan kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan, mulai dari pangkal payudara dan berakhir dengan gerakan spiral pada daerah puting susu.

c. Gerakan selanjutnya letakkan kedua telapak tangan di antara dua payudara. Urutlah dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan keduanya perlahan. Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 kali. Variasi lainnya adalah gerakan payudara kiri dengan kedua tangan, ibu jari di atas dan empat jari lainnya di bawah. Peras dengan lembut payudara sambil meluncurkan kedua tangan ke depan ke arah puting susu. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.

Oleh: SITI KHOTIMAH

b. Selanjutnya buatlah gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada puting susu di seluruh bagian payudara. Lakukan gerakan seperti pada payudara kanan. d. Lalu coba posisi tangan paralel. Sangga payudara dengan satu tangan, sedang tangan lain mengurut payudara dengan sisi kelingking dari arah pangkal payudara ke arah puting susu. Lakukan gerakan ini sekitar 30 kali.

SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIM JAMBI PROGRAM STUDI D-III KEBIDANAN TAHUN 2010

e. Setelah itu, letakkan satu tangan di sebelah atas dan satu lagi di bawah payudara. Luncurkan kedua tangan secara bersamaan ke arah puting susu dengan cara memutar tangan. Ulangi gerakan ini sampai semua bagian payudara terkena urutan.
TERIMAKASIH Semoga Bermanfaat

Apabila payudara bengkak akibat bendungan ASI maka ibu dapat melakukan: 1) Pengompresan payudara dengan menggunakan kain basah dan hangat selama 5 menit. 2) Urut payudara dari arah pangkal ke puting atau gunakan sisir untuk mengurut payudara dengan arah “Z” menuju puting. 3) Keluarkan ASI sebagaian dari bagian depan payudara sehingga puting susu menjadi lunak. 4) Susukan bayi setiap 2-3 jam. Apabila bayi tidak dapat menghisap seluruh ASI, sisanya keluarkan dengan tangan. 5) Letakkan kain dingin pada payudara setelah menyusui.

SITI KHOTIMAH
MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIM JAMBI

Semua gerakan itu bermanfaat melancarkan refleks pengeluaran ASI. Selain itu juga merupakan cara efektif meningkatkan volume ASI. Terakhir yang tak kalah penting, mencegah bendungan payudara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful