Topik : Pengamatan Sel Mati dan Sel Bawang Merah Tautan : http://www.gudangmateri.

com/2007/08/pengamatan-sel-mati-dan-selbawang.html
        

Update via : Mobile Facebook Twitter Scribd You Tube Request Artikel RSS

Portal | Penerbit Buku | Apps | Biografi | Ensiklopedia | Forum | Ilmu | TV | Index | Iklan | News | Mobile | Kamus | Musik | Komik

Pengamatan Sel Mati dan Sel Bawang Merah
Jadi penggemar gudang materi di Facebook ... Bagikan tulisan ini ..

Diberdayakan oleh

Terjemahan

Follow @gudangmateri di twitter , dapatkan info menarik setiap hari !
LATAR BELAKANG Seperti yang kita ketahui sel-sel terdapat dalam setiap makhluk hidup seperti : Sel Manusia,Sel Hewan,dan Sel Tumbuhan.Namun dalam penggolongannya Sel Manusia digabungkan dengan golongan Sel Hewan,sehingga dalam penggolongan hanya dicantumkan antara Sel Hewan dan Sel Tumbuhan. Sel – sel pada Hewan dan Tumbuhan membentuk beberapa bentuk yang berbeda – beda antara satu dengan yang lainnya.Seperti antara Sel Tumbuhan dan Sel Hewan terjadi perbedaan organel dalam sel , perbedaannya terletak pada Dinding sel,membran sel,Nukleus,Ribosom,Lisosom,BadanGolgi,Retikulum.endoplasma,Plastida,Mitokondria,d an vakuola.Yang kita akan amati adalah Sel Tumbuhan sebagai sampelnya adalah Sel Bawang merah. Sedangkan Sel juga ada yang termasuk Sel Hidup dan Sel Mati, Sel Hidup ada sel yang masih melakukan aktifitas didalammnya.Lain halnya dengan Sel Mati adalah sel yang

Mikroskop 2. Letakkan sayatan tersebut ditengah kaca benda. • Menurut Robert Hooke (Abad 17) : Sel berarti bilik kecil. Sayatlah gabus secara melintang setipis mungkin.untuk lebih jelasnya kami bermaksud melakukan penelitian mengenai bentuk Sel mati dan Sel bawang merah (Sel Tumbuhan) dibawah mikroskop agar kita lebih mengenal bentuk-bentuk Sel dalam makhluk hidup. • Robert Brown : Gerakan isi sel tidak teratur. Pinset 5. TUJUAN Kegiatan I : Mengamati dan mengenal Sel Mati Kegiatan II : Mengamati dan mengenal Sel Bawang Merah (Sel Tumbuhan) LANDASAN Pengamatan ini dilakukan untuk mengenal dan mengamati bentuk-bentuk Sel Mati dan Sel Tumbuhan untuk keperluan pembelajaran Biologi tentang Struktur dan Fungsi Sel. Silet atau Cutter yang tajam 4. Silet atau Cutter yang tajam 4. ALAT DAN BAHAN KEGIATAN I : 1. Kaca Benda atau kaca penutup 3.didalamnya tidak terdapat tanda-tanda adanya aktifitas. Oleh karena itu. Air 6. • Menurut Johannes Purkinje : Cairan itu disebut protoplasma. • Menurut Hanstein (1880) : Sel merupakan kantong yang berisi. • Menurut Max Schultze (1825-1974) : Sel adalah kesatuan fungsional.Yang akan kita amati adalah Sel Mati dan sebagai sampelnya adalah lempulur ubi kayu (Sel gabus). Landasan Teori : • Menurut Mathias Schleiden dan Theodor Schwann (1838) : Sel adalah merupakan kesatuan struktural. Gabus dari batang ketela pohon (lempulur ubi kayu) KEGIATAN II : 1. Larutan metilen biru LANGKAH KERJA KEGIATAN I : 1. Bawang Merah 7. • Menurut Felix Dujardian (1835) : Isi Sel berupa cairan.tetesi dengan air kemudian tutuplah dengan kaca penutup (cara menutupnya hati-hati). 2. Pinset 5. . Kaca benda dan kaca penutup 3. Mikroskop 2. Air 6.

6. Gambarlah penampang sel bawang merah sebelum ditetesi metilen biru dan sesudah ditetesi metilen biru kemudian berilah keterangan.karena sel gabus tidak memiliki isi .3.adakah bagian sel yang paling kuat menyerap warna biru ?Apa nama bagian tersebut ? Jawab : Ada. 2.yaitu bagian inti sel sel tersebut.karena sel gabus termasuk sel mati sehingga tidak memiliki inti sel. Hasil pembesaran mikroskop : . 4. 3. 5. Bagaimanakah bentuk sel epidermis bawang merah ? Jawab : Bentuknya seperti balok yang disusun miring. karena sel bawang merah mempunyai inti sel.memiliki cairan didalamnya. 5. Adakah isi dalam sel gabus ? Jawab : Tidak ada. Lepaskan lapisan siung bawang merah dan patahkan menjadi dua. 2. HASIL PENGAMATAN KEGIATAN I : 1. Pada saat ditetesi metilen biru. Amatilah kembali dengan menggunakan mikroskop.tetesilah dengan air dan tutuplah dengan kaca penutup.Ambillah selaput tipis (epidermis) dari patahan tersebut dengan menggunakan pinset. Gambarlah penampang gabus dan berilah keterangan. 4.10 x 10 . Tetesilah dengan metilen biru.10 x 40 KEGIATAN II : 1.Fungsinya untuk melindungi vakuola. Sebelum ditetesi Metilen Biru -10 x 10 -10 x 40 Setelah ditetesi Metilen Biru -10 x 10 -10 x 40 . Sel gabus termasuk sel hidup atau sel mati ? Jelaskan ! Jawab : Termasuk sel mati. KEGIATAN II : 1. 4. Letakkan pada kaca benda.tidak memiliki inti sel. Sel bawang merah termasuk Sel hidup atau Sel mati ? Mengapa demikian! Jelaskan ! Jawab : Sel bawang merah termasuk sel hidup. 2. dan tidak ada aktifitas yang terjadi dalam sel tersebut. Adakah cairan dalam sel bawang merah ? Jawab : Ada. Amatilah di bawah mikroskop dengan pembesaran sesuai dengan pembesaran yang diinginkan. Bagaimana bentuk sel gabus ? Jawab : Bentuk sel gabus seperti bentuk segi delapan. 3. 3. Amatilah dibawah mikroskop dengan pembesaran sesuai keinginan. Apa nama dan fungsi cairan di dalam sel bawang merah ? Jawab : Cairan pada bawang merah disebut cairan inti (nukleoplasma) berupa gel dan transparan dan cairan ini disebut karyotin yang mengandung senyawa kimia yang kompleks.dan ada aktifitas yang terjadi didalamnya seperti pertukaran zat dalam sel.

gabus juga mempunyai bentuk Sel yang khas berbeda dengan Sel tumbuhan.Lisosom.com silahkan untuk mengisi Buku Tamu bagi pengunjung sekalian . kami ada di Facebook dan Twitter . Walaupun Sel mati. Artikel terkait lainnya : Biologi . Redaktur Administrator Tuesday.Ribosom. dan klik tautan berikut untuk melihat prasyarat Kontribusi .Oleh karena itu masing-masing mempunyai bentuk khas dari Sel tumbuhan.dan Sel mati. August 21.Retikulum Endoplasma.dan Vakuola.KESIMPULAN Setelah kami lakukan pengamatan kami dapat menyimpulakan bahwa Sel Tumbuhan memiliki Nukleus. Klik Materi Pengamatan Sel Mati dan Sel Bawang Merah untuk mendownload materi ini.Bagian-bagian tersebut saling mendukung agar terjadi kesinambungan antara satu dengan yang lain.dan Badan Golgi.Mitokondria. 2007 Category: Biologi Terima kasih telah mengunjungi GudangMateri.Sedangkan Sel Mati (Sel Gabus) tidak melakukan aktifitas dan tidak memiliki bagian-bagian seperti pada sel tumbuhan karena sel gabus adalah bagian dari Sel tumbuhan.Sentriol. Sel tumbuhan dan Sel hewan mempunyai bagian seperti Dinding Sel.Kloroplas.Plastida. Klik tautan berikut untuk berlangganan bila anda ingin Follow Gudang Materi .Hewan.Sel gabus adalah jaringan pada tumbuhan agar jaringan dibawah Sel gabus ini tidak kehilangan kebanyakan air.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful