You are on page 1of 6

Bab I Pendahuluan

BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG MASALAH Informasi adalah salah satu kata kunci yang sering terucap pada zaman ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi. Untuk mendapatkan dan menghasilkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang paling tepat. Dengan memanfaatkan teknologi komputer, didapat manfaat berupa kemudahan menyimpan, mengorganisasi dan melakukan pengambilan terhadap berbagai data. Selain itu komputer dapat membuat suatu sistem yang mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Sebuah sistem diciptakan untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah. Semakin baik suatu sistem diciptakan maka akan semakin mudah manusia menyelesaikan suatu permasalahan. Untuk mendapatkan sistem yang baik diperlukan beberapa tahapan dalam merancang dan menganalisa suatu sistem kemudian mengimplementasikannya dalam bentuk kondisi baru sesuai hasil analisa. Sistem diciptakan untuk menggantikan penyelesaian masalah–masalah yang biasanya diselesaikan secara manual dan mengubahnya menjadi sistem yang terkomputerisasi, sehingga suatu permasalahan dapat diselesaikan secara cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dengan demikian suatu hal yang lazim apabila penulis menganalisa dan mencoba merancang suatu Sistem Informasi Sekolah pada SMK YP Fatahillah 2 Cilegon dengan berbasis web, yang selama ini dikerjakan secara manual dan mengubahnya menjadi sistem yang terkomputerisasi dengan berbasis web menggunakan php di Sekolah SMK YP Fatahillah 2 Cilegon.

2008168/sandi irawan/stmik cilegon

1

Mei, 2010

Bagaimana cara untuk membuat laporan pembayaran SPP yang rapi. akurat. 2. RUANG LINGKUP / PEMBATASAN MASALAH Dari berbagai masalah. B. Bagaimana caranya untuk membuat sistem informasi sekolah berbasis web yang terkomputerisasi dengan baik? 2. MASALAH PENELITIAN Masalah-masalah yang terjadi: 1. yang terdapat pada SMK YP Fatahillah 2 Cilegon. sebagai berikut: 2008168/sandi irawan/stmik cilegon 2 Mei.Bab I Pendahuluan Berdasarkan alasan diataslah maka penulis mengambil judul mengenai “SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SMK YP FATAHILLAH 2 CILEGON” dengan mengunakan Bahasa Pemrograman PHP dan Database My-Sql sebagai judul dari Tugas Akhir. dan terkomputerisasi? . TUJUAN PENELITIAN 1. Dapat mengetahui konsep dari sistem informasi. Mengetahui teori-teori mengenai PHP dan database MySQL. maka penulis membatasi masalah pada proses sistem perpustakaan pada SMK YP Fatahillah 2 Cilegon. E. teliti. C. D. METODE PENELITIAN / METODE EKSPERIMEN Adapun metodologi yang digunakan dalam pengumpulan data dalam merancang “SISTEM INFORMASI SEKOLAH BERBASISS WEB PADA SMK YP FATAHILLAH 2 CILEGON”. 2010 .

1 Paradigma Waterfall (Classic Life Cycle) Adapun tahapan-tahapan pada metode watterfall (Classic Life Cylce) adalah sebagai berikut: 1. 2010 .Bab I Pendahuluan 1. 2008168/sandi irawan/stmik cilegon 3 Mei. Rekayasa sistem. Metode Pengembangan Perangkat Lunak Metode pengembangan perangkat lunak yang dilakukan adalah dengan pendekatan metode waterfall yang dapat digambarkan seperti berikut ini : Rekayasa sistem Analisis Desain Pengkodean Pengujian . yaitu kerja dimulai dengan membangun syarat dari semua elemen sistem dan mengalokasikan beberapa subset dari kebutuhan ke perangkat lunak. Gambar 1.

Analisis (Analysis). Testing menfokuskan pada logika internal dari sistem informasi. metode yang digunakan adalah : a. Metode Observasi. 5. Harus dapat dibentuk domain informasi. 3. 2010 . Penulisan (Coding). fungsi yang dibutuhkan performasi dan antarmuka. Desain (Design). 4. setelah kode program selesai dan program dapat berjalan.Bab I Pendahuluan 2. testing dapat dimulai. yaitu mengubah kebutuhan-kebutuhan menjadi bentuk karakteristik yang dimengerti dan desain ini harus didokumentasikan dengan baik dan menjadi bagian konfigurasi sistem informasi. yaitu cara yang digunakan dalam mendapatkan informasi atau data dengan jalan bertanya langsung kepada pihak sekolah yang terkait. Metode pengumpulan data Dalam penulisan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penulisan dan guna membantu penyelesaian laporan ini. b. yaitu dengan langkah penulisan program. fungsi internal. 2. Pengetesan (Testing). yaitu transformasi hasil desain ke dalam bentuk yang dimengerti mesin. Hasilnya harus didokumentasikan dan di-review ke pemakai sistem informasi. 2008168/sandi irawan/stmik cilegon 4 Mei. yaitu suatu metode yang penulis lakukan dengan cara mengamati dan melihat langsung prosedur yang ada pada sekolah SMK Fatahillah 2 Cilegon. yaitu proses pengumpulan kebutuhan diintensifkan ke sistem informasi. Metode Wawancara. mencari segala kemungkinan kesalahan dan memeriksa apakah sesuai dengan hasil yang diinginkan. Jika desainnya detil maka coding dapat dicapai dengan maksimal.

Bab I Pendahuluan c. 2010 . yaitu metode pungumpulan data yang hanya menggunakan pengumupulan data berdasarkan kajian pustaka dengan membaca buku – buku yang berhubungan dengan masalah yang dibahas dalam penulisan tugas akhir suatu metode yang penulis lakukan dengan cara mengamati dan melihat langsung prosedur yang ada pada sekolah SMK Fatahillah 2 Cilegon. 2008168/sandi irawan/stmik cilegon 5 Mei. Studi pustaka.

Rumusan Masalah. hasil pembahasan penelitian sistem yang 2008168/sandi irawan/stmik cilegon 6 Mei. BAB III : PERANCANGAN PROGRAM DAN IMPLEMENTASI Pada bab ini. dipaparkan hasil-hasil dari tahapan penelitian. 2010 . dari tahap analisa. BAB II : LANDASAN TEORI DAN ANALISA MASALAH Menguraikan tentang teori-teori yang dapat menjadi landasan dalam pemaparan Pokok Permasalahan yang ada hubungannya dengan judul yang Penulis buat. hasil testing dan implementasinya.Bab I Pendahuluan F. Metode Penulisan dan diakhiri dengan Sistematika Penulisan. SISTEMATIKA PENULISAN Uraian tentang penyusunan proposal tugas akhir secara singkat dan jelas. BAB IV : PENUTUP Bab ini merupakan penutup yang berisi uraian singkat tentang kesimpulan dan saran penulis mengenai diusulkan. desain. Tujuan Penulisan. Ruang Lingkup / Pembatasan Masalah. Sistematika penulisan dalam penyusunan proposal tugas akhir ini membahas dari BAB I sampai dengan BAB IV: BAB I : PENDAHULUAN Menguraikan tentang Latar Belakang Masalah.