You are on page 1of 5

.

SCALER CIRI-CIRI : - Terbuat dari stainless steel - Bentuknya bermacam-macam, sesuai dengan kegunaannya KEGUNAAN : - Untuk membersihkan karang gigi PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis *1. HOE SCALER CIRI-CIRI : - Bentuknya seperti cangkul KEGUNAAN : - Untuk meratakan permukaan akar, sehinggabebas dari karang gigi. PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis *2. CHISEL SCALER CIRI-CIRI : - Bentuknya sperti pahat KEGUNAAN : - Untuk membersihkan karang gigi pada permukaan proximal gigi anterior. PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis *3. FILE SCALER CIRI-CIRI : - Bentuknya seperti kikir. KEGUNAAN : - Alat ini jarang dipakai, karena bisa menyebabkan permukaan gigi menjadi rata.

PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis *4. SICKLE SCALER CIRI-CIRI : - Bentuknya seperti bulan sabit. KEGUNAAN : - Untuk mengambil supra/sub gingival calculus pada interdental space. PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis *5. CURRET SCALER CIRI-CIRI : - Bentuknya seperti sendok. KEGUNAAN : - Untuk mengambil sub gingival calculus, jaringan cementum dan jaringan lunak dari dinding pocket. PEMELIHARAAN - Dicuci bersih dan disterilkan. - Kalau sudah tumpul/rusak maka dapat dibentuk kembali dengan diasah. KETERANGAN - Kritis 3. CAVITRON / SUPER SONIC SCALER CIRI-CIRI : - Suatu alat yang dipakai untuk membersihkan karang gigi yang dijalankan dengan listrik/ultrasonic. - Bagian ujung dari alat ini dapat diganti-ganti disesuaikan dengan bentuk yang kita butuhkan - Pada bagian ujung dari alat ini ada lubang yang gunanya untuk mengeluarkan air ketika dipakai, maksudnya supaya tidak menjadi panas. KEGUNAAN : - Ujung yang tipis dipakai untuk bagian approximal - Ujung yang permukaannya lebar, dipakai untuk bagian buccal.

- Untuk membersihkan karang gigi, baik sub maupun supra gingival calculus serta debris dan stain. PEMELIHARAAN : - Ujung yang bisa dilepas dicuci bersih, kemudian disterilkan. - Sehabis dipakai bersihkan instrument. - Bila terjadi sumbatan pada tip, bersihkan dengan clening wire. Skeler sickle (sabit) : Untuk menghilangkan kalkulus supragingiva

Skeler hoe (pacul), chisel (pahat) : Untuk menyingkirkan kalkulus subgingiva dan sementum nekrosis

Instrumen sonic dan ultrasonic : alat yang digerakkan dengan tenaga listrik, untuk skeling, pembersihan permukaan gigi dan pengkuretan dengan jaringan lunak poket

Skeling pada gigi anterior

Sicke Scaler (skeler sabit) : Hanya untuk kalkulus supragingiva

Chisel Scaler (skeler pahat) : Didisain khusus untuk permukaan proximal gigi anterior

Hoe Scaler (skeler pacul)

Alat Ultrasonic : a. b. Skeler Sonic : untuk menghilangkan kalkulus yang kecil atau tipis Skeler Ultrasonic : untuk menghilangkan kalkulus tebal

2)

Scaler Ciri-ciri :

Terbuat dari stainless steel

Bentuknya bermacam-macam sesuai dengan kegunaannya Kegunaan :

Untuk membersihkan karang gigi Macam-macam scaler :

a.

Hoe scaler Ciri-ciri :

o Bentuknya seperti cangkul Kegunaan :

o Untuk meratakan permukaan akar sehingga bebas dari karang gigi b. Chisel scaler Ciri-ciri : o Bentuknya seperti pahat Kegunaan :

o Untuk membersihkan karang gigi pada permukaan proximal gigi anterior c. File scaler Ciri-ciri : o Bentuknya seperti kikir Kegunaan :

o Alat ini jarang dipakai karena bisa menyebabkan permukaan gigi menjadi rata d. Sickle scaler Ciri-ciri : o Bentuknya seperti bulan sabit Kegunaan :

o Untuk mengambil supra atau sub gingival calculus pada interdental space e. Curret scaler

Ciri-ciri : o Bentuknya seperti sendok Kegunaan :

o Untuk mengambil sub gingival, jaringan cementum dan jaringan lunak dari dinding pocket f. Cavitron/ super sonic scaler Suatu alat yang dipakai untuk membersihkan karang gigi yang dijalankan dengan listrik atau ultrasonic. Ciri-ciri : o Bagian dari ujung alat ini dapat diganti-ganti disesuaikan dengan bentuk yang kita butuhkan o Pada bagian ujung alat ini ada lubang yang gunanya untuk mengeluarkan air ketika dipakai, maksudnya supaya tidak menjadi panas. Kegunaan :

o Ujung yang tipis digunakan untuk bagian approximal o Ujung yang permukaannya lebar digunakan untuk bagian buccal Untuk membersihkan karang gigi baik sub maupun supra gingival calculus serta debris dan stain. 7.Pisau Periodontal Pisau Periodontal Digunakan untuk memotong jaringan gingival/gusi. Pisau ini harus tajam agar ber fungsi dengan baik, dan tidak boleh berkontak dengan instrument lain atau jatuh pada permukaan yang keras. Pisau harus dipertajam setelah setiap prosedur pembedahan dan sebelum sterilisasi. Untuk menghindari kecelakaan, perawatan khusus harus dilakukan sebelum menyiapkan pisau untuk sterilisasi. .