Pengukuran Kapasitans dengan Metode Jembatan (E5

)
1. Tujuan Menera kapasitans dari berbagai kapasitor yang dihubungkan seri, paralel dan seri paralel. 2. Teori Singkat

Gambar 2.1 Rangkaian Jembatan Wheatstone

Gambar 2.1 adalah sebuah jembatan Wheatstone, yang terdiri dari 2 kapasitor dan 2 resistor. C1 adalah kapasitor yang akan ditera kapasitansnya, C2 adalah kapasitor, dan R1 serta R2 adalah resistor variabel. Dengan mengubah R1 dan R2 maka pada harga tertentu beda potensial listrik antara titik A dan B adalah 0 volt. Keadaan ini terjadi bila penurunan tegangan dari C ke A sama dengan penurunan tegangan dari C ke B, sehingga dapat dituliskan : atau Sehingga

maka

Sehingga diperoleh

3. Percobaan Pengukuran 3.1 Peralatan a. Resistor variabel 10K dan 50K b. Kapasitor pembanding c. Multitester d. Transformator 500 mA e. Kapasitor yang akan ditera 3.2 Cara Kerja 3.2.a. Menera kapasitans kapasitor a, b, c 1) Susunlah rangkaian seperti gambar 2.1 dengan C1 = kapasitor (a) yang akan dicari kapasitansnya. 2) Menghubungkan primer transformator 500 mA dengan sumber jala-jala (PLN) dan sekunder 12 V dengan rangkaian. 3) Meletakkkan multitester pada titik A dan B. 4) Mengubah resistor variable (R1) hingga penunjukkan voltmeter mendekati 0 V. 5) Lakukan variasi pada C2 secara seri/paralel sehingga tegangan mendekati 0 V. 6) Ulangi langkah di atas untuk kapasitor b dan c. 7) Untuk tiap kapasitor A, B, dan C lakukanlah 3 kali pengukuran dengan nilai R2 dan C2 yang berlainan.

No 1 2 3

R1

R2

C1

C2

3.2.b. Lakukan percobaan pengukuran 3.2.a di atas dengan variasi C1 sebagai berikut : 1) Susunlah seri dua-dua, A-B, A-C, dan B-C. 2) Susunlah paralel dua-dua, A-B, A-C, dan B-C. 3) A, B, dan C disusun seri. 4) A, B, dan C disusun paralel. 4. Pertanyaan Laporan a. Hitung kapasitans dari tiap kapasitor ! b. Lakukan analisa atas perhitungan teoritis tentang hubungan-hubungan kapasitor seri dan paralel dibanding hasil pengukuran. c. Apakah yang dimaksud kapasitans sebuah kapasitor ?

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful