You are on page 1of 23

Aspek aspek dari pengobatan Asia, China, Eropa dan Afrika

01/07/09

Nama kelompok

Pokok Bahasan 1. Pengobatan Tradisional Asia 2. Pengobatan Tradisional China 3. Pengobatan Tradisional Eropa 4. Pengobatan Tradisional Afrika

Pengobatan Tradisional Asia


1. Ayurveda 2. jamu 3. Kampo

1. Ayurveda
Ayurveda merupakan bentuk obat tradisional Asia yang paling tua. Sistem pengobatan hidu, berasal dari india dan terdokumentasi dengan baik. Kata Ayur berarti hidup, dan veda yang berarti pengetahuan. Jadi ayurveda berarti pengetahuan tentang hidup.

Konsep ayurveda
1. Prana (energi kehidupan) 2. Bhutas (5 unsur) 3. Tridosha Vata Pitta Kapha 4. Prakruti (keadaan fisik manusia) 5. Agni (Api pencernaan) 6. Malla (3 produk buangan) 7. Dhatus (7 jaringan) 8. Gunas (sifat-sifat)

Penerapan Ayurveda
1. Diagnosis 2. Pengobatan 3. Rasayana

2. Jamu
Berasal dari keraton surakarta di Jawa tengah dan Yogyakarta. Jamu berisi unsur-unsur TCM untuk mengobati penyakit-penyakit panas dengan obat dingin dan Ayurveda yang menggunakan aspek religius dan pemijatan yang sangat penting.

3. Kampo
Kampo merupakan obat tradisional Jepang, mirip dengan pengobatan China kuno yang datang melalui korea Sistem china merupakan bentuk utama praktik medis jepang yang datang melalui korea dan dijadikan obat Asli di Jepang

Pengobatan Tradisional China


1. Perkembangan TCM Sennong, kaisar China yang legendaris, dihormati atas penemuan obat-obatan herbal pada sekitar tahun 2800 Sm, dan dia juga terkenal mendefinisikan prinsipprinsip berlawanan tetapi saling mengimbangi yang akhirnya dikenal sebagai Yin dan Yang.

Prinsip-prinsip dari TCM diterapkan untuk kesejahteraan manusia, dan diperluas kemakanan dan obat-obatan sebagai faktor-faktor yang menjamin keseimbangan antara kesehatan fisik dan mental

Konsep TCM
1. Qi (kekuatan hidup esensial) 2. Yin dan Yang 3. 5 Unsur 4. Organ-organ vital 5. penyebab penyakit 6. 7 emosi 7. diagnosis 8. pengobatan

Pengobatan tradisional Eropa


- Lebih dari 1500 tahun buku yang paling berpengaruh dan klasik di eropa adalah buku Dioscorides, De Materia Medica. - Penyebaran informasi yang lebih luas tentang tumbuhan obat di eropa secara cepat menjadi sangat populer sehingga informasi mengenai tumbuhan obat tersedia dalam berbagai bahasa orang awam. - Herbal-herbal secara cepat tersedia dalam berbagai bahasa eropa dan banyak penulis penulis yang menyalin, menerjemahkan, dan menginterpretasi ulang buku buku awal.

AROMATERAPI Aromaterapi adalah pnggunakan terapeutik zat zat aromatik yang diekstraksi dari tumbuhan Dasar dasar aromaterapi berkaitan dengan Rene Morice Gattefosse, seorang ahli kimia pembuat parfum dari Perancis yang pertama kali menggunakan istilah aromaterapi pada tahun 1928.

Aromaterapi Modern
Kelompok paling penting pada zat zat ini adalah minyak atsiri. Ada pun kondisi kondisi yang diobati berupa penggunaan untuk meredakan stress dan banyak minyak atsiri yang digunakan sebagai perelaksasi dan pengobatan berbagai kondisi.

Pengobatan Tradisional Afrika


Pengobatan tradisional Afrika atau yang disebut juga dengan TAMS (Traditional african Medical System) Secara menyeluruh cenderung bersifat empiris daripada teoritis, tetapi memang menganggap adanya kekuatan supra natural sebagai penyebab penyakit.

Konsep sistem pengobatan tradisional afrika


Penyebab penyakit adalah hal yang penting untuk memahami TAMS. Dalam pemikiran masyarakat Afrika, semua mekhluk hidup terkait satu sama lain serta terkait dengan dewa dan roh leluhur. Perlakuan khusus jauh lebih banyak terlibat daripada obat seperti ramalan dan jampi-jampi dapat dilakukan untuk membantu diagnosis

Perlakuan khusus jauh lebih banyak terlibat daripada obat seperti ramalan dan jampi-jampi dapat dilakukan untuk membantu diagnosis serta menggunakan kurban sebagai persembahan. Bentuk diagnosis antara lain 1. pengakuan 2. ramalan

Penyakit-penyakit berat dianggap disebabkan oleh supranatural daripada sakit dan nyeri ringan serta pengobatannya juga akan lebih ditekankan dengan ritual, jampi-jampi, dan persembahan kurban daripada untuk gangguan gangguan ringan.

Pada TAMS, tumbuhan obat juga digunakan. Tabib tradisional tidak hanya menggunakan sifat-sifat farmakologis obat tetapi kekuatannya untuk memulihkan kesehatan sebagai kekuatan supranatural. Hal ini didasarkan pada dua asumsi penting.

1. Tumbuhan tersebut hidup 2. pembebasan kekuatan memerlukan ritual-ritual dan persiapan khusus seperti jampi-jampi agar efektif.

Kesimpulan
1. pengobatan tradisional Asia terdiri dari ayurveda yang berasal dari india, jamu yang berasal dari Indonesia, dan kampo yang berasal dari Jepang. 2. pengobatan tradisional china mengandung 7 konsep TCM yakni Qi, Yin dan Yang, 5 unsur, organ-organ vital, penyebab penyakit, 7 emosi, diagnosis dan pengobatan.

3. aspek dari pengobatan eropa menggunakan aromaterapi yang digunakan untuk meredakan stress dan sebagai perelaksasi dengan minyak atsiri yang terkandung di dalamnya. 4. pengobatan tradisional afrika atau TAMS bersifat empiris dengan menganggap adanya kekuatan supranatural sebagai penyebab penyakit dengan metode penyembuhan menggunakan tumbuhan hidup yang menghasilkan kekuatan vital dan dapat menyembuhkan.