Read more: Dell akuisisi Wyse dan SonicWall | Willy Saefurrahman http://www.willysaef.

com/2012/04/05/dell-akuisisi-wyse-sonicwall/#ixzz27kwUeV9N Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Share Alike Yeah, memang berita itu adalah berita lama. Tapi, ada yang dapat saya garisbawahi di sana: dengan akuisisi Wyse dan SonicWall itu, Dell dapat dicoba untuk menjadi sebuah platform yang baik untuk bidang edukasi. Bidang edukasi memang sebuah bidang yang membutuhkan banyak sekali kebutuhan, bahkan bisa saja menyamai platform enterprise–tergantung dari jumlah siswa/mahasiswa dan juga guru/dosen/pengurus. Nah, OEM-OEM seperti Dell, Hewlett-Packard, Acer dan Apple mungkin menjadi pilihan de facto bagi sekolah-sekolah untuk membeli perangkat kerasnya. Kenapa kok pakai OEM? Alasannya simpel, karena memang mereka cenderung menawarkan ekosistem tersendiri (atau bisa juga dengan partner kerja mereka) untuk produk-produk perangkat keras yang mereka buat, dan cenderung dijual dengan harga murah. Sementara non-OEM mungkin tidak terlirik karena banyak orang di bidang edukasi cenderung menghendaki kejelasan masa depan. Munculnya cloud computing, thin-client computing, dan masih banyak lagi teknologi yang lainnya akhir-akhir ini membuat banyak OEM juga merombak ekosistem mereka, dan salah satunya adalah Dell, sebagai platform OEM yang sudah banyak digunakan dalam edukasi. Dell memang selama ini menjadi partner reseller untuk Wyse, sebuah perusahaan yang membuat produk thin-client, Multipoint client dan beberapa solusi perangkat lunak lainnya. Produk Wyse memang andal dan menawarkan banyak fitur, tapi kurang begitu cost-effective ketimbang para kompetitor seperti ncomputing atau HP. Memang, tidak ada jaminan ke depan, apakah Dell akan meningkatkan tingkat perbandingan kinerja-harganya, tapi yang pasti Dell akan berusaha untuk meningkatkan layanannya.

Penggunaan thin-client memang sudah tidak aneh lagi di kelas enterprise, dan hal itu kini merambah dunia edukasi. Saat Microsoft merilis Microsoft Multipoint Server, banyak sekolah yang menggunakan platform sistem operasi itu, mengingat banyak software edukasi yang berjalan di atas sistem operasi Windows ketimbang sistem operasi lainnya. Yeah, memang bagi beberapa sekolah dan universitas, perbandingan one-to-one menjadi hal yang sangat baik, namun hal itu hanya berlaku pada sekolah dan universitas mahal saja. Dan, solusi yang masuk akal adalah menyediakan perangkat-perangkat untuk meningkatkan tingkat cost-effective di dalam sekolah, agar tentu saja tidak boros, dan mungkin juga mengurangi pencurian perangkat keras yang marak terjadi di sekolah dan universitas. Keuntungan penggunaan thin-client itu bisa semakin tinggi lagi karena platform thin-client biasanya akan menawarkan manajemen yang kuat untuk perangkat-perangkatnya. Dan, apalagi produk-produk dari Wyse juga bisa digunakan untuk menjalankan desktop Windows di atas tablet. Nice!

Terus, apa fungsi SonicWall dalam portofolio platform edukasi Dell? Seperti yang banyak digaungkan, SonicWall merupakan penyedia perangkat gateway dan firewall yang banyak digunakan di lingkungan sekolah dan universitas. Memang, saya juga hanya sesekali menggunakan SonicWall, dan dalam kategori ini justru lebih banyak mendapat tantangan dari Untangle dan Lightspeed system, Forefront UAG dan lain sebagainya. Namun demikian, akuisisi yang Dell lakukan terhadap SonicWall berarti mengizinkan Dell untuk juga menawarkan layanan firewall dan tentu saja content-filtering untuk sekolah dan universitas yang justru semakin banyak yang mengizinkan para siswanya untuk mengakses Internet di lingkungan sekolah. Atau, bisa saja dengan menggunakan SonicWall ini kita bisa mengizinkan akses terhadap dokumen siswa saat sang siswa mengaksesnya dari rumah. Mungkin, yang kurang dari akuisisi Dell adalah mereka belum memiliki sebuah LMS, Learning Management System. Memang sih, LMS banyak yang bersifat gratis, seperti Moodle atau CanvasLMS. Namun, dengan memiliki LMS, Dell pun menjadi sebuah penyedia platform edukasi yang komplit. …if only I can wish.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful