You are on page 1of 13

MODUL 1

TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi, Sejarah Komputer, Pengenalan Internet

Author : A.C. Tridakusumah email : krucuku@gmail.com

WARUNG INFORMASI ILMIAH DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS GALUH 2008

Teknologi Informasi, Sejarah Komputer, Pengenalan Internet

Page 1

konsep. Data adalah : kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian dan kesatuan yang nyata.I. material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Oleh karena itu. Salah satunya adalah pengembangan dan aplikasi dari alat. mesin. Pengenalan Internet Page 2 . Kata teknologi sering menggambarkan penemuan dan alat yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang baru ditemukan. gambar. Sejarah Komputer. hewan. mahasiswa. Teknologi Informasi dilihat dari kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. dan . Secara mudahnya teknologi informasi adalah HASIL REKAYASA MANUSIA TERHADAP PROSES PENYAMPAIAN INFORMASI DARI PEMBERI KE PENERIMA SEHINGGA PENGIRIMAN INFORMASI tersebut akan : . Sebagai aktivitas manusia. bunyi atau kombinasinya. TEKNOLOGI INFORMASI Teknologi atau pertukangan memiliki lebih dari satu definisi. teks. keadaan dll. peristiwa. simbol. Teknologi Informasi. Definisi lainnya (digunakan dalam ekonomi) adalah teknologi dilihat dari status pengetahuan kita yang sekarang dalam bagaimana menggabungkan sumber daya untuk memproduksi produk yang diinginkan( dan pengetahuan kita tentang apa yang bisa diproduksi).lebih lama penyimpanannya. huruf. Informasi  data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. teknologi mulai sebelum sains dan teknik. pelanggan).lebih luas sebarannya. kita dapat melihat perubahan teknologi pada saat pengetahuan teknik kita meningkat. penemuan yang sangat lama seperti roda dapat disebut teknologi.lebih cepat . yang direkam dalam bentuk angka. Akan tetapi. Atau data adalah : representasi dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai.

tetapi sifatnya tidak bertahan lama dan tidak dapat disimpan lama. teknologi penyampaian melalui gambar  dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Sejarah Komputer. 4. radio 4. Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. tv. Pengenalan Internet Page 3 .Latar belakang perkembangan teknologi informasi 1. Teknologi elektronik seperti radio. seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. buku 3. maka bahasa adalah teknologi. kemudian komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar dan lebih lama tersimpan (melalui internet). teknologi dengan ini memudahkan dalam penulisan informasi itu. teknologi percetakan  memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. 2. atau dengan penulisan angka. koran/majalan/tabloid 2. Awal sejarahnya  manusia bertukar informasi melalui bahasa. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet. ditemukannya alfabet dan angka arabik  memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. televisi 6. telepon 5. komputer Teknologi Informasi. media informasi contohnya: 1. Gambar bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain dan dapat bertahan lama 3.

Satu bagian mesin ini adalah elektronik dan sebgian lagi mekanikal. Bentuknya besar dan berat serta memerlukan kabel yang panjang. Pengenalan Internet Page 4 . Sejarah Komputer. Generasi Pertama (tabung vakum) Komputer-komputer generasi pertama menggunakan tabung-tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data. Antara lain : Generasi Pertama (1940 . Evolusi komputer selepas tahun 1940 boleh dibagi kedalam lima generasi.?) Generasi Kelima (masa depan) a. Selepas tahun 1940 Komputer-komputer selepas tahun 1940 adalah elektronik sepenuhnya.II. Di samping pengiraan yang kurang tepat mesin-mesin mekanikal sebelum ini adalah terlalu besar. Ia menjadi cepat panas dan mudah terbakar. SEJARAH KOMPUTER dibagikan kepada dua zaman iaitu: a) Sebelum tahun 1940 b) Selepas tahun 1940 Sebelum tahun 1940 Howard Aiken memperkenalkan penggunaan mesin elektromakenikal dipanggil Mark I pada tahun 1937. Semua operasi di dalam komputer dijalankan oleh sistem elektromagnetik.1959) Generasi Kedua (1959 -1964) Generasi Ketiga (1964 . Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Mark I berfungsi menyelesaikan masalah fungsifungsi trigonometri di samping pengiraan asas. menggunakan biaya yang tinggi untuk mengendalikannya dan memerlukan banyak tenaga manusia untuk pengawasan. Beribu-ribu tabung Teknologi Informasi.awal 80-an) Generasi Keempat (awal 80-an .

Sejarah Komputer. EDSAC dikembangkan oleh Cambridge University. ukurannya amat besar dan boleh dikelaskan sebagai kerangka utama (main frame) . UNIVAC I digunakan oleh Departemen Kependudukan dan Perdagangan Amerika Serikat.vakum diperlukan pada ada tabung yang terbakar. berfungsi untuk membantu ahli sains menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat. Pengenalan Internet Page 5 . Cara ini didapati lebih ekonomis daripada tabung vakum tetapi pada dasarnya ia masih dianggap terlalu mahal. Pada tahun 1951 Dr. Mauchly dan Eckert juga melakukan pengembangan komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang menggunakan sedikit penggunaan tabung-tabung vakum. sehingga kadang-kadang menyebabkan gangguan pada lingkungan sekelilingnya. Komputer ini adalah 100% elektronik. England. Komputer ini juga menggunakan tenaga listrik yang besar. Genarasi kedua (transistor dan dioda) Teknologi Informasi. dikenali sebagai konsep program penyimpan (stored program concept). Dr. Perhitungan juga menjadi lebih baik daripada ENIAC. Perkembangan yang paling berguna sampai saat ini adalah permulaan komputer MENYIMPAN INGATAN DI DALAMNYA. Konsep yang diteliti dan ditemukan oleh John von Neumann ini juga menitikberatkan penggunaan nomor binari untuk semua pemprosesan dan penyimpanan data. Komputer EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan ingatan. Selepas ENIVAC I banyak komputer-komputer berkaitan dengan perhitungan dagang muncul sesudahnya. Contoh komputer generasi pertama seperti ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) dicipta oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. b. Turut menggunakan tabung raksa (merkuri) untuk storan. Mauchly dan Eckert menciptakan UNIVAC I (Universal Automatic Calculator) komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perniagaan. EDVAC menggunakan sistem nomor binari dan konsep aturcara tersimpan.

menjadikan ukuran komputer lebih kecil dan murah. LSI) atau CHIP Penelitian mikroelektronik yang maju pesat berhasil memperkecil ukuran transistor dalam ukuran mikroskopik. Jenis terkecil dalam famili komputer. Sejarah Komputer. Kemunculan FORTRAN dan COBOL menandakan permulaan bahasa peringkat tinggi untuk menggantikan pengaturcaraan dalam bahasa mesin yang lebih sukar. Cara baru menyimpan ingatan juga diperkenalkan yaitu teras magnetik. Harganya lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya. komputer lainnya dalam generasi ini ialah IBM 7090 dan IBM 7094. Komputer DEC PDP. Daya ketahanan transistor lebih baik karena tidak mudah terbakar jika dibandingkan dengan tabung vakum. Pengenalan Internet Page 6 . Chip mula menggantikan transistor sebagai otak komputer. Ukuran chip yang kecil menjadikannya banyak digunakan dalam kebanyakan alat elektronik dan harganya jauh lebih murah berbanding dengan komponen elektronik yang lain. c. Teras magnetik menggunakan besi-besi halus yang dililit oleh kabel-kabel penghantar listrik. LSI). mikrokomputer muncul dalam generasi ini. Dengan yang demikian pengendalian komputer menjadi lebih mudah. Teknologi Informasi. Ini menjadi komputer lebih baik menjalankan tugasnya. atau lebih dikenali dengan panggilan chip.Komputer-komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung-tabung vakum. Generasi ketiga (large scale integration. Tingkat pemprosesan data dan besarnya kapasitas memori utama komputer juga bertambah. Mikrokomputer menjadi lebih cepat berkembang seperti Apple II.8 ialah minikomputer pertama yang diciptakan pada tahun 1964 untuk memproses data-data perniagaan. Era ini juga menandakan permulaan minikomputer yaitu yang kedua terbesar dalam famili komputer. Beberapa ratus ribu transistor ini dapat dipadatkan ke dalam kepingan segiempat silikon melalui proses yang dipanggil integrasi skala besar (large scale integration.

mungkin saat ini belum terwujud dan diproyeksikan merupakan komputer impian masa depan. Ia diperkirakan dan tersusun dari lebih banyak unit pemproses yang berfungsi serentak untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu saat. dengan harga yang murah dan kemampuannya yang tinggi. Ini menjadikan BASIC bahasa pemrograman yang paling populer pada mikrokomputer. hinggi jutaan bit per detik. Proses pembuatan chip teknologi tinggi ini dipanggil penyimpanan skala integrasi berukuran besar (very large scale integration. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC. Generasi keempat (pengembangan chip) Chip masih digunakan untuk pemprosesan dan menyimpan ingatan. Bentuk komputer generasi kelima adalah lebih kompleks. NEC PC dan Sinclair. yang sangat akurat dan cepat dibandingkan dengan komputer sebelumnya. d. namun lebih maju. respon Teknologi Informasi. Teknologi chip yang maju ini menjadi perbedaan mendasar antara mikrokomputer dengan minikomputer dan juga mikrokomputer dengan kerangka utama (main frame). Sejarah Komputer.IBM PC. Unit pemprosesan data yang terpusat juga mungkin boleh dibilang menyerupai otak manusia. Mikrokomputer didapati amat praktis penggunaannya bagi semua lapisan masyarakat kerana ukurannya lebih kecil. Generasi kelima Generasi kelima disebut juga masa evolusi komputer. Komputer impian ini diperkirakan mempunyai kepandaian tersendiri. tersusun dari beratus ribu komponen transistor didalamnya. VLSI). Memory utama komputer menjadi lebih besar sehingga menyebabkan penyimpanan data sekunder kurang penting. Kebanyakan mikrokomputer diisi dengan bahasa pemrograman secara baik dalam di dalam chip ROM untuk membolehkan bahasa BASIC digunakan. Pemrosesan data dapat dilakukan dengan lebih baik. Pada Generasi ini melahirkan juga satu jenis komputer yang dipanggil superkomputer. Komputer generasi ini juga mempunyai ingatan yang amat besar agar dapat menyelesaikan lebih banyak masalah yang kompleks. e. Pascal dan PL/1. Pengenalan Internet Page 7 .

Teknologi Informasi. Sifat luar biasa ini disebut sebagai "artificial intelligence". Sejarah Komputer.terhadap keadaan sekeliling melalui penglihatan dan mempunyai pertimbangan dalam mengambil suatu keputusan diluar kehendak manusia. Pengenalan Internet Page 8 .

yang menghubungkan para periset di seluruh negeri dengan 5 buah pusat super Teknologi Informasi. tapi lama-kelamaan disebut sebagai Internet saja. University of Utah.III. akan tetapi keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi antar jaringan tetap dapat dilakukan. maupun perorangan. FTP). Pada mulanya jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet. Di tahun 1986 lahir National Science Foundation Network (NSFNET). Berkutnya. Sejarah Internet PENGENALAN INTERNET Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik. milis). internet mulai digunakan untuk kepentingan akademis dengan menghubungkan beberapa perguruan tinggi. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus. Gopher). University of California at Santa Barbara. Sesudahnya. Cikal bakal jaringan Internet yang kita kenal saat ini pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency). Di awal 1980-an. a. ARPAnet dibangun dengan sasaran untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. remote login dan lalu lintas file (Telnet. komersial. pemerintahan. ARPANET terpecah menjadi dua jaringan. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email. Ini disusul dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet yang memungkinkan internet diakses melalui sarana komputer pribadi (PC). organisasi. maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Sejarah Komputer. masing-masing UCLA. disusul dengan penggunaan sistem DNS (Domain Name Service) pada 1984. chat). sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web. yaitu ARPANET dan Milnet (sebuah jaringan militer). protokol standar TCP/IP mulai diperkenalkan pada tahun 1982. dan Stanford Research Institute. Pengenalan Internet Page 9 . diskusi (Usenet News. email. dan aneka layanan lainnya.

jerman. dan Prodigy mulai memberikan layanan akses ke Internet bagi masyarakat umum. Perancis. Sementara itu. meliputi remote access. Viola diluncurkan oleh Pei Wei dan didistribusikan bersama CERN WWW. Jaringan ini kemudian berkembang untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan konsorsiumkonsorsium riset.komputer. America Online. Kemajuan berarti dicapai pada tahun 1990 ketika World Wide Web mulai dikembangkan oleh CERN (Laboratorium Fisika Partikel di Swiss) berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. email/messaging. tepatnya pada tahun 1992 dengan nama Viola. Compuserve. Sebelumnya. kecuali sistem kerjanya yang masih berbasis teks. dan Internet Banking pertama kali diaplikasikan oleh First Virtual. Pengenalan Internet Page 10 . Pada awalnya. Inggris. Gedung Putih (White House) mulai online di Internet dan pemerintah Amerika Serikat meloloskan National Information Infrastructure Act. tidak secanggih browser modern yang kita gunakan saat ini. Setahun kemudian. Tentu saja web browser yang pertama ini masih sangat sederhana. Namun demikian. Penggunaan internet secara komersial dimulai pada 1994 dipelopori oleh perusahaan Pizza Hut. maupun diskusi melalui newsgroup (Usenet). internet hanya menawarkan layanan berbasis teks. WWW browser yang pertama baru lahir dua tahun kemudian. Pada saat NSFNET dibangun. Sejarah Komputer. Australia. berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Kanada dan Jepang segera bergabung kedalam jaringan ini. Teknologi Informasi. NSFNET kemudian mulai menggantikan ARPANET sebagai jaringan riset utama di Amerika hingga pada bulan Maret 1990 ARPANET secara resmi dibubarkan. Bersamaan dengan itu. Yang ada hanyalah layanan yang disebut Gopher yang dalam beberapa hal mirip seperti web yang kita kenal saat ini. kita di Indonesia baru bisa menikmati layanan Internet komersial pada sekitar tahun 1994. Layanan berbasis grafis seperti World Wide Web (WWW) saat itu masih belum ada. beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri. Terobosan berarti lainnya terjadi pada 1993 ketika InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran domain. negara-negara Skandinavia.

Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. suara (dalam format AU. namun ada juga beberapa produk browser yang kurang dikenal dan hanya digunakan di lingkungan yang terbatas. internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Para pengguna email memilki sebuah mailbox Teknologi Informasi. dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Sedangkan software aplikasi yang berjalan diatas sebuah protokol disebut sebagai aplikasi client. gambar. dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI. Shockwave. Dewasa ini. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). PNG). WAV). 2) Electronic Mail / email / messaging Email atau kalau dalam istilah Indonesia. 3D World). Di bagian ini. web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF. tersedia beragam perangkat lunak browser. suara. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Sejarah Komputer. Beberapa diantaranya cukup populer dan digunakan secara meluas. adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. 1) World Wide Web (www) Secara teknis. bukannya suatu aplikasi tertentu. Istilah "protokol" di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan. Pengenalan Internet Page 11 . contohnya seperti Microsoft Internet Explorer. kita akan berkenalan secara sepintas dengan aplikasi-aplikasi yang paling sering dimanfaatkan oleh pengguna internet. JPG. Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. surat elektronik.b. Netscape Navigator. Aplikasi Internet Internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan. Karenanya. maupun Opera. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Quicktime Movie.

kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. menjawab pesan. komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesanpesan singkat. Goggle Chat. Pengenalan Internet Page 12 . Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox. menghapus. 3) File Transfer Protocol (FTP) Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet.(kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. 4) Chat / Chatting "chat" atau chatting saja adalah sebuah bentuk komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. mIRC. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya. Dalam sebuah sesi chat. dll Teknologi Informasi. selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya. Para chatter dapat saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software diantaranya adalah software Yahoo Messenger (YM). Sejarah Komputer. Protokol standar yang digunakan untuk keperluan ini disebut sebagai File Transfer Protocol (FTP) FTP umumnya dimanfaatkan sebagai sarana pendukung untuk kepentingan pertukaran maupun penyebarluasan sebuah file melalui jaringan internet. atau menyunting dan mengirimkan pesan email. baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. FTP juga dimanfaatkan untuk melakukan prose upload suatu halaman web ke webserver agar dapat diakses oleh pengguna internet lainnya.

Pengenalan Internet Page 13 .Aplikasi-aplikasi diatas sebenarnya adalah aplikasi dasar yang paling umum digunakan dalam internet. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet. aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dikembangkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Sejarah Komputer. Teknologi Informasi. baik aplikasi yang sering maupun jarang dipergunakan. Selain aplikasi-aplikasi tersebut. Disamping itu.