You are on page 1of 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah Program Keahlian Mata Pelajaran Kelas/Semester Pertemuan ke Alokasi Waktu Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : : : : SMK Tunas Bangsa Tawangsari Semua Program Keahlian Bahasa Inggris XI/4 1-16 32 x 45 menit Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary 2.5 Mengungkapkan berbagai macam maksud hati. 1. Ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat. 2. Ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) digunakan dengan tepat. 3. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty) digunakan dengan tepat. 4. Ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian digunakan dengan tepat. 5. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat/opini digunakan dengan tepat. 6. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan persetujuan (agreeiingdisagreeing) digunakan dengan tepat. 7. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi digunakan dengan benar.

A. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyampaikan undangan digunakan dengan tepat. 2. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk melakukan tawar-menawar (bargaining) digunakan dengan tepat. 3. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan kepastian (certainty) digunakan dengan tepat. 4. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk memberi dan merespon pujian digunakan dengan tepat. 5. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan pendapat/opini digunakan dengan tepat. 6. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan persetujuan (agreeiingdisagreeing) digunakan dengan tepat. 7. Siswa dapat menggunakan ungkapan-ungkapan untuk menyatakan argumentasi digunakan dengan benar. B. Materi Pembelajaran Language Focus 1. Giving invitations a. Would you like to come to my place for dinner tonight, please? b. With pleasure. c. I’m afraid I can’t, I’ve already got an appointment. 2. Bargaining a. Is there any discount for this shirt? b. How about fifty thousand rupiahs? 3. Expressing certainty a. I’m sure that it’s going to rain this afternoon.

Langkah-langkah Pembelajaran Pertemuan ke-1: 1. Constructions with “used to”: a. 4. Expressing argument a. 2. e. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. 6. Expressing opinions a. Kegiatan Inti a. That may be so but . You look beautiful tonight. Guru membacakan dialog sederhana tentang invitation. b. siswa memperhatikan kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan dialog yang telah dibacakan oleh guru. used to + Verb 1 3. Yes. Giving and responding to compliments a. Tanya Jawab 5. Audiolingual D. b. Guru memeriksa kehadiran siswa.. Noun clause as object: I never believe that there will be another rationalization. b. dan siswa menulisnya. c. Kegiatan Awal a. c. Fantastic! b. Guru menjelaskan sistem pembelajaran. Ceramah 2. I’m afraid you’ve got wrong information. Guru membacakan ekspresi penyampaian undangan/invitation. C. Conjunctions/concessive relationship.. b. 3. but don’t forget .b. 2. Metode Pembelajaran 1. .. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memberikan tugas rumah. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian undangan/invitation dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. 7. I think that’s not true. What I have in my mind is that . penugasan. Thank you. Expressing agreement/ disagreement: a. c. d. Role-Play (Bermain Peran) 4. c. 5.. be/get used to + V-ing b.. Sir.. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Diskusi 3. You’re right. Grammar Review 1. Hafalan 6. It must be him who called. Kegiatan Akhir a. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. dan penilaian semester genap. b.. b.

d. f. Kegiatan Awal a. Pertemuan ke-4: 1. Kegiatan Awal a. d.Pertemuan ke-2: 1. Guru memberikan salam kepada siswa. Kegiatan Awal a. c. Kegiatan Akhir a. Kegiatan Inti a. 3. b. c. Guru memberikan tugas rumah. Siswa membuat dialog tentang penyampaian undangan dan merespon undangan. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Guru membacakan ekspresi penawaran/bargaining. siswa menulisnya. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan tugas rumah. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. 2. d. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. 3. c. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. e. b. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Siswa membuat dialog tentang bargaining dan merespon bargaining. Guru memeriksa hasil kerja siswa. f. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru membacakan dialog sederhana tentang bargaining. Guru memeriksa kehadiran siswa. e. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian undangan/invitation dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Kegiatan Akhir 1. c. d. c. Guru memeriksa kehadiran siswa. b. 3. b. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk penawaran/bargaining dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. Guru memberikan salam kepada siswa. b. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. . Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Siswa mempraktikkan dialog tentang invitation di depan kelas. d. 2. b. siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan penawaran. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. Pertemuan ke-3: 1. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. c. 2.

f. Kegiatan Akhir a. Kegiatan Awal a. f. Kegiatan Inti a. Kegiatan Inti a. b. Pertemuan ke-6: 1. Kegiatan Awal a. e. Guru memberikan salam kepada siswa. Siswa mempraktikkan dialog tentang bargaining (yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. c. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Guru memberikan tugas rumah. b. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. c. Kegiatan Inti a. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang pola kalimat yang menggunakan used to. b. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh tentang pola kalimat yang menggunakan conjunctions. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. 3. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. 3. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. b. Pertemuan ke-5: 1. c. c. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. d.e. c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. b. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal. Kegiatan Akhir a. b. 3. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. Guru memeriksa hasil kerja siswa. c. f. 2. e. d. Guru memberikan tugas rumah. Kegiatan Akhir . 2. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. c. b. 2. Guru memeriksa kehadiran siswa.

b. b. Guru memberikan salam kepada siswa.a. Guru memeriksa hasil kerja siswa. 3. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Guru menjelaskan dan memberikan contoh penggunaan noun clause as object. Guru memberikan salam kepada siswa. . Guru memeriksa hasil kerja siswa. c. e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Kegiatan Akhir a. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian kepastian/certainty dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. Pertemuan ke-8: 1. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. b. b. 2. d. b. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. e. dan siswa menulisnya. c. c. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Kegiatan Inti a. b. Guru memberikan tugas rumah. 2. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. c. Kegiatan Awal a. Kegiatan Akhir a. Siswa membuat dialog tentang penyampaian kepastian dan merespon kepastian. d. f. c. c. Guru memberikan tugas rumah. Kegiatan Awal a. Guru membacakan dialog sederhana tentang certainty. siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan ekspresi kepastian. Kegiatan Inti a. c. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Siswa mengerjakan latihan-latihan soal. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Pertemuan ke-7: 1. Guru memeriksa kehadiran siswa. b. d. Siswa mempraktikkan dialog tentang certainty di depan kelas. f. Kegiatan Awal a. Pertemuan ke-9: 1. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru memberikan tugas rumah. 3. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru membacakan kalimat-kalimat yang mengandung noun clause as object. Guru memeriksa hasil kerja siswa.

Guru membacakan dialog sederhana tentang giving and responding compliments. c. c. f. b. Guru memberikan tugas rumah. 2. Kegiatan Inti a. d. Kegiatan Awal a. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Pertemuan ke-11: 1. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Pertemuan ke-10: 1. siswa menulisnya. Kegiatan Akhir a. e. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Guru membacakan ekspresi giving and responding compliments. 3. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. e. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi giving and responding compliments dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. Kegiatan Awal a. f. c. Guru memberikan salam kepada siswa. Siswa membuat dialog tentang giving and responding compliments dan meresponnya. 2. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. c. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. b. Siswa mempraktikkan dialog tentang giving and responding compliments (yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru.b. Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Guru memberikan tugas rumah. . Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. b. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. 3. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. e. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. d. d. Guru memeriksa kehadiran siswa. Kegiatan Inti a. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. c. siswa mencatat ekspresi-ekspresinya. c. b. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. b. Kegiatan Akhir a. d. b. c. f. Guru memeriksa kehadiran siswa.

b. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian pendapat/giving opinion dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. Kegiatan Awal a. d. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Kegiatan Inti a. 3. c. c. Siswa mempraktikkan dialog tentang agreement and disagreement (yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelum) di depan kelas. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. c. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. 2. b. Guru membacakan dialog sederhana tentang agreement and disagreement. siswa menulisnya. siswa mencatat ekspresinya. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. . e. Guru memberikan tugas rumah. c. 2. Guru membacakan dialog sederhana tentang giving opinion. Pertemuan ke-13: 1. siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan penyampaian pendapat. b. Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. b. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Kegiatan Awal a. Siswa membuat dialog tentang penyampaian agreement and disagreement dan meresponnya. Pertemuan ke-12: 1. Guru memeriksa kehadiran siswa. Guru memberikan salam kepada siswa. siswa menulisnya. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian agreement and disagreement dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. f. c. Guru memeriksa kehadiran siswa. 3. b. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. d. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru memberikan tugas rumah. f. Kegiatan Akhir a. b. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. e. Guru membacakan ekspresi penyampaian pendapat/giving opinion. c. Kegiatan Inti a.2. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Kegiatan Akhir a. Guru memberikan salam kepada siswa. Kegiatan Inti Guru membacakan ekspresi penyampaian agreement and disagreement.

c. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Kegiatan Akhir a. Siswa mempraktikkan dialog tentang pendapat/giving opinion (yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas. Guru menjelaskan ekspresi-ekspresi yang digunakan untuk menyampaian pendapat/arguments dalam bentuk formal dan informal dan ekspresi responnya. f. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. b. Siswa membuat dialog tentang penyampaian pendapat/arguments dan meresponnya. b. Guru membacakan dialog sederhana tentang pendapat/arguments. b. Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. . Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. e. c. d. c. Kegiatan Inti a. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Guru memberikan tugas rumah. Kegiatan Akhir a. d. 3. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. c. 3. c. Guru memberikan salam kepada siswa. Guru memeriksa hasil kerja siswa. e. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Kegiatan Inti a. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. Guru memberikan tugas rumah. 3. d. Guru memberikan salam kepada siswa. c. Kegiatan Awal a. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Kegiatan Awal a. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. siswa mencatat ekspresi yang menunjukkan pendapat/arguments. Siswa membuat dialog tentang penyampaian pendapat dan meresponnya. siswa menulisnya. Kegiatan Akhir a. Guru membacakan ekspresi pendapat/arguments. b. Guru memeriksa hasil kerja siswa. c. Guru memeriksa kehadiran siswa.d. b. b. b. 2. Guru memeriksa kehadiran siswa. Pertemuan ke-15: 1. Pertemuan ke-14: 1. f. Guru memberikan tugas rumah. 2.

How to Say It F. Global Access to the World of Work Book 2 b. 3. Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian. Tes Tertulis 1) Melengkapi dialog. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.Pertemuan ke-16: 1. Audio: Cerita b. Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2 c. Media a. Alat. VCD. Kegiatan Akhir a. 2. c. Guru memeriksa hasil kerja siswa. Complete the dialogue with the privided words below! stay out lock close leave turn off smoke invite . Siswa mempraktikkan dialog tentang pendapat/arguments (yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya) di depan kelas. Jenis Penilaian: a. Kegiatan Awal a. Siswa menyampaikan hafalan/menghafal 10 kosa kata kepada guru. Audio Visual: Video 3. Sumber a. Alat LCD Proyektor. Laptop. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test) 2. Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. Kegiatan Inti a. Tes Lisan 1) Hafalan Hafalan 100 kosa kata yang dilaporkan secara lisan kepada guru. dan Sumber Belajar 1. Guru memeriksa kehadiran siswa. Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan yang telah disediakan oleh guru. b. d. Gambar. Penilaian 1. e. b. Visual: Gambar c. c. Guru memberikan salam kepada siswa. LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI Semester Genap d. Speaker. Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya. c. b. Media. dan Buku Cerita 2. English Grammar in Use e. 2) Role-Play (Dialog berpasangan) Practice the dialogue which you have made with your friend! b. E. Guru me-review materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya dengan cara bertanya kepada siswa secara acak.

if I can tell him why I am so happy. The mind was . We don’t know . Complete these sentences contruction using although. I’ll do it. that . he fells very happy.. Hartanto : Make sure you don’t . d.. Basket ball is a very popular game . in bed... Dea. and . c. 5. who 2... or e! 1.. he plays in several sport teams. 2.. don’t worry.. Can you tell me why you are so happy? What did he ask you? He asked me . she goes. Their 17 years old daughter.. Hartanto : And please don’t . because. People belo involved in writings.. Mrs. Hartanto are going away for a few days.. Reza : All right. a. it was diffiult to walk... that e.. Sending SMS is a meanf of . if I could tell him why I am so happy. make sure you . Mrs. Mr. it is not very old sport. who c.. Mrs. all the lights at night.. story. or so! 1.. Reza : No. d. 4.. Romeo and Juliet is literary writings written by . Mr. if I could tell him why I was so happy.. Hartanto : And don’t . 4) Pilihan ganda. c. except .Mr.. and Mrs. Answer the question below based on the text (LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI page 19)! 1.. he was speeding... Hartanto : Yes.. Many forms of writings are available and people may choose ones according to .. 2) Melengkapi kalimat. The television on when you go to bed. al the doors and . Mr.. which d. 3.. a... 3) Menjawab pertanyaan... because c. e... Mrs. the windows if you go out. Dad.. late at night. Hartanto : Now... 5. Togar has many friends . Choose the correct answer by crossing (X) a. Hartanto : Don’t .. 4.. so d. Physics and Biology are writings in which describes . will look after the house while they are away. if can tell him why you are so happy. although b.. 2.... Rudi has many friends . He was fined . a. b... Reza : Yes. Hartanto : Can you remember all of them. if could tell him why you were so happy. a lot of your friends around while we are away.. Why do you ask them . I’ll do my best. b.. where b. 3. stupid questions? 3.

e. d. Abdul Hamid Darwoto. 6) Menerjemahkan.Pd. b. and you are very hungry and thirsty. Sukoharjo. Two of you have just played tennis ball.. has study e. Aku yakin kita akan lulus praktik. was studying d. 4. c. 5) Membuat dialog. Bisakah kamu datang ke pesta ulang tahunku? 2. Apakah ada diskon untuk buku dan tas ini? 3. one of your friends invites you all to eat “Bakso” and drink orange. study b. their lesson more seriously. Make dialogue based on the situation below! Work in group of three.. S. Kepala SMK Tunas Bangsa Tawangsari Juli 2009 Guru Mata Pelajaran Drs. e. has studied 5. studied c. why 4. . All of students would have passed the test if they . if my father give to me some money. Translate the sentences below into English! 1. if my father gave me some money. I would pay my school fee . Your friend accepts the invitation. Mereka dulu biasanya merokok 1 bungkus dalam sehari. Kamu nampak cantik sekali malam ini.. if my father is given me some money.. a. but you refuse it because you don’t like “Bakso” then your friend asks you to explain how to make “Bakso” and a glass of orange. When you pass by the canteen. if my father is giving me some money. Mengetahui. if my father gives me some money. 5. a.