Medan Magnetik dan Induksi Magnetik

Istiqomah XII IA 1

1.

Uraikan percobaan-percobaan dan nama-nama Tokoh Fisikawan yang mengadakan penelitian tentang Medan Magnetik dan Induksi Magnetik, uraikan menurut timeline sejarah (waktu an saat percobaan), prosedur percobaan dan hasil percobaan (kesimpulan yang didapat) a. Hans Christian Oersted pada tahun 1819 menemukan bahwa sebuah jarum magnet dapat disimpangkan oleh suatu arus listrik yang mengalir melalui seutas kawat konduktor.

. Sesuai dengan gambar, Oersted menemukan bahwa jika kawat tidak dialiri arus listrik (I=0), maka jarum magnet tidak menyimpang. Jika kawat dialiri arus listrik dari ujung atas ke bawah , maka jarum magnet menyimpang ke kanan, sedangkan jika kawat dialiri arus listrik dari ujung bawah ke atas , maka jarum magnet menyimpang ke kiri. Oersted menjelaskan bahwa penyimpangan jarum magnet tersebut disebabkan adanya medan magnet disekitar arus listrik yang dapat mempengaruhi magnet di sekitarnya.

b. Pada tahun 1920, Andre Marie Ampere menemukan adanya kekuatan saling menarik dari
dua buah kawat sejajar yang dialiri arus dan berarah sama. Sebaliknya bila arah arusnya berlawanan akan tolak menolak. Ampere merumuskannya dalam bentuk kaidah tangan kanan. Kaidah tangan kanan memberitahukan kepada kita untuk mengubah energi listrik (arus) menjadi energi mekanis (gaya tolak). c. Pada tahun 1920, dua orang ilmuwan Prancis bernama Jean Baptisen Biot (1774-1862)

dan Felix Savart (1791-1841), menjelaskan tentang induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.

d. Pada tahun 1832, Micheal Faraday menemukan gejala kelistrikan pada suatu penghantar (kumparan) karena ada perubahan garis-garis medan magnet yang dilingkupioleh kumparan. Gejala yang ditemukan Faraday ini kemudian disebut induksi elektromagnetik. Peristiwa induksi elektronagnetik ditemukan Faraday melalui percobaan dengan menggunakan magnet tetap, sebuah kumparan, dan sebuah galvanometer.

Berdasarkan gambar diatas, ketika magnet digerakkan ke dalam kumparan, maka jarum galvanometer menyimpang pada arah tertentu. Sedangkan, ketika magnet ditarik keluar, maka jarum galvanometer menyimpang pada arah yang berlawanan. Akan tentapi, magnet diam di dalam atau di luar kumparan, maka jarum galvanometer tidak menyimpang. Secara

eksperimen Faraday menemukan bahwa beda potensial dapat dihasilkan pada ujung-ujung penghantar atau kumparan dengan memberikan perubahan fluks magnetik. Hasil eksperimennya dirumuskan sebagai berikut. “Jika fluks magnet yang memasuki suatu kumparan berubah, maka pada ujung-ujung kumparan akan timbul gaya gerak listrik induksi dan besarnya gaya gerak induksi ini bergantung pada laju perubahan fluks magnet yang dilingkupi oleh kumparan’’. e. Heinrich Friedrich Lenz pada tahun 1834, ia mengemukakan tentang arus induksi.

Ketika kedudukan magnet dan kumparan diam, tidak ada perubahan fluks magnet dalam kumparan. Tetapi ketika kutub utara magnet digerakkan mendekati kumparan, maka timbul perubahan fluks magnetik. Dengan demikian pada kumparan akan timbul fluks magnetik yang menentang pertambahan fluks magnetik yang menembus kumparan. Hasil dari percobaan tersebut Jika ggl induksi timbul pada suatu rangkaian, maka arah arus induksi yang dihasilkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan medan magnetik induksi yang menentang perubahan medan magnetik (arus induksi berusaha mempertahankan fluks magnetik totalnya konstan).

2. Uraikan pemikiran atau filosofi dari percobaan medan magnet maupun induksi magneyik ini menurut logika fisika 1) Sumber medan magnet tidak hanya berupa magnet permanen, tetapi juga dapat berupa electromagnet, yaitu magnet yang dihasilkan oleh arus listrik atau muatanmuatan listrik yang bergerak. 2) Arus induksi elektromagnetik dan gaya akan selalu berusaha untuk saling meniadakan(gaya aksi dan reaksi) atau saling berlawanan. 3) medan magnet yang berubah-ubah terhadap waktu dapat menghasilkan (menginduksi) medan listrik dalam bentuk arus listrik. Gejala ini dikenal sebagai gejala induksi elektromagnetik. Apa realita kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan masing-masing percobaan itu? Kertas-kertas kecil yang menempel pada penggaris yang telah digesekan pada rambut. Kawat yang saling tarik-menarik akibat adanya arus listrik dan berarah sama, sedangkan apabila berlawanan, mengakibatkan kawat tersebut saling menjauh. Generator listrik Dinamo Jarum kompas Kaidah tangan kanan Kaidah tangan kiri

3. 1) 2) 3) 4) 5) 6) 7)

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful