You are on page 1of 2

AMONIAK (NH3) , ( Ammonia

)
    Ammonia Gas Anhydrous Ammonia Liquid Ammonia Nitro-Sil 1 3 0

Berat Molekul : 17.03

SIFAT-SIFAT FISIK
Gas tidak berwarna, berbau khas amoniak, iritan, mudah larut dalam air. Titik leleh : -77.7 oC Titik didih : -33.4 oC Tekanan Uap : 400 mmHg (-45,4 oC) Kelarutan dalam air : 31 g/100g (25 oC) Berat jenis Berat jenis uap Suhu kritis : 0.682 (-33,4 oC) : 0.6 (udara=1) : 133 oC

SIFAT-SIFAT BAHAYA
Efek Jangka Pendek (Akut)

KESEHATAN

:

Iritasi terhadap saluran pernapasan, hidung, tenggorokan dan mata terjadi pada 400700 ppm. Sedang pada 5000 ppm menimbulkan kematian. Kontak dengan mata dapat menimbulkan iritasi hingga kebutaan total. Kontak dengan kulit dapat menyebabkan luka bakar (frostbite). Efek Jangka Panjang (Kronis) Menghirup uap asam pada jangka panjang mengakibatkan iritasi pada hidung, tenggorokan dan paru-paru. Termasuk bahan teratogenik. Nilai Ambang Batas : 25 ppm (18 mg/m3) (ACGIH 1987-88) STEL 35 ppm (27 mg/m3). Toksisitas : LD50 = 3 mg/kg (oral, tikus). LC 50 = 200 ppm (tikus menghirup 4 jam)
Dapat terbakar pada daerah mudah terbakar : 16-25 % (LFL-UFL). Suhu kamar : 651 C.
o

KEBAKARAN REAKTIVITAS

:

:

Stabil pada suhu kamar, tetapi dapat meledak oleh panas akibat kebakaran. Larut dalam air membentuk ammonium hidroksida.

KESELAMATAN DAN PENGAMANAN
PENANGANAN & PENYIMPANAN TUMPAHAN & BOCORAN ALAT PELINDUNG DIRI Hindari gas berada dalam ruang kerja, hindari dari loncatan api dan sumber panas. Simpan pada tempat dingin, kering dan berventilasi dan jauh dari populasi. Hindarkan dari asam, oksidator, halida, etoksi, logam alkali dan kalium klorat. Bila terjadi tumpahan atau bocoran, harus ditangani oleh orang yang terlatih dengan memakai alat pelindung diri. Jauhkan dari sumber api. Kabut amoniak dapat disemprot oleh air. Paru-paru : Masker dengan Filter Amoniak atau respirator udara Mata Kulit Terhirup PERTOLONGAN PERTAMA : : : Safety goggles dan pelindung muka Gloves (neoprene, karet, PVC karet butil)

PEMADAM API

Bawa ke tempat aman dan udara yang segar, beri pernapasan buatan jika perlu, segera bawa ke dokter. Terkena Cuci dengan air bersih dan mengalir selama 20 menit dan segera : mata bawa ke dokter. Terkena Cuci dengan air bersih dan mengalir selama 20 menit, lepaskan : kulit pakaian yang tekontaminasi. Hentikan kebocoran gas dengan aman, gunakan semprotan air sebagai pendingin. Media pemadaman CO2, halon, bubuk bahan kimia kering.

Baku mutu ambien untuk pencemaran amoniak adalah 2 ppm. NH3 dalam air dapat dibuang dengan proses tripping (pH optimum ± 12) atau dengan proses mikrobiologi. . Limbah amoniak dapat dinetralkan dengan asam sulfat (pupuk ZA). Asap tebal akibat kecelakaan dalam transportasi pengangkutan amoniak dapat disemprot dengan air. Dapat menimbulkan kesuburan tanaman air (eutropia).INFORMASI LINGKUNGAN Amoniak dalam air amat beracun bagi ikan. udang dan binatang air lainnya.