You are on page 1of 4

PERKEMBANGAN ISLAM DI AFGANISTAN Islam masuk di Afganistan sejak masa khalifah Utsman bin Affan (644-656 M).

Pada tahun 647 M pasukan Islam mengadakan perluasan daerah ke khurasan dipimpin oleh Panglima Sa’ad bin Al Ash. Setelah terjadi pertempuran yang sangat sengit akhirnya kemenangan dipihak pasukan Islam. Khurasan adalah suatu daerah yang terdapat disebelah tenggara Iran berbatasan dengan bekas Uni Sovyet. Bagian timur dan selatan daerah ini merupakan rangkaian pegunungan dan di sebelah barat merupakan bagian dari gurun-gurun posyt-i-kevir. Pada mulanya sebutan Afganistan ini belum begitu dikenal sebagaimana sekarang. Yang lebih populer ialah sebutan khurasaan. Pada tahun 1737 seorang penguasa di Afganistan bernama Nadir Syah dapat menaklukkan seluruh Afganistan sebagai wilayah Afganistan sekarang ini. Sepuluh tahun kemudian pemerintah tertinggi dipegang oleh Ahmed Khan menjadikan daerah itu suatu emirat yang berdiri sendiri. Pada tahun 1938 muncul ekspedisi Inggris yang pertamma di Afganistan. Orang-orang Afganistan sebagaimana orang-orang India dan Pakistan sangat giat mengadakan da’wah baik dari dalam maupun di luar negeri. Sebagaimana telah dikemukakan bahwa Islam menerangi kehidupan rakyat Afganistan sejak tahun 647 M, maka perkembangan seni budaya yang bercorak Islam mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Agama Islam masuk ke Afganistan, yaiti sejak masuknya Asim bin Umar Affamini pada masuk Khalifah Umar bin Khattab. Pada masa Khalifah Usman bin Affan, Islam telah masuk ke Kabul, dan pada tahun 870 M Islam telah mengakar di seluruh negeri Afganistan. Perkembangan Islam di Afganistan selanjutnya berjalan dengan pesat, tidak ada hamnbatan-hambnatan, dengan bukti penduduk Afganistna 99 % beragama Islam. Agama Islam sangat berpengaruh dalam segala aspek kehidupan mereka dan apabila hal ini terusik, maka mereka akan marah dan terus berjuang untuk mempertahankannya seperti yang kita lihat dalam perjuangan gerliyawan muslim mujahidin menentang pemerintah yang prokomunis. Terjadinya perang saudara di Afganistan disebabkan masuknya pengaruh Amerika dan Uni sofyet (komunis) ke Afganistan.

dengan bantuan senjata dari Amerika dan Inggris. pada tahun 1989 Uni Sofyet menarik seluruh tentaranya dari Afganistan. Perjuangan mujahidin semakin kuat dengan bergabungnya tujuh organisasi menjadi satu dengan nama ”Persatuan Mujahidin Islam Afganistan” denagn tujuan menegakkan kalimat Allah SWT. Pada tahun 1978 Daud tewas dibunuh dan diganti oelh Nur Taraki sebagai Presiden. Raja Zahir mengangkat Muhammad Daud (kader komunis) sebagai perdana menteri.Pada tahun 1933 muhammad Zahir Syah naik sebagai raja. Pejuang mujahidin terus melawn pemerintah Najibullah (sejak 1987). Memerdekakan negara Afganistan dari kekuasaan kafir dan komunis dengan mendirikan pemerintahan Islam di Afganistan. antara lain Presiden Jimmy Carter yang memboikot Olimpiade Moskwa. Melihat keadaan seperti ini. . Uni Sofyet semakin marah melhat perkembangan Islam itu.para ulama mengeluarkan fatwa untuk mengutuk dan mengafirkan Taraki dan mewajibkan perang jihad untuk menggulingkannya. Tahun 1953. Kemudian umat Islam mulai bergerak. dan banyak penduduk yang mengungsi ke Pakistan. yaitu dengan munculnya organisasi Perjuangan Gabungan Muslim yang bernama ”Juanan Muslim” kemudian pada tahun 1968 berubah nama menjadi Al-Jamiah Al-Islamiyah di bawah pimpinan Burhanudin Rabbani. Kemudian pada tahun 1972 di bawah pengaruh Uni Sofyet. Ibnu Hibban Al-Basti (ulama Hadis dan Fiqih: 342 H/952 M). Akhirnya. Pada tahun 1987 peperangan memuncak. dan sebagai penggerak Pan Islamisme (abad 19) di Afganistan bernama Said Jamaluddin Al Afgani. Ulama-ulama terkenal yang lahir di Afganistan. Muhammad Daud menggantikan Zair. Pada waktu itu. kemudian Amerika Serikat da Uni Sofyet berusaha menanamkan pengaruhnya. Babrak Kamal. dan berakhir dengan Uni Sofyet menderita kerugian besar. umat Islam menilai bahwa pemerintah Afganistan telah jauh menyimpang dari ajaran Islam. karena para ulama mengeluarkan fatwa bahwa rezim tersebut adalah kafir dan mati dalam peperangan melawan rezim adalah mati syahid. Kemudian pada tahun 1970 Uni Sofyet memasuki Afganistan dengan membawa presiden bonekanya. Akibatnya timbul perjuangan mujahidin Afganistan. Sebagai komando tertinggi ialah Abdul Rabbani Rasul Saiyat. Perbuatan itu mendapat kutukan internasional. Abu Bakar Ahmad Al-Baihaqi (penulis buku sejarah abad ke-14).

Mereka siap membela Islam yang telah dibuktikan dengan jihad panjang melawan Uni Soviet dan bonekanya. Itu salah satu tindakan umat islam di Afganistan yang kurang menerima pengaruh dari agama agama lain selain inslam. seperti kita lihat bagaimana penjajah Inggris yang binasa seluruh pasukannya kecuali beberapa orang ketika menginvasi negara tersebut pada paruh akhir abad 19.Islam Sekarang Pada saat ini agama orang Afganistan kebanyakan adalah Muslim Sunni (80%). minimnya sarana-sarana kemaksiyatan (sebelum Invasi Amerika). Sampai saat ini budaya Islam masih sangat kental. Sebuah pengorbanan yang jarang ada tandingannya bagi bangsa manapun ketika menghadapi penjajah. mudah bergaul. dan ini dibuktikan dengan banyaknya monumen bersejarah negara ini rusak dalam perang tahun-tahun terakhir. maka rakyat akan gusar dan marah sehingga siap berjuang mengorbankan segala yang mereka punyai melawan penentangnya. menghormati ulama. Sifat-sifat Bangsa Afganistan Hampir seluruh penduduk Afghanistan menganut agama Islam. Apabila ini diusik. sederhana. Sifat-sifat utama bangsa Afghanistan adalah berani. Tidak berlebihan bahwa bangsa ini adalah bangsa yang terjauh dari kerusakan moral sebagaimana dihinggapi oleh bangsabangsa muslim lainnya seperti terjauhnya Ikhtilat. Artinya Agama islam adalah agama yang dominan di negara ini. seperti: mengungsikan seluruh keluarganya yang tidak mampu berjihad ke Peshawar salah satu wilayah Pakistan. sebagian besar beraliran sunni (Hanafi). cerdas. Muslim Syi’ah (19%). Mereka ridho dengan berbekalkan beberapa potong roti kering teh dan makan seadanya dalam jangka masa berminggu-minggu. bahkan berbulan-bulan. . 2 unit Patung Buddha Bamiyan yang terkenal di Provinsi Bamiyan dihancurkan Taliban karena dianggap sebagai lambang agama lain. mempunyai harga diri yang tinggi. sementara kaum lelakinya naik turun gunung bergerilya terus melawan orang-orang kafir. menghormati saudaranya yang seagama. dan lainnya (1%). Islam sangat dominan dan berpengaruh dalam segala aspek kehidupan mereka.

hal itu pula yang menyebabkan bangkitnya Taliban dari madrasah-madrasah di Pakistan yang akhirnya mendongkel pemerintah resmi pengusir Uni Soviet tersebut.Kelemahan Bangsa Afganistan Adapun kelemahannya adalah minimnya pengetahuan agamanya. kebanggaan dengan suku-sukunya. lemahnya tarbiyah. susahnya disatukan dalam satu visi dan misi dalam menegakkah kalimatullahi fil ard dan inilah yang menjadi pemicu peperangan antara Burhanuddin Rabbani presiden yang disepakati dengan Qolbuddin Hikmatyar sebagai perdana menterinya. .