GETARAN (Gerak Harmonik Sederhana) A.

Pengertian Getaran atau Osilasi adalah gerak bolak-balik di sekitar suatu kedudukan kesetimbangan. Yang dimaksud dengan satu getaran lengkap adalah gerakan dari suatu titik awal kembali ke titik awal tadi. Yang dimaksud satu getaran lengkap pada gambar di samping yaitu O-A-O-B-O atau A-O-B-O-A. Benda yang bergetar seringkali disebut juga melakukan gerakan harmonis sederhana. Getaran Harmonik atau Gerak Harmonik adalah gerak bolak balik yang melewati suatu titik kesetimbangan

B. Besaran Dan Istilah Fisika Pada Gerak Harmonik Sederhana Pada Ayunan Sederhana 1. Periode ayunan ( T ) adalah waktu yang diperlukan benda untuk melakukan satu getaran (disebut satu getaran jika benda bergerak dari titik di mana benda tersebut mulai bergerak dan kembali lagi ke titik tersebut ). Satuan periode adalah sekon atau detik. 2. Frekuensi ( f ) adalah banyaknya getaran yang dilakukan oleh benda selama satu detik. Satuan frekuensi adalah 1/sekon atau s-1 atau hertz 3. Amplitudo adalah perpindahan (simpangan) maksimum dari titik kesetimbangan. Pada contoh ayunan sederhana sesuai dengan gambar di atas, amplitudo getaran adalah jarak AB atau BC. Hubungan Periode dan Frekuensi T = periode (s) f = frekuensi (Hertz) 4. Simpangan Getaran adalah jarak benda yang bergetar ke titik keseimbangan atau posisi benda terhadap titik kesetimbangan. C. Getaran Harmonik Pada Pegas

Apabila benda ditarik ke kanan sejauh +s (pegas diregangkan). . di mana pada ujung pegas tersebut dikaitkan sebuah benda bermassa m. Massa benda kita abaikan. Ketika sebuah benda dihubungkan ke ujung sebuah pegas. jika pada pegas tersebut tidak diberikan gaya. Pada kedaan ini. sehingga benda meluncur pada permukaan horisontal tanpa hambatan.Keterangan : Semua pegas memiliki panjang alami sebagaimana tampak pada gambar A. maka pegas akan meregang (bertambah panjang) sejauh y. Setiap pegas memiliki panjang alami. Terlebih dahulu kita tetapkan arah positif ke kanan dan arah negatif ke kiri. pegas akan memberikan gaya pemulih pada benda tersebut yang arahnya ke kiri sehingga benda kembali ke posisi setimbangnya (gambar b). Jika beban ditarik ke bawah sejauh y1 dan dilepaskan (gambar c). Pegas akan mencapai titik kesetimbangan jika tidak diberikan gaya luar (ditarik atau digoyang). Untuk semakin memudahkan pemahaman dirimu. benda yang dikaitkan pada ujung pegas berada dalam posisi setimbang (lihat gambar a). demikian juga dengan gaya gesekan.sebaiknya dilakukan juga percobaan. benda akan akan bergerak ke B. Hubungan Antara Gaya Dan Simpangan Yang Dialami Pegas Kita tinjau pegas yang dipasang horisontal. sebagaimana tampak pada gambar B. ke D lalu kembali ke B dan C.

Secara matematis ditulis : F k s = Gaya Pegas (N) = Konstanta Gaya Pegas (N/m) = Simpangan (m) Persamaan ini sering dikenal sebagai Hukum Hooke dan dicetuskan oleh Robert Hooke. Tanda negatif menunjukkan bahwa gaya pemulih alias F mempunyai arah berlawanan dengan simpangan s. Besar gaya pemulih F ternyata berbanding lurus dengan simpangan (s) dari pegas yang direntangkan atau ditekan dari posisi setimbang (posisi setimbang ketika s = 0). Menurut Hukum II Newton Gaya yang bekerja pada suatu benda memenuhi persamaan dalam hal ini a merupakan persepatan getaran harmonis yang besarnya ( ) ( ) .Sebaliknya. Semakin besar konstanta pegas (semakin kaku sebuah pegas). Gaya F selalu bekeja berlawanan arah dengan arah simpangan s. Sebaliknya semakin lembut sebuah pegas (semakin kecil konstanta pegas). semakin kecil gaya yang diperlukan untuk meregangkan pegas. pegas juga memberikan gaya pemulih untuk mengembalikan benda tersebut ke kanan sehingga benda kembali ke posisi setimbang. jika benda ditarik ke kiri sejauh -s. Hukum Hooke akurat jika pegas tidak ditekan sampai kumparan pegas bersentuhan atau diregangkan sampai batas elastisitas. Konstanta pegas berkaitan dengan kaku atau lembut sebuah pegas. semakin besar gaya yang diperlukan untuk menekan atau meregangkan pegas.

kemudian dilepas. c) Frekuensi getaranya. Penyelesainya : . Dari keadaan seimbangnya pegas ditarik dengan gaya 0.9 N sehingga meyimpang sebesar s=3 cm. b) Periode getaran yang terjadi. Suatu beban dengan masssa 20 gram digantungkan pada sebuah pegas.Dari persamaan ( ( ) ( ) ) dan ( ) didapatkan : Dimana : m = Massa Benda (kg) k = Tetapan/ Konstanta gaya Pegas (N/m) √ T = Periode (s) f = frekuensi (Hertz) = 3. Hitunglah : a) Teteapan gaya pegas yang digunakan.14 √ √ √ Contoh Soal 1 1.

. hitunglah: a..9 N a) k = .? √ √ c) f = ..? Contoh Soal 2 Sebuah mobil yang masanya 2000 kg menggunakan peredam getaran dengan 4 buah pegas yang mempunyai tetapan sama yaitu 15.000 N/m.. Bila mobil dibebani penumpang dan barang yang massa totalnya 400 kg. Penyelesaian : Masssa total mobil = 2000 kg + 400 kg = 2400 kg Setiap pegas menerima beban sebesar: .02 kg s = 3 cm = 0..m = 20 gram = 0.? Harga mutlak k ditulis 30 N/m b) T =. frekuensi getaran mobil ketika melewati sebuah lubang di jalan.03 m F = 0.. waktu yang diperlukan untuk terjadi dua getaran. b.

waktu yang terjadi untuk satu kali getaran= periode (T) Waktu untuk terjadi dua getaran = 2T D. Karena tidak ada gaya gesekan udara.K = 15. Gambar di samping memperlihatkan bandul (pendulum) sederhana yang terdiri dari tali dengan panjang l dan bola bandul bermassa m.000 N/m a. Getaran Harmonik Pada Bandul Dalam menganalisis gerakan pendulum sederhana. maka bandul melakukan osilasi sepanjang busur lingkaran dengan besar amplitudo tetap sama. frekuensi getaran mobil: √ √ √ b. Bandul berosilasi akibat adanya komponen gaya berat mg sin . Gaya yang bekerja pada bola bandul adalah gaya berat (w = mg) dan gaya tegangan tali FT. Gaya berat memiliki komponen mg cos yang searah tali dan mg sin yang tegak lurus tali. gaya gesekan udara kita abaikan dan massa tali sangat kecil sehingga dapat diabaikan relatif terhadap bola. Gaya yang mempegaruhi gerak bandul adalah : Dimana : = sudut simpangan l = panjang tali (m) m = massa bandul (kg) g = percepatan graviatsi bumi (m/s2) .

Tanda (-) menunjukan bahwa arah gaya berlawanan dengan arah simpangan. Menurut Hukum II Newton dengan maka : Dari kedua persamaan dan didapatkan bahwa : Perhatikan segitiga siku-siku PQR Masukan ke persamaan √ √ Dimana : T = periode (s) f = frekuensi (hertz) √ √ = panjang tali (m) g = percepatan gravitasi (m/s2) Contoh Soal 3 Sebuah ayunan bandul dengan massa beban 50 gram dan panjang talinya 30 cm. Apabila bandul diberi simpangan . tentukanlah: .

a.05 kg a. T dan f . simpangan maksimum (Amplitudo) getaran. periode dan frekuensi getaran. Berapa percepatan gravitasi di tempat itu? Penyelesaian: .? √ √ Contoh Soal 4 Dua orang siswa melakukan percobaan sebuah ayunan bandul di sebuah bukit dengan maksud ingin mengetahui percepatan gravitasi di tempat itu.. c. Panjang tali ayunanya 29. b. Penyelesaian: m = 50 gr= 0.. gaya pada saat simpangan maksimum. s =. Dengan menggunakan stopwatch mereka mendapatkan data bahwa dalam waktu 12 sekon bandul bergetar 11 getaran..5 cm.? b. c..

Simpangan y adalah proyeksi dari posisi titik P pada lingkaran terhadap garis vertikal (sumbu y).√ E. Kecepatan. R = Simpangan Maksimum (Amplitudo) atau A Dengan memaksukan nilai dan A maka: . Simpangan Getaran Harmonik Suatu getaran harmonik dapat dilukiskan sebagai suatu titik yang bergerak melingkar. Simpangan. Dan Percepatan Getaran Harmonik 1. Besarnya simpangan y adalah : Dimana : = t = Kecepatan Sudut.

besarnya percepatan sentripetal suatu benda adalah : ( ) Percepatan getarn harmonik merupakan proyeksi percepatan sentripetal terhadap sumbu y. maka: . Percepatan Getaran Harmonik Pada gerak melingkar beraturan.2. besarnya kecepatan linear adalah . Karena R = A ( ) 3. Perhatikan gambar berikut! ( ) ( ) . Kecepatan getaran harmonik merupakan proyeksi dari kecepatan linear tersebut terhadap sumbu y. Perhatikan gambar! Karena nilai atau adalah y (lihat persamaan pada simpangan getaran harmonik).... Kecepatan Getaran Harmonik Pada gerak melingkar beraturan..

Besar kecepatanya ( ) c. Hitunglah : a. Percepatanya setelah .10 m t = a. c.Contoh Soal 5 Sebuah partikel yang massanya 0.5 gram = 5 .10m. Kecepatanya. 10-4kg T = 2 detik A = 0. Percepatanya setelah Penyelesaian: m = 0.5 gram bergetar dengan periode 2 detik dan amplitudonya 0. b. Besar simpanganya: detik b. Besar simpanganya.

misalnya pegas. Energi pada Gerak Harmonik Sederhana 1. Energi Potensial Energi potensial elastis yg tersimpan di dalam pegas untuk setiap perpanjangan y adalah 3.F. Energi Total Atau Energi Mekanik Energi total atau energi mekanik pada getaran pegas adalah . adalah 2. Energi Kinetik Energi kinetik benda yg melakukan gerak harmonik sederhana.

Jika pegas ditarik sejauh 15 cm dari posisi kesetimbangan dan kemudian dilepaskan dilepaskan. Tentukan kecepatan balok ketika berada di titik kesetimbangan Penyelesaian: a. Tentukan energi total sistem b. Di titik kesetimbangan energi kinetik maksimum sehingga: √ √ . a. EnergiTota l b.Contoh Soal 6 Sebuah balok bermassa 0. .25 kg berada pada permukaan yang licin terhubungkan dengan pegas (k= 180 N/m).

kecepatan. Jika beban penumpang dan barang dalam mobil massa totalnya 200 kg. Sebuah balok bermassa 5 kg berada pada permukaan yang licin terhubungkan dengan pegas (k= 360 N/m). t= d.8 m/s2) 4. Tiap pegas mempunyai tetapan 18. t= e.3 cm membuat ayunan 100 ayunan dalam 264 detik! 5. Hitung percepatan gravitasi di suatu tempat jika suatu bandul yang panjangnya 150. Sebuah bandul digantungkan pada seutas tali yang panjangnya 2 m. Suatu benda yang massanya 1 kg bergetar dengan periode 4 detik dan amplitudonya 3 cm. Tentukan energi total sistem b. Sebuah benda dengan massa 0.000 N/m. t= cantumkan jawaban dalam tabel 6. Hitunglah frekuensi getaranya jika benda pada pegas tersebut diberi simpangan lalu di lepas! 2. Jika pegas ditarik sejauh 30 cm dari posisi kesetimbangan dan kemudian dilepaskan dilepaskan. dan percepatan setelah benda bergetar selama: t y a. Hitunglah periode bandul tersebutjika diberi simpangan! (g=9. 3. Sebuah mobil bermassa 1800 kg dirancang dengan rangka yang didukung oleh 4 buah pegas. a.LATIHAN 1. . t= c. hitunglah: a.5 kg digantungkan pada sebuah pegas yang konstanta pegasnya 150 N/m. Lama mobil menempuh dua getaran. t=0 0 b. Tentukan kecepatan balok ketika berada di titik kesetimbangan . Hitunglah besar simpangan. Frekuensi getaran mobil ketika mobil melewati sebuah lubang di jalan b.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful