P. 1
Suku Bali

Suku Bali

|Views: 38|Likes:
Published by angel_maria90

More info:

Published by: angel_maria90 on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/29/2014

pdf

text

original

Suku Bali Pengenalan suku Siapa tak kenal Bali?

Di luar negeri, Bali lebih dikenal daripada Indonesia. Kata “Bali” merupakan daya tarik kuat bagi wisatawan asing untuk dating ke Indonesia. Pulau Dewata ini didiami oleh sebagian besar suku Bali. Orang Bali juga terdapat di Pulau Lombok bagian barat. Ada juga yang bertransmigrasi ke daerah lain di Indonesia, seperti Lampung, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah dan Selatan serta Irian Jaya. Sosial Budaya Ada dua kelompok masyarakat suku Bali. Yang pertama adalah Bali Aga, yaitu penduduk asli yang mendiami daerah pegunungan. Sedang yang kedua adalah Bali Majapahit, yaitu pendatang dari Jawa (Kerajaan Majapahit) yang beragama Hindu, tinggal di sebagian besar Pulau Bali, khusunya dataran rendah. Mata pencaharian utama orang Bali Aga maupun Bali Majapahit adalah bercocok tanam di sawah. Sistem irigasi mereka dikenal dengan sebutan subak. Ikatan solidaritas antar sesame a nggota satu subak ( satu sumber air yang sama) terlihat saat rapat subak atau saat upacara keagamaan khhusus. Masyarakat Bali juga mengenal ikatan lain berkenaan dengan kegiatan tertentu dalam kehidupan mereka yang disebut dadia. Suatu dadia biasanya menempati satu kompleks rumah yang dibatsi oleh tembok sekitar 2m dengan sebuah pintuu masuk yang dihiasi dengan gapura dan anak tangga. Di dalamnya juga ada seuah kuil tempat pemujaan milik keluarga. Ikatan lain didasarkan atas sistem religi orang Bali, yaitu Hindu Bali. Terdapat juga ikatan berdasarkan aktivitas mata pencaharian dan ikatan antar warga kasta. Keindahan alam Bali jug amenjadikan sektor pariwisata berkembang pesat. Wajah pulau Bali telah berubah dengan hotel-hotel mewah, biro-biro perjalanan, dan penerbangan internasional. Agama dan kepercayaan Kepercayaan orang Bali adalah Hindu Bali. Sebagian kecil beragama Islam, Kristen, dan Budha. Walau agama Hhindu besar pengaruhnya terhadap kebudayaan penduduknya, orang Bali berhasil mempertahankan budaya aslinya, sehingga tidak sama dengan budaya India. Orang Hindu Bali percaya akan adanya satu Tuhan, dalam konsep Trimurti (tiga wujud) yang esa. Brahmana, wujud yang menciptakan; Wisnu, wujud yang melindungi serta memelihara; Siwa, wujud yang melebur segala yang ada. Orang Bali mengenal adanya Panca Yadnya (lima upacara): Manusia Yadnya atau upacara-upacara siklus hidup dari masa kanak-kanak sampai dewasa; Pita Yadnya atau upacara kepada roh leluhur, meliputi upacara kematian sampai penyucian roh leluhur; Dewa Yadnya atau upacara pentahbisan pendeta/mediksa; dan Buta Yadnya atau upacara yang ditujukan kepada kala dan buta serta roh-roh yang dapat mengganggu. Kebutuhan Yang mereka butuhkan sekarang adalah agar pemerintah merencanakan perkembangan pariwisata sesuai daya dukung Bali. Areal umum seperti pantai misalnya, sudah semakin sempit karena pembangunan hotel. Orang-orang tidak lagi bisa leluasa merendam tubuhnya di pantai atau

mereka bisa minta tolong ke family yang mampu dan meminta sedikit bantuan. Betawi. Keaslian orang Betawi bisa dijumpai di kawasan pinggir kota Jakarta. Tapi sekarang kita mulai jarang menemukan orang Betawi yang terlibat dalam pergelaran kesenian tradisional mereka. pegawai negeri. Ciracas dan Cilangkap. tukang. ondel-ondel. misalnya. pencemaran udara dan kebisingan meningkat. Areal pertanian mereka makin lama makin menyempit. buruh. Batavi. sangat sulit untuk berpisah dengan keluarga. Sedangkan di daerah pinggiran. serta di daerah Kampung Sawah. tukang ojek. topeng. Batawi atau Jakarte merupakan suku yang terbentuk dari hasil pembauran suku-suku yang dating ke Batavia (nama Jakarta di masa lampau) dan yang menduduki kota pelabuhan sejak abad ke-15. Sedangkan guru mengaji mendorong mereka untuk memilih belajar mengaji. dan pemelihara ikan. atau wayang golek Betawi. Suku Betawi Pengenalan suku Orang Betawi dianggap sebagai penduduk asli Jakarta. penyebabnya karena dahulu “sekolah” mereka hubungkan dengan cara hidup orang Kristen (Belanda) atauu orang Cina yang kurang merka sukai. Menurut mereka. sebagian besar adalah petani. maka para petani itu mulai beralih pekerjaan menjadi buruh. yaitu petani buah-buahan. industry dan lain-lain. pedagang. Tingkat pendidikan formal penduduk asli Jakarta umumnya amat rendah. karena banyak yang dijual untuk pembangunan perumahan. masuk pesantren atau masuk madrasah. susah sedikit. seperti lenong. Karena itulah. Bagi orang Betawi . kalauu di kampong sendiri. petani sawah. Sementara. atau pegawai swasta. Pecemaran air juga tidak kalah gawatnya. di Pasar Minggu (Jakarta Selatan) atau kawasan Condet (Jakarta Timur).menikmati cahaya bulan purnama. tanjidor. Sosial Budaya Di tengah kota. Dibutuhkan perencaan pembangunan yang berwawasan lingkungan dan sosial dalam membnagun Bali sebagai daerah pariwisata. Misalnya di daerah Jagakarsa. . orang Betawi hidup sebagai pedagang. Bekasi. Mereka juga memiliki kesenian yang khas. dan lain-lain. Jawa Barat. Hal ini menimbulkan kesan mereka kurang gigih dalam mencari nafkah dibandingkan pendatang. Kemungkinan. Suku Betawi yang sering disebut orang Jakarta.

Pembangunan daerah industry dan perumahan secara besar-besaran mulai mengubah gaya hidup orang Sunda. Cirebon. Selain padi. dalm hidup sehari-hari maupun dalam cara bergaul banyak berorientasi pada etika Islam. terutaa di daerah pegunungan. bahasa Sunda memiliki abjad. lohor. Banyak dari mereka . kalau ada tamu harus disuguhi atau dijamu menurut kemampuan masing-masing. Oang Sunda hidup berdampingan dengan beberapa kelompok lain seperti orang Banten. subuh. Mereka harus mampu mengejar prestasi. Secara tradisional. hemat. jembatan. Ketiga. maghrib) harus segera dilaksanakan. Saat ini orang Sunda telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia. Mereka yakin. terutama dalam hal pakaian dan cara bertani. Filsafat dasar mereka adalah “Rezeki hanya buat hari ini. misalnya pohon. yang sub-kulturnya masih agraris. Orang Sunda memiliki banyak kemiripan dengan orang Jawa. dan Baduy. orang Betawi lapisan bawah. Sementara itu. Keempat. besok adalah urusan besok”. bersaing agar bisa bertahan hidup di kota metropolitan yang amat menghargai produktivitas dan efisiensi. Hal ini menjadikan Jawa Barat sebagai penghasi utama berbagai hasil pertanian dan perkebunan. membutuhkan pembaharuan sikap atau pandangan baru. Dalam banyak hal mereka adalah orang-orang yang berpikiran maju. Allah SWT pasti akan memberi rezeki. mereka merupakan suku kedua terbesar di Pulau Jawa. setiap berjumpa. the juga diusahakan dalam perkebunan-perkebunan yang besar. Daerh ini bahkan sudah lama menjadi lumbung padi nasional. mereka juga percaya akan roh-roh di tempat-tempat tertentu. Berbagai tanaman palawija dan buah-buahan juga dapat tumbuh subur.Agama dan kepercayaan Orang Betawi. Umumnya orang Sunda terkenal ramah dan cukup terbuka dengan orang asing. tanah di Jawa Bara memiliki tingkat kesuburan yang sangat tinggi. Wilayah asal orang Sunda ini biasa disebut sebgai Tatar Sunda atau Tanah Pasundan. struktur. asar. Sosial Budaya Secara turun-temurun orang Sunda tinggal terutama di Propisnsi Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Namun demikian. Ada empat pandangan hidup yang masih terlihat dalam kehidupan mereka sehari-hari. Populasi orang Sunda berjumlah sekitar 32 juta jiwa. jika punya anak gadis sudah cukup dewasa harus segera dinikahkan. orang Betawi akan mengucapkan “Assalamaualaikum”. Suku Sunda Pengenalan suku Suku Sunda adalah penduduk asli Jawa Barat. Secara umum. bilatiba waktunya untuk sembahyang (isya. Melihat jumlahnya yang besar. dan kosa kata yang berbeda dengan bahasa Jawa. Baik untuk keperluan sendiri atau untuk dijual. kuburan dll Kebutuhan Generasi muda Betawi membutuhkan bekal ilmu pengetahuan yang cukup agar bisa beradaptasi di era teknologi dan informasi ini. Di lain pihak. Yang pertama. orang Sunda menggantungkan hidup dari bertani. Hal ini mungkin karena secara geografis mereka bertetangga. Kedua.

. Orang Sunda termasuk suku yang cukup banyak berperan dalam pemerintahan.yang tidak lagi menjadi petani. Sebagian lagi merupakan pedagang yang ulung.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->