P. 1
Analisa Semen Pemboran

Analisa Semen Pemboran

|Views: 270|Likes:
Published by Tirsa Awuy

More info:

Published by: Tirsa Awuy on Oct 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2015

pdf

text

original

Diharapkan dengan kualitas semen yang baik konstruksi sumur dapat dipertahankan lebih dari 20 tahun.Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas kondisi sumur adalah sejauh mana kualitas semen yang digunakan. . Untuk itulah perlu dilakukan studi laboratorium untuk mengetahui komposisi dan sifat fisik semen.

yaitu :      Pembuatan suspensi semen dan cetakan sample Uji rheologi suspensi semen Uji sifat-sifat fisik suspensi semen Uji sifat-sifat fisik batuan Uji luas permukaan bubuk semen . Secara garis besar percobaan laboratorium analisa semen pemboran dapat dibagi dalam beberapa kelompok kecil.Standar minimum yang harus dimiliki dari perencanaan sifat-sifat semen didasarkan pada Brookhaven national laboratory dan API Sprc 10” specification for material and testing for well cementing”.

 Tujuan Percobaan 1 . Untuk mengetahui luas permukaan bubuk semen dengan menggunakan alat Blaine Permeameter. . Untuk mengetahui cara kerja alat Blaine Permeameter pada pengujian luas permukaan bubuk semen. 2.

Sifat fisik suatu padatan apabila ditambahkan dengan suatu liquid sehingga terdispersi mempunyai sifat fisik yang berbeda sebelum ditambahkan dengan liquid tersebut. hal ini disebabkan karena suatu padatan mempunyai densitas yang lebih besar dari pada liquid sehingga mengakibatkan adanya perbedaan sifat fisik setelah ditambahkan dengan liquid. oleh karena itu penting untuk dilakukannya suatu pengujian luas permukaan butir padatan. .

Penentuan luas permukaan butir semen (OSP) dapat dihitung dengan menggunakan rumus dibawah ini : OSP = (23. .2 x 3 x t) / s x (1-) x  Dimana : OSP = Luas permukaan butir semen  = Porositas s = Densitas semen  = Viskositas t = waktu pengukuran dengan Blaine permeameter.

1 Blanie permeameter .Alat yang digunakan › Blanie permeameter › Pignometer › Timbangan › Toluen 1.

Pengujian luas permukaan butir padatan merupakan pengujian yang perlu dilakukan.dan hal ini menyebabkan kekuatan semen dalam menahan tekanan sangat baik  .karena pengujian ini sangat mempengaruhi kekuatan suspensi semen. maka ukuran partikel semen semakin kecil dan semen tersebut semakin kompak.  Semakin besar luas permukaan bubuk suatu semen.

temperature ruang. .viscositas . Hal – hal yang harus diketahui dan berperan penting dalam pengukuran ini adalah porositas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->