You are on page 1of 13

ANATOMI NEUROCRANIUM DAN ANATOMI VISCEROCRANIUM

Tengkorak manusia terdiri dari 22 tulang  8 tulang neurocranium (khusus otak)  14 tulang viscerocranium. yang terdiri dari tulang wajah yang mendukung .

.

Os. Ethmoidalis . Os. Os. Occipitalis 6. Os. Frontale 2. Temporale 4. Os. Sphenoidale 5. Os. Parietale 3.Neuroccranium dibentuk oleh : 1.

Lalu membentuk tulang padat yang dipisahkan oleh jaringan ikat fontanel. dua mastoideus (atau posterolateral). satu posterior (atau oksipital). Anterior satu (atau frontal). . dua sphenoid (atau anterolateral).Saat lahir. tengkorak manusia terdiri dari 404 elemen tulang yang terpisah.

.

splanchnocranium atau viscerocranium terdiri dari bagian dari tengkorak yang berasal dari lengkungan branchial Terdiri dari :  Inferior nasal concha  Lakrimal tulang  Rahang bawah  Rahang atas  Tulang hidung  Tulang Palatine  Vomer  Tulang Zygomatic  Hyoid .Kerangka wajah.

saraf. mulut. gigi. dan pidato bahasa patolog. dokter gigi. hidung. dan tenggorokan. kelenjar.Anatomi Leher berfokus pada struktur kepala dan leher dari tubuh manusia. otot. tulang. pembuluh darah. . lidah. termasuk otak. sering dipelajari secara mendalam oleh dokter bedah. teknisi gigi.

Trigoni Leher 5. Tulang Leher 2. Anatomi leher terdiri dari : 1. Otot-otot Leher . Pembagian Regio 4.Leher ( Collum ) terletak di antara cranium dan thorax. Tulang Rawan 3.

ekstensi. . dan rotasi (menggelengkan kepala tidak) Sutura Sutura adalah tulang yang saling bergabung satu sama lain pada articulatio tertentu. hyperextension (mengangguk ya).Artikulasi leher meliputi: fleksi. Sutura berperan penting dalam pertumbuhan tengkorak.

SUTURA Ada tiga macam sutura yaitu : 1. 3. tepi dari masing-masing tulang berbentuk sebagai gigi-gigi gergaji dan gigi-gigi ini saling berapitan. tepi dari masing-masing tulang lurus dan saling tepi menepi. tepi dari masing-masing tulang menipis dan saling menutupi. Sutura serrata. Sutura harmoniana atau sutura plana. . 2. Sutura skualosa.

Di antara tulang – tulang yang belum bersambung itu terdapat celah yang di sebut sutura Istilah medis untuk penutupan sutura di sebut craniosynostosis Pada usia 6 – 20 bulan tulang – tulang kepala dan sutura mulai menutup dan menjadi lebih keras . tulang – tulang kepala belum menyambung satu sama lain .Perkembangan Tulang Kepala dan Sutura Saat bayi lahir .

edu.org/wiki/Facial_skeleton http://www.au/hfa213/w eek8/lec8devhead.usu.id/bitstream/12345 6789/1985/1/bedah-iskandar54.lab.REFERENSI http://en.pdf .pdf http://en.uwa.org/wiki/Head_and_nec k_anatomy http://repository.wikipedia.anhb.wikipedia.ac.