Kecakapan berpikir

Ruang 7

Analytical Problem Solving

Teknik pemecahan masalah yang berfokus pada logika dan pemikiran kritis (analisis), terutama dalam konteks penerapan pendekatan ilmiah

Kasus 1

Dokter bionik adalah dokter cantik yang pintar. Ia lulus tepat waktu dengan nilainilai kuliah yang sangat baik. 1 tahun setelah dilantik sebagai dokter, dokter bionik membuka praktek sendiri di rumahnya. Kampungnya tergolong ramai, akses jalan baik, dan lalulintas orang tergolong ramai. Dalam waktu cukup lama, ia hanya mendapaktan 1 atau paling banyak 5 pasien setiap harinya. Ia sendiri mengharapkan paling tidak pasiennya berjumlah 10 orang perharinya

Pernyataan Masalah :

Dokter bionik hanya mendapatkan kunjungan 1 – 5 pasien setiap harinya

Keadaan akan dicapai :

Dokter bionik mengharapkan jumlah pasien minimal 10 orang per hari

Definisi masalah :

Dokter bionik hanya mendapatkan kunjungan 1 – 5 pasien setiap harinya. Ia menginginkan jumlah pasien minimal 10 orang per hari.

Creative Problem Solving

Suatu proses, metode atau sistem untuk mendeteksi masalah dalam cara yang imajinatif dan menghasilkan tindakan efektif

Kasus 2

Angka kesakitan dan kematian Penyakit Demam Berdarah meningkat setiap hari. Angka kunjungan ke rumah sakit juga meningkat. Karena terlalu banyak pasien yang datang, rumah sakit tidak dapat menampungnya. Protes masyarakat setiap hari muncul di media massa. DPRD juga memanggil pihak rumah sakit untuk menanyakan hal ini.

Pernyataan masalah :

Rumah Sakit dapat menampung banyaknya pasien Demam Berdarah

Keadaan yang akan dicapai :
Dalam waktu 1 bulan kedepan Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanan pasien Demam Berdarah, seperti tempat tidur, tenaga medis, alat-alat medis.  Dalam waktu 1 bulan kedepan pemerintah melakukan program pemberantasan nyamuk aedes aegypti sepeti program 3M.

Definisi masalah :

Dalam waktu 1 bulan kedepan Rumah Sakit dapat meningkatkan pelayanan pasien Demam Berdarah, seperti tempat tidur, tenaga medis, alat-alat medis. Dan juga pemerintah harus melakukan program pemberantasan nyamuk aedes aegypti sepeti program 3M.

Terima Kasih

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful