HUBUNGAN KETERKAITAN INTERNET DENGAN HUBUNGAN INTERPERSONAL

NAMA : NURMA ANINDITA NIM : 0913000015 MATA KULIAH : KECAKAPAN ANTAR PERSONAL

yang berfungsi untuk mengirim. Pertukaran informasi maupun cara berkomunikasi melalui internet adalah cara baru sebagai lompatan teknologi yang menempatkan manusia berada pada tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan. Fenomena ini melekat dengan layanan yang ditawarkan dalam media internet. memperbaiki memperbaharui taraf hidupnya seiring perkembangan peradaban yang semakin maju. teks. Electronic mail : sarana surat menyurat secara elektronis 4. maka difusi pemakaian internet bagi penggunanya begitu cepat tersebar diberbagai tempat atau negara. File transfer protocol : sarana pencarian file-file program secaragratis 6.2. Besarnya dampak atau effek dari hubungan internet dengan interpersonal? . Internet relay chat : sarana berkomunikasi seperti menggunakan telephone namun menggunakan teks 3. Fasilitas fasilitas yang ada di internet dan digunakan oleh para penggunanya meliputi : 1. Kebutuhan dan keinginan untuk selalu beriringan dengan informasi tersebut.1 LATAR BELAKANG MASALAH Pencarian kebutuhan informasi melalui keterlibatan dalam mekanisme proses komunikasi. suara . dilakukan manusia sebagai usaha untuk semakin meningkatkan. Bagaimana hubungan internet dengan interpersonal ? 2. World wide web merupakan data bank yang besar dalam bentuk citra bergerak. menyampaikan atau menerima pesan bagi penggunanya (user). Usenet : fasilitas untuk berdiskusi secara kelompok dan korepondensi pencarian data 5. termasuk Indonesia. tentang berbagai hal 2.BAB 1 PENDAHULUAN 1. 1. 1. Gopher : sarana interaktif pencarian data base dan file Fasilitas yang ditawarkan memberikan kemudahan dan manfaat yang besar. grafis. Rumusan Masalah Dalam makalah ini saya akan mengkaji lebih dalam mengenai hubungan keterkaitan internet dengan hubungan interpersonal.

2.3 Kerangka Konseptual Kerangka teori atau konseptual merupakan landasan berpikir yang tersusun secara sistematis dan runtut untuk dapat menjelaskan suatu fenomena atau menjawab suatu masalah secara sistematis. Sensasi. yaitu proses penyimpanan informasi dan evaluasinya dalam kognitif individu. Untuk melakukan antisipasi setelah mengevaluasi respon/ umpan balik. yaitu proses memberikan makna terhadap informasi yang ditangkap oleh sensasi. misalnya komunikasi melalui internet (chatting.). yaitu proses mengolah dan memanipulasi informasi untuk memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah. . 2. Fungsi Komunikasi interpersonal sebagai berikut: 1. yaitu proses menangkap stimulus (pesan/informasi).1 Internet dan Interpersonal Internet (Interconnected Network) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan di seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial. Untuk mendapatkan respon/ umpan balik. BAB II PEMBAHASAN 2. Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang dilakukan kepada pihak lain untuk mendapatkan umpan balik. dll. 3. Fasilitas dalam Internet misalnya World Wide Web (WWW). Berpikir. Berkembangnya kelompok maya ini karena perkembangan teknologi media komunikasi. News Grup dan IRC (Internet Relay Chat). 4. email. Kerangka konseptual sangat penting dimiliki oleh penulis atau peneliti untuk memberikan penjelasan atau jawaban yang analitis sesuai konsep yang digunakan. Persepsi. Untuk melakukan kontrol terhadap lingkungan sosial. Elektronik Mail (E-Mail). Contoh kelompok maya. Maling List (Millis). budaya.1. dan hukum untuk menyebarkan informasi dan mendapatkan informasi. face book. baik secara langsung (face to face) maupun dengan media. Memori. 3. Proses komunikasi intrapersonal melibatkan beberapa unsur atau elemen sebagai berikut : 1. Sejarah internet tidak lepas terbentuknya sebuah jaringan komputer yang dilakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Berdasarkan definisi ini maka terdapat kelompok maya.

newsgroup. merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Bermain Game Online dan Banyak lagi. Pornografi 2. Mulai dari menonton video. ftp dan www.2.2 Hubungan Internet Dengan Interpersonal Internet saat ini menjadi kebutuhan yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan umat manusia. internet bukan hanya tempat untuk Mencari Bahan Berita tetapi kini di internet bisa melakukan berbagai macam hal.3 Dampak atau effek dari hubungan internet dengan interpersonal 2. Akibat perubahan zaman dan teknologi yang semakin Maju.1 Dampak Positif: 1. Para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. 4. Banyak hal yang membuat manusia bermalas-malasan atau mengandalkan suatu pekerjaan dengan adanya internet.3. Internet sebagai media komunikasi. mengirim E-Mail. Media untuk mencari informasi atau data. 3. kebudayaan.2 Dampak Negatif 1. Tetapi akibat dari semakin majunya Teknologi Internet banyak dampak negatif yang terjadi. Chatting. 5. perkembangan internet yang pesat. mendengarkan musik. dan lain-lain 6. 2. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan. dengan menggunakan email. Media pertukaran data.3. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan. 2. Penipuan . 2. menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.

psikologizone.org/2012/06/19/makalah-hubungan-diplomasi-diplomasi-bilateral-antaraindonesia-dan-korea-selatan/ http://www.com/definisi-komunikasi-interpersonal/06511922 . Sifat malas bekerja BAB III Penutup 3.blogspot. Internet sudah menjadi media yang membuat manusia bergantung dengannya dalam bentuk pekerjaan mau kehidupan. Carding 4.html?m=1 http://indrif1c008103.1 Kesimpulan Pada perkembangan dan seiring mem-boomingnya penggunaan internet maka ilmu komunikasi-pun melakukan riset internet dari sudut pandang ilmu komunikasi khususnya di Indonesia. Daftar Pustaka Internet : http://endra-dwi-putra. Dampak positif yang terjadi dalam kehidupan manusia dengan adanya internet dapat memacu berkembangnya teknologi seperti sekarang ini.html?m=1 http://djangka.com/2010/06/internet-sebagai-media-komunikasi.blogspot.com/2012/04/pengertian-internet-dan-intranet. Perjudian 5.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful