ASKEB IBU IV ( PATOLOGI KEBIDANAN

)

SEMESTER V KOMPLIKASI DAN PENYAKIT DALAM KEHAMILAN TRIMESTER III : • KPSW ATAU KPD ATAU PROM By. Siti Rochana

Selamat belajar Konsentrasi !!!!

RUSTAM MUCHTAR.DR.PENGERTIAN : * KETUBAN PECAH DINI ATAU PREMATURE OF THE MEMBRANE ( PROM ) ADALAH : PECAHNYA KETUBAN SEBELUM INPARTU YAITU BILA PEMBUKAAN PADA PRIMI KURANG DARI 3 CM DAN PADA MULTIPARA KURANG DARI 5 CM ( PROF.MPH ) .

I.• KETUBAN PECAH DINI ADALAH : PECAHNYA KETUBAN SEBELUM TERDAPAT TANDA PERSALINAN MULAI DARI DITUNGGU SATU JAM BELUM TERJADI INPARTU.(dr. .SEBAGIAN BESAR KPD ADALAH HAMIL ATERM DIATAS 37 MGG SEDANGKAN DIBAWAH 36 MGG TIDAK TERLALU BANYAK.A CHANDRANITA MANUABA.SPOG ).

FAKTOR RESIKO : * INKOMPETENSIA SERVIKS * POLIHIDRAMNION * MAL PRESENTASI JANIN * GESTASI MULTIPLE * INFEKSI VAGINA / SERVIKS . KECUALI DALAM USAHA MENEKAN INFEKSI. MAKA PREVENTIF TIDAK DAPAT DILAKUKAN.ETIOLOGI : DARI PREMATURE RUPTURE OF MEMBRANE ( PROM ) TIDAK ATAU BELUM JELAS.

MEKANISME : MEKANISME KPD ADALAH :TERJADI PEMBUKAAN PREMATURE SERVIKS DAN MEMBRANE. MELEMAHNYA DAYA TAHAN KETUBAN DIPERCEPAT DG INFEKSI YG MENGELUARKAN ENZIM. JARINGAN IKAT YG MENYANGGA MEMBRAN KETUBAN MAKIN BERKURANG. . TERJADI VASKULARISASI DARI NEKROSIS SERTA DAPAT DIIKUTI PECAH SPONTAN. TERKAIT DG PEMBUKAAN.

.KOMPLIKASI BERKAITAN DG PREMATUR RUPTUR OF MEMBRAN : * KELAHIRAN / PERSALINAN PREMATUR * KORIOAMNIONITIS * KOMPRESI TALI PUSAT PENGARUH PROM : * TERHADAP JANIN WALAUPUN IBU BELUM MENUNJUKAN GEJALA 2 INFEKSI TETAPI JANIN MUNGKIN SUDAH TERKENA INFEKSI INTRA UTERI LEBIH DAHULU (TERJADI AMNIONITIS. KEJADIAN INI AKAN MENINGKATKAN MORTALITAS DAN MORBIDITAS PERINATAL.VASKULITIS).

MAKA DAPAT TERJADI INFEKSI INTRA PARTAL. PARTUS AKAN MENJADI LAMA.* TERHADAP IBU KARENA JALAN TELAH TERBUKA. IBU AKAN MERASA LELAH KARENA TERBARING DI TEMPAT TIDUR. MAKA SUHU BADAN NAIK.LABOR. APALAGI BILA TERLALU SERING DIPERIKSA DALAM. NADI CEPAT DAN NAMPAKLAH GEJALA2 INFEKSI. . SELAIN ITU JUGA DAPAT DIJUMPAI INFEKSI PUERPURALIS ( NIFAS ) PERITONITIS DAN SEPTIKEMIA SERTA DRY.

KEPASTIAN DILAKUKAN DG MENGUKUR KEMATANGAN PARU JANIN DAN PERCOBAAN INDIGO KARMIN APAKAH BENAR KETUBAN PECAH DINI DG CAIRAN TERDAPAT DALAM VAGINA.EVALUASI KEHAMILAN DG KETUBAN PECAH DINI : FAKTOR INFEKSI DAPAT TERJADI KARENA AMNIOSENTESIS DG ULTRASONOGRAFI. PADA KONDISI INI PERLU DILAKUKAN KULTUR BETA STREPTOKOKUS. .

DG ALAT INI JG DAPAT DITENTUKAN USIA KEHAMILAN DAN MENENTUKAN KESEHATAN JANIN DALAM KANDUNGAN. .EVALUASI DG ULTRASONOGRAFI DITEMUI KETUBAN PECAH DINI SERING TERDAPAT KELAINAN KONGINETAL. DG EVALUASI INI JUGA DILAKUKAN PEMERIKSAAN TERHADAP TINGKAT INFEKSI. BERDASARKAN EVALUASI DAPAT DIBEDAKAN PERLAKUAN PENATALAKSANAAN KETUBAN PECAH DINI KEHAMILAN PREMATUR DAN KEHAMILAN ATERM.

DENGAN EVALUASI JUGA DAPAT DITENTUKAN WAKTU DILAKUKAN NYA INDUKSI PERSALINAN UNTUK MEMPERTIMBANGKAN WAKTU INDUKSI ( SETELAH PECAH 6 JAM. . 12 JAM. 24 JAM ).

BILA SUDAH MENCAPAI BERAT 2000 GR DAPAT DIPERTIMBANGKAN UNTUK INDUKSI.PENATALAKSANAAN : MASALAH YG PALING BERAT MENGHADAPI KETUBAN PECAH DINI ADALAH KEHAMILAN DI BAWAH MINGGU KE 26 KARENA MEMPERTAHANKANNYA MEMERLUKAN WAKTU LAMA. . KEGAGALAN INDUKSI DISERTAI INFEKSI YG DIIKUTI HISTEREKTOMI.

PEMBERIAN KORTIKOSTEROID DG PERTIMBANGAN AKAN MENAMBAH RESEPTOR PEMATANGAN PARU . MENAMBAH MATURITAS PARU JANIN. 12 MG TAMBAHAN. BILA JANIN SETELAH SATU MINGGU BELUM LAHIR PEMBERIAN BETAKORTISONNYA DAPAT DIULANG LAGI . MAKSIMUM DOSIS 24 MG DAN MASA KERJA NYA 2-3 HARI. PEMBERIAN BETAMETASON 12 MG DG INTERVAL 24 JAM .

DAPAT DIBERIKAN BILA SUDAH DAPAT DIPASTIKAN TIDAK TERJADI INFEKSI KORIO AMNIONITIS. . PEMBERIAN ANTIBIOTIK PROFILAKSIS DG TRIPLE DRUG UNTUK MENGHINDARI TERJADI SEPSIS.PEMBERIAN TOKOLITIK UNTUK MENGURANGI KONTRAKSI UTERUS.

STEROID .KETUBAN PECAH DINI ( 27 – 35 MINGGU ) PEMERIKSAA INSPEKULUM KULTUR BETA STREPTOKOKUS ULTRASONOGRAFI KELAINAN KONGENETAL AMNIOSENTESIS ( JANIN NORMAL ) KORIOAMNIONITIS PARU JANIN MATUR PARU MATUR H.

2 PERS DG INDUKSI * PROSTAGLANDIN * LANGSUNG INDUKSI SECTIO CAESAREA * INDIKASI OBSTETRI * KEL LETAK JANIN .PENATALAKSANAAN * NST SETIAP MINGGU * SUHU MENINGKAT > 36C * HASIL LAB ADANYA INFEKS * BPD DIATAS 9.

* APAKAH ADA TANDA INFEKSI INTRA UTERIN. ATAU 24 JAM.INDIKASI UNTUK MELAKUKAN INDUKSI PADA KPD HARUS MEMPERTIMBANGKAN WAKTU DAN BERAT JANIN DALAM RAHIM. .SUHU TUBUH IBU 38C TERDAPAT INFEKSI MELALUI HASIL LAB DAN KULTUR. 12 JAM. PERTIMBANGAN WAKTU MELIPUTI : * APAKAH PECAHNYA SDH 6 JAM . * BERAT JANIN SEBAIKNYA DIATAS 2000 GR ATAU LEBIH.

KEMATIAN JANIN AKIBAT PREMATURITAS DAN INFEKSI MENINGKAT TAJAM. DALAM HAL INI BIDAN DG BIJAKSANA MELAKUKAN INTERVENSI APABILA TELAH DITUNGGU SEKITAR SATU JAM BELUM ADA TANDA AKAN TERJADI PERSALINAN SEGERA MELAKUKAN RUJUKAN KE RUMAH SAKIT YANG . * TERJADI PERSALINAN PREMATUR BILA USIA KEHAMILANNYA < DARI 36 MGG.BAHAYA PALING BESAR DARI KETUBAN PECAH DINI ADALAH : * BAHAYA INFEKSI INTRA UTERIN YANG MENGANCAM KESELAMATAN IBU DAN JANINNYA.

BIDAN JANGAN TERLALU SERING MELAKUKAN PEMERIKSAAN DALAM KARENA AKAN MENAMBAH BERATNYA INFEKSI. BILA MUNGKIN BERI ANTIBIOTIKA UNTUK MENGHINDARI KEMUNGKINAN INFEKSI . .DAPAT MEMBERI PERTOLONGAN KHUSUS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful