P. 1
Mempertahankan Kearifan Lokal.pdf

Mempertahankan Kearifan Lokal.pdf

|Views: 322|Likes:
Published by Iyuss Alatas

More info:

Published by: Iyuss Alatas on Oct 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2015

pdf

text

original

Mempertahankan Kearifan Lokal Melalui Pendidikan Akhlak

Nama NIM

: Zaenab Na‟imah A : 2013110142

Prodi/Jurusan : Syariah/Ekonomi Syariah

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH MAHASISWA STAIN PEKALONGAN TAHUN 2012
0

dan berbagai nilai negatif yang masuk menggeser kearifan lokal. Para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa telah banyak terpengaruh nilai asing. Mereka lebih bangga jika melakukan sesuatu yang dilakukan orang asing. dan lain sebagainya. kurang menghormati orang yang lebih tua. ketekunan. ketidak-pedulian. sosial. 1 . teknologi. berpakaian tak sopan. keras kemauan (gigih dalam berusaha). jujur dan suci. Sesuai dengan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa. sempurna sopan dan beradab. sopan dalam bicara dan perbuatan. Bahasa asing banyak diserap. dan nilai-nilai lainnya mulai terkikis dan terganti dengan kemalasan. sopan santun. Begitu pula perubahan perilaku masyarakat yang telah “terkontaminasi” perilaku asing yang jauh berbeda dan tak sesuai dengan nilai-nilai lokal yang telah tumbuh dan berkembang di masyarakat. yang sesungguhnya lebih banyak nilai negatif ketimbang positifnya. mulia dalam tingkah laku dan perangai. Pedahuluan Rupanya perubahan zaman memberikan perubahan pula di berbagai aspek kehidupan. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang bertujuan membentuk orang-orang yang bermoral baik. bersifat bijaksana. Di sinilah peran penting pendidikan khususnya pendidikan akhlak. Keberanian. konsumtif. ekonomi. dan lain sebagainya. kegigihan.Mempertahankan Kearifan Lokal melalui Pendidikan Akhlak A. Padahal akhlak merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus kita miliki. ikhlas. Lalu bagaimana dengan negara yang berakhlak lemah? Eksistensi kearifan lokal akan mudah hilang dan nilai asing yang akan menguasai. Benar-benar bangsa ini telah mengalami kelemahan akhlak. Sebuah bangsa yang berakhlak maka akan dapat bertahan di tengah-tengah arus modernisasi. perilaku yang tak sesuai dengan nilai lokal mulai bermunculan. sikap acuh tak acuh. Kebanggaaan atas bangsa sendiri sedikit demi sedikit terkikis. budaya.

atau peristiwa yang terjadi. “kearifan lokal” terdiri dari dua kata: kearifan dan lokal. Secara umum. Identifikasi Masalah Berdasarkan uraian di atas. bernilai baik. Kearifan (wisdom) berarti kebijaksanaan dan Lokal (local) berarti setempat. Sebagai ruang interaksi yang sudah didesain sedemikian rupa yang di dalamnya melibatkan suatu pola-pola hubungan antara manusia dengan manusia atau manusia dengan lingkungan fisiknya. Setting adalah sebuah ruang interaksi tempat seseorang dapat menyusun hubungan-hubungan face to face dalam lingkungannya. Parnwell. Hlm. objek. penuh kearifan. Pengertian Kearifan Lokal Dalam kamus Inggris Indonesia A. Pola interaksi yang sudah terdesain tersebut disebut settting. Kearifan lokal atau sering disebut local wisdom dapat dipahami sebagai usaha manusia dengan menggunakan akal budinya (kognisi) untuk bertindak dan bersikap terhadap sesuatu. atau peristiwa yang terjadi dalam ruang tertentu. Analisis 1. yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakatnya. Hornby dan E. No 1 (2010). ada beberapa masalah yang muncul 1. Local secara spesifik menunjuk pada ruang interaksi terbatas dengan sistem nilai yang terbatas pula. 23 2 . Bentuk-Bentuk Kearifan Lokal dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Sebagai Sumber Gagasan Berkarya Seni Rupa.S. Sebuah 1 setting kehidupan yang sudah terbentuk secara Cia Syamsiar. Kearifan Lokal adalah gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana. Kearifan Lokal dan eksistensinya di tengah-tengah arus modernisasi 2.C. di mana wisdom dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan akal pikirannya dalam bertindak atau bersikap sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu. disusun secara etimologi. Pendidikan akhlak dan urgensinya dalam mempertahankan kearifan lokal C. Jurnal Online Institut Seni Indonesia Surakarta Vol 2. Pengertian di atas.B.1 Menurut Nurma Ali Ridwan. objek.

langsung akan memproduksi nilai-nilai. Dalam pengertian lain menyebutkan bahwa “Kearifan lokal” adalah seperangkat nilai dan pengetahuan yang dipelihara “secara eksklusif” oleh kelompok masyarakat lokal tertentu. yang pada mulanya berhubungan dengan cara-cara pemahaman dan praktik sosial masyarakat berhadapan dengan alam dan lingkungan (ekologi). dan peraturan dalam ranah kebudayaan. Jurnal Ibda` | Vol. Local Genius ini merupakan istilah yang mula pertama dikenal oleh Quaritch Wales. Kearifan lokal dapat menjelma dalam berbagai bentuk ide. pribahasa. Sartini dalam “Menggali Kearifan Lokal sebuah Kajian Filsafati”. karena memang lahir dari aktivitas perlakuan berpola manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal Ibda` | Vol. sedangkan dalam kehidupan sosial dapat berupa sistem religius. atau bahkan dalam ritus-ritus budaya yang bertujuan memelihara keseimbangan dan harmonisasi antara manusia dengan alam dan lingkungan (ekologi). filsafat sosial. 1 | Jan-Jun 2007 |2738. 2 | Jul-Des 2007 | 257-275. Bentuk-bentuk pemeliharaan biasanya berupa ungkapan. menjelaskan Local Genius sebagai Local Wisdom dalam disiplin antropologi dikenal istilah local genius. Menurut Antropolog Haryati Soebadio. 5 | No. local genius adalah cultural identity.3 Kearifan lokal memiliki dimensi sosial dan budaya yang kuat. dan secara khususnya menjaga hubungan baik dengan kekuatan supranatural (Tuhan/Allah/Yang Maha Esa/Yang Mahakuasa). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Nilai-nilai tersebut yang akan menjadi landasan hubungan mereka atau menjadi acuan tingkah-laku mereka2 Sebagai sebuah istilah wisdom sering diartikan sebagai „kearifan/kebijaksanaan‟. sistem dan organisasi 2 Nurma Ali Ridwan. Hlm 2 3 Aprinus Salam. Hlm 7. 3 . identitas/kepribadian budaya bangsa yang menyebabkan bangsa tersebut mampu menyerap dan mengolah kebudayan asing sesuai watak dan kemampuan sendiri. 5 | No. Perubahan Sosial dan Pertanyaan tentang Kearifan Lokal. nilai. gagasan. dongeng-dongeng atau cerita mitos dan folklor. norma.

kemasyarakatan. semboyan. sasanti. bermakna sosial.pdf 4 . dapat disimpulakan bahwa “Kearifan Lokal” adalah Sesuatu yang berharga dan bersifat positif yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat. dan Rosini mengatakan bahwa akhir dari sedimentasi kearifan lokal ini akan mewujud menjadi tradisi atau agama. Dalam masyarakat kita. http://pasca. Dapat berupa norma. Adapun fungsi dan makna kearifan lokal adalah sebagai konservasi sumberdaya alam. yang harus dipertahankan sebagai identitas budaya. Hlm. pengetahuan. berfungsi sebagai petuah. pengembangan sumberdaya manusia. perbahasa.ac. Keberlangsungan kearifan lokal akan tercermin dalam nilai-nilai yang berlaku dalam kelompok 4 Laporan Akhir Kajian Kearifan Lokal Masyarakat di Kecamatan Bunguran Barat Kab. kearifan-kearifan lokal dapat ditemui dalam nyayian. bahasa. petuah. pepatah. 1964). Natuna. BPPPSPL UNRI. Marchettini. bermakna etika dan moral dan bermakna politik. ide. Nyoman Sirtha dalam Sartini (2009) kearifan lokal dalam masyarakat dapat berupa nilai.unand. pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. adat istiadat. adat istiadat. pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. kepercayaan. dan lainnya. norma. bermakna sosial. dan kitab-kitab kuno yang melekat dalam perilaku sehari-hari.4 Menurut Prof. 3 5 Gadis M. berfungsi sebagai petuah. Kearifan Lokal dapat berfungsi sebagai pengembangan sumberdaya manusia. sastra dan pantangan. kepercayaan. sistem religius. mata pencaharian hidup dan sistem teknologi serta peralatan (Koentjoroningrat. Teezzi. bermakna etika dan moral dan bermakna politik. biasanya dijadikan pedoman berperilaku masyarakat tersebut. Kearifan lokal biasanya tercermin dalam kebiasaan- kebiasaan hidup masyarakat yang telah berlangsung lama. etika. kepercayaan. cerita-cerita. perilaku. Oleh karena bentuknya yang bermacam-macam dan ia hidup dalam aneka budaya masyarakat maka fungsinya menjadi bermacam-macam. sastra dan pantangan.id/id/wp-content/uploads/2011/09/ARTIKEL7. hukum adat dan aturan-aturan khusus. Nilai – Nilai Lokal Masyarakat Nagari Paninggahan Dalam Pengelolaam Dan Pemanfaatan Hutan.5 Dari pengertian-pengertian di atas.

Semakin majunya zaman. pemahaman. pendidikan dapat diartikan sebagai sebuah proses dengan metode-metode tertentu sehingga orang memperoleh pengetahuan. semakin negara-negara tak berbatas satu sama lain. hlm. Kamus Besar Bahasa Indonesia. misalnya alon-alon asal klakon (masyarakat Jawa Tengah). Pendidikan Akhlak Pendidikan Akhlak terdiri dari dua kata “Pendidikan” dan “Akhlak”. Marchettini. Teezzi. 6 Tim Penyusun Kamus Pusat pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2. Budaya dan bahasa ikut masuk dan berkembang di negara lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia “pendidikan” ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam 6 (masyarakat pesantren). Informasi-informasi dari satu negara dengan mudahnya masuk ke negara lain. Kearifan lokal semakin terancam jika kita tak mempertahankannya. rawe-rawe rantas malang-malang putung (masyarakat Jawa Timur). Kearifan lokal lebih menggambarkan satu fenomena spesifik yang biasanya akan menjadi ciri khas komunitas kelompok tersebut. Dalam pengertian yang agak luas. 5 . dan usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. 1994). Sehingga mengancam tergesernya nilai-nilai dan budaya lokal. patuh guru-ne barokah urip-e sebagainya. (Jakarta: Balai Pustaka. dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan. dan Rosini mengatakan bahwa kemunculan kearifan lokal dalam masyarakat merupakan hasil dari proses trial and error dari berbagai macam pengetahuan empiris maupun non-empiris atau yang estetik maupun intuitif. ikhlas kiai-ne manfaat ilmu-ne. Nilai-nilai itu menjadi pegangan kelompok masyarakat tertentu yang biasanya akan menjadi bagian hidup tak terpisahkan yang dapat diamati melalui sikap dan perilaku mereka sehari-hari. dari satu generasi ke generasi berikut. Proses sedimentasi ini membutuhkan waktu yang sangat panjang.masyarakat tertentu. 232.

Studi Komparasi Konsep Pendidikan Akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Ibnu Miskawaih. kesatriaan. agama (al-din). dalam menguasai dapat Pendidikan berlangsung secara informal dan nonformal di samping secara formal seperti di sekolah.7 Sedangkan Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 1 Ayat 1). kejantanan. kebiasaan. bangsa dan negara.Pendapat lain mengatakan bahwa pendidikan berarti tahapan kegiatan yang bersifat kelembagaan (seperti sekolah dan madrasah) yang digunakan untuk menyempurnakan pengetahuan. kepribadian. Menurut Athiyah al-Abrasyi. masyarakat. tanah air. Ilmu Pendidikan Islam.Sullah. watak (al-thab‟) budi pekerti. kebijaksanaan. manis tutur katanya baik dengan lisan atau tulisan. budi pekertinya dalam teratur pikirannya. mahir pekerjaannya. Menurut para ahli bahwa akhlak adalah suatu keadaan yang melekat pada jiwa manusia. serta keterampilan yang diperlukan dirinya. perkembangan sikap dan individu sebagainya. yang dari padanya lahir perbuatan-perbuatan dengan mudah. madrasah. dan institusi-institusi lainnya. pendidikan (Islam) ialah adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia. skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Uin Maulana Malik Ibrahim Malang Juli 2010. tanpa melalui proses pemikiran (secara 7 Muhibin Syah. halus sempurna perasaannya. Kata merupakan bentuk jamak dari kata al-Khuluq atau al-Khulq. hlm. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. mencintai (akhlaknya). keperwiraan. akhlak mulia. Dalam Moh. yang secara etimologis mempunyai arti: tabi‟at (al-sajiyyat).8 Selanjutnya adalah apa yang dimaksud dengan akhlak. 8 Ramayulis. 11. adat/sopan santun (al-muru‟at). kecerdasan. pengendalian diri. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. (Bandung: Rosda Karya. 6 . 2004). tegap jasmaninya.

14|No. Jurnal INSANIA|Vol. 11 Rohmad Qomari. kesusilaan (kesadaran etik dan moral) yaitu kelakuan baik yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap Khâliq-nya dan terhadap sesama manusia. hlm. 10 Abuddin Nata dan Fauzan.10 Akhlaq memiliki kedudukan penting dalam Islam. op. watak. perbuatan dilakukan untuk menegakkan kalimat Allah. Islam menjadikan akhlâq yang baik sebagai bukti dan buah dari ibadah kepada Allah SWT. Ketiga. perbuatan akhlak merupakan perbuatan tanpa paksaan. 4. Akhlâq yang baik akan memberatkan timbangan kebaikan seseorang nanti pada hari kiamat. perbuatan dilakukan dengan sebenarnya tanpa ada unsur sandiwara. 1|Jan-Apr 2009|47-67. Ahklâq ialah budi pekerti. Rasulullah SAW menjadikan baik dan buruknya akhlâq seseorang sebagai ukuran kualitas imannya.spontan). dkk. Keempat. pertimbangan. Hlm 38. Prinsip dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq. Abdul Mujieb. 2. Abuddin Nata mengatakan bahwa ada lima ciri yang terdapat dalam perbuatan akhlak. 274. Ensiklopedi Tasawuf Imam Al-Ghazali Mudah Memahami dan Menjalankan Kehidupan Spiritual. Dalam Moh. Akhlâq merupakan salah satu ajaran pokok Islam sehingga Rasulullah SAW pernah mendefinisikan agama itu dengan akhlâq yang baik (husn al-khuluq).9 Dalam Ensiklopedi Pendidikan. 3. Rasululllah SAW menempatkan penyempurnaan akhlâq yang mulia sebagai misi pokok Risalah Islam... Kelima. atau penelitian.cit. Pertama. Sullah. hal ini dibuktikan dengan11: 1. cit. Akhlak bisa disebut jiga dengan dorongan jiwa manusia berupa perbuatan baik dan buruk. 5. op. Kedua perbuatan akhlak merupakan perbuatan yang dilakukan dengan acceptable dan tanpa pemikiran (unthouhgt). perbuatan akhlak tersebut sudah menjadi kepribadian yang tertanam kuat dalam jiwa seseorang. 9 M. Hlm 6 7 .

w. nafsu. Katakanlah: “Dia-lah Allah. Ada tiga potensi yang ada dalam diri manusia. 2.6. Hubungan Manusia dengan Dirinya Sendiri Pola hubungan manusia dengan dirinya sendiri terutama menyangkut menjaga kesucian diri dari sifat rakus dan mengumbar nafsu. Diantara adab terhadap Rasulullah adalah berziarah ke makamnya dapat dilakukan pada saat menunaikan ibadah haji atau umroh. Ruang Lingkup Pendidikan Akhlak12 1. Hubungan Manusia dengan Allah SWT Pola hubungan manusia dengan Allah swt sebagaimana digambarkan dalam Al Quran. hlm 257-259 8 . (PT IMTIMA. bersyukur atas nikmat. Hubungan Manusia dengan Rasulullah SAW Pola hubungan manusia dengan Rasulullah saw adalah menegakkan sunnah Beliau. marah. kalau 12 Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. rendah hati. 3. memberantas kebodohan. menziarahinya di Madinah. Begitu juga dengan bershalawat kepadanya dan keluarganya adalah ajaran Islam. Sayyidina Ali k. Nabi Muhammad SAW selalu berdoa agar Allah SWT membaikkan akhlâq beliau. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia” (Q. dan kecerdasan. Al-Ikhlas:1-4). mengatakan orang yang berdoa tidak akan terkabul kecuali dimulai dan diakhiri dengan membaca shalawat atas Rasulullah dan keluarganya. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Ketiganya dikembangkan akan menuju ke dua arah yakni kutub positif atau negatif. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. sabar dalam menghadapi cobaan. Sunnah Rasulullah adalah salah satu sumber agama Islam selain Al Quran. 2007). Mengembangkan keberanian dalam menyampaikan yang haq.S. tawadhu‟. Yang Maha Esa. dan membacakan shalawat untuknya. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan. memberantas kezaliman. dan tidak sombong.

Hubungan dalam keluarga yang amat penting adalah pola hubungan antara orang tua dengan anak. Manusia sebagai khalifah telah diberi bekal dan fasilitas oleh Allah swt yang lengkap untuk mengemban tugas secara kreatif dan dinamis membawa manusia memahami realitas alam dan mencapai kesejahteraan. baik dalam tutur kata. Sementara sebagai anggota masyarakat perlu menjunjung tinggi ukhuwah iman. Untuk itu ada pola-pola dalam berinteraksi dan berkomunikasi yang harus dipedomani. Karena itu manusia harus menyeimbangkan pikiran dan hatinya. kemanusiaan. ihsan. membela orang-orang lemah. penyantun. tolong-menolong. 5. Hubungan Manusia dengan Masyarakat Manusia adalah makhluk sosial. Hubungan Manusia dalam Anggota Keluarga Pola hubungan antar keluarga ditandai seperti berbakti pada kedua orang tua. Hubungan Manusia dengan Alam Ada dua hal penting hubunsgn manusia dengan alam. Kualitas kemanusiannya ditentukan oleh peranannya berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lainnya dalam kehidupan bermasyarakat. pemurah. mendidik diri dan keluarga supaya terbebas dari api neraka. Demikian pula sebaliknya. dan menepati janji. manusia sebagai khalifah dan manusia sebagai pengelola alam. 9 . Ketimpangan pada salah satunya akan menyebabkan manusis jatuh dari kekhalifahannya. memberi nafkah pada istri. Mendidik anak adalah kewajiban orang tua yang paling utama dan cara mendidik anak ini akan berbekas pada diri si anak. suka membantu baik materil maupun nonmateril. Istri menaati suami dan suami berbuat baik pada istri. menjunjung tinggi hasil musyawarah. anak dan anggota keluarga lainnya. anak harus berbakti pada orang tuanya. dan memandang manusia sederajat.4. Misalnya pola hubungan dengan masyarakat dalam konteks kepemimpinan mencakup berbuat adil. 6.

sistem religius. 10 . khususnya Pendidikan Akhlak. Budaya dan bahasa ikut masuk dan berkembang di negara lain. pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan. cerita-cerita. bahasa. salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam. “Kearifan Lokal” adalah Sesuatu yang berharga dan bersifat positif yang tumbuh di tengah-tengah masyarakat. pendidikan akhlak adalah faktor penting dalam membina suatu umat membangun suatu bangsa. Kearifan lokal semakin terancam jika kita tak mempertahankannya. sastra dan pantangan. ide. Kita bisa melihat bahwa bangsa Indonesia yang mengalami multi krisis juga disebabkan kurangnya pemahaman akhlak. Menurut Islam. dengan kata lain dasar-dasar yang lain senantiasa dikembalikan kepada Al-Qur. maka perlu dilakukan usaha untuk mempertahankannya. adat istiadat. Kearifan Lokal dapat berfungsi sebagai pengembangan sumberdaya manusia. D. Dapat berupa norma. Semakin majunya zaman. perilaku. semakin negara-negara tak berbatas satu sama lain. Informasi-informasi dari satu negara dengan mudahnya masuk ke negara lain.Adapun yang menjadi dasar pendidikan akhlak adalah Al-Qur‟an dan Al-Hadits. 3. Secara umum pembinaan pemahaman akhlak remaja sangat memprihatinkan. yang harus dipertahankan sebagai identitas budaya. biasanya dijadikan pedoman berperilaku masyarakat tersebut. bermakna sosial. Kesimpulan 1. kepercayaan. bermakna etika dan moral dan bermakna politik. dan sebaliknya suatu bangsa akan runtuh apabila akhlaknya rusak. Madyan. Sehingga mengancam tergesernya nilai-nilai dan budaya lokal. Sejarah bangsa-bangsabaik yang diabadikan dalam Al-Qur‟an seperti kaum „Ad. 2. Samud.an dan Al-Hadits. perbahasa. Pendidikan akhlak merupakan permasalahan utama yang selalu menjadi tantangan manusia dalam sepanjang sejarahnya. berfungsi sebagai petuah. Melihat keadaan tersebut (terancamnya eksistensi kearifan lokal). dan lainnya. dan Saba‟ menunjukkan bahwa suatu bangsa akan kokoh apabila akhlaknya kokoh.

4. Sehingga nilai-nilai kearifan lokal yang telah tumbuh di negara kita dapat tetap terjaga. dan sebaliknya suatu bangsa akan runtuh apabila akhlaknya rusak. Pembentukan tabiat ini dilakukan oleh pendidik secara terus menerus dengan tidak ada paksaan dari pihak manapun. 11 . Pendidikan akhlak sangatlah penting di tengah-tengah modernisasi yang mengancam eksistensi kearifan lokal. sehingga terbentuk manusia yang taat kepada Allah. cinta bangsa. Suatu bangsa akan kokoh apabila akhlaknya kokoh. 5. yang bermoral. Melalui pendidikan akhlak. akan terbentuk manusia yang berbudi pekerti. dan lainlain. Pendidikan Akhlak adalah usaha sadar dan tidak sadar yang dilakukan oleh seorang pendidik untuk membentuk tabiat yang baik pada seorang anak didik.

Natuna. Bentuk-Bentuk Kearifan Lokal dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Sebagai Sumber Gagasan Berkarya Seni Rupa. Ridwan. Aprinus. 2010. Jurnal INSANIA Vol. Syamsiar. 2007.ac. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. 14 No. No 1 . Prinsip dan Ruang Lingkup Pendidikan Aqidah Akhlaq. 2009.2 Jul-Des 257-275. 2007. 1 Jan-Jun 27-38. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. 2007. Laporan Akhir Kajian Kearifan Lokal Masyarakat di Kecamatan Bunguran Barat Kab. Cia. Nilai – Nilai Lokal Masyarakat Nagari Paninggahan Dalam Pengelolaam Dan Pemanfaatan Hutan.id/id/wp- content/uploads/2011/09/ARTIKEL7. Studi Komparasi Konsep Pendidikan Akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Ibnu Miskawaih. Salam. http://pasca. Nurma Ali.DAFTAR PUSTAKA Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. Rohmad.pdf 12 . Perubahan Sosial dan Pertanyaan tentang Kearifan Lokal. 1 Jan-Apr 47-67. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Uin Maulana Malik Ibrahim Malang . Moh. 2010. Jurnal Ibda` Vol 5 No.unand. Sullah. Jurnal Ibda` Vol. Jurnal Online Institut Seni Indonesia Surakarta Vol 2. 5 No. BPP-PSPL UNRI Gadis . PT IMTIMA Qomari.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->