You are on page 1of 6

Cara Menambah RAM Dengan Menggunakan Flashdisk Atau USB- Mungkin yang sudah Master dalam hal komputer

pasti tidak asing dengan kata diatas, tapi bagi yang belum tau akan saya jelaskan dalam post ini. jujur saja saya belum pernah mempraktekan langsung tapi saya pernah membaca beberapa forum yang membahas tentang Menambah RAM Dengan Menggunakan Flashdisk, rata-rata orang yang mempraktekannya 100% berhasil. Jangan takut gagal sebelum mencoba !! 1.Ada 2 cara untuk Menambah RAM Dengan Menggunakan Flashdisk Cara Pertama: menggunakan software yang bernama eBoostr. eBoostr: adalah program yang dapat mejadikan fungsi sebuah Flashdisk menjadi sebuah RAM. Software ini dibuat untuk bisa meningkatkan/menambah kapasitas memory RAM pada windows. Eboostr support dengan perangkat USB dan Non Removable Media Device seperti (CF, SD/SDHC, MMC, xD memory card yang lainnya) serta dapat menggunakan memory harddisk yang kosong untuk dialokasikan sebagai cache. catatan: jika flashdisk digunakan untuk menambah RAM , maka flashdisk tersebut tidak akan bisa lagi digunakan untuk menyimpan data. Download dulu: eBoostr4 + Patchpassword: hienzo.blogspot.com Cara pakai: 1. Install eBoostr4_final_b554.exe setup file 2. Setelah selesai jangan restart komputer, copy eBoostrCP ke c:\Program Files\eBoostr\ 3. Restart komputer jika sudah diinstall, di control panel memang tulisannya versi trial padahal ini full version sesuai deskripsi dari creator patchnya, jadi jangan keliru. Jadi patch ini hanya mem-bypass lisensi, sehingga kita bisa make nya tanpa ada limitasi. Cara Install eBosstr: 1.Klik 2 kali file eBoostr4_final_b554 yang sudah didownload 2.pada proses install klik next terus sampai proses install selesai dan biarkan settingan install default. 3.jangan dulu direstart 4.matikan proses eBoostrCP.exe dari task manager, lalu copy file eBoostrCP.exe ke C:\Program Files\eBoostr 5.Lalu restart Cara mengkonfigurasi eBoostr: jika sudah direstart maka akan muncul dialog box untuk mengkonfigurasi eBoostr, klik next sampai muncul. pilih device yang akan digunakan sebagai device cache (hardsik,flashdisk,RAM) lalu build cache.

. • Perhatikan pada kotak Total paging file size for All drives.Cara kedua: yaitu dengan cara mengubah virtual memori yang ada pada properties my computer: • Masukan flashdisk ke komputer • Klik kana pada my computer lalu klik properties • Pilih advanced lalu klik setting pada kotak performance • Setelah muncul jendela baru pilih advanced lalu klik Change • Pilih Drive C kemudian klik tulisan No paging file kemudian klik tombol Set • Pilih drive ‘flashdisk‘ anda (misalkan drive F). NB: Berjalan di Windows XP Nah sekarang yang anda perlukan tinggal mau pilih cara yang mana 1-2. Jika sudah. Setelah itu pilih System managed size dan dilanjutkan dengan mengklik tombol Set.? pilih aja deh yang menurut anda itu "gampang" . Nilai Recommendednya jangan melebihi kapasitas flashdisk • Jika memang lebih maka anda bisa memasukkan ‘nilai total’ dari kapasitas flashdisk. Ini merupakan persyaratan dari Windows XP itu sendiri. Caranya klik pilihan Custom Size lalu pada Initial Size dan • Maximum Size diisi dengan nilai total dari kapasitas flashdisk. biasanya diberi nama Removable diskjika anda belum memberi nama pada flashdisk tersebut. Anda harus menyisakan 5 – 6 Mb. klik tombol Set • Nah sekarang tinggal Klik OK lalu restart komputer.

Untuk mengakses pengaturan virtual memory pada Windows XP dapat dilakukan dengan cara berikut : Start > Control Panel > System atau Start > Run > ketikkan “Sysdm.cpl” (tanpa kutip) kemudian klik OK .

Beberapa hal yang perlu diperhatikan serta cara pengaturan page file pada Windows .

Jadi. Gambar diatas merupakan contoh pengaturan page file untuk RAM 1GB 4. Kemudian isikan nilai tersebut pada kotak Initial Size dan Maximum Size.5 = 384 MB. . Jadi. ukuran page filedapat diatur secara dinamik seperti berikut. Ukuran page file yang direkomendasikan adalah 1. Jika hanya ada satu harddisk di komputer maka letakkan page file di partisi yang jarang diakses dan tidak berisi sistem operasi Windows. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses baca/tulis data 2. Namun jika ada dua harddisk maka letakkan page file di harddisk yang tidak berisi system operasi Windows.5 kali kapasitas RAM dan Maximum Size sebesar 3 kali kapasitas RAM.5 kali kapasitas RAM yang terpasang di komputer. Pengaturan page file yang sama ukurannya pada Initial Size dan Maximum Size ini biasa disebut dengan static size.XP adalah sebagai berikut : 1. Atur Initial Size sebesar 1. Untuk mendapatkan kinerja virtual memory yang lebih baik. seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file-nya adalah 256 x 1. Partisi harddisk yang berisi page file sebaiknya dalam format NTFS 3.

5 = 384 MB.seandainya RAM yang terpasang di komputer berkapasitas 256MB maka ukuran page file untuk : o Initial Size adalah 256 x 1. dan o Maximum Size adalah 256 x 3 = 768 MB .