P. 1
Cara Mudah Membuat Aplikasi Android

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android

|Views: 90|Likes:
Published by Mirza Ashshiddiqi
Di artikel ini ada beberapa cara sederhana untuk membuat aplikasi android, silakan dicoba
Di artikel ini ada beberapa cara sederhana untuk membuat aplikasi android, silakan dicoba

More info:

Published by: Mirza Ashshiddiqi on Oct 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/13/2014

pdf

text

original

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~1,Mudah Membuat Aplikasi Android – Ini adalah lanjutan dari atrikel saya

terdahulu “cara mudah membuat aplikasi android” disini saya akan berbagi tentang cara lain membuat android dengan mudah selain menggunakan tool yang telah saya bahas sebelumnya. Untuk membuat suatu aplikasi android Selain menggunakan perangkat lunak dari google yang bernama App Inovator, kita juga dapat menggunakan alat yang lain seperti JDK 6 (Java Developer Kit), Android SDK, Eclipse 3.5, ADT 0.9.4 (Android Development Tools). tool-tool ini akan sangat diperlukan ketika kita akan membuat suatu aplikasi android.sebelum menuju ke pembuatan aplikasi android kita lakukan installasi alat-alat diatas terlebih dahulu. kita mulai dari install JDK 6
  

seperti biasa kita jalankan aplikasi JDK ini dengan cara klik dua kali.(biarkan semua setingan seperti apa adanya/default) saat instalasi berakhir aplikasi ini akan pada (C:Program FilesJava) di dalamnya nanti ada folder JDK dan JRE dan terakhir kita lakukan seting PATH Java. yaitu dari kontrol, Panel>System>Advanced>Environment Variables, isi nama variabel : PATH dan variabel value : C:Program FilesJavajdk1.6.0_16bin (menunjuk pada folder bin JDK Anda).

cara mudah membuat aplikasi android ~1

cara mudah membuat aplikasi android ~1 Instalasi Android SDK
  

Extract Android SDK pada satu tempat di partisi yang Anda punya, misal di C:Androidandroid-sdkwindows-1.6_r1android-sdk-windows-1.6_r1. Setting Android SDK tempatkan pada PATH JDK (klik kanan pada My Computer) kemudian klik Advanced Tab. Klik Environment Variables sehingga akan terlihat PATH Java yang tadi. Klik 2 kali pada variable PATH kemudian masukkan PATH Android SDK, dipisahkan dengan tanda titik koma. Misal : C:Androidandroid-sdk-windows-1.6_r1android-sdk-win.

cara mudah membuat aplikasi android ~1 Cara mudah membuat aplikasi android ~2,cara mudah membuat aplikasi android – sepreti janji saya kemeren saya akan melanjutkan membhas Cara mudah membuat aplikasi android, dalam artikel Cara mudah membuat aplikasi android ~2 kali ini akan dibahas cara meng install Eclipse dan ADT yang merupakan perangkat-perangkat yang di butuhkan dalam membuat aplikasi android. Istalasi Eclipse 1. Extract terlebih dahulu paket zip Eclipse 2. alankan Eclipse.exe. Ketika dijalankan, Eclipse akan membutuhkan tempat (Workspace) untuk project2 yang akan dibuat. (note: eclipse tidak membutuhkan proses instalasi) 3. Untuk memulai menggunakan Eclipse, klik ikon Workbench yang terletak pada ujung sebelah kanan.

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 Instalasi ADT 1. Jalankan aplikasi Eclipse

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 2. Pilih Help>Install New Software 3. Klik Add, sehingga muncul jendela Add Site. Pada Name kita isi dengan ADT. Kemudian klik pada tombol Archieve, dan cari folder dunana Anda menempatkan file ADT. Kemudian OK

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 4. Maka kemudian akan terlihat pada jendela Available Software, pilih checklist pada Developer Tools sehingga semua checklist terpilih. Klik Next. <p>Your browser does not support iframes.</p>

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 5. Akan terlihat jendela dialog Install Detail. Klik Next. 6. Kemudian muncul jendela licence agreement, pilih I accept the …. Klik Finish.7. Restart Eclipse. Jika instalasi ADT sukses, maka akan terlihat Menu baru Android SDK and AVD Manager pada Menu Windows. Konfigurasi Eclipse dan ADT 1. Klik pada Menu Windows>Preference, pilih Android, kemudian Browse pada SDK Location sesuai dengan Folder dimana SDK Anda tempatkan. Klik Apply, tunggu sebentar hingga muncul list.

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 2. Kembali ke Menu utama, kemudian pilih Windows>Android SDK and AVD Manager. 3. Pilih AVD1 (Android Virtual Device). Klik Start.

Cara mudah membuat aplikasi android ~2 4. Android akan Loading beberapa waktu, sehingga akhirnya AVD telah siap. Klik tombol Menu untuk masuk ke dalam program explorer.

Cara mudah membuat aplikasi android ~2

Cara mudah membuat aplikasi android ~2

CARA MUDAH MEMBUAT APLIKASI ANDROID. kali ini akan membahas tentang installer dari internet (on-line) dan dari file (off-line), simak dan ikuti langka-lankanya dengan seksama ya..

Install dari Internet
 

Buka aplikasi eclipse, kemudian pilih Window>Android SDK and AVD Manager. Pilih New, kemudian akan muncul jendela Create New AVD, silakan masukkan parameternya seperti gambar di bawah

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3
 

Klik Create AVD, tunggu beberapa saat sehingga pada jendela Android SDK and AVD Manager terlihat daftar AVD yang ada. Pilih AVD1 lalu klik Start untuk menjalankan emulator, tunggu beberapa saat sehingga muncul emulatornya.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3

Klik Browser, kemudian kita akan memasukkan alamat situsnya melalui Menu>Go dan ketikkan www.androidfreeware.org.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3

Kemudian pilih aplikasi yang ingin kita install, misalkan saya memilih aplikasi Games Sudoku Android. Klik Download yang berada di bagian bawah deskripsi aplikasi. Jika aplikasi tidak secara otomatis terunduh, maka coba klik clikc here.

<p>Your browser does not support iframes.</p>

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3

Setelah proses mengunduh selesai, klik pada Android_Sudoku.apk kemudian klik install. Setelah proses instalasi selesai, kita bisa memilih untuk membuka aplikasi tersebut atau kembali ke menu utama.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3 Install dari File
 

Masuk ke console Windows / CMD Lalu masuk ke folder dimana SDK berada, caranya dengan <SDK>/tools/emulator -avd <nama AVD>

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3
 

Setelah Emulator Android terbuka, lalu kita copy aplikasi yang sudah diunduh sebelumnya ke folder tools. Jika sudah di-copy kita masuk lagi ke console lalu ketik adb install<nama_aplikasi.apk>

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3

Jika sudah success maka akan terlihat aplikasi baru bernama Lunar Lander pada Launcher.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3 Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~4, Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~4 - Rasanya sudah lama saya tidak membuat lanjutan dari serial Cara Mudah Membuat Aplikasi Android, kli ini saya akan melanjutkan langka berikutnya. kali ini kita akan mulai belajar coding dalam android, untuk langka pertama kita akan membuat “Hell Word” dalam android. sebelum ke langka ini sebaiknya sobat pastikan langka-langka di artikel Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~1, Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~2, dan Cara Mudah Membuat Aplikasi Android ~3 sudah di lakukan dengan benar. kalau sudah ikuti langka-langka berikut ini.

Sekarang kita mulai membuat project untuk aplikasi yang akan kita buat.
  

Dari Eclipse, pilih File > New > Project. Pilih Android Project dan klik Next. Isikan field-field dengan nilai berikut:

<p>Your browser does not support iframes.</p> 1. 2. 3. 4.
 

◦ Project name : HelloWorld ◦ Application name : Hello, World ◦ Package name : com.example.helloworld (atau namespace pribadi anda) ◦ CreateActivity : HelloWorld Centang versi platform pada Build Target, misal: Android 2.2 Klik Finish.

Kemudian kita mulai tulis kode programnya : 1. Buka berkas HelloWorld.java yang terletak pada HelloWorld > src > com.example.helloworld 2. Ganti isi HelloWorld.java yang ada dengan kode berikut::
package com.example.helloworld;

import android.app.Activity; public class HelloWorld extends Activity { /** Called when the activity is first created. */ @Override public void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); TextView hello = new TextView(this); hello.setText("Hello World!!"); setContentView(hello); } }

Setelah itu kita Run dan lihat hasilnya pada emulator android yang sudah terinstall, dan akan muncul tampilan seperti berikut ini:

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->