You are on page 1of 9

Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P.

Groover

1. PENDAHULUAN Pengertian Manufaktur Istilah manufaktur berasal dari dua kata bahasa latin, yaitu :
-

Manus, artinya tangan, dan Factus, artinga mengerjakan

Jadi manufaktur artinya mengerjakan dengan tangan atau proses pembuatan produk yang dikerjakan dengan tangan. Pengertian manufaktur sekarang adalah proses pembuatan produk dengan bantuan mesin dan pengontrolan bahkan dikerjakan secara automatis penuh, tetapi tetap melalui pengawasan secara manual. Istilah manufaktur sering dianggap sama dengan produksi, tetapi sebenarnya produksi mempunyai arti yang lebih luas (lihat gambar 1.1 dan 1.2).

Proses Produksi Bahan baku

Bentuk produk : gas, cair, atau padat

Gambar 1.1 Pengertian istilah produksi

Produksi adalah proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk, dapat berupa produk gas, cair, atau padat. Contoh : produksi gas alam, produksi minyak bumi, produksi pesawat terbang.

Proses Manufaktur Bahan baku

Bentuk produk : padat

Gambar 1.2 Pengertian istilah manufaktur

Manufaktur adalah proses pengolahan bahan baku menjadi suatu produk dalam bentuk padat. Contoh : manufaktur pesawat terbang.
1

dan tenaga kerja. 1. ga ke r ja Me sin Proses Manufaktur Bahan baku Te na Da ya Ala t Bahan jadi Sekrap dan limbah Gambar 1. Industri dapat diklasifikasikan sebagai berikut (lihat tabel 1.industri sekunder.3 Pengertian proses manufaktur secara teknis 2.industri primer.3 dan 1. dan .4 Pengertian proses manufaktur secara ekonomis Industri Manufaktur dan Produk Industri terdiri dari perusahaan dan organisasi yang menghasilkan atau mensuplai barang-barang dan jasa.industri tertier. 2 . Secara ekonomis : proses pengolahan bahan dasar (baku) menjadi bahan jadi yang memiliki nilai tambah. alat. .4. Groover Manufaktur dapat didefinisikan secara teknis dan secara ekonomis seperti ditunjukkan dalam gambar 1. Secara teknis: proses pengolahan bahan baku menjadi bahan jadi dengan menggunakan mesin.1) : . daya. Proses manufaktur Nilai tambah Bahan dasar Bahan dalam proses Bahan jadi Gambar 1.Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P.

Capital goods adalah produk-produk yang dibeli langsung oleh oleh perusahaan untuk menghasilkan barang-barang atau pelayanan. pesawat terbang dan sebagainya. seperti mesin perkakas.costumer goods.000 unit/tahun. seperti mobil. dan sebagainya. Produk Manufaktur Produk akhir yang dibuat dalam industri dapat dibagi dalam dua kelas utama. Kegiatan utama pada industri sekunder ini adalah manufaktur. raket tennis.000 unit/tahun. televisi. Groover Industri primer adalah industri yang mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam seperti pertanian. komputer personal. yaitu : . Costumer goods adalah produk-produk yang dibeli langsung oleh konsumen dan digunakan untuk keperluan pribadi.produksi rendah : 1 ÷ 100 unit/tahun. dancapital goods. . perikanan. pelayanan Pada kuliah ini hanya dibahas mengenai industri sekunder (manufaktur).Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. termasuk keperluan konstruksi dan daya. main frame computer.produksi menengah : 100 ÷ 10. Industri tertier adalah industri yang bergerak dalam sektor perekonomian. . 3 . Industri sekunder adalah industri yang mengolah hasil dari industri primer menjadi barang-barang konsumsi (consumer goods) dan barang-barang kapital (capital goods). hotel. dll. biasanya dibuat dalam jumlah kecil atau menengah. pertambangan. dan lain-lainnya. Produk yang terdiri atas berbagai variasi produk dari jenis yang berbeda. peralatan konstruksi. radio. Jumlah Produksi dan Variasi Produksi Jumlah produksi per tahun dapat diklasifikasikan : . seperti perbankkan. Tabel 1. asuransi.produksi tinggi : > 10.1 Bidang-bidang dalam industri Primer Pertanian Kehutanan Perikanan Pertambangan Perminyakan Dan lain-lain Sekunder Logam dasar Automotif Bahan bangunan Komputer Elektronik Dan lain-lain Tertier Perbankkan Komunikasi Pendidikan Hotel Asuransi Restoran. dan lain-lainnya.

banyak digunakan part-part yang sama. dan sebaliknya semakin rendah variasi produk semakin tinggi jumlah produksi yang dapat dibuat.5 Korelasi antara variasi produk dan jumlah produksi Dari gambar 1.variasi produk keras (hard product variety). .kapasitas produksi (production capacity). 4 . Kemampuan Manufaktur Untuk mengukur kemampuan manufaktur dapat dilihat dari : .5 terlihat bahwa semakin tinggi variasi produk semakin rendah jumlah produksi yang dapat dibuat. Variasi produk keras: perbedaan antara variasi produk yang dibuat biasanya jarang menggunakan part yang sama.limitasi fisik produk (phisical product limitations).kemampuan pemrosesan teknologi (technological processing capability). Contoh : perbedaan antara mobil sedan Toyota Corolla dengan mobil sedan Corona. dan . Variasi produk lunak : perbedaan antara variasi produk yang dibuat kecil.Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. Groover Korelasi antara variasi produk dan jumlah produksi ditunjukkan dalam gambar 1. dan . Contoh : perbedaan antara mobil sedan dengan mobil truk. Klasifikasi variasi produk dapat dibagi atas 2 kelompok : . seperti dimana Toyota besar.5. perbedaan antara model mobil yang dibuat pada lini produksi yang sama. Variasi produk Rendah Menengah Tinggi Variasi produk Jumlah produksi Gambar 1.variasi produk lunak (soft product variety).

dan komposit seperti ditunjukkan dalam gambar 1. dan lainlainnya. tembaga. emas. baja tahan karat. Kapasitas produksi. seng. biasa disebut dengan plant capacity atau production capacity. termasuk keahlian merencanakan personal dalam proses teknologi tersbut. magnesium. jumlah jam per minggu. baja karbon. dan lain-lainnya.  Logam besi adalah logam/paduan mengandung besi sebagai unsure utama. material handling. merupakan batasan tentang kemampuan berapa jumlah produk yang dapat diproduksi dalam satu periode waktu tertentu. Contoh : aluminium. nikel. Limitasi fisik produk.  Logam non besi adalah logam/paduan mengandung besi dalam jumlah kecil atau sama sekali tanpa besi. ukuran dan tingkat kesulitan dalam membuatnya. polimer. timah. jumlah shift per minggu.6 Tiga jenis material dasar dan komposit 1. dan tenaga kerja langsung yang diperlukan.Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. Logam terdiri dari logam besi dan ligam non-besi. termasuk didalamnya mengatur tentang equipment. storage dan ukuran plant. Komposit logam-keramik Logam Komposit logam-polimer Keramik Polimer Komposit keramik-polimer Gambar 1. keramik. Faktor yang mempengaruhi antara lain . Contoh : besi tuang. Material yang Digunakan dalam Manufaktur Material teknik dapat diklasifikasikan : logam. 5 . merupakan kemampuan untuk memproduksi berdasarkan berat. Groover Kemampuan pemrosesan teknologi adalah kemampuan suatu perusahaan untuk memproses suatu jenis material dengan keunggulan kompetitif.6 berikut ini.

Ge) dengan unsure-unsur non logam. nesprene. dan lain-lainnya. nitrida boron. b) proses untuk memperbaiki sifat-sifat (property enchancing processes). c. dan c) operasi pemrosesan permukaan (surface processing operations).7. karbida titanium. silikon. poliuretan. dan lain-lainnya. Komposit adalah material yang mnerupakan gabungan antara ketiga jenis material di atas. polistirin. Proses Manufaktur. dapat dibagi dalam dua jenis operasi utama. Polimer adalah senyawa yang terdiri dari serangkaian molekul mer yang sangat banyak. Contoh : polietilin. 3. epoksi. Keramik adalah bahan yang terbentuk dari hasil senyawa antara logam atau semi logam (Si. sifat-sifat. 4. Komposit terdiri dari bahan penguat (filler) dan bahan pengikat (matriks). Polimer dibagi dalam 3 katagori : a. maupun penampilan bendakerja. Contoh : serat gelas dalam matriks polimer. Polimer termoplastik (thermoplastic polymer) yaitu polimer yang akan menjadi lunak bila dipanaskan dan keras bila temperatur turun. yaitu : 1. alumina (Al2O3).Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. 6 . Groover 2. karbida tungsten. 1. merubah bendakerja dari suatu bentuk ke bentuk yang lain mendekati bentuk akhir produk yang diinginkan. resin amino. nitrida titanium. sepertihidfogen. keramik dalam matriks logam. Operasi Pemrosesan. yaitu : a) proses pembentukkan (shaping processes). kayu merupakan komposit alam yang memiliki serat selulose dengan matriks lignin. Operasi pemrosesan dibagi atas tiga kelompok. Contoh : karet alam. operasi pemrosesan (processing operations). sehingga memiliki nilai tambah dengan merubah geometri. dan lain-lainnya. biasanya terdiri dari karbon ditambah satu atau lebih unsure-unsur yang lain. Polimer termoset (thermosetting polymer) yaitu polimer yang segera mengeras setelah mencapai temperatur pembentukkannya. dan lain-lainnya. Klasifikasi proses manufaktur ditunjukkan dalam gambar 1. polivinil klorida. Komposit merupakan optimasi susunan material yang menunjukkan sifat terbaik dari unsure-unsur pembentuknya dan sering juga beberapa sifat yang tidak dimiliki oleh salah satu unsur tersebut. b. dan klorin. Elastomer yaitu polimer yang memiliki sifat elastik. nitrogen. operasi perakitan (assembly operations). 2. Contoh : silica (SiO2). dan selanjutnya tidak akan menjadi lunak walupun dipanaskan kembali Contoh : penolik. nilon.

d) proses pelepasan material (gambar 1. Groover Gambar 1. 7 .7 Kalsifikasi proses manufaktur Proses Pembentukan dibagi atas empat kelompok.Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. b) pemrosesan partikel /metalurgi serbuk (gambar 1.10).9).8). c) proses deformasi (gambar 1.11). yaitu : a) penuangan dan pencetakan (gambar 1.

10 Proses deformasi (a) penempaan. (c) pengerolan. (d) pembengkokkan 8 .Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. Groover Gambar 1.8 Proses penuangan dan pencetakan Gambar 1. (b) ekstrusi.9 Proses metalurgi serbuk Gambar 1.

Groover Gambar 1. seperti : pengelasan. (c) pemfraisan 2. pembrasingan dan penyolderan. dan adhesive bonding.11 Proses pelepasan material (a) pembubutan. Operasi Perakitan. mur. baut). seperti : pengencangan dengan ulir (sekrup. Operasi perakitan dibagi atas dua kelompok.Fundamentals of Modern Manufacturing-Mikell P. yaitu : a) Proses penyambungan permanen. 9 . press fitting). b) Proses penyambungan mekanik. pengencangan permanen (rivet. (b) penggurdian. menyambung/menyatukan dua atau lebih komponenkomponen.