JURUSAN : AKUNTANSI NON DIK KELAS :A

1. EVRIDA MANURUNG (7103220021) 2. FRANSISCA W M GULTOM (7103220027) 3. HAIYUM SIDQI (7103220029) 4. LINDA TRI YANA GULO (7103220043)

KELOMPOK 6 :

Pengertian Kredit Bank adalah pemberian fasilitas pinjaman kepada nasabah, baik berupa pinjaman tunai (cash loan) maupun pinjaman non tunai (non-cash loan). Pinjaman Tunai Pengertian Berdasarkan UU Nomor 10 tahun 1998 tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, yang dimaksud dengan kredit adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan. Pertimbangan Penyaluran Dana

1

ketersediaan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan dan tingkat penguasaan teknologi 2 . Perizinan dan aspek legalitas tersebut antara lain : Izin Mendirikan Bangunan (IMB) angka pengenal eksportir terbatas. penampilan. Pengalaman yang tidak sesuai dengan bidang kegiatan yang akan dijalankan akan mengurangi kinerja usaha nasabah. Tersedianya bahan baku.Dalam memberikan kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. dan Tanda Daftar Perusahaan. ketersediaan mesin dan peralatan. Sertifikat Tanah. tempat usaha yang memenuhi syarat. bank umum wajib mempunyai keyakinan berdasarkan análisis yang mendalam atas itikad dan kemampuan serta kesanggupan nasabah debitor untuk melunasi utangnya atau mengembalikan pembiayaan yang dimaksud sesuai dengan perjanjian. lingkungan sosial.  Karakter Untuk menilai karakter suatu nasabah dan meramalkan perilakunya di masa yang akan datang. Surat Izin Jasa Usaha Rekonstruksi. Hal – hal yang selalu ingin diketahui bank sebelum menyalurkan dananya dalam bentuk kredit maupun poembiayaan berdasar prinsip syariah adalah :  Perizinan dan legalitas Bentuk -bentuk perizinan dan legalitas yang harus dipenuhi debitor sangant bervariasi tergantung pada bidang kegiatan atau usaha nasabah. adanya tenaga ahli. Indikator tersebut adalah : profesi. pengalaman dan tindakan atas perilaku.  Pengalaman dan Manajemen Pengalaman dan manajemen nasabah sangat mempengaruhi kemampuan nasabah untuk mengelola kegiatannya sehingga dapat menghasilkan dana untuk membayar kewajibannya pada bank. Manajemen atas usaha nasabah yang tidak sesuai dengan kebutuhan juga akan mengurangi kinerja nasabah  Kemampuan Teknis Kemampuan teknis nasabah menyangkut faktor yang dapat mendukung kelancaran kegiatan usaha nasabah secara teknis. bank hanya dapat menggunakan beberapa indikator. surat izin tempat usaha.

waktu tambahan dana diperlukan.  Agunan 3 .  Keuangan Sehat dan tidaknya keadaan usaha nasabah dapat dilihat salah satunya melalui keadaan keuangannya. Pihak bank harus ekstra hati – hati apabila dampak yang ditimbulkan adalah sesuatu yang tidak disukai oleh masyarakat. kegiatannya harus didukung dengan perencanaan pemasaran yang matang dan wajar. pihak bank dapat mengetahui tingkat keuntungan. Apabila nasabah tidak berhasil menjual produknya.  Sosial Keberadaan kegiatan yang dibiayai oleh bank sedikit banyak pasti membawa dampak tertentu terhadap masyrakat. terutama apabila ketidakseuskaan tersebut dapat menyebabkan terganggunya usaha nasabah di masa yang akan datang. efisiensi alokasi dana dalam berbagai macam bentuk aktiva dan lain – lain. Dari laporan keuangan ini. dan keadaan keuangan nasabah dapat dilihat melalui laporan keuangannya. Masalah yang seringkali muncul adalah tidak tersedianya laporan keuangan yang dapat mencerminkan kondisi keuangan nasabah secara real.merupakan contoh faktor – faktor yang dapat mempengaruhi tenaga teknis nasabah dalam menjalankan kegiatannya. Ada kalanya nasabah memerlukan seorang konsultan untuk membuiat perencanaan yang teliti dan komprehensif. nasabah akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya kepada pihak bank. kemampuan untuk memenuhi kewajiban finansial kepada pihak ketiga. Petugas bank harus dapat meneliti apakah laporan keuangan tersebut telah sesuai dengan keadaan keuangan nasabah secara real. jumlah dana yang diperlukan. permasalahan teknis dan pemasaran yang dihadapi. Terganggunya usaha nasabah dapat menyebabkan terganggunya kemampuan nasabah untuk memenuhi kewajiban finansilanya kepada bank. kemampuan nasabah untuk memenuhi kewajiban kepada bank.  Pemasaran Bagi kegiatan nasabah yang memerlukan pemasaran atas suatu produk. Perusahaan besar biasanya mempunyai laporan keuangan yang lengkap namun tidak selalu dapat mencerminkan keadaan keuangan nasabah yang sebenarnya. dan apabila tidak sesuai maka yang bersangkutan harus mencari tambahan informasi dari berbagai sumber untuk mengetahui kondisi keuangan nasabah yang sebenarnya.

yaitu barang yang tidak dibiayai oleh bank dan bukan merupakan barang yang digunakan untuk kegiatan operasinal usaha nasabah. Fasilitas KMK ini hanya diberikan sebatas satu kali perputaran usaha nasabah. pihak bank perlu berjaga – jaga terhadap kemungkinan yang buruk. Agunan ini meliputi : 1) Agunan utama. Namun mengingat análisis yang telah dilakukan bank terhadap berbagai aspek yang lain. kredit dapat dibedakan menjadi : 1) Kredit Modal Kerja (KMK) KMK adalah kredit yang digunakan untuk membiayai kebutuhan modal kerja nasabah. maka truk tersebut dapat dijadikan agunan utama. KMK biasanya berjangka pendek dan disesuaikan dengan jangka waktu perputaran kerja nasabah. yaitu barang yang dibiayai oleh dana dari bank. Ditinjau dari jangka waktunya KMK terdiri atas dua macam :  KMK Revolving Apabila kegiatan usaha debitor dapat diharapkan berlangsung secara berkelanjutan dalam jangka panjang dan pihak bank cukup mempercayai kemampuan nasabah.Sebenarnya agunan bukan merupakan faktor utama yang dijadikan oleh bank untuk menentukan keputusan pemberian dana. 2) Agunan tambahan. KMK semacam ini disebut sebagai KMK Revolving. Hanya apabila pihak bank mulai meragukan kinerja nasabah maka bank dapat saja meninjau kembali pemberian fasilitas KMK Revolving kapada nasabah. Hal penting dalam penyerahan agunan ini adalah keabsahan secara yuridis dalam perjanjian pengikatan agunan. maka pihak bank merasa lebih aman kalau memberi KMK Einmaleg. 4 . Apabila dana dari bank digunakan untuk pembelian truk. maka fasilitas KMK nasabah dapat diperpanjang setiap periodenya tanpa harus mengajukan permohonan kredit baru.  KMK Einmaleg Apabila volumen kegiatan usaha debitor sangat berfluktuasi dari waktu ke waktu dan atau pihak bank kurang mempercayai kemampuan dan kemauan nasabah. Jenis Kredit atas Dasar Tujuan Penggunaan Atas dasar tujuan penggunaan dananya oleh debitor.

komputer untuk kantor. maka kualitas kredit digolongkan menjadi :  Prospek usaha (perlu juga memperhatikan upaya debitor dalam rangka memelihara lingkungan hidup)   Kinerja (performance) debitor Kemampuan membayar Kredit pada Usaha Kecil dan Mikro Pengertian Secara umum yang dimaksud dengan kredit untuk usaha kecil adalah kredit yang diberikan kepada nasabah usaha kecil dengan plafón kredit maksimum Rp. Berdasarkan pertimbangan kuantitatif dan judgement. Kredit tersebut dapat berupa kredit investasi 5 . 250 juta untuk membiaya usaha yang produktif. truk pengangkut sembako dll. misalnya KI dapat digunakan untuk pemebelian tanah dan bangunan untuk kantor. Kredit jenis ini seringkali juga diberi nama kredit multiguna yang berarti bisa digunakan untuk berbagai tujuan oleh nasabah. 2) Kredit Investasi (KI) Kredit Investasi adalah kredit yang digunakan untuk pengadaan barang modal jangka panjang untuk kegiatan usaha nasabah. sehingga kredit merupakan salah satu bentuk dari aktiva produktif. Kolektibilitas Kredit Aktiva produktif adalah semua aktiva dalam rupiah dan valuta asing yang dimiliki bank dengan maksud untuk memperoleh penghasilan sesuai dengan fungsinya. Kualitas aktiva produktif bank dinilai berdasarkan kolektibilitasnya. 3) Kredit Konsumsi Kredit Konsumsi adalah kredit yang digunakan dalam rangka pengadaan barang atau jasa untuk tujuan konsumsi dan bukan sebagai barang modal dalam kegiatan usaha nasabah.KMK jenis ini juga dapat diberikan kepada debitor yang kegiatan usahanya sangat tergantung kepada proyek yang diperoleh. Apabila nasabah bergerak dalam bidang perdagangan sembako.

atau objek yang dibiayai dengan fasilitas kredit. 600 juta tidak termasuk tanah dan bangunan yang ditempati. c) Cenderung menimbulkan biaya pelayanan kredit realtif lebih tinggi Tingginya tingkat bunga kredit. Kerja sama Pemberian Kredit kepada Usaha Kecil dan Mikro Dengan adanya kerja sama ini diharapkan tingkat penyaluran kredit kepada usaha kecil dan mikro dapat semakin besar dan luas. sebenanrnya bukan masalah utama bagi masalah kecil dan mikro. dan mungkin juga karena keterbatasan kredit calon debitor yang menyebabkan proses pengajuan dan persetujuan kredit menjadi lebih sederhana dan cepat. Karakteristik kredit kepada Usaha Kecil dan Mikro Karakteristik Kredit Kepada Usaha Kecil dan Mikro ini secara umum adalah : a) Memerlukan persyaratan penyerahan agunan yang lebih lunak Usaha kecil dan mikro biasanya akan mengalami kesulitan untuk menyerahkan agunan tambahan. karena biasanya tidak dapat dipasarkan. Akses informasi calon debitor yang kurang baik menyebabkan calon debitor seringkali kurang bisa menerima apabila proses persetujuan kredit dianggap terlalu rumit. d) Memerlukan persyaratan persetujuan kredit yang lebih sedehana Keterbatasan akses informasi akses informasi. samapi dengan taraf tertentu.maupun Kredit Modal Kerja (KMK). pencatatan dan perencanaan. Hal – hal tersebut cenderung menyebabkan pihak bank perlu merancang suatu monitoring tersendiri yang tidak dapat disamakan dengan usaha skala menengah dan besar yang lebih terorganisasi. biaya aplikasi kredit dibandingkan nilai kredit yang relatif besar. Kerja sama tersebut juga dapat dialukan oleh bank umum dengan bank umum lainnya. bank perkreditan rakyat atau lembaga pembiayaan. Agunan utama ini bukanlah agunan yang secure bagi pihak bank. Usaha kecil adalah usaha yang memiliki total aset maksimum Rp. Agunan yang paling mungkin untuk dijadikan jaminan hanyalah agunan utama. nilainya tidak stabil dan sulit sekali dikendalikan kepemilikannnya b) Memerlukan metode monitoring kredit yang khusus Usaha kecil dan mikro biasanya memiiki keterbatasaan dalam administrasi. Hal ini antara lain terbukti dengan keberhasilan para pemberi kredit pinjaman non bank. Berbagai alternatif bentuk kerja sama yang dikembangkan 6 .

Pihak yang dijamin biasanya adalah nasabah bank yang bersangkutan. Perjanjian yang dapat dilayani dengan bank garansi tidak dibatasi hanya pada perjanjian tertentu. Penyaluran kredit (chanelling) d. Proses Bank garansi Proses bank garansi secara lebih lengkap akan diuraikan dalam tahap-tahapan berikut : 1. Mengadakan analisis terhadap permohonan tersebut 4. Pinjaman langsung dari bhank umum kepada BPR Pembiayaan bersama atau (join financing) c. Pembeli mengajukan perpohonan bank garansi 3. hanya apabila pihak yang dijamin melakukan cidera janji. 2. Bank Garansi Pengertian Bank garansi adalah salah satu jasa yang diberikan oleh bank berupa jaminan pembayaran sejumlah tertentu uang yang akan diberikan kepa pihak yang menerima jaminan. kontrak mengontrak. sedangkan jaminan diberikan kepada pihak lain yang mengadakan perjanjian dengan nasabah. Apabila analisis bank menghasilkan keputusan menyetujui permohonan bank garansi dengan pihak bersangkutan 5. pemborongan. Negosiasi awal antara penjual dan pembeli 2. Bank garansi diterbitkan dan diserahkan kepada pihak yng terkait 7 . sewa. Perjanjian tersebut dapat berupa perjanjian jual beli. dll. bank didorong tidak hanya mengandalkan sumber penerimaan utamanya dari penyaluran kredit melainkan juga dari jasa-jasa yang diberikan. Penerbitan SPBU Noncash Loan Pengertian Semakin pesatnya persaingan antar bank. b.Anjak piutang (factoring) e.oleh bank dalam penyaluran kredit kepada usaha kecil dan mikro antara lain dapat berupa : a.

Perjanjian direalisasikan dan penjual mengirim barangb ke pembeli 7. • Melunasi kredit beserta bunga • Agunan tambahan dikembalikan kepada pihak tersebut • Proses bank garansi selesai 3.6. • Bank membayar sejumlah nominal bank garansi • Sisa kewajiban tersebut diubah menjadi kredit biasa yang harus dibayar beserta bunganya. Kemungkinan I • Menepati perjanjian dengan membayar lunas kepada pembeli.dan selanjutnya: • Membawa sertifikat bank garansi dan dokumen yang dapat membukyikan bahwa pihak tersebut telah ingkar janji. • Penjual idak mempunyai lasan untuk melakukan klaim kebank • Sertifikat bank garansi dikembalikan kebank • Setoran jminan dikembalikan kepda pembeli • Aguanan tambahan dikembalikan kepada pembeli • Proses bank garansi selesai Kemungkinan II yaitu pada saat yang telah disepakati tidak dapat membayar lunas kepada pembeli. Jenis dan manfaat Bank Garansi Jenis bank garansi pada dasarnya sesuai dengan tipe perjanjian bank garansi dalam perjanjian.dn selanjutnya.Beberapa jenis bank garansi yang ada antara lain adalah: • Bank garansi Pembelian • Bank garansi Pita Cukai Tembakau • Bnk Garansi Penangguhan Bea masuk • Bank garansi Tender(bid bond) • Bank Garansi Pelaksnaan (Performance Bond) • Bank Garansi Uang Muka (Advance Payment Bond) • Bank Garansi Pemeliharaan (Retention Bond) Manfaat yang dapat diharapkan oleh bank dengan memberikan fasilitas bank garansi kepada nasabahnya sebagai berikut :  Penerimaan berupa biaya administrasi yang merupakan fee based income bagi bank 8 .

Pihak perantara ini biasanya juga merupakan suatu bank yang ditunjukan atas dasar kesepakatan antara pembeli. Pihak bank perantara atau lebih sering disebut sebagai Bank Penerus atau Advising Bank atau Negotiating Bank meneruskan LC tersebut kepada Kyodong Co. LC diterbitkan tidak langsung. Pembelli mengajukan LC ke Bank Mandiri 3. 6. Bank Mandiri mengadakan analisis terhadap permohonan tersebut.tapi melalui perantara. Setelah Penjual menerima LC. Sebagai penjual. Pengedapan dana storjam yang merupakan dana murah bagi bank  Memberikan pelayanan kepada nasabahnya sehingga nasabah menjadi lebih loyal kepada bank. 8. berupa penangguhan pembayaran pembelian oleh pembeli sejak LC dibuka sampai dengan jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. 7. Proses Letter of Credit Contoh proses LC akan diuraikan dalm tahap-tahapan berikut : 1. Letter of Credit Letter of Credit atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat kredit berdokumen merupkan salah satu jasa yang ditawarkan bank dalam rangka pembelian barang. maka bank mencantumkan juga persyaratan mengenai: • Harga barang • Cara pembayaran • Tipe • Setoran jaminan • Agunan tambahan • Provisi 5. penjual merasa yakin bahwa apabila yang bersangkutan mengirim barang maka nantiny Bank Mandiri pasti akan melakukan pembayaran. 4.penjual. Membawa dokumen pengiriman barang seperti: • Bill of ladding 9 .dan bank mandiri. Apabila analisis bank menghasilkan keputusan persetujuan LC tersebut. Negosiasi awal antara penjual dan pembeli 2.

dll 9. 10. Pengalihan hak  Transferable LC  Untransferable LC 5. Pihak Advising bank  General / Negotiating / Non – Restricted LC 10 . Ruang lingkup transaksi  LC Impor  LC Dalam Negeri 2. Samsuk Bank tidak langsung melakukan pembayaran. 14. Bank Mandiri menagih kewajiban pembayaran pembelian barang. Bank Mandiri menliti keabsahan dokumen dan kesuaiannya dengan isi perjanjian jual beli serta LC. 13. 11. Saat Penyelesaian  Sight LC  Usance LC 3.maka Bank Mandiri melakukan pembayaran ke penjual melalui bank penerus. Kemungkinan II • Tidak dapat membayar saat kewajiban jatuh tempo Jenis dan Manfaat Letter of Credit LC dapat dibedakan mrenjadi beberapa jenis antara lain: 1. 12. tetapi sesuai dengan fungsinya sebagai bank penerus Samsuk Bank meneruskan dokumen penagihan kepada Bank Mandiri sebagai penerbit. Pembatalan  Revocable LC  Irrevocable LC 4. Bank penerus meneruskan pembayaran tersebut kepada penjual. Kemunkinan I • Membayar lunas tepat waktu kepada pembeli 15.• Faktur • Certificate • List • Polis asuransi pengangkutan barang. Jika ternyata dokumen setelah diteliti dinyatakan sesuai.

bisa dikatakan sebanyak 11 . tumpukan uangnya seringkali tampak menggunung sehingga Paman Gober yang digambarkan sebagai orang yang rakus – seringkali berendam di antara tumpukan uangnya. Beberapa diantara Anda mungkin pernah membaca Komik Donal Bebek yang sangat terkenal itu. Saking banyaknya uang yang dia miliki. Paman Gober adalah bebek yang luar biasa kayanya sehingga ia bisa membangun sebuah gudang yang sangat besar yang bisa digunakannya untuk menyimpan semua tumpukan uangnya. baik uang kertas maupun uang logam. 684/XIV 26. Tulisan kali ini tentu saja tidak akan membahas tentang Paman Gober dan tumpukan uangnya. Dikisahkan Donal Bebek memiliki seorang paman yang kaya sekali bernama Paman Gober.08. Pengedapan dana setoran yang merupakan dana murah bagi bank 3. Penerimaan biaya administrasi berupa provisi 2. Restricted LC/ Straight LC 6. Pemberian pelayanan kepada nasabah Artikel Terkait Berkenalan Dengan Kredit Bank Dikutip dari Tabloid NOVA No. Namun bila kita berbicara mengenai bank.2008 | Author: Safir Senduk | Article Posted in Usaha Kecil lainnya Kredit Bank. Cara pembayaran kepada beneficiary  Standby LC  Red – Clause LC  Clean LC Manfaat yang didapat diharapkn oleh bank dengan memberikan fasilitas Letter of credit: 1.

kan? Itu sebabnya. Meski begitu Anda tak perlu khawatir bank menumpuk semua uangnya di dalam satu gudang seperti Paman Gober itu. Sebagai contoh. berarti uang itu tidak produktif. maka jika ada nasabah yang mau menarik uangnya bakal kesulitan. Itu sebabnya. dan dari jumlah itu. kalau Anda menyimpan uang Rp 10 juta di deposito. Dapatkah Anda bayangkan ada berapa banyak dana bisa dipinjamkan oleh bank bila ada ribuan orang yang menyimpan uangnya di bank? Pada kenyataannya. kalau 100 persen uang nasabah dilempar dalam bentuk kredit.3 juta-nya akan digunakan untuk membayar bunga deposito Anda yang besarnya 13 persen. 12 .itu juga mungkin uang yang dimiliki oleh bank tempat Anda menyimpan uang. keuntungan itu masih harus dikurangi lagi dengan biaya-biaya operasional bank seperti gaji karyawan dan lain sebagainya. Kebanyakan dari uang di bank itu adalah uang nasabah. bank juga harus mencari pendapatan agar bisa membayar bunga tabungan dan deposito yang Anda simpan pada mereka. Nah. maka bank berjanji akan memberikan bunga sebesar. Padahal. Oleh bank. misalnya 13 persen per tahun. sebesar Rp 1. Peminjaman ini disertai syarat pengembalian dengan bunga yang lebih besar dari 13%. Kalau bank menyimpan semua uang nasabah itu dalam satu tempat. bank pasti memiliki persediaan uang tunai agar selalu tersedia uang bagi nasabah yang ingin menarik simpanan uangnya di bank. katakanlah 18 persen. Selisihnya yang Rp 500 ribu akan menjadi keuntungan bank.8 juta (bunga 18 persen dari Rp 10 juta). bank lalu “melemparkan” kembali sebagian besar uang masyarakat itu ke dalam bentuk pinjaman (kredit). sebetulnya uang Rp 10 juta tersebut akan “dilempar” lagi ke masyarakat dengan cara meminjamkannya kepada mereka yang membutuhkan (seperti orang yang ingin membuka usaha atau ingin membeli suatu barang dengan cara kredit). Jadi kasarnya – bank akan mendapatkan penghasilan sebesar Rp 1. Ini karena setiap hari ada saja anggota masyarakat yang menarik simpanan uangnya di bank. bank tentu saja tidak melempar 100 persen uang nasabahnya ke dalam bentuk kredit. Tentu saja.

Perbedaan motif inilah yang lalu membuat bank kemudian mencipta-kan berbagai macam produk pinjaman. Yakni: 1. karena dana tunai yang dimiliki bank biasanya “terbatas”. seperti usaha perdagangan. Siapa tahu Anda kelak memang perlu meminjam uang dari bank sehingga tulisan ini mungkin bisa menambah pengetahuan Anda mengenai hal itu. Anda juga bisa MEMINJAM uang di bank. ada juga yang hanya Rp 5 juta dalam satu harinya. usaha jasa konsultasi. Ini supaya bank bisa menyediakan dulu uang tunainya. selain bisa MENYIMPAN uang di bank. Anda harus datang langsung ke loket kasir di bank.lain. Kredit Usaha 2. Tentu saja jumlahnya dibatasi.5 juta dalam satu hari. Ada bank yang membatasi penarikan uang di ATM sebesar Rp 7. usaha industri rumah tangga. Kredit Konsumsi 3. Kalau Anda ingin menarik uang dalam jumlah yang lebih besar dari itu. Ada juga orang yang meminjam untuk renovasi rumah. ada tiga macam produk kredit. Ada orang yang meminjam untuk modal membuka usaha. tidak ada salahnya bila Anda berkenalan lebih dulu dengan produk-produk pinjaman (kredit) di bank. Karena itu. Pada dasarnya. Hanya saja. Bila 13 . beli mobil baru. dan lain . Kredit Serba Guna Kredit Usaha adalah kredit yang digunakan untuk membiayai perputaran usaha atau bisnis sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang produktif. Masing-masing produk dibuat untuk memenuhi tujuan yang berbeda. Penarikan uang di loket kasir di bank biasanya tidak dibatasi jumlahnya (asalkan memang saldo Anda mencukupi). MACAM-MACAM PRODUK KREDIT Jadi pembaca. Motif meminjam uang di masyarakat berbeda-beda.Persediaan uang tunai tersebut oleh bank akan disebar ke semua kantor cabang dan juga ke mesin-mesin ATM. maka Anda biasanya harus memberi tahu dulu (biasanya sehari sebelumnya) bila hendak menarik dalam jumlah sangat besar. beli komputer dan lain sebagainya. Itu sebabnya penarikan uang di ATM seringkali dibatasi jumlahnya.

ada pula Kredit Serba Guna. bisa untuk konsumsi maupun untuk usaha. salah satu produk kredit serba guna yang sering dipasarkan adalah Kredit Tanpa Agunan. karena uang itu oleh nasabah akan digunakan untuk tujuan konsumtif. Tentunya. Lo. Sedangkan Kredit Konsumsi adalah kredit yang digunakan untuk membeli sesuatu yang sifatnya konsumtif. Anda tidak harus menyerahkan Barang Jaminan kepada bank. bank akan menyita harta yang Anda jaminkan tersebut. Seperti tertulis di namanya. risiko gagal bayar dari nasabah akan menjadi lebih besar lagi karena bank tidak memiliki barang jaminan dari Anda dan bank juga tidak mengawasi akan digunakan untuk apa uang yang mereka pinjamkan kepada Anda itu (pada nomor-nomor mendatang kita akan membahas khusus tentang salah satu produk kredit tanpa Agunan yang sekarang sedang gencar dipasarkan di masyarakat). Tentunya nilai Barang Jaminan itu harus lebih besar atau minimal harus sama dengan nilai uang yang Anda pinjam. Anda harus menjaminkan salah satu harta yang Anda miliki kepada bank sehingga apabila Anda tidak mampu mengembalikan pinjaman tersebut. bila Anda ingin mendapatkan kredit. Tentu saja. bukankah meminjam uang dari bank biasanya harus pakai jaminan? Betul.Anda memiliki usaha yang prospeknya kelihatan cukup cerah. Anda hanya disyaratkan untuk memiliki jumlah penghasilan tertentu setiap bulannya dan menyerahkan sejumlah bukti yang bisa menunjukkan bahwa Anda memang betul berpenghasilan sebesar jumlah yang disyaratkan. maka risiko bagi bank bahwa nasabahnya tidak mampu membayar pinjamannya akan menjadi lebih besar sehingga pada umumnya suku bunga yang dibebankan kepada nasabah untuk Kredit Konsumsi akan lebih besar ketimbang bunga kredit untuk tujuan usaha. Agunan adalah nama lain dari Jaminan. bagi bank bersangkutan. 14 . Anda bisa datang kepada bank dan mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan pinjaman dana untuk usaha Anda. Selain dua jenis kredit tadi. Kredit Serba Guna adalah kredit yang bisa digunakan untuk tujuan apa saja. seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi. Nah. Pada umumnya. Tapi pada produk Kredit Tanpa Agunan. Dua kredit konsumsi yang biasanya cukup laris adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan.

15 . Pada nomor mendatang kita akan membahas apa saja umumnya syarat-syarat yang diminta oleh bank bila Anda ingin meminjam uang dari mereka. tentunya ada sejumlah syarat yang harus Anda penuhi. Untuk bisa meminjam uang. nanti dulu.Bagaimana? Tertarik untuk mencoba meminjam uang dari bank? Untuk konsumsi maupun untuk usaha. mungkin? Eit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful